carisinyal web banner retina

7 Kelebihan dan Kekurangan Advan Soulmate, Laptop Rp2 Jutaan

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Setelah sekian lama absen dari dunia industri laptop, akhirnya Advan kembali meluncurkan laptop keluaran terbarunya di awal tahun 2023 yaitu Advan Soulmate. Laptop ini terbilang unik, karena menjadi salah satu yang rilis di pasar Indonesia dengan harga termurah yaitu Rp2 jutaan saja.

Perilisan Advan Soulmate juga sekaligus menjadi upaya perusahaan dalam mewujudkan "satu laptop untuk semua siswa". Itu mengapa, harga yang dibanderol pun sangat bersahabat. Begitu pun dengan spesifikasinya yang memang diperuntukkan pada pelajar dan mahasiswa.

Untuk menjawab seluk-beluk dari laptop terjangkau ini, mari simak bocoran poin-poin kelebihan dan kekurangan pada tabel di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain yang trendi dan tidak terlihat murahan
Performa ala kadarnya
Port-nya cukup lengkap, ada HDMI full size dan USB Type-C
Tidak semua varian hadir dengan Windows Resmi
Storage sudah pakai SSD
Speaker terletak di bawah, tombol power ada di antara keyboard
Layar cukup lega, bisa ditekuk hingga 180 derajat
RAM dan SSD-nya upgradable
Baterai cukup awet
Webcam HD dengan perlindungan privasi

Meski harganya begitu merakyat, namun Anda tetap dapat mengekspektasikan kualitas yang cukup memadai. Bahkan, beberapa kelebihannya tidak dimiliki oleh laptop lain di kelas harga lebih tinggi. Bagaimana? Semakin penasaran, 'kan, dengan laptop besutan perusahaan lokal ini? Yuk ketahui lebih dalam lagi pada artikel berikut ini!

Spesifikasi Laptop Advan Soulmate

advan soulmate_
• Layar
14 inch HD 1366*768
• Prosesor
Intel® Gemini Lake N4020
• Graphic Card
Intel® Integrated Graphics
• RAM
4GB DDR4 (upgradable)
• Storage
128GB (upgradable)
• Konektivitas
WiFi 802.11 b/g/n/ac + Bluetooth 4.2
• Port
2x USB3.0 1x USB2.0 1x TYPE-C 1x HDMI 1x DC 1x Headset
• Baterai
5000mAh 38wh

Kelebihan Advan Soulmate

Murah tapi tidak murahan, Advan sungguh memberikan berbagai kelebihan yang unik dan menarik untuk laptop di kelas harga Rp2 jutaan. Mau tahu apa saja? Perhatikan poin-poin berikut ini.

1. Desain yang Trendi dan Tidak Terkesan Murah

advan soulmate desain_Sumber: YouTube/DK ID

Advan Soulmate, terlepas dari banderol harganya yang terlampau murah, rupanya memiliki desain yang terlihat cukup mahal. Desainnya terlihat cukup minimalis dan elegan, hanya menampilkan logo Advan berukuran kecil di pojok kiri atas di bodi belakang.

Laptop juga menampilkan bezel yang begitu tipis di sekeliling layar guna menampilkan work area yang luas sembari mempertahankan bodinya yang tergolong compact. Papan ketiknya pun terlihat begitu luas dan hampir memenuhi seluruh permukaan dari ujung ke ujung, tidak berbeda dengan mayoritas laptop lain yang juga mengusung desain modern.

Yang menjadi concern pribadi saya adalah tombol power yang disusun sejajar dengan tombol keyboard lainnya, sehingga tidak menutup kemungkinan terpencet tidak sengaja saat sedang mengetik. Tapi overall penampilan bodi Advan Soulmate ini benar-benar memuaskan di mata.

Perihal bobotnya, Advan Soulmate juga terbilang sangat ringan loh di kisaran berat 1,47 kg. Untuk seukuran laptop sebesar 14 inci, laptop ini sungguh terlampau ringan di kelas harganya.

Apalagi mengingat bodinya yang tidak begitu tebal, hanya setipis 22 mm. Ini membuatnya nyaman dibawa bepergian ke mana-mana tanpa membuat tas semakin kembung, cocok dipakai pelajar, mahasiswa, dan juga pekerja kantoran.

Dilansir dari kanal YouTube GwiGwi, laptop ini tidak terasa flex sama sekali ketika sasisnya diketuk dan ditekan-tekan, menandakan build quality yang dimilikinya memang cukup oke. Balutan warna Silver di bodinya pun semakin membuat tampilannya terlihat kece. Tersedia juga warna biru dongker untuk Anda yang ingin tampil beda dari biasanya.

2. Port-nya Cukup Lengkap, Ada HDMI Full Size dan USB Type-C

Hal yang cukup lumrah terjadi pada laptop murah adalah portnya yang hanya sedikit, sehingga mengharuskan pengguna mengambil USB Hub agar dapat menghubungkan semua aksesorisnya. Tapi, Advan Soulmate memang agak lain, lantaran dilengkapi dengan port yang cukup beragam.

Di sisi kanannya, terdapat dua port USB Type-A. Yang satu menggunakan versi 2.0 dan satunya lagi berada pada versi 3.0. Anda pun masih dapat menghubungkan speaker eksternal atau headset melalui port 3.5mm jack audio yang tersedia.

Kemudian, di sebelahnya pun terdapat slot key security agar laptop dapat dikunci ke kaki meja saat berada di tempat umum, guna mencegah laptop dari risiko kemalingan. Tentu saja kabel Kenshington-nya harus dibeli secara terpisah.

Pada bagian kiri, Anda bisa menemukan lubang DC-IN untuk mengecas daya laptop, USB Type-C 3.0, port HDMI dengan ukuran full-sized, serta satu port USB Type-C.

Ya, keberadaan USB Type-C di laptop ini sungguh hal yang patut diapresiasi. Kini Anda dapat menghubungkan aksesoris yang gunakan USB Type-C (seperti headset, mouse, keyboard eksternal) pada port tanpa harus gunakan adapter.

HDMI yang dihadirkan di laptop ini juga sudah mengusung ukuran full, berbeda dengan sejumlah laptop murah lainnya yang hanya tawarkan mini-HDMI atau bahkan tidak menyuguhkan port ini sama sekali. Artinya, laptop terbilang ideal untuk menjadi sarana presentasi.

Satu-satu kekurangan yang ada pada bagian port Advan Soulmate adalah absennya port RJ45 untuk terhubung ke internet via LAN (ethernet) serta tidak adanya slot kartu memori. Tapi ini wajar, karena laptop lain di harga yang serupa pun rata-rata tidak menyediakannya.

Sementara pada konektivitas jaringannya, laptop terjangkau ini juga menghadirkan protokol Wi-Fi 5 dual band (802.11 b/g/n/ac) serta Bluetooth 4.2.

3. Storage Sudah Pakai SSD

Umumnya, agak muluk-muluk jika berharap laptop Rp2 jutaan sudah menggunakan SSD. Rata-rata masih gunakan eMMC dan hardisk biasa, sehingga menyajikan waktu loading yang agak lama.

Ini yang menjadikan Advan Soulmate terasa istimewa, karena menyediakan opsi SSD SATA M.2 dengan kapasitas 256 GB guna mempersingkat waktu booting saat menyalakan laptop.

Namun tidak semua varian memakai SSD, Anda pun dapat menemukan Advan Soulmate berkapasitas 128 GB yang menggunakan memori eMMC.

Dengan SSD, laptop jadi memiliki kecepatan baca/tulis sekuensial yang lebih cepat dibandingkan eMMC dan HDD (Harddisk), sehingga mempermudah pengguna dalam melakukan backup data atau menginstal software.

Kabar baiknya, varian eMMC juga tetap menarik mengingat kecepatan baca tulisnya juga lebih baik dibanding HDD.

Sementara untuk RAM yang digunakan, kapasitasnya tergolong cukup besar di harganya yaitu 4 GB. RAM DDR4 dengan frekuensi hingga 2400 MHz ini sudah cukup untuk menangani beragam aktivitas multi-tasking, seperti browsing dengan beberapa tab sekaligus, atau membuka beberapa software dalam sekali waktu.

4. Layar Cukup Lega, Bisa Ditekuk hingga 180 Derajat

Layar pada laptop besutan perusahaan lokal ini memiliki panel TN (Twisted Nematic) dengan ukuran 14 inci. Sudah terasa pas untuk segala kebutuhan, baik itu menonton, browsing, dan lain sebagainya.

Panel tersebut mengusung resolusi 1366 x 763 piksel atau biasa disebut dengan HD. Salah satu keunggulan panel TN adalah response time-nya yang cukup baik, serta viewing angle yang cukup terbatas sehingga cocok pekerja kantoran agar isi layar tidak diintip orang lain.

Layar pada laptop ini memiliki bezel yang cukup tipis di sekelilingnya. Hal ini membuat rasio bodi-ke-layar menjadi sangat tinggi lantaran nyaris semua permukaan dipakai untuk menampung layar. Selain itu, kualitas layar yang ditampilkan pun terasa jelas dan jernih.

Dengan bezel tipis, Anda juga jadi sanggup menikmati aktivitas di ukuran layar yang lebih luas tanpa membuat bodi laptop menjadi bongsor. Lebih menariknya lagi, layar bisa ditekuk hingga 180 derajat alias lurus sempurna. Fitur ini memudahkan pengguna untuk berkolaborasi dengan kolega saat rapat offline.

5. RAM dan SSD-nya Upgradable

advan soulmate upgradable_

Tidak hanya menawarkan RAM dan SSD yang memadai, Advan Soulmate juga menyuguhkan sisi upgradability yang nyaman. RAM 4 GB miliknya terpasang secara SODIMM sehingga memungkinkan pengguna untuk mengganti atau menambahkan RAM lagi menjadi dual channel.

Untuk diketahui, penambahan RAM menjadi dual channel tidak hanya dapat meningkatkan kapabilitas laptop dalam mutli-tasking, melainkan juga memberikan performa tambahan saat melakukan aktivitas berat, seperti bermain gim, mengerjakan dokumen di Office, atau yang lainnya.

Anda pun dapat melakukan upgrade kapasitas terhadap SSD-nya, karena Advan Soulmate masih menyediakan slot M.2 kosong tambahan. Jika memang dirasa penyimpanan SSD 256 GB masih terlalu kecil, fleksibilitas dalam meng-upgrade tentu jadi kelebihan yang layak diapresiasi.

Kalau menilik dari informasi yang disampaikan GwiGwi di kanal YouTube-nya, laptop tidak hanya mendukung SSD M.2 SATA saja melainkan NVMe juga. Ya minimal jika prosesornya kurang memadai, Anda masih bisa merasakan kecepatan SSD NVMe yang jauh lebih cepat ketimbang M.2 SATA, eMMC, atau pun HDD.

6. Baterai Cukup Awet

advan soulmate featured image_

Advan Soulmate sejatinya tidak dibekali dengan dapur pacu yang begitu powerful, karena hanya dirancang untuk kebutuhan ringan sehari-hari. Layarnya pun mengusung resolusi HD yang tidak begitu boros daya. Sehingga, hal-hal ini semakin menambah daya pakai laptop saat tidak tercolok ke listrik.

Laptop terjangkau ini diketahui hadir dengan kapasitas baterai 5.000 mAh atau 38 WHrs. Ini niscaya membuatnya cukup tahan lama meski digunakan di luar ruangan, tanpa harus membuat penggunanya cepat-cepat menghampiri stop kontak dikarenakan takut habis baterai.

7. Webcam HD dengan Perlindungan Privacy

Advan Soulmate memang memiliki bezel layar yang terbilang sangat tipis di kelasnya. Untungnya, di bezel atasnya masih tersisa ruang untuk dipasangkan webcam dengan resolusi 2 MP. Ini dipercaya dapat membantu pengguna dalam melakukan aktivitas kantoran seperti online meeting atau sekadar video calling seru-seruan di platform Omegle.

Sejumlah produsen laptop mengerti akan concern pengguna terhadap privasi. Kita tidak selamanya mengetahui jika ada malware yang bisa saja mengakses webcam tanpa izin, sehingga bisa berdampak buruk terhadap privasi penggunanya.

Jangan khawatir, Advan pun tidak mau ketinggalan dalam melakukan antisipasi terhadap hal tersebut. Di webcam-nya terdapat privacy shutter yang bisa Anda geser pakai tangan. Saat tidak digunakan, Anda bisa membiarkannya tertutup, dan ketika dibutuhkan, tinggal digeser pakai jari dengan mudah dan webcam pun siap merekam.

Di saat banyak masyarakat semakin peka terhadap perkembangan teknologi, hal ini semakin mendorong orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kejahatan siber. Keputusan untuk menghadirkan privacy shutter menjadi pertanda kalau Advan Soulmate benar-benar memedulikan keselamatan privasi penggunanya.

Kekurangan Advan Soulmate

Tak ada yang memungkiri bahwa laptop dengan harga murah tentu memiliki sejumlah kekurangan tersendiri. Agar tidak salah beli, simak poin-poin kekurangan Advan Soulmate berikut ini.

1. Performa Intel Celeron N4020 yang Ala Kadarnya

intel celeron n4020_

Advan Soulmate disokong dengan prosesor level entri berupa Intel Celeron N4020. Prosesor tersebut memiliki besaran litografi 14 nm serta memiliki konfigurasi dual core, mampu berlari pada frekuensi base clock 1.1 GHz.

Prosesor Intel tersebut memiliki sebanyak empat jumlah untaian, beroperasi pada TDP 6 W, dan sanggup didongkrak hingga clock speed 2.8 GHz melalui turbo boost. Anda kemungkinan sering menjumpai Intel Celeron N4020 pada laptop seharga Rp3-5 jutaan, hanya ditujukan untuk pemakaian ringan saja.

Performa laptop ini sendiri sebenarnya sudah sesuai dengan demografi pasar yang disasarnya, yakni pelajar dan mahasiswa. Laptop masih bisa menunjang aktivitas ringan seperti browsing, video call, mengedit dokumen, hingga menonton YouTube dengan relatif cukup lancar.

Namun jika memunyai keinginan berlebih seperti memainkan gim berat dan pengeditan foto atau video, sebaiknya sih urungkan niat karena Advan Soulmate tidak akan memenuhi ekspektasi Anda.

Beberapa gim yang bisa dijalankan pada laptop dengan prosesor Intel Celeron N4020 antara lain GTA San Andreas, Roblox, Among Us, Minecraft, hingga gim-gim lain yang tidak memerlukan performa grafis tinggi. Gim yang disebut pun sebaiknya dijalankan pada pengaturan grafis dan resolusi rendah agar frame rate yang didapat juga lancar.

2. Tidak Semua Varian Hadir dengan Windows Resmi

Windows 11 (2)

Advan Soulmate sendiri tersedia dalam dua varian, yakni menggunakan DOS atau sistem operasi Windows 11 Home. Untuk Anda yang memilih varian DOS, untungnya laptop sudah pre-installed dengan Windows 11 Home namun tanpa lisensi.

Jadi, Anda hanya tinggal membeli key-nya saja di toko daring dan memasukkannya ke sistem tanpa harus repot-repot menginstal apa pun. Satu hal yang menjadi concern saya pribadi adalah penggunaan OS Windows itu sendiri.

Pasalnya, saya pernah mencicipi performa Intel Celeron N4020 di Windows, dan sering mengalami kendala Disk 100% pada task manager yang membuat laptop nge-freeze. Tidak diketahui secara pasti apakah hal ini akan dialami juga pada laptop Advan Soulmate.

Namun, menurut pengamatan saya, laptop dengan prosesor entry-level tampaknya akan lebih sesuai jika disandingkan dengan ChromeOS yang lebih ringan. Rata-rata laptop seharga Rp1-2 jutaan yang bisa Anda temukan di pasaran juga merupakan Chromebook.

Jika Anda membeli laptop ini, saya sarankan untuk gunakan OS yang lebih ringan seperti Linux. Terutama jika setelah penggunaan lama, Anda mengalami kendala yang saya sebutkan tadi.

3. Speaker Terletak di Bawah, Tombol Power Ada di Keyboard

Sebagaimana laptop pada umumnya, Advan Soulmate pun dikemas dengan konfigurasi stereo speaker, tepatnya di samping kiri dan kanan. Tapi uniknya, speaker pada laptop Advan ini terletak di bawah bodi alih-alih menghadap ke atas. Ini dikhawatirkan akan membuat suaranya kurang terdengar dengan baik hingga ke telinga pengguna.

Selain itu, Advan Soulmate juga meletakkan tombol power sebelah tombol delete pada keyboard. Hal ini bisa jadi cukup berbahaya saat sedang mengetik dokumen penting kemudian tidak sengaja menekan tombol power, bisa-bisa laptop menjadi sleep atau parahnya menjadi turned off alias dimatikan.

Beberapa laptop memasangkan tombol daya di atas keyboard atau di samping bodi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut. Entah apa yang mendorong Advan untuk meletakkan tombol daya di keyboard, bisa jadi untuk membuat tampilannya semakin clean.

Dua kekurangan ini sebenarnya bukan hal yang deal-breaker, namun juga tetap mengurangi pengalaman pengguna saat melakukan aktivitas multimedia atau pun produktivitas.

Simpulan

Advan Soulmate bisa Anda beli dengan harga mulai dari Rp2.349.000 untuk varian SSD 128 GB tanpa key product Windows 11 Home (DOS). Jika ingin dapatkan varian yang menggunakan Windows 11 Home orisinal, perlu keluarkan biaya sebesar Rp2.450.000,-.

Adapun untuk varian storage SSD berkapasitas 256 GB, tersedia dalam dua harga yang berbeda yaitu Rp2.575.000 untuk versi DOS dan Rp2.725.000,- untuk varian yang pakai Windows 11 Home orisinal.

Laptop ini bisa dibilang sangat worth it di harganya, karena sanggup menawarkan port HDMI secara full sekaligus juga memiliki port USB Type-C. Selain itu, webcam-nya pun sudah dibekali dengan privacy shutter agar terhindar dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bodinya yang trendi, modern, serta memiliki bezel tipis turut membuatnya layak digemari oleh masyarakat yang mendambakan laptop terjangkau.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram