carisinyal web banner retina

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia (Desember 2021)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 4 November 2021

Salah satu aspek desain HP yang cukup sering ditonjolkan adalah ketebalannya. Ketika bodi sebuah ponsel punya ketebalan yang minim alias tipis, maka penampilannya jadi cantik. Bodi yang tipis umumnya juga dapat mengurangi bobot ponsel. Imbasnya, sisi ergonomis ikut meningkat karena ponsel lebih enak digenggam.

Kecenderungan orang untuk menginginkan HP berbodi tipis sudah berlangsung sejak featured phone masih dominan. Hal itu terus jadi tren hingga smartphone jamak digunakan seperti sekarang. Nah, berikut Carisinyal akan mengulas beberapa HP dengan bodi paling tipis di dunia. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya!

1. Microsoft Surface Duo

microsoft surface duo
Layar AMOLED 8.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 855
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 11 MP (wide)
Baterai Li-Po 3577 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Microsoft tidak menyerah di pasar ponsel setelah Lumia dengan Windows Mobile-nya "gulung tikar". Mereka pun meluncurkan Microsoft Surface Duo yang dengan sistem operasi Android. HP ini memiliki konsep yang baru, yakni foldable alias bisa dilipat. Karena itu, desain menjadi salah satu sektor yang ditonjolkan oleh si smartphone.

Dalam catatan Carisinnyal, ponsel ini adalah smartphone dengan ketebalan paling minim, yakni 4,8 mm. Ketebalan itu tentu saja didapat saat si ponsel ini dalam keadaan terbuka alias dibentangkan. Kalau ada dalam posisi dilipat, ketebalannya adalah 9,8 mm.

Desain lipatan secara horizontal pada HP ini membuatnya cocok buat orang yang ingin memakai gawai tablet, tetapi tidak toleran dengan ukuran besar. Surface Duo pun muncul sebagai solusi, sekaligus meraih penghargaan sebagai penemuan terbaik pada 2020 dari surat kabar Time dari Amerika Serikat.

Beberapa fitur dijejalkan pada HP ini untuk mendukung produktivitas. Seperti dukungan pena stylus, Microsoft 365, serta Microsoft Teams and Skype video conferencing. Soal performa, HP ini tentu saja gegas karena diperkuat SoC premium Snapdragon 855 dengan RAM 6 GB.

2. Huawei Mate Xs

Huawei Mate Xs
  • Rilis: Maret 2020
  • Layar: Foldable OLED, 8.0 inches, 2200 x 2480 pixels
  • Chipset: HiSilicon Kirin 990 5G (7 nm+)
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 512 GB
  • Memori Eksternal: NM (Nano Memory), up to 256GB (uses shared SIM slot)
  • Kamera Belakang: Quad 40 MP + 8 MP + 16 MP + TOF
  • Kamera Depan: Uses main camera
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Huawei kembali mengenalkan penerus Huawei Mate X di kuartal pertama tahun 2020, yaitu Huawei Mate Xs yang dijual hampir Rp 40 jutaan. Secara spesifikasi, Huawei Mate Xs tidak begitu jauh berbeda dari Huawei Mate X. Satu di antara sedikit perbedaannya terletak pada sektor performa.

Seperti pendahulunya, HP ini juga memiliki bodi yang sangat tipis ketika dalam mode unfolded atau terbuka, yaitu mencapai 5,4 mm. Bersama dengan Mate X, Mate Xs merupakan smartphone dengan bodi tertipis paling canggih di dunia sejauh ini. Sebagai produk kelas atas, HP ini pastinya dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi unggulan.

3. Huawei Mate X

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 3
Layar Foldable AMOLED 8.0 inci
Chipset Kirin 980
RAM 8 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 40 MP (wide) 8 MP (telephoto) 16 MP (ultrawide) 0.3 MP (ToF)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Huawei memang bukan pihak pertama yang kenal dengan konsel HP layar lipat. Namun, percobaan mereka di pasar ini cukup berhasil dengan Huawei Mate X. Hal itu karena mereka menawarkan konsep lipatan yang lain daripada yang lain. HP ini memang hanya punya satu sisi layar.

Namun, saat dilipat, separuh bagian layar mengampu fungsi sebagai layar sampul. Dalam keadaan terlipat, HP yang dirilis dengan harga sekitar Rp34 juta ini cukup tebal, yakni 11 mm. Akan tetapi, ketika dibentang, ketebalannya berubah jadi 5,4 mm. Sangat tipis!

Namun, HP berpenutup belakang aluminium ini bukan cuma mengandalkan sisi desain. Performanya kencang karena didukung SoC flagship Kirin 980. Kameranya pun keren karena menggunakan sistem optik dari Leica. Salah satu kameranya adalah kamera tele dengan kemampuan perbesaran optik hingga 2 kali.

4. Microsoft Surface Duo 2

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 5
Layar AMOLED 8.3 inci
Chipset Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 16 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4449 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Microsoft Surface Duo 2 lahir karena Surface Duo mendapatkan atensi yang cukup baik. Ternyata, ponsel foldable cukup diminati bagi penggemar tablet yang mendamba keringkasan. Beberapa peningkatan pun diberikan Microsoft pada HP yang dijual dengan harga 1800 dolar AS atau sekitar Rp21,3 juta ini.

Mulai dari layar AMOLED yang kini mendukung refresh rate 90 Hz, konektivitas 5G dan WiFi 6, dukungan display port, speaker stereo, dan baterai yang lebih besar. Kamera Surface Duo 2 juga makin keren, Kini ada tiga kamera aktif, salah satunya adalah kamera tele 12 MP.

Kamera yang dilengkapi dengan autofokus (PDAF) dan OIS tersebut mampu melakukan perbesaran optik hingga dua kali. Seluruh peningkatan tersebut diganjar dengan peningkatan ketebalan bentuk. Pada saat layarnya dibentang, ketebalannya mencapai 5,5 mm.

Angka memang itu lebih besar daripada Surface Duo (4,8 mm), tetapi masih terbilang sangat tipis. Adapun ketika layarnya dilipat, ketebalan Surface Duo 2 adalah 11 mm.

5. Samsung Galaxy Z Fold3 5G

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 7
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Kover: Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Harga Saat Rilis Rp 24.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung tidak mengeluarkan seri Galaxy Note pada 2021. Sebagai gantinya, mereka mengeluarkan HP layar lipat Samsung Galaxy Z Fold3 5G. Pada seri Fold generasi ketiga ini Samsung terlihat makin berpengalaman dalam membikin HP lipat. Beberapa pengulas bilang bahwa build quality HP ini meningkat dari Galaxy Z Fold2.

Engselnya pun makin kuat berkat berkat material aluminium armor. Sementara itu, layar internal HP ini menggunakan bahan Samsung Ultra Thin Glass yang diklaim lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. Perbedaan paling signifikan terjadi pada sektor kameranya. Ya, HP ini memakai kamera depan under display 4 MP.

Kamera ini bisa bersembunyi saat tidak dipakai. Adapun ketebalan HP ini ternyata hanya 6,4 cm saat layarnya terbentang. Hal itu membuat penggunannya cukup nyaman. Namun, kesan bongsor akhirnya tampak ketika layarnya dilipat. Dalam keadaan dilipat, ketebalannya mencapai 14,4 mm pada sisi kover (kanan) dan 16 mm pada sisi engsel (kiri).

6. Xiaomi Mi 11 Lite

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 9
Layar AMOLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 732G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 4250 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Benar bahwa zaman sekarang sulit menemui ponsel dengan bentuk yang kecil. Hal ini terjadi karena jumlah peminat HP berlayar lebar memang lebih besar ketimbang penikmat layar kecil. Namun, bukan berarti penikmat HP kompak tak bisa mendapatkan gawai idamannya. HP seperti Xiaomi Mi 11 Lite pun bisa jadi opsi.

Ya, Xiaomi merancang Mi 11 Lite agar cocok buat orang yang fashionable. Karena itu, HP ini sangat tipis dan ringan ketimbang ponsel-ponsel lain dengan bentang layar yang sama. Ketebalannya hanya 6,8 mm dengan berat 157 gram. Pengalaman menggenggam HP ini pun jelas meningkat.

Apalagi pilihan warna yang diberikan cukup memikat. Contohnya Peach Pink seperti yang ada di contoh gambar di atas. Walau tipis, Mi 11 Lite masih bisa menampung baterai 4250 mAh yang awet. HP Rp3 jutaan ini pun punya performa dan kamera yang sip untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

7. Xiaomi 11 Lite 5G NE

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 11
Layar AMOLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 4250 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Xiaomi 11 Lite 5G NE adalah model perbaikan minor dari Mi 11 Lite. Perbaikan yang paling terlihat ada di sisi SoC. HP ini menggunakan SoC Snapdragon 778G dari Qualcomm yang performanya dipuji banyak reviewer. Alasannya, SoC ini mampu menghadirkan performa yang stabil dan mampu menyaingi SoC flagship generasi lawas.

Kemudian, Xiaomi meng-upgrade kamera depan HP ini. Resolusi yang dipakai kini 20 MP, dengan bukaan f/2.2 dan focal length 27 mm. Peningkatan ini memungkinkan pengguna bisa mengambil foto selfie lebih cerah. Selebihnya, tidak ada perbedaan berarti antara Mi 11 Lite 5G NE (New Edition) dan Mi 11 Lite, kecuali soal konektivitas,

HP dengan sertifikasi IP53 ini pun masih mengusung desain kompak dengan ketebalan hanya 6,8 mm. Bobotnya meningkat 1 gram jadi 158 gram, tetapi masih tergolong ringan di kelasnya.

8. Xiaomi Mi 11 Lite 5G

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 13
Layar AMOLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 780G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 4250 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Xiaomi Mi 11 Lite 5G lahir bersama dengan Mi 11 Lite pada Maret 2021. Namun, HP ini tidak masuk ke Indonesia. Dengan melihat namanya saja, Anda tentu tahu bahwa perbedaan keduanya adalah soal konektivitas. Ya, Mi 11 Lite 5G memang sudah dibekali SoC dengan modem 5G, yakni Snapdragon 780G dari Qualcomm.

Dari segi bodi, Mi 11 Lite 5G punya penampakan yang persis dengan Mi 11 Lite. Ketebalannya sama, yaitu hanya 6,8 mm. HP ini pun jadi salah satu yang paling tipis pada 2021. Namun, HP ini punya bobot 159 gram alias lebih berat 2 gram ketimbang Mi 11 Lite. Bobot tersebut masih terbilang ringan.

Di sisi lain, ada beberapa perbedaan spesifikasi HP ini dengan Mi 11 Lite. Misalnya, kaca proteksi layar menggunakan Gorilla Glass 6, dukungan HDR10+, kamera selfie 20 MP, dan WiFi 6. Itulah mengapa Mi 11 Lite 5G lebih mahal ketimbang Mi 11 Lite. Harganya ada di kisaran Rp5,3 juta di Eropa.

9. Samsung Galaxy Z Flip3 5G

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 15
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Cover: Super AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3300 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

HP lipat clamsheel dengan tombol keypad mungkin tidak akan pernah muncul lagi. Namun, Samsung coba mengobati kerinduan orang-orang dengan Samsung Galaxy Z Flip3 5G. Ya, ponsel ini punya satu muka layar yang bisa lipat. Kalau dilipat 90 derajat, layar atasnya berfungsi sebagai penampil konten, sedangkan lalyar bawahnya berfungsi sebagai pusat navigasi.

Menariknya, ketika layarnya dibentang secara maksimal, Anda mungkin melihatnya seperti smartphone biasa dengan layar 6,7 inci. Namun, jika ditilik dari ketebalannya, ternyata hanya 6,9 mm. Cukup tipis! Nah, kalau layarnya dilipat, akan tercipta bentuk yang sangat kompak, tetapi ketebalannya meningkat jadi 15,9 mm untuk sisi tumpukan layar, dan 17,1 mm untuk sisi engsel.

HP dengan SoC Snapdragon 888 ini dilengkapi pernak-pernik yang menambah sisi premiumnya. Seperti material Gorilla Glass Victus untuk penutup belakang dan layar eksternal di samping kamera belakang. Ulasan lengkap HP Rp14 jutaan ini dapat disimak di artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

10. Samsung Galaxy Fold2 5G

Samsung Galaxy Z Fold2 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Kover: Super AMOLED, 7.6 inci
Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G+ (7 nm+)
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 34.000.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy Z Fold2 5G memperbaiki seluruh aspek dari yang dikeluhkan konsumen pada Galaxy Fold. Beberapa perbaikan itu terkait performa, ketahanan baterai, ukuran layar eksternal, dan fleksibilitas engsel. Detail-detail untuk memoles penampilannya juga makin diperhatikan, sehingga desain HP ini tampak lebih elegan ketimbang pendahulunya.

Beberapa peningkatan itu nyatanya tetap membuat Galaxy Z Fold2 5G tetap memliki ketebalan yang minim, yakni 6,9 mm saat layarnya dibuka. Namun, bobotnya meningkat jadi 282 gram, dari yang sebelumnya 276 gram pada Galaxy Fold. Adapun ketebalan Z Fold2 saat dilipat adalah 13,8 mm pada sisi tumpukan layar, dan 16,8 mm pada sisi engsel.

Sektor performa HP ini kuat karena didukung oleh SoC Snapdragon 865+, RAM 12 GB, dan memori internal UFS 3.1. Untuk pengabadi gambar, konfigurasi kameranya juga apik, salah satunya adalah kamera tele 12 MP dengan kemampuan perbesaran optik 2x. Baca kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold2 5G untuk tahu detailnya.

11. Samsung Galaxy Fold 5G

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 18
Layar Foldable Dynamic AMOLED 7.3 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 855
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 16 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4235 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Laju inovasi desain smartphone yang lambat membuat konsumen hanya melihat bentuk yang itu-itu saja. Hal itu membuat Samsung mulai bergerak dengan mengembangkan layar fleksibel sejak 2013. Percobaan pertama mereka melahirkan ponsel dengan layar melengkung dengan nama Samsung Galaxy Round.

Penyempurnaan demi penyempurnaan akhirnya berbuah hasil. HP dengan layar lipat pun muncul dan dinamai Samsung Galaxy Fold 5G. Tentu saja, sebagai generasi pertama HP layar lipat, Galaxy Fold masih punya banyak kekurangan. Misalnya saja adanya celah di dekat engsel ketika kedua sisi layar dilipat.

Namun, kemunculan HP ini telah memberi warna baru bagi dunia ponsel. Adapun saat dipakai dalam mode layar terbuka, ketebalan Galaxy Fold 5G hanya 6,9 mm. Kalau dilipat, sisi tertebalnya berukuran 15,5 mm. GSM bilang bahwa HP ini ketika dilipat seperti dua Galaxy S10+ yang ditumpuk.

12. Samsung Galaxy Fold

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 20
Layar Foldable Dynamic AMOLED 7.3 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 855
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 16 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4380 mAh
Harga Saat Rilis Rp 30.888.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Pada 2019, tidak semua negara sudah siap menggelar jaringan 5G. Karena itu, Samsung dua model Galaxy Fold. Ada yang langsung mendukung jaringan 5G dan ada pula yang jaringan 5G-nya dikunci. Indonesia termasuk negara yang belum menggelar 5G kala itu. Alhasil, yang datang adalah Galaxy Fold.

Galaxy Fold dan Galaxy Fold 5G pun sama dalam hal bentuk dan spesifikasi. Keduanya sama-sama punya ketebalan hanay 6,9 mm saat layarnya dibentang, dan memiliki sisi paling tebal 15,5 mm ketika layarnya dilipat. Satu-satunya pembeda adalah ukuran baterai Galaxy Fold sedikit lebih besar, yaitu 4380 mAh vs 4235 mAh.

Harga rilis Galaxy Fold menyentuh Rp30 jutaan, cukup mahal karena memang HP dengan konsep desain yang baru. Beberapa orang mungkin ragu soal seberapa kuat engsel si ponsel ketika terus-terusan dibuka dan dilipat. Namun, Samsung mengklaim bahwa HP ini tahan dibuka-tutup sampai 200 ribu kali.

13. Motorola Razr 2019

Motorola Razr 2019
Layar Foldable P-OLED 6.2 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 710
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 16 MP (wide) 0.3 MP (ToF)
Baterai Li-Po 2510 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Dulu Motorola pernah punya smartphone tipis yang dirancang bisa di-upgrade, sehingga awet dipakai untuk waktu panjang. Nama ponsel dengan ketebalan 5,2 mm itu adalah Motorola Z Play. Sayang, konsep modular pada smartphone tersebut gagal total karena dinilai beberapa orang terlalu mahal.

Namun, perusahaan yang dimiliki Lenovo itu tidak berhenti berinovasi. Mereka pun mengeluarkan Motorola Razr 2019 yang tak kalah tipis. Ya, ketebalan HP ini 6,9 mm saat layarnya terbuka, dan 14 mm ketika layarnya dilipat. HP ini adalah salah dari beberapa HP pertama yang muncul untuk memperkenalkan konsep HP layar lipat (foldable).

Konsep lipatan HP ini adalah vertikal. Maka dari itu, bentuk yang tercipta ketika dilipat mirip seperti HP clamsheel zaman dahulu yang kompak. Penampilan Razr 2019 benar-benar elegan. Salah satu alasannya adalah karena ia punya layar eksternal di bawah kamera yang bisa menampilkan berbagai notifikasi.

14. Xiaomi Civi

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 23
Layar OLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Selain seri Mix, Xiaomi punya seri CC, singkatan dari Creative and Colorful. Seri ini mengalami perubahan nama menjadi Xiaomi Civi setelah Xiaomi melakukan rebranding massal pada 2021. Xiaomi Civi diposisikan sebagai ponsel kelas menengah. Hal itu dapat dilihat dari SoC Snapdragon 778G yang dibawanya.

Namun, sisi desain HP ini tak luput dari perhatian. Tengok saja bingkai layarnya yang sangat minim. Ketebalan HP ini pun cukup tipis, hanya 7 mm. Bentuk yang tipis plus bobot ringan (166 gram), membuat HP ini enak dipandang dan digenggam. Xiaomi Civi tidak dijual di Indonesia.

Namun, di negara asalnya, Tiongkok, smartphone dengan refresh rate 120 Hz ini dijual 2600 yuan untuk varian terendah 8/128 GB. Nominal itu bernilai sekitar 5,7 juta jika dirupiahkan.

15. Motorola Edge 20

15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia ([month_year]) 25
Layar OLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (telephoto) 16 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp -
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Motorola Edge 20 merupakan satu dari tiga ponsel Edge 20 Series yang diluncurkan Motorola pada 2021. HP ini tampil sederhana dengan rangka datar modul kamera persegi panjang, dan logo Motorola di bagian penutup belakang. Namun, kesederhanaan itu yang membuat HP ini tampil elegan. Apalagi ketebalannya cuma 7 mm.

Ditambah bobot yang hanya 163 gram, Edge 20 benar-benar mementingkan sisi ergonomika. Di luar itu, HP ini punya performa yang sip karena memakai SoC kelas menengah atas Snapdragon 778G. Kameranya pun keren, ada kamera tele 8 MP dengan autofokus dan OIS. Kamera itu bisa melakukan perbesaran optik sebanyak 2x.

HP ini tidak dijual di Indonesia. Motorola sudah lama tidak berjualan sejak induknya, Lenovo, menyetop produk ponsel di Indonesia pada 2019. Adapun harga Motorola Edge 20 di Amerika Serikat adalah 529,9 dolar AS, sekitar Rp7,5 juta.

Nah, itulah daftar 15 HP tertipis dan tercanggih di dunia yang bisa Anda pilih. Berbagai smartphone tersebut sangat cocok bagi Anda yang menginginkan smartphone cantik dan elegan, namun tetap memiliki spesifikasi yang canggih.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram