carisinyal web banner retina
Carisinyal / Games / 10 Rekomendasi Game yang Cocok Dimainkan Pasangan LDR

10 Rekomendasi Game yang Cocok Dimainkan Pasangan LDR

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 22 Desember 2020

Terjebak di rumah dan tidak bisa mengunjungi sang pacar? Atau sedang meninggalkan pasangan di kampung halaman karena ada urusan pekerjaan? Menjalani hubungan LDR itu memang sulit. Selain harus melawan rasa kangen, masalah kepercayaan pun turut menjadi masalah yang dialami setiap pasangan yang terpisah oleh jarak. Nah, daripada galau, lebih baik mainkan game yang bisa dimainkan berdua.

Daripada membiarkan pasangan kesepian dan malah mencari-cari kesenangan di orang lain, kalian bisa menghabiskan waktu berdua dengan cara yang begitu menyenangkan, sekalipun tidak sedang bertemu. Sudah banyak permainan online yang bisa dijadikan pilihan, tapi tidak semuanya cocok untuk dimainkan bersama pacar atau suami/istri.

Oleh karena itu, Carisinyal berinisiatif untuk mengumpulkan daftar game terbaik yang cocok dimainkan oleh pasangan LDR. Tidak hanya sembarang game online, game yang kami masukkan ke daftar dijamin memberikan emphasis pada interaksi antar pemain yang unik dan tema yang kental akan nuansa pasangan. Yuk langsung disimak saja daftar di bawah ini!

1. Hago

hago

Banyaknya jenis minigame yang bisa dimainkan di Hago menjadikannya salah satu game terbaik yang bisa dimainkan bersama pasangan, sekalipun terpaut jarak seberapapun jauhnya. Di sini, Anda bisa memainkan game seperti tembak-tembakkan, adu domba, melempar pisau, dan masih banyak lagi.

Terdapat juga fitur voice chat dan score keeping yang bisa membuat sesi bermain menjadi sangat menyenangkan. Setidaknya, sudah ada lebih dari 100 game yang bisa dimainkan dan akan semakin bertambah lagi seiring waktu.

Game Hago ini juga mendukung fitur virtual hangout untuk Anda bertemu dengan teman-teman baru. Asal, jangan sampai kepincut oleh orang selain pasangan Anda, ya!

2. UNO

uno

Siapa yang tidak suka dengan permainan kartu UNO yang terkenal ini? Biasanya, orang-orang bertemu secara langsung dan memainkan kartu UNO secara fisik. Tapi berkat adanya game UNO di Android dan iOS, Anda dan pasangan pun bisa beradu keahlian secara virtual.

Baik itu pemain UNO yang sudah jago ataupun yang baru bermain, semua dapat menikmati permainan di manapun Anda berada. Nikmati rasanya menyerang pasangan Anda dengan kartu Wild Draw Four yang bisa membuatnya frustasi. Atau, Anda pun bisa bermain secara kooperatif dengan pasangan untuk mengalahkan tim lawan. Seru, 'kan?

3. Werewolf Online

werewolf online

Werewolf sendiri merupakan permainan yang umum dilakukan saat banyak orang berkumpul, entah itu saat break rapat, pesta, ataupun di tongkrongan. Permainan ini dilakukan dengan cara memberikan peran pada masing-masing pemain yang berkumpul.

Terbagi menjadi dua kubu (villager dan serigala), pihak serigala harus berpura-pura jadi villager, dan pihak villager sungguhan harus menerka-nerka siapa di antara mereka yang jadi serigala. Nah, serigala punya kesempatan untuk memakan satu villager setiap gilirannya, dan akan menang saat semua villager sudah termakan habis.

Sebaliknya, para villager baru dapat memenangkan permainan apabila semua serigala yang menyamar sudah ketahuan. Kalau secara offline, diperlukan satu moderator yang mengarahkan jalannya permainan. Inilah salah satu kelebihan bermain Werewolf secara daring, karena setiap orang bisa bermain tanpa harus ada moderator.

Pada permainan Werewolf Online yang bisa didapatkan dari Play Store, Anda dan pasangan bisa bermain dengan kenalan baru dari seluruh dunia. Game ini juga bisa menguji seberapa pandai Anda menerka apabila pacar sedang berbohong, dan tentunya bisa jadi penghilang rasa kangen yang manjur kalau kebetulan dua-duanya kebagian peran werewolf.

4. Overcooked 2

overcooked 2

Nah, inilah permainan multiplayer yang pastinya disukai oleh perempuan, karena Overcooked 2 adalah permainan yang bisa dimainkan secara online dan memiliki tema memasak. Tapi, tidak seperti game memasak lainnya seperti Cooking Mama, game Overcooked 2 ini punya jalan cerita yang unik.

Bertempatkan di Onion Kingdom, sang raja bernama Onion King tak sengaja memunculkan pasukan zombie dengan tubuh seperti roti yang dinamakan The Unbread. Nah, tugas Anda dan pasangan adalah bekerja sama di dapur untuk mengumpulkan, memotong, dan memasak bahan-bahan makanan.

Overcooked 2 telah hadir di banyak platform seperti PC, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, dan bahkan tersedia juga untuk current-gen consoles yakni PS5 dan Xbox Series X/S. Di Steam sendiri, harga yang dibanderol untuk game ini sebesar Rp199.000,-. Klik di sini untuk membelinya (Steam).

Selain harus fokus untuk memasak, Overcooked 2 juga punya berbagai macam rintangan yang akan menyulitkan proses memasak, seperti bertubrukan dengan pemain lain, portal, dan rintangan api yang tidak bisa dilewati. Ini adalah game yang mampu membuat Anda dan pasangan tertawa, menggerutu kesal, sekaligus happy saat berhasil melewati stage demi stage.

6. Mobile Legends

mobile legends

Daripada bingung mau main apa, lebih baik kembali ke klasik – game MOBA bertajuk Mobile Legends yang dicintai jutaan orang di Indonesia dijamin cocok untuk dimainkan berdua bersama pasangan. Mobile Legends sendiri memang memiliki kurva learning yang agak curam, sehingga pasangan mungkin akan kesulitan untuk menghindari serangan musuh ataupun menggunakan skill karakter secara efektif.


Justru dalam hal ini, Anda bisa mengajari pasangan untuk bermain sebagai support. Anda bisa memutuskan untuk menggunakan karakter tank sementara pasangan Anda menggunakan Hero Marksman seperti Layla yang tergolong karakter termudah untuk dimainkan. Unduh Mobile Legends secara gratis melalui link ini.

Siapa tahu pasangan bisa membantu Anda untuk melakukan push rank. Dan jika pasangan tidak jago-jago amat, bermain mode klasik juga tidak ada salahnya. Yang terpenting, kalian berdua bisa menghabiskan quality time dan bersenang-senang di game sekalipun tidak bisa bertatap muka.

7. Stardew Valley

stardew-valley

Ada kalanya, pasangan tidak mau memainkan game yang mengandung penuh aksi. Yang ada, pasangan Anda akan selalu menolak setiap kali diajak bermain game. Nah, cobalah tawarkan game farming seperti Stardew Valley. Di sini, Anda hanya akan melakukan kegiatan seperti bercocok tanam, mengumpulkan uang, memasak, dan melakukan upgrade terhadap rumah ataupun kandang.

Game Stardew Valley ini bahkan tidak hanya bisa dimainkan di PC, tapi tersedia juga versi Android-nya. Dan tentunya, mendukung permainan online multiplayer. Pasangan Anda bisa menjadi host-nya, sehingga Anda bisa membantu pasangan untuk mengumpulkan kayu, menuai benih, menyiram tanaman, dan bahkan mengumpulkan ore di goa yang jadi sarang para monster.

Permainan Stardew Valley ini sungguh dapat dimainkan dengan santai. Selain itu, melakukan kegiatan bercocok tanam berdua akan memberikan kesan kalau kalian sedang berada di satu rumah. Stardew Valley juga tidak begitu mahal, dibanderol dengan harga Rp116 ribu (Steam). Untuk memainkannya di smartphone, unduh Stardew Valley di sini atau melalui Play Store seharga Rp57 ribu.

8. Among Us

among us

Kalau Anda ingin memainkan game yang asyik dimainkan bersama pasangan, permainan seperti Among Us sungguh layak dicoba. Ini adalah versi lain dari Werewolf dengan mekanisme permainan yang serupa – Anda dengan pasangan Anda akan diberikan role secara acak. Bisa jadi satu tim, bisa saja tim berlawanan.

Tidak seperti Werewolf yang mengharuskan villagers untuk mengalahkan serigala. Di game Among Us, Anda bisa jadi seorang kru kapal pesawat antariksa atau menjelma sebagai seorang impostor. Jika Anda dan pasangan terpilih jadi cremate, kalian harus bahu membahu bersama cremate lainnya untuk mencari tahu siapa yang menyamar di antara kru.

Namun apabila kalian berdua terpilih sebagai impostor, kalian harus saling menjaga satu sama lain agar penyamaran tidak ketahuan oleh para crewmate yang asli.

Kalau Anda terpilih sebagai crewmate dan pasangan terpilih jadi impostor, (atau bisa saja sebaliknya), Anda harus menebak apabila pasangan berusaha menyembunyikan identitas aslinya, atau apakah dia memang betulan crewmate asli. Ini adalah permainan menantang yang akan menguji kejelian pemain dalam menerka-nerka perilaku pemain lain.

Siapapun bisa menekan tombol darurat untuk mendiskusikan siapa kira-kira impostor-nya. Dan, jika mayoritas pemain memilih salah satu kandidat, maka orang yang terpilih tersebut akan dieksekusi. Barulah ketahuan apakah kandidat tadi adalah impostor atau bukan.

Game ini tersedia secara gratis di Google Play Store, dengan mikrotransaksi untuk membeli skin dan piaraan. Anda bisa mengunduhnya di sini. Sedangkan untuk PC, bisa dibeli di Steam seharga Rp39.900,- melalui link ini. Khusus yang versi Steam, Anda juga bisa mengaktifkan voice chat saat di lobi maupun ketika emergency meeting untuk memudahkan komunikasi.

9. Fall Guys

fall guys

Seperti Among Us, game platform bernama Fall Guys juga memiliki desain karakter yang unik. Kendati demikian, Fall Guy bukanlah permainan tuduh-tuduhan seperti Werewolf ataupun Among Us melainkan sebuah permainan platformer yang mengharuskan pemainnya melewati dan melompati rintangan yang ada untuk sampai garis finish.

Di sini Anda juga bisa membuat lawan terjatuh ataupun menghalang-halangi lawan supaya tidak mendahului Anda. Permainan Fall Guys sendiri mengusung genre Battle Royal juga. Dalam sekali main, Anda akan balapan dengan 59 pemain lainnya dan hanya satu orang saja yang bisa dinyatakan pemenang.

Fall Guys akan membuat Anda dan pasangan terpikal-pikal gara-gara berbagai tantangan yang liar dan begitu absurd. Dan apabila tidak mau melawan pasangan sendiri, tersedia juga mode kooperatif supaya kalian berdua bisa bekerja sama dalam melawan tim musuh. Tidak lupa, masing-masing karakternya juga bisa dikustomasi dengan beragam aksesoris dan juga skin. 

Fall Guys bisa diunduh seharga Rp108.999,- melalui Steam, atau dengan klik di sini. Sedangkan bagi kalian yang masing-masing punya PS4, bisa membelinya dengan harga Rp279.000,-.

10. Don't Starve Together

dont starve together

Barangkali Anda dan pasangan menyukai tipe permainan menanam seperti Stardew Valley. Kalau begitu, Don't Starve Together ini bisa dicoba. Don't Starve Together sebenarnya bukanlah permainan farming, tapi di sini Anda dan pasangan bisa bekerja sama untuk survive dengan cara bercocok tanam, crafting, dan mining.

Don't Starve Together sendiri merupakan ekspansi standalone dari Don't Starve. Don't Starve adalah permainan single player, dan sesuai namanya, Don't Starve Together bisa dimainkan secara online multiplayer bersama pasangan ataupun bersama orang asing di seluruh dunia melalui matchmaking.

Berbalutkan cerita yang seru, mekanisme permainan survival yang solid, dan musim-musim yang bisa berganti, membuat Don't Starve Together sebuah permainan yang sangat cocok dimainkan berdua.

Jangan khawatir kalau hanya punya laptop kentang, Don't Starve Together bahkan bisa dimainkan dengan lancar sekalipun pakai VGA onboard.  Anda pun dapat membeli game ini di Steam dengan harga yang hanya Rp95.999,- melalui link ini. Murah sekali, bukan?

Nah, dengan 10 game yang cocok untuk pasangan LDR di atas, kalian tidak perlu bingung lagi mau main apa. Daripada sekadar teleponan dan video call-an, bermain game berdua dijamin bisa mempererat hubungan kalian dan setidaknya bisa mengobati sedikit rasa kangen yang hadir gara-gara terpisah jarak. Game apa yang menjadi favorit Anda dan pasangan?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram