Carisinyal / PS3 / Serupa Tapi Tak Sama, Inilah 7 Perbedaan PS3 dan PS4

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah 7 Perbedaan PS3 dan PS4

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

PlayStation merupakan salah satu konsol permainan yang digemari. Konsol satu ini kini sudah mengeluarkan beberapa seri. PS3 dan PS4 adalah dua seri yang sudah mereka hasilkan.

Bila melihat sekilas, dua seri dari PlayStation ini terlihat sama. Namun, jika ditilik lebih dalam, keduanya punya sejumlah perbedaan cukup mencolok. Lalu, apa saja perbedaan dari keduanya?

1. Desain

Desain

Letak perbedaan pertama yang dimiliki PS3 dan PS4 adalah dari segi desainnya. Dari segi ini, PS3 memiliki tiga macam desain. Ketiganya adalah edisi original yang bongsong, edisi super slim yang begitu mungil, serta edisi slim yang tidak terlalu mungil.

Di antara ketiganya, edisi super slim adalah satu-satunya yang hampir mirip dengan PS4. Hanya saja, PS4 agak lebih bongsor, dengan dimensi mencapai 27,5 cm x 30,5 cm x 5,3 cm.

2. Koleksi Game yang Terkandung di dalamnya

Koleksi Game

* sumber: fjb.kaskus.co.id

Koleksi PS4 boleh dibilang lebih banyak dibanding PS3. Apalagi, PS4 selalu menambah koleksinya di hampir tiap pekan. Resolusinya pun cukup tinggi, di mana tiap game-nya unya resolusi sekitar HD 900p – 1080p.

Walau tak sebanyak PS4, PS3 punya line up game yang lebih klasik dan mengesankan. Hal ini disebabkan masih adanya sejumlah pengembang yang mau menyumbangkan game-nya ke PS3.

3. Suara yang Dihasilkan dari Mesinnya

Suara

Baik PS3 maupun PS4, keduanya sama-sama mengeluarkan suara khusus dari mesinnya. Dari segi ini, suara yang dihasilkan PS4 tidak lebih bising dibanding PS3. Bahkan, ketika konsol tersebut dipakai untuk memainkan game yang berat untuk waktu lama.

Hal itu disebabkan karena PS4 sudah dilengkapi desain canggih dan kipas. Hal itu bikin suara mesinnya lebih senyap dibanding PS3. Walau begitu, kamu harus tetap merawat kipas tersebut. Soalnya, bila kipas itu rusak, maka PS4-nya bakal mengeluarkan suara bising.

4. Harga

Price

* sumber: pixabay.com

Karena tergolong baru, PS4 jadi punya harga yang lebih mahal. Hal ini wajar karena selain baru, PS4 juga punya beragam kelebihan. Mulai dari segi grafis hingga kelengkapan game yang ada di dalamnya.

Saat ini, PS4 dijual dengan kisaran harga Rp 4.500.000. Sementara itu, PS3 masih ada di pasaran dengan harga sekitar Rp 1.500.000. Walau tergolong murah, PS3 punya ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah koleksi game-nya yang lebih klasik dan mengesankan.

5. Joystick

Joystick

PS3 memiliki joystick berupa DualShock 3 yang memiliki sejumlah kelebihan. Mulai dari getaran respon terhadap game, 2 x analog stick, 6 tombol sensitif tekanan, motion sensing, dan lain sebagainya.

Joystick itu lantas dilengkapi baterai Lithium Ion 300 mAh yang bisa kamu isi ulang melalui kabel port USB. Secara keseluruhan, joystick yang dimiliki PS3 mirip dengan joystick bertipe DualShock 2, hanya saja sedikit lebih canggih.

Semetara itu, PS4 memiliki joystick DualShock tipe 4 yang lebih canggih dibanding joystick PS3. Joystick ini bisa kamu koneksikan dengan cara apa pun. Entah dengan port USB, port audio 3.5 mm, Bluetooth, ataupun extension port.

Joystick PS4 juga dilengkapi light bar yang berada di bagian depan. Light bar itu bisa melacak posisimu saat bermain game. Fitur tersebut juga bisa dipakai untuk meningkatkan motion sensor saat kamu memainkan game tertentu.

6. Prosesor dan RAM

Prosesor

Menurut Sony selaku pembuat PlayStation, PS4 memiliki kekuatan 10 kali lipat dibanding PS3. Hal itu bisa dilihat dari prosesor dan RAM yang ada di dalamnya.

PS4 memiliki prosesor berbasis x86, mirip dengan PC bersistem Xbox One dan Windows. Prosesor tersebut sudah dilengkapi dengan GPU 800 MHz, AMD Jaguar 2,7 GHz, serta RAM 8 GB GDDR5.

Kelengkapan prosesor dan RAM itu bikin PS4 bisa menghasilkan grafis dan gambar yang cantik di setiap game-nya. Adapun PS3 hanya memiliki prosesor CPU single-core 3,2 GHz yang dilengkapi GPU 550 MHz, serta RAM 256 MB DDR3.

7. Pembacaan Format Data

Format Data

* sumber: www.techradar.com

Walaupun lebih lama dari PS4, PS3 punya kemampuan pembacaan format data yang lebih unggul. PS3 bisa memutar video yang ada dalam memori maupun hard disk eksternal.


PS3 pun juga punya kemampuan untuk streaming nirkabel dari perangkat lainnya, serta mampu terhubung ke digital living network alliance (DLNA). Kemampuan PS3 terhubung DLNA ini bikin PS3 bisa terhubung ke perangkat digital lain. Semisal PC dan juga TV.

Sejumlah kemampuan itu tak akan kamu temui di PS4. Walau begitu, PS4 punya satu kelebihan yang tak dimiliki PS3. Kelebihan itu adalah hadirnya aplikasi multimedia yang ada di PS4, semisal Amazon, Netflix, dan BBC iPlayer.

Tips Membeli PS3 atau PS4

Tips Membeli PS3

* sumber: www.jagoteknologi.com

Sebelum artikel ini diakhiri, Carisinyal akan memberikan beberapa tips membeli PS3 atau PS4. Siapa tahu bisa kamu pakai saat hendak membeli PS3 ataupun PS4. Tips-tips tersebut adalah.

1. Belilah di Toko yang Resmi

Ini adalah tips paling aman untuk membeli PS3 ataupun PS4. Membeli di toko resmi akan menghindarkanmu dari barang imitasi. Toko resmi sendiri kini bisa kamu temui dalam bentuk toko offline maupun online. Adapun ciri-ciri toko yang resmi sendiri adalah:

  • Memiliki contact person yang bisa dihubungi.
  • Memiliki iklan yang tersebar di mana-mana.
  • Deskripsi pada produknya tergolong jelas.
  • Khusus toko online, tampilan website-nya begitu profesional, serta dilengkapi dengan shopping cart.

2. Pilih PS yang Masih Memiliki Segel Sony yang Asli

Saat ini, banyak tersebar PS3 dan PS4 yang dijual secara refurbish. Refurbish sendiri merupakan sebuah produk cacat yang kemudian diperbaiki dan dijual ke khalayak umum.

Salah satu ciri refurbish adalah tidak adanya segel Sony asli di dalamnya. Bila kamu menemukan produk semacam itu, kamu harus segera menghindarinya.

Sebagai gantinya, cobalah beli PS3 dan PS4 yang masih memiliki segel Sony yang asli. Khusus untuk PS4, belilah PS4 yang memiliki kode SEA. Kode tersebut lazim diberikan ke PS4 asli yang dijual di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

3. Cek PS3 atau PS4 yang Hendak Kamu Beli

Jika kamu menemukan PS3 atau PS4 yang sesuai keinginan, jangan buru-buru membelinya. Cobalah cek terlebih dulu konsol tersebut. Adapun langkah-langkah pengecekan yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Mintalah foto terbaru kondisi PS yang kamu beli dari pihak penjual. Pastikan fotonya betul-betul asli, bukan diambil dari foto orang lain.
  • Bandingkanlah harganya dengan harga di toko lainnya.
  • Pastikan konsol tersebut sudah dilengkapi oleh garansi.
  • Minta penjual untuk memperlihatkan aksesoris yang dimiliki konsol tersebut. Mulai dari joystick hingga kartu garansinya.

Walau terlihat sama, PS3 dan PS4 rupanya punya sejumlah perbedaan. Mulai dari segi desain hingga pembacaan format datanya. Mengetahui perbedaan kedua konsol itu bukanlah untuk membandingkan mana yang lebih baik di antara keduanya, melainkan untuk mengetahui karakteristik dari masing-masing konsol tersebut. Jadi, saat kamu mau membeli salah satunya, kamu sudah tahu seperti apa karakteristik dari konsol yang kamu beli nanti.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *