carisinyal web banner retina

15 Game Puzzle Terbaik di Android yang Sangat Menantang

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Game puzzle atau game teka-teki merupakan hiburan yang bermanfaat untuk mengasah otak kita. Untuk membunuh waktu di saat senggang , kita bisa memainkan beberapa game puzzle yang menyenangkan.

Semakin berkembangnya zaman, maka Anda pun bisa memainkan game tersebut melalui smartphone atau tablet Android Anda. Jadi, Anda bisa memainkan game puzzle ini kapan pun dan di mana saja.

Bingung memilih mana game yang menarik untuk dimainkan? Yuk, simak rekomendasi dari tim Carisinyal di bawah ini.

1. Satisgame

satisgame_

Satisgame memang merupakan game puzzle santai. Saking betahnya, tak terasa kami pun melewatkan waktu cukup lama demi menyelesaikan setiap levelnya. Permainan satu ini cocok buat meredakan stres.

Satisgame bukan cuma permainan teka-teki seperti menyusun benda, atau juga menebak posisi barang hilang. Adakalanya kami hanya perlu memasang kabel USB ke port sebuah ponsel, memotong kuku jari tengah, menyalakan lampu bohlam yang mati, atau sekadar membetulkan lukisan yang miring. 

Yah, di situlah letak kepuasannya. Kadang, lihat lukisan miring saja, kita suka greget ingin meluruskannya, kan?

Hal yang seru dari game ini adalah, setiap levelnya itu tidak mudah ditebak. Tahu-tahu, kami diminta untuk mem-flush toilet, menekan tombol saklar, bahkan sekadar memasukkan sebuah bola ke dalam lubang. 

Main Satisgame nggak bikin cepat bosan, kok. Makin tinggi levelnya, teka-teki yang harus dipecahkan juga lumayan sulit. Ada fitur hint dan skip level yang bisa dipakai. Namun, seperti biasa Anda harus menonton iklan. Unduh Satisgame di Google Play Store.

2. DOP 2: Delete One Part

DOP 2_

DOP 2: Delete One Part adalah permainan otak di mana Anda harus menggunakan logika untuk memecahkan teka-teki yang menyenangkan dan cerdas.

Game ini mudah dimainkan. Cukup sentuh layar dan seret jari Anda untuk menghapus sebagian gambar dan melihat apa yang ada di belakangnya. Meski tampak sederhana, tetapi penampilannya bisa menipu.

Seperti kaca pembesar detektif, penghapus Anda adalah kunci untuk mengungkap misteri tersembunyi dari game berpikir ini. Anda harus menjadi detektif yang cerdik dan menyelidiki gambar-gambar itu dengan cermat untuk menemukan petunjuk.

Beberapa fitur game ini adalah memiliki ratusan level hiburan yang penuh dengan permainan asah otak yang rumit tanpa ada dua teka-teki yang sama. Lengkap pula dengan tampilan grafis dengan gaya kartun unik dan animasi lucu.

Ada juga musik, efek suara, dan pengaturan getaran memberi Anda lebih banyak kendali atas pengalaman bermain game yang menyenangkan.

3. Art Heist Puzzle

art heist puzzle_

Kalau game yang satu ini mengharuskan kami untuk menyusun potongan-potongan lukisan tersohor. Contohnya seperti Starry Night karya Vincent Van Gogh, The Kiss-nya Gustav Klimt, atau American Gothic karya Grant Wood.

Kunci untuk menyelesaikan puzzle di permainan ini adalah: hafal lukisannya. Kalau Anda bisa bereskan kurang dari 30 detik, reward berbentuk koin akan didapatkan dan jumlahnya maksimal 7 koin. 

Dalam satu percobaan penyelesaian puzzle, Anda punya 15 kesempatan. Kalau salah menempatkan potongan lukisan, ya kesempatannya berkurang. Jadi, pastikan Anda benar-benar memposisikan potongannya dengan tepat.

Selain bisa mengusir bosan dan stres, Art Heist Puzzle juga sedikit banyak membantu tim Carisinyal menambah wawasan. Setiap kali kami bereskan lukisannya, ada fakta menarik yang diberikan soal lukisan tersebut. Penasaran dengan Art Heist Puzzle? Unduh game-nya di Google Play Store.

4. Teeny Tiny Town

teeny tiny town_

Teeny Tiny Town adalah game puzzle unik. Sebagai pemain, Anda harus membangun sebuah kota kecil seperti tampak pada gambar di atas. Caranya, cukup gabungkan tiga buah benda yang sama. Nanti, benda tersebut akan berubah jadi item baru yang bisa dimanfaatkan untuk membangun kota.

Sebagai contoh, tim Carisinyal menggabungkan tiga buah pohon kecil. Pohonnya akan berubah jadi ukuran sedang. Nah, kami gabung lagi pohon kecilnya, lalu buat dua pohon besar lain untuk digabung dengan yang sebelumnya. Ketiga pohon besar ini akan berubah jadi kayu yang nantinya bisa digunakan buat membangun rumah.

Lakukan hal yang sama sampai kota Anda terisi dengan bangunan. Oh iya, dalam game ini, board-nya punya batasan tile. Kalau tile-nya sampai penuh, akan sulit buat Anda untuk menggabungkan satu benda dengan benda lainnya. Sebenarnya konsep ini mirip dengan game match-3. Jadi, pastikan Anda benar-benar memindahkan benda dengan tepat, ya.

Teeny Tiny Town menyediakan beberapa map yang berbeda. Di awal permainan, hanya satu map yang terbuka. Kalau mau bangun kota di map lain, Anda harus bayar dengan diamond.

5. Harmony: Relaxing Music Puzzle

harmony music puzzle_

Buat Anda yang sudah bosan dengan game puzzle yang itu-itu saja, coba mainkan Harmony: Relaxing Music Puzzle. Sesuai dengan namanya, Anda akan memecahkan puzzle berbentuk segiempat dengan suara musik yang menenangkan.

Tim Carisinyal mencoba menjajal permainan ini. Ada beberapa “World” atau level berbeda di dalam game-nya. Nah, level pertama sendiri namanya Wolfgang. Alat musik yang akan jadi suara dari puzzle-nya adalah piano klasik.

Di dalam World ini, ada beberapa stage yang harus diselesaikan. Masing-masing stage hadir dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Main objective permainannya adalah membentuk puzzle yang dapat menimbulkan suara indah.

Misalnya, Anda melihat empat kotak kuning di sebelah kanan layar. Ada kaca pemisah di bagian tengahnya. Sementara di sebelah kirinya masih berupa kotak transparan.

Nah, kotak transparan itulah yang harus Anda isi dengan warna kuning. Kotak kuning di sebelah kanan harus tersambung agar menimbulkan bunyi yang harmonis.

Perlu diingat, jumlah kotak kuning ini terbatas di setiap stage-nya. Jadi, pastikan Anda menebak teka-tekinya dengan benar. Kalau bingung, silakan gunakan petunjuk atau hint, dan tombol undo yang ada di menu. Tertarik untuk mencoba? Unduh game-nya di Google Play Store.

6. Save the Doge

save the doge_

Seekor anjing terancam terkena sengatan lebah. Anda sebagai pemain harus menolong hewan lucu ini. Caranya dengan menggambar garis di sekitar anjingnya. Gambar bentuk garis hingga anjing lucu ini terlindungi sepenuhnya dari para lebah.

Jangan sampai gambar yang Anda buat memiliki lobang. Pastikan juga gambarnya benar-benar bisa membentuk ‘benteng’ yang kokoh. Jika ingin mendapat skor lebih, usahakan untuk memakai tinta dengan jumlah yang sedikit.

Jika bingung menentukan bentuk gambar, silakan tekan tombol hint untuk mendapat pencerahan. Sayangnya, Anda harus menyaksikan iklan agar mendapatkan petunjuk berharga tersebut. Tertarik dengan game ini? Unduh Save the Doge di Google Play Store.

7. Water Sort Puzzle

water sort

Water Sort Puzzle adalah game puzzle yang menyenangkan dan membuat ketagihan di mana Anda harus mengusahakan untuk menyortir air yang diwarnai dalam gelas.

Lakukan hingga semua warna dalam gelasnya sama. Permainan yang menantang sekaligus santai ini cocok untuk melatih otak Anda.

Cara memainkan game ini cukup mudah. Pertama ketuk gelas apa saja untuk menuangkan air ke gelas lain. Kedua, Anda hanya boleh menuangkan air jika ada warna yang sama dan ada cukup ruang di gelas. Tertaik memainkan game Water Sort Puzzle? Unduh sekarang di Google Play Store.

8. Prison Escape

prison escape_

Prison Escape adalah sebuah game puzzle yang seru. Anda harus memecahkan teka-teki agar bisa keluar dari sebuah bangunan penjara. Di level pertama, Anda dituntut untuk bisa meloloskan diri dari dalam jeruji besi.

Kami mencoba game ini dan merasakan keseruannya. Permainan berjalan mulus sampai kami tiba di pintu pos sekuriti. Teka-teki berupa angka muncul dan agak sulit untuk dipecahkan begitu saja.

Nah, kalau sudah mulai bingung, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan hint. Menariknya, hint di Prison Escape ini tak terbatas jumlahnya. Namun, kadang hint-nya pun tidak dijelaskan secara gamblang. Menurut kami, petunjuknya ini malah kadang memunculkan teka-teki di dalam teka-teki.

Untungnya, game ini punya tombol skip untuk beberapa puzzle tertentu. Sayang, tombol skip tak dapat digunakan secara cuma-cuma. Anda harus mengorbankan 10 koin. Tentu, koinnya harus dibeli dengan uang sungguhan.

Overall, tim Carisinyal ketagihan bermain game puzzle satu ini. Apalagi levelnya juga tak cuma satu. Dalam setiap level pun tantangannya berbeda-beda. Kalau tertarik, silakan unduh Prison Escape di Google Play Store.

9. Family Tree! - Logic Puzzle

family tree_

Family Tree! - Logic Puzzle adalah game teka-teki dengan objek pohon keluarga alias family tree. Misi utama di game ini adalah menyusun silsilah keluarga berdasarkan hint yang diberikan dalam permainan.

Misal, Susan dan David menikah, berarti mereka ditaruh sejajar di pohon keluarga. Lalu, mereka punya anak bernama Roy dan Sarah, dan Sarah lebih muda dari Roy. Maka, Roy ditaruh tepat dibawah David, dan sarah tepat di bawah ibunya. Nantinya, Anda harus terus melakukan hal yang sama.

Namun, jangan salah, ketika levelnya naik, silsilah keluarga yang harus disusun juga makin sulit. Oh iya, di sini, Anda juga diberi kesempatan untuk mencoba aktivitas tambahan dengan membangun kota kecil di sebuah board. Mau mencoba main? Unduh game-nya di Google Play Store.

10. Tiledom

tiledom_

Tiledom adalah game puzzle match 3 atau mencocokkan objek. Nah, objeknya di sini berupa kotak bergambar buah dan benda lainnya. Tugas Anda adalah mencocokkan tiga kotak dengan gambar yang sama. 

Tiga kotak yang sudah dipilih akan masuk ke dalam papan antrian. Habiskan seluruh kotak yang ada di layar. Jika papan antrian penuh, silakan tekan tombol undo untuk membatalkan kotak yang diambil terakhir kali. Sayangnya, jumlah tombol undo ini hanya empat. 

Begitu pula dengan tombol shuffle (acak) dan hint (petunjuk). Jumlahnya terbatas. Jika habis, Anda harus menonton iklan. Walau cukup banyak iklannya, game-nya sangat seru dan menantang. Jadi, tim Carisinyal tetap betah memainkannya. Jika ingin mencoba, silakan unduh Tiledom di Google Play Store.

11. Words of Wonders

words of wonders_

Ini adalah salah satu game kata paling populer di Android. Words of Wonders telah diunduh dan dimainkan oleh lebih dari 100 juta pengguna, lho.

Sesuai dengan namanya, Anda harus menyelesaikan permainan teka-teki silang dengan menebak kata-kata tertentu yang tampak di layar. Tak hanya menebak kata-kata biasa, Anda juga akan dibawa ‘berkeliling dunia’ dengan menebak nama-nama negara atau kota-kota yang ada.

Game Words of Wonders ini terbilang sederhana, tapi sangat seru untuk dimainkan. Tertarik mencoba game-nya? Unduh di Google Play Store.

12. Monument Valley

Monument Valley

Monument Valley berada di dalam daftar game puzzle Android terbaik karena unggul dalam hal audio dan desain visual. Anda akan merasa seperti sedang berinteraksi dengan hal-hal yang berbau magic.

Di Monument Valley, Anda akan mengontrol sebuah karakter bernama Princess Ida. Karakter ini harus melalui monumen yang misterius, mengungkap jalur tersembunyi, dan memecahkan teka-teki yang berada di permainan ini.

Banyak yang mengatakan bahwa Monument Valley adalah game yang benar-benar mengasah otak. Tertarik untuk memainkan Monument Valley?

13. Imposter Smashers

imposter smasher_

Ini adalah game puzzle yang mudah dimainkan. Untuk dapat memenangkan permainan, Anda hanya perlu menghancurkan kru lain dengan palu besar, mengkonsumsi kekuatan mereka untuk menjadi lebih besar dan lebih kuat. Namun, Anda harus menghindari menabrak penipu rumit agar tidak dihancurkan.

Permainan Imposter Smashers menawarkan beberapa fitur. Di antaranya adalah kontrol yang mudah hanya dengan satu jari, menyediakan beberapa peran dengan skin dan keterampilan, serta tantangan yang tak terhitung.

Game ini juga bisa dimainkan secara daring juga luring. Sejauh ini, Imposter Smashers sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store.

14. Okay?

okay?_

Nama game puzzle ini sangat unik, bukan? Okay? merupakan sebuah permainan teka-teki simpel. Meski begitu, seluruh teka-teki di sini cukup sulit untuk ditaklukkan. Anda harus mengosongkan papan berwarna putih dari setiap objek yang muncul.

Gambar garis dengan jari. Garis tersebut nantinya akan memunculkan bola memantul. Bola inilah yang akan menyentuh objek dan menghilangkannya dari papan. Jadi, pastikan Anda menggambar dengan arah yang tepat, sehingga bolanya bisa memantul ke segala arah. Alhasil, seluruh objek di papan bisa hilang dengan mudah.

Di awal permainan, Anda akan diberi tutorial sederhana. Kalau bingung, Anda dapat membuka petunjuk dengan menonton iklan. Uniknya, permainan ini juga memperbolehkan Anda untuk menggambar sendiri objek yang ingin dihilangkan. Unduh permainan ini di Google Play Store secara gratis.

15. Tap Away

tap away_

Permainan puzzle ini juga tidak kalah seru. Nah, Anda akan dihadapkan dengan balok-balok yang harus dilucuti satu per satu. Tap pada balok yang ingin Anda tarik keluar dari kelompoknya. Balok itu akan ‘terbang’ dengan sendirinya dari papan putih. 

Baloknya hanya bisa melayang ke satu arah. Jadi, sebelum Anda melucuti sebuah balok, pastikan putar dulu semua balok tersebut ke arah yang tepat.

Kalau salah arah, balok akan terkunci dan tak bisa keluar. Anda akan kehilangan kesempatan bermain sebanyak satu kali. Kalau salahnya berkali-kali, tentu kesempatan bermain Anda akan semakin menipis. Jadi, pastikan Anda sudah menyusun strategi dengan benar untuk melucuti setiap baloknya.

Setiap kali menyelesaikan level, Anda akan mendapat koin. Koin ini bisa dipakai untuk membeli skin. Oh iya, di beberapa level, ada potongan puzzle yang bisa Anda temukan. Nantinya, kalau sudah terkumpul, puzzle tersebut akan tersusun secara otomatis.

Permainan asah otak ini dapat dimainkan dengan gratis. Akan tetapi, iklan yang tampil di dalamnya cukup banyak. Kalau tertarik, silakan unduh Tap Away di Google Play Store.

Ingin memastikan seberapa kehebatan Anda dalam bermain game puzzle? Nah, unduh semua game asah otak Android terbaik rekomendasi dari tim Carisinyal ini dan buktikan bahwa Anda merupakan master dalam memainkannya. Cek juga rekomendasi game kuis dari kami.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram