Carisinyal / Game Konsol / 10 Game PS3 Terbaik yang Paling Menantang Untuk Dimainkan

10 Game PS3 Terbaik yang Paling Menantang Untuk Dimainkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Walaupun konsol PlayStation 4 sudah keluar, namun sebagian gamer Indonesia masih memainkan game-game di platform PlayStation 3. Dengan grafis yang mumpuni, keseruan bermain game PS3 tidak kalah dari para pesaingnya, yakni Xbox 360 serta Nintendo Wii.

Berbagai pilihan jenis game bisa kamu mainkan di PS3, mulai dari RPG (role-playing game) , sports, racing, survival, adventure dan sebagainya. PS3 banyak menghadirkan game-game yang seru untuk dimainkan. Namun untuk para gamer sejati, beberapa game yang telah dirilis mungkin sudah berhasil kamu selesaikan.

Untuk mengingat masa-masa kejayaan dan keseruan bermain PlayStation 3, kali ini Carisinyal akan membahas beberapa game PS3 terbaik yang masih seru untuk dimainkan kembali.

1. Red Dead Redemption

Red Dead Redemption

* sumber: www.amazon.in

Red Dead Redemption merupakan salah satu game terbaik yang ada di PS3. Melalui grafik yang mendetail, konsep open world dalam game ini cukup memanjakan mata.

Secara plot cerita, game ini menawarkan petualangan yang menarik karena mengambil latar waktu zaman koboi. Kamu akan bermain sebagai John Marston. Dia adalah seorang mantan penjahat yang tengah mencari teman kriminalnya.

Kamu dapat mengarungi dunia dalam game ini dengan menggunakan seekor kuda. Untuk mengikuti alur cerita, kamu dapat mendatangi orang-orang yang telah ditandakan dalam peta.

Dalam mengalahkan musuh-musuh yang ada di game ini, kamu akan sering menggunakan pistol revolver-mu. Layaknya seorang koboy, kamu dapat menggunakan tali laso untuk mengikat musuhmu, bahkan menyeretnya dengan kuda.

2. Uncharted 3: Drake’s Deception

Uncharted 3

* sumber: www.snapdeal.com

Masih sama seperti seri terdahulunya, game ini tetap menceritakan petualangan Drake dalam mencari harta karun. Di sekuel ketiganya ini, ia akan berada di sebuah padang pasir yang gersang untuk menemukan artefak dari abad ke-16.

Dari sisi permainan, Uncharted 3 masih tetap menghadirkan aksi-aksi pertarungan yang seru. Kamu akan lebih banyak berkelahi dengan musuh-musuh yang mengincar barang yang sama.

Game ini akan semakin membuat gregetan dan penasaran karena terdapat banyak sekali puzzle yang harus diselesaikan. Untuk melanjutkan walkthrough, mau tidak mau kamu harus bisa memecahkan teka-teki tersebut.

Sebagai tambahan, Uncharted 3 menawarkan mekanisme multiplayer online. Kamu dapat memainkannya bersama temanmu untuk menjalani misi secara bersamaan.

3. Dark Souls

dark souls

Kalau kamu orangnya tidak sabaran dan cepat menyerah, game Dark Souls ini akan membuatmu cepat frustasi karena tingkat kesulitannya yang luar biasa tinggi. Dark Souls merupakan game bergenre action RPG yang dirilis oleh pengembang game From Software di PlayStation 3. Walau namanya tidak mengandung angka, game ini sebenarnya merupakan game kedua dari seri Demon’s Souls.

Saking populernya game ini, Dark Souls pun dinobatkan sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa. Di sini kamu akan bertarung menggunakan berbagai persenjataan seperti pedang, kapak, mace, dan masih banyak lagi.

Kamu harus berhati-hati dalam menghadapi seluruh musuh yang ada, karena kesalahan sedikit saja bisa berujung pada kematian karakter yang dimainkan, terutama jika kamu sedang melawan boss.

Akan ada beberapa unggun api yang tersebar di titik-titik tertentu. Di sini kamu bisa mendapatkan checkpoint, memulihkan nyawa dan item healing, serta menaikkan level. Tapi hati-hati, setiap kamu beristirahat di api unggun, seluruh musuh yang sudah dikalahkan akan hidup kembali. Tertarik?

4. Mass Effect 2

Mass Effect 2

* sumber: www.amazon.com

Game kedua dari Mass Effect ini masih berfokus kepada petualangan Commander Shepard. Kali ini ia akan dibantu oleh partner-nya yang bernama Miranda Lawson dan Jacob Taylor.

Mereka mempunyai misi besar untuk menyelamatkan umat manusia dari kepunahan. Ancaman tersebut hadir karena sekawanan robot yang disebut Reapers berupaya menghapus peradaban manusia di seluruh jagat raya.

Untuk urusan gameplay, Mass Effect 2 menyuguhkan sistem pertarungan galaksi yang cukup kental. Walaupun tidak menggunakan sistem overheat, penggunaan senjata harus digunakan sebaik-baiknya.


Di sepanjang permainan, persediaan peluru tidak sulit untuk didapatkan. Kamu pun dapat memoditifkasi armor yang kamu kenakan. Bagian-bagian armor tersebut bisa kamu temukan saat menjalankan misi.

5. Call of Duty: Modern Warfare 2

Call of Duty Modern Warfare 2

Kalau kamu menyenangi permainan tembak-tembakkan, memainkan salah satu game Call of Duty adalah keputusan yang tepat. Di PS3 kamu bisa memainkan COD: Modern Walfare 2 yang merupakan sequel dari COD 4.

Di permainan ini, kamu akan memainkan empat karakter yang berbeda seperti Roach, Joseph Allen, James Ramirez, Captain John “Soap” MacTavish, dan terakhir seorang astronaut di stasiun luar angkasa.

Mengusung latar waktu di tahun 2016, di sini Anda akan bertarung menggunakan persenjataan seperti assault rifle, shotgun, pistol, dan sniper. Akan ada beberapa mode yang bisa dimainkan seperti Campaign yang memiliki 18 level, Spec Ops, dan juga Multiplayer.

Di mode Multiplayer, kamu bertujuan untuk mengalahkan musuh sebanyak-banyaknya. Ada juga beberapa misi spesifik yang memiliki goals tertentu untuk jenis permainan yang bervariatif.

6. Far Cry 3

Far Cry 3

* sumber: www.cheatcc.com

Far Cry 3 mengusung mode first person shooter (FPS) dan memadukannya dengan konsep game survival. Jalan cerita game yang satu ini berfokus kepada karakter yang bernama Jason.

Ia dan teman-temannya mengalami nasib yang buruk selama berlibur di Rook Island. Seorang bajak laut bernama Vaas Montenegro beserta anak buahnya tiba-tiba berhasil menculiknya dan kawan-kawannya yang lain.

Jason pada akhirnya berhasil meloloskan diri dan permainan pun dimulai. Menyelamatkan teman-temannya dan bertahan hidup menjadi misi penting dalam game ini.

Jason dapat merakit segala barang untuk digunakannya sebagai senjata melawan musuh. Selain melawan pasukan dari sang bajak laut, kamu harus waspada karena ada beberapa monster hutan yang siap mengganggu misi utamamu.

7. Batman: Arkham City

Batman Arkham City

* sumber: nextlevelvideogames.com

Melanjutkan seri terdahulunya yang berjudul Batman: Arkham Asylum, sekuel kedua ini mempunyai cerita yang cukup kompleks. Cerita dimulai ketika sebagian warga Kota Arkham mengidap penyakit yang membuat mereka sekarat.

Sang jagoan, Bruce Wayne (Batman) harus berhasil menemukan obat untuk menyembuhkannya. Dalam pencariannya, ia dihadapkan dengan musuh-musuh lamanya.

Musuh yang akan kamu hadapi cukup banyak, seperti Joker, Harley Quinn, Penguin, Bane, Ra’as al Ghul dan sederetan musuh lainnya. Namun dalam game ini, villain utama berfokus kepada Dr. Hugo Strange.

Ia adalah otak dari segala kekacauan di Arkham City. Aksi The Dark Night dalam misinya tidak akan sendirian. Ia akan dibantu oleh Jim Gordon, Oracle, Catwoman dan pelayan setianya, Alfred.

8. God of War III

God of War III

* sumber: www.amazon.co.uk

Sosok karakter bernama Kratos akan menjadi protagonis utama dalam game ini. Masih dengan tujuan yang sama, ia tetap bertekad untuk membalaskan dendamnya kepada Zeus, sang raja Dewa Yunani.

Aksinya itu tidak akan pernah mudah karena dewa-dewi Olympus tentu tidak akan membiarkan itu terjadi. Maka tak heran, sepanjang game ini Kratos akan melawan dan bertempur dengan makhluk immortal tersebut.

Untuk menghadapi setiap halangan, ia akan dipersenjatai dengan sepasang pedang kembar dan tambahan senjata lainnya selama game ini berjalan. Kekuatan senjata yang ia miliki dapat ditingkatkan melalui sebuah bola merah.

Game ini di satu sisi terlihat brutal. Percikan darah yang keluar dari tubuh Kratos saat berperang terlihat realistis. Namun, unsur tersebut membuat game ini sangat menantang untuk dimainkan.

9. XCOM: Enemy Unknown

XCOM Enemy Unknown

Game PlayStation 3 yang satu ini sungguh cocok bagi Anda yang menyukai strategi. XCOM: Enemy Unknown adalah game berlatar science fiction yang mengusung gaya permainan turn-based.

Tapi, permainan turn-based ini tidak seperti Final Fantasy ataupun Dragon Quest. Kamu bisa memberikan perintah pada masing-masing karakter untuk menempati lokasi tertentu sembari berlindung di balik pilar ataupun objek lainnya.

Saat hendak membidik musuh, akan ada informasi dalam bentuk persen yang menentukan apakah serangannya bisa mengenai musuh atau tidak. Kamu harus berusaha mendekatkan diri pada musuh sambil berusaha supaya lawan tidak menemukan celah untuk menyerang.

10. Watch Dogs

Watch Dogs

* sumber: www.g2play.net

Seorang kriminal bernama Aiden Pearce meretas sistem operasi di Kota Chicago. Ia menggunakannya untuk hal terlarang, seperti mencuri uang dan mengambil informasi publik.

Atas aksinya itu, ia dikejar-kejar oleh organisasi misterius yang akhirnya mengakibatkan keponakannya tewas. Sejak saat itu, ia berencana untuk membalas dendam terhadap mereka, dan petualangan Pearce dalam game ini dimulai.

Untuk mencari organisasi misterius tersebut, dalam game ini kamu dapat melakukan hacking melalui smartphone. Tidak hanya itu saja, perkelahian jalanan dengan baku tembak senjata api mewarnai keseluruhan alur cerita.

Watch Dogs mengusung game action adventure dengan konsep open world, sehingga kamu dapat mengelilingi kota untuk melakukan misi utama maupun misi tambahan.

11. The Evil Within

The Evil Within

* sumber: www.amazon.ca

Setelah berhasil menciptakan kengerian dalam game Resident Evil terdahulu, Shinji Mikami cukup berhasil menularkan konsep survival horror pada game ini.

Cerita The Evil Within mengisahkan Sebastian Castellanos yang terjebak dalam dunia misterius. Hal itu terjadi selepas dirinya menyelidiki kasus pembunuhan masal. Kini ia harus berusaha mencari jalan keluar dari dunia lain tersebut.

The Haunted adalah sebutan untuk makhluk-makhluk menyeramkan yang akan kamu temui dalam game ini. Mereka adalah musuh yang cukup kejam, dan tidak akan segan-segan untuk membunuh.

Selama permainan kamu dapat menggunakan beragam senjata, seperti pistol, panah, pisau, kapak dan alat lainnya. Kemampuanmu dalam bertahan hidup saat berada di dunia misteri ini akan benar-benar diuji.

12. Assassin’s Creed IV: Black Flag

Assassin's Creed IV

* sumber: www.amazon.co.uk

Dalam game ini kamu akan berperan sebagai Edward Kenway. Pada awalnya ia bekerja untuk Kerajaan Inggris, namun akhirnya ia berkhianat dan menjadi seorang bajak laut.

Saat melakoni peran barunya, Edward berhasil mengalahkan seorang Assassin. Dirinya kemudian mengambil identitas korbannya itu dan merubah jati dirinya lagi. Petualangan sebagai seorang Assassin dengan beragam misi pun dimulai saat itu juga.

Edward yang sekarang berubah menjadi seorang Assassin diincar oleh Pasukan Templar. Ia memiliki misi utama untuk menemukan seseorang yang dikenal sebagai “Sage” dan sebuah benda bernama Observatory.

Sebagai seorang Assassin dan bajak laut, kamu akan menjelajahi luasnya lautan Karibia. Karakter yang kamu mainkan dapat membajak kapal musuh untuk dijadikan sebagai armada perang.

13. Infamous 2

Infamous 2

* sumber: sea.ign.com

Sekuel kedua dari game Infamous ini tidak kalah seru dari seri pertamanya. Cole MacGrath akan tetap menjadi karakter utama. Selepas mencari kebenaran akan kekuatan listrik yang didapatkannya, ia bertemu dengan dirinya yang berasal dari masa depan.

Cole kemudian mengetahui akan ada ancaman yang muncul dari monster benama The Beast yang akan berencana untuk menghancurkan seluruh dunia.

Cole memang mempunyai kekuatan listrik akibat ledakan Ray Sphere yang terjadi di game pertamanya. Kekuatan tersebut menjadi lebih berkembang dalam game ini.

Ia mampu merubah listrik seperti kekuatan granat, dan melemparkannya sekuat ledakan misil. Ia juga bisa menembakkan listrik layaknya seperti sebuah pistol. Kamu harus menghemat dalam menggunakannya jika tidak ingin kehilangan kekuatan listik.

14. Grand Theft Auto V

Grand Theft Auto V

Siapa yang tidak pernah dengar franchise Grand Theft Auto? Setelah sukses pada platform PS2 dengan GTA San Andreas dan GTA IV pada PS3, pengembang game Rockstar pun merilis kelanjutannya bertajuk Grand Theft Auto V pada tahun 2013.

Saking populernya, game ini pun sampai di-port ke PC dan konsol generasi penerusnya yakni PlayStation 4 dan PlayStation 5. Kamu pun bisa memerankan tiga karakter dengan sifat dan keahlian yang berbeda-beda, seperti Michael dengan kemampuan slow motion-nya, Franklin yang jago mengemudi, serta Trevor Phillips yang bisa meningkatkan damage saat menyerang.

Akan ada berbagai misi menarik yang bisa dimainkan, contohnya seperti Heist yang mengharuskan kamu membuat rencana untuk mencuri perhiasan dengan pilihan approach yang berbeda-beda.

Yang lebih menariknya lagi, kamu pun bisa memainkan mode multiplayer bernama GTA Online yang mengandung beragam jenis permainan seperti balapan, pertarungan tembak-tembakkan, dan lain sebagainya.

15. LittleBigPlanet

LittleBigPlanet

Tertarik dengan jenis permainan platformer? Ada LittleBigPlanet yang dijamin membuat kamu ketagihan dengan level-levelnya yang unik dan menawarkan atmosfir latar yang menarik.

Bahkan beberapa levelnya terinspirasi dari dunia nyata seperti latar perkotaan New York, gurun pasir, dan sebagainya. LittleBigPlanet juga memiliki mode multiplayer secara online ataupun local. Ini adalah salah satu permainan yang cocok dimainkan di sofa saat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Nah, itulah bahasan mengenai beberapa game PS3 terbaik yang seru dan menantang untuk dimainkan. Kamu juga mungkin tertarik untuk mambaca bahasan mengenai game PS2 terbaik dan game PS1 dengan grafik terbaik.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *