carisinyal web banner retina

15 Game Simulasi Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Sekarang, Anda bisa memainkan game simulasi terbaik yang ada di Android. Google Play Store memang dikenal sebagai gudangnya aplikasi juga game para pengguna ponsel Android. Namun, saking banyaknya tak jarang orang justru bingung mana game yang seru dan terbaik.

Kali ini, kami membidik sasaran untuk game simulasi yang terbaik versi tim Carisinyal. Kira-kira adakah game simulator seru yang dapat dimainkan? Jawabannya tentu saja iya.

Anda tertarik dan penasaran ingin menjajal deretan game yang akan dibahas kali ini? Langsung saja yuk simak berikut ulasannya.

1. Love and Deepspace

love and deepspace 1_

Tidak lama setelah rilis, Love and Deepspace langsung jadi top grossing simulation game di Google Play Store. Tidak heran, karena game ini membawa tampilan grafis 3D yang realistis; menyuguhkan interaksi yang nyata antara pemain dan empat karakter cowok yang ada di dalamnya.

Bukan cuma bisa merasakan pengalaman virtual date, Love and Deepspace juga menawarkan pertarungan ala game RPG yang seru. Ya, Anda dan semua tokoh utama di game ini adalah pemburu monster yang dikenal sebagai Deepspace Hunter.

Tim Carisinyal suka dengan backstory yang disuguhkan di game ini. Walau masuk dalam kategori game dating sim, Love and Deepspace benar-benar explorable dan tidak mudah bikin kami bosan. 

Sekadar info, kami menggunakan HP mid-range dengan RAM 6 GB untuk memainkan Love and Deepspace. Game-nya bisa berjalan dengan lancar di pengaturan grafis menengah saja. Kalau mau performanya lebih mulus lagi, Anda bisa pakai HP high-end saat memainkannya. Koneksi internet yang lancar juga dibutuhkan biar gameplay tak mengalami kendala. 

FYI, pastikan storage di HP tersedia sekitar 20 GB, ya. Lumayan banyak update dari game yang harus Anda unduh.

2. Staff!

staff_

Staff!, sebuah game simulasi dengan tampilan grafis 3D simpel. Anda akan dibuat ketagihan dengan permainannya. Tak ada misi sulit yang harus dituntaskan. Tugas Anda cuma membantu si tokoh utama yang berwujud stickman untuk mewujudkan impian dirinya dan sang pacar.

Stickman pindah ke sebuah rumah kosong yang berantakan. Nah, di sinilah Anda harus mulai membantunya. Stickman membutuhkan uang untuk mengisi rumahnya dengan furnitur, dan memperbaiki perabotan yang rusak.

Anda akan dihadapkan pada beberapa mini games, di mana Stickman bertugas sebagai seorang staf. Bantulah Stickman saat ia membersihkan lantai, mengecat dinding, mengangkut barang, bahkan memadamkan api.

Segala jenis pekerjaan akan dilakoni agar mendapatkan pundi-pundi uang. Stickman biasanya digaji 100 Dolar sehari.

Guna mendapatkan bonus, Anda harus menonton iklan dulu. Sebenarnya, iklan di dalam permainan ini cukup banyak dan terasa mengganggu. Namun, kalau Anda tidak keberatan, coba mainkan Staff! dengan mengunduhnya di Google Play Store.

3. SimCity BuildIt

simcity buildit_

Di permainan ini, Anda sebagai pemain akan melakukan simulasi dalam melakukan manajemen. SimCity BuildIt merupakan sebuah game simulasi untuk mengontrol dan mengatur sebuah kota. Ini adalah game SimCity khusus Android.

Anda akan dijadikan sebagai seorang pemimpin kota atau bisa disebut juga dengan walikota. Tugas Anda tentu tak mudah. Akan ada banyak hal yang harus Anda tangani dan juga lakukan.

Anda harus memikirkan segala hal yang terjadi di kota. Mulai dari mengatasi kemacetan, pengangguran warga, air dan listrik untuk warga, sampai masalah keuangan kota juga harus Anda atasi sebaik mungkin. Permainan ini tentu akan terasa challenging, namun tetap seru untuk dijajal. Mau mencoba?

4. Flight Pilot Simulator 3D Free

flight pilot simulator 3d free

Anda ingin menjadi pilot dengan mengandalkan smartphone Android saja? Anda bisa menjajal salah salah satu game simulasi pesawat terbaik versi tim Carisinyal.

Di sini, Anda bisa merasakan sensasi dalam mengendarai pesawat yang cukup thrilling. Apalagi, efek 3D yang disuguhkan menjadikannya terasa lebih nyata.

Tak hanya itu, game Flight Pilot Simulator 3D Free ini juga akan menyediakan panel-panel layaknya pesawat sungguhan. Tidak untuk sekedar menerbangkan saja, Anda juga harus menjalankan misi-misi yang diberikan di dalam game. Anda siap menjadi seorang pilot dengan beragam misi?

5. Solar Smash

solar smash_

Solar Smash adalah sebuah game simulasi yang akan mengajak Anda untuk menghancurkan planet dan tata surya. Ya, benar. Anda harus menghancurkan berbagai planet seperti Bumi, Merkurius, Venus, Mars, hingga Jupiter dengan ragam senjata yang ada. Senjatanya bisa yang berasal dari alam seperti petir dan asteroid, atau tabrakan dengan bulan.

Ada pula senjata lain seperti monster kraken, UFO, dan senjata nuklir. Cara untuk menghancurkan planet atau tata suryanya cukup mudah. Anda tinggal pilih saja senjata yang ada, lalu, tap di bagian planet yang ingin dihancurkan.

Game ini punya beberapa kontrol lain selain senjata. Ada kontrol untuk slow-motion dan fast forward, ada scope, tombol pause, dan lain sebagainya. Pengaturan grafisnya juga dapat disesuaikan. Tim Carisinyal menggunakan pengaturan default dengan frame rate 40 fps. Hasilnya, permainan ini berjalan cukup mulus.

Tim Carisinyal mencoba menghancurkan beberapa planet sekaligus tata suryanya. Efek yang ditimbulkan memang seolah nyata. Terlebih, saat kami memakai black hole untuk menghancurkan matahari dan objek lain di sekitarnya.

Sebuah supernova langsung terbentuk, dan ada suara ledakan juga. Solar Smash bisa Anda unduh di Google PlayStore.

6. PC Creator 2

pc creator_

Ingin mencoba jadi perakit komputer andal? Atau, Anda tertarik membantu membereskan komputer klien yang kena virus? Coba PC Creator 2. Dalam game ini, Anda akan berperan sebagai seorang pemuda yang bekerja di sebuah toko komputer. 

Tugas Anda adalah membantu si empunya merakit PC sesuai permintaan klien. Tidak hanya itu, Anda pun akan diminta mengerjakan tugas lain seperti menginstal software di komputer klien, atau belajar soal hacking.

Untuk perakitan komputernya sendiri terbilang seru. Anda harus membeli dan memasang satu persatu komponen PC, mulai dari RAM, SSD, CPU, motherboard, dan lain sebagainya. Setelah itu, Anda harus mengirimkan PC-nya ke klien. Jangan lupa cek apakah PC yang dikirim sudah sesuai spesifikasinya atau belum.

Setiap bermain, Anda juga akan mendapat misi khusus, berupa permintaan dari bos atau klien spesial lainnya. Tertarik untuk mencoba game ini?

7. Fallout Shelter

fallout shelter_

Fallout Shelter menyandang gelar sebagai salah satu game terbaik dengan menyabet penghargaan DICE Awards beberapa tahun lalu. Dalam game simulasi kali ini para pemainnya diharuskan mengontrol segala hal yang bersangkutan untuk bertahan hidup.

Diceritakan, bahwa bumi sudah rusak dan manusia harus susah payah untuk bertahan hidup. Manusia hanya bisa melindungi dirinya do shelter bawah tanah.

Di sini Anda sebagai pemimpin harus mengontrol stok makanan, minuman, air, bahkan mengontrol pertahanan. Jangan sampai ada pemberontak masuk ke dalam shelter dan membunuh warga.

Anda akan ditantang juga dengan tingkat kebahagiaan para warga di shelter. Pemain tidak hanya memperhatikan pangan, kesehatan, juga keamana. Namun juga, harus memperhatikan kebahagiaan warga. Mau coba?

8. SAKURA School Simulator

sakura school simulator_

Seperti namanya, di game simulasi ini pemain menjadi seorang pelajar biasa di sebuah sekolah menengah bernama SMA Sakura Town. Dengan grafis yang disebutkan cukup memikat, SAKURA School Simulator bisa menjadi permainan simulasi berlatar sekolah yang menarik.

Namun, permainan ini membutuhkan ponsel dengan spesifikasi yang cukup tinggi agar bisa berjalan mulus, seperti memiliki RAM minimal 3 GB dengan chipset Snadpragon 820 ke atas.

Permainan SAKURA School Simulator disebutkan memiliki kontrol yang sederhana. Selain di sekolah, pemain dapat sepuasnya menjelajahi Sakura Town sesukanya, berbicara dengan banyak karakter dan mengunjungi rumah mereka dan apa saja.

Sejauh ini permainan SAKURA School Simulator sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store dengan rating yang baik.

9. Food Stylist

food stylist-side_

Mau coba game simulasi yang lebih santai? Ada Food Stylist. Sesuai namanya, game ini menyuguhkan pengalaman untuk menjadi seorang food stylist. Anda harus menghias makanan dan minuman sesuai dengan permintaan setiap klien. 

Tentu, masing-masing klien punya preferensi berbeda. Pastikan Anda benar-benar menghias sesuai dengan apa yang diminta, ya. Saat kami coba, beberapa klien ada yang meminta dibuatkan kue ulang tahun, es krim, bahkan burger.

Setiap item hiasan di dalam game ini dihargai dengan mata uang dan koin. Ada pula item spesial yang bisa dibeli pakai token. Yah, sayangnya semuanya ini tidak benar-benar gratis. Jumlah uang dan tokennya cukup terbatas. Anda harus membeli token dengan uang sungguhan kalau mau gameplay-nya lebih lancar.

Oh iya, di Food Stylist, ada misi harian yang bisa dijalankan. Lumayan, dari misi-misi harian ini, Anda bisa dapat rewards. Nah, bagaimana, tertarik untuk memainkan game satu ini? Food Stylist cocok buat killingtime saat waktu senggang.

10. The Sims™ Mobile

The Sims™ Mobile

Sudah tidak asing, dong, dengan game The Sims? Game yang sangat populer di PC ini, kini merambah ke dalam PlayStore. Ya, Anda bisa memainkan game The Sims di perangkat Android.

Sama seperti game versi PC, Anda akan diminta membangun rumah, menjalankan aktivitas, dan mengkreasikan skill karakter Anda. Beberapa skill yang dapat dipelajari ada di game ini. Namun, salah satu yang paling populer adalah memasak.

Fitur yang ditawarkan game ini memang tak selengkap versi PC. Meski begitu, permainan ini tetap seru untuk dimainkan. Ingin coba main The Sims™ Mobile?

11. Car Mechanic Simulator 21

car mechanic sim 21_

Sesuai namanya, di dalam Car Mechanic Simulator 21 Anda akan bertugas menjadi mekanik mobil di sebuah bengkel. Anda akan menerima order dari klien untuk memperbaiki masalah di mobilnya. Masalah tersebut beragam. Ada yang disebabkan oleh mesin, atau bahkan mereka hanya ingin mengganti cat mobilnya saja.

Nah, kalau soal masalah pada mesin, Anda harus mencari penyebabnya sendiri. Lalu, memperbaiki masalah tersebut. Misal, ternyata masalah pada mobil tersebut adalah baterainya yang sudah aus. Nah, Anda harus mencari baterai baru dan membelinya. Setelah itu, Anda lepaskan baterai lama pada mobil, dan ganti dengan yang baru.

Game ini memungkinkan pemainnya untuk membuat atau merakit sebuah mobil dari nol, lho. Kalau mau coba, silakan langsung unduh Car Mechanic Simulator 21 di Google PlayStore.

12. Woodturning

woodturning_

Woodturning adalah game simulasi dari Voodoo yang telah dimainkan oleh lebih dari 100 juta pengguna Android.

Seperti namanya, ini adalah simulasi untuk kerajinan menggunakan bubut kayu dengan alat genggam untuk mengubah sepotong kayu menjadi bentuk yang diberikan.

Di dalam permainan ini Anda harus menyelesaikan kerajinan sesuai pesanan pelanggan lalu mengukir, memoles, mengecat dan menambahkan stensil ke pekerjaan Anda. Anda dapat menghasilkan uang dan meningkatkan ruang bubut Anda.

Ketepatan dan kecekatan sangat dibutuhkan untuk game ini. Mau mencoba? Silakan unduh Woodturning di Google Play Store.

13. Rebel Inc.

rebel inc

Di permainan ini, Anda dituntut untuk memiliki kemampuan berstrategi yang baik. Dari tangan-tangan yang telah merilis Plague Inc., hadirlah Rebel Inc. dengan gaya permainan yang mirip namun memiliki tema yang berbeda. Anda tidak akan berurusan dengan wabah penyakit, melainkan dengan kondisi perang.

Anda harus berusaha memiilih prioritas antara kekuatan militer atau meminimalisir warga-warga sipil yang menjadi korban perperangan. Walau terkesan sulit, terdapat tutorial ataupun bantuan-bantuan yang cukup mudah dipahami.

Di game ini Anda juga bisa berusaha menstabilkan 7 wilayah dengan cara merebut hati para warga, memberikan modal kepada pemerintahan lokal, serta menghentikan pemberontak yang melawan. Jadi, apakah Anda tertarik mencobanya? Unduh Rebel Inc. di Google PlayStore.

14. Cooking Simulator

cooking simulator_

Game ini benar-benar menawarkan simulasi memasak. Anda akan bertugas di dapur sebuah restoran dan menerima order yang cukup banyak. Selesaikan menu demi menu supaya exp Anda naik. Setelahnya, akan ada lagi menu baru yang dapat Anda sajikan pada pelanggan.

Salah satu menu yang harus Anda buat sendiri adalah Sweet Strawberries. Untuk membuat menu ini, Anda harus mengambil mangkuk, memilih stroberi, lalu memasukkannya ke dalam mangkuk tersebut. Setelahnya, beri taburan gula di atas stroberi tadi. Kalau sudah, sajikan langsung ke pelanggan.

Tentu, semakin tinggi level permainan ini, semakin sulit pula masakan yang harus disajikan. Serunya, Anda harus berpacu dengan waktu untuk menyajikan makanan ke pelanggan restoran. Jadi, mau tidak mau Anda harus bisa memasak sebuah menu dengan cepat.

Game ini menawarkan visual yang cukup oke. Namun, tak terlalu banyak musik yang terdengar di tengah permainan. Jadi, terkesan sepi saat sedang bermain.

Tapi, Anda akan mendengar efek suara bahan makanan saat dipotong, suara taburan gula, dan juga suara makanan yang dibuang ke tempat sampah. Bisakah Anda menyelesaikan level demi level dari Cooking Simulator?

15. Rent Please! Landlord Sim

rent please_

Dalam permainan ini, Anda akan menjadi seorang jurangan kost. Sewakan kamar-kamar yang Anda kelola kepada para pekerja, atau bahkan orang yang tak bekerja sekalipun. Anda bisa memilih untuk merekrut penyewa sendiri.

Jangan lupa upgrade setiap kamar dengan furnitur dan fasilitas terbaru. Beberapa pelanggan yang cerewet akan terus mengomentari fasilitas yang ada di kost Anda. Bangun gym dan tempat makan, serta laundry agar para pelanggan puas.

Semakin bagus kamar kost dan fasilitasnya, semakin tinggi pula biaya sewanya. Oh iya, Anda dapat mendapatkan uang ekstra dari fasilitas lain seperti tempat makan. Jagalah kepuasan para penyewa dan jangan sampai buat mereka marah.

Game ini memungkinkan Anda untuk membangun setiap fasilitas secara real-time. Satu bangunan biasanya membutuhkan waktu dari 5-15 menit. Untuk mempercepat proses pembangunan, Anda harus menonton iklan dulu. 

Permainan yang simpel ini cocok untuk dimainkan saat sedang santai. Bagaimana, penasaran dengan Rent Please! Landlord Sim?

Nah, berikut bahasan di atas adalah deretan game simulasi terbaik yang bisa Anda mainkan di HP Android. Masing-masing game memiliki konsep dan gameplay-nya tersendiri. Yuk, bagikan pengalaman Anda memainkan kumpulan game simulasi di atas melalui kolom komentar!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram