15 HP dengan Bodi Paling Tipis di Dunia (Oktober 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Salah satu aspek desain HP yang cukup sering ditonjolkan adalah ketebalannya. Ketika bodi sebuah ponsel punya ketebalan yang minim alias tipis, maka penampilannya jadi cantik. Bodi yang tipis umumnya juga dapat mengurangi bobot ponsel. Imbasnya, sisi ergonomis ikut meningkat karena ponsel lebih enak digenggam.

Kecenderungan orang untuk menginginkan HP berbodi tipis sudah berlangsung sejak featured phone masih dominan. Hal itu terus jadi tren hingga smartphone jamak digunakan seperti sekarang. Nah, berikut Carisinyal akan mengulas beberapa HP dengan bodi paling tipis di dunia. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya!

1. Microsoft Surface Duo

microsoft surface duo
Layar AMOLED 8.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 855
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 11 MP (wide)
Baterai Li-Po 3577 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Microsoft tidak menyerah di pasar ponsel setelah Lumia dengan Windows Mobile-nya "gulung tikar". Mereka pun meluncurkan Microsoft Surface Duo yang dengan sistem operasi Android. HP ini memiliki konsep yang baru, yakni foldable alias bisa dilipat. Karena itu, desain menjadi salah satu sektor yang ditonjolkan oleh si smartphone.

Dalam catatan Carisinnyal, ponsel ini adalah smartphone dengan ketebalan paling minim, yakni 4,8 mm. Ketebalan itu tentu saja didapat saat si ponsel ini dalam keadaan terbuka alias dibentangkan. Kalau ada dalam posisi dilipat, ketebalannya adalah 9,8 mm.

Desain lipatan secara horizontal pada HP ini membuatnya cocok buat orang yang ingin memakai gawai tablet, tetapi tidak toleran dengan ukuran besar. Surface Duo pun muncul sebagai solusi, sekaligus meraih penghargaan sebagai penemuan terbaik pada 2020 dari surat kabar Time dari Amerika Serikat.

Beberapa fitur dijejalkan pada HP ini untuk mendukung produktivitas. Seperti dukungan pena stylus, Microsoft 365, serta Microsoft Teams and Skype video conferencing. Soal performa, HP ini tentu saja gegas karena diperkuat SoC premium Snapdragon 855 dengan RAM 6 GB.

2. Huawei Mate Xs

Huawei Mate Xs
Layar Foldable OLED 8.0 inci
Chipset Kirin 990
RAM 8 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 40 MP (wide) 8 MP (telephoto) 16 MP (ultrawide) MP (ToF)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Huawei kembali mengenalkan penerus Huawei Mate X di kuartal pertama tahun 2020, yaitu Huawei Mate Xs yang dijual hampir Rp 40 jutaan. Secara spesifikasi, Huawei Mate Xs tidak begitu jauh berbeda dari Huawei Mate X. Satu di antara sedikit perbedaannya terletak pada sektor performa.

Seperti pendahulunya, HP ini juga memiliki bodi yang sangat tipis ketika dalam mode unfolded atau terbuka, yaitu mencapai 5,4 mm. Bersama dengan Mate X, Mate Xs merupakan smartphone dengan bodi tertipis paling canggih di dunia sejauh ini. Sebagai produk kelas atas, HP ini pastinya dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi unggulan.

3. Huawei Mate X

Layar Foldable AMOLED 8.0 inci
Chipset Kirin 980
RAM 8 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 40 MP (wide) 8 MP (telephoto) 16 MP (ultrawide) 0.3 MP (ToF)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Huawei memang bukan pihak pertama yang kenal dengan konsel HP layar lipat. Namun, percobaan mereka di pasar ini cukup berhasil dengan Huawei Mate X. Hal itu karena mereka menawarkan konsep lipatan yang lain daripada yang lain. HP ini memang hanya punya satu sisi layar.

Namun, saat dilipat, separuh bagian layar mengampu fungsi sebagai layar sampul. Dalam keadaan terlipat, HP yang dirilis dengan harga sekitar Rp34 juta ini cukup tebal, yakni 11 mm. Akan tetapi, ketika dibentang, ketebalannya berubah jadi 5,4 mm. Sangat tipis!

Namun, HP berpenutup belakang aluminium ini bukan cuma mengandalkan sisi desain. Performanya kencang karena didukung SoC flagship Kirin 980. Kameranya pun keren karena menggunakan sistem optik dari Leica. Salah satu kameranya adalah kamera tele dengan kemampuan perbesaran optik hingga 2 kali.

4. Microsoft Surface Duo 2

Layar AMOLED 8.3 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 16 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4449 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Microsoft Surface Duo 2 lahir karena Surface Duo mendapatkan atensi yang cukup baik. Ternyata, ponsel foldable cukup diminati bagi penggemar tablet yang mendamba keringkasan. Beberapa peningkatan pun diberikan Microsoft pada HP yang dijual dengan harga 1800 dolar AS atau sekitar Rp21,3 juta ini.

Mulai dari layar AMOLED yang kini mendukung refresh rate 90 Hz, konektivitas 5G dan WiFi 6, dukungan display port, speaker stereo, dan baterai yang lebih besar. Kamera Surface Duo 2 juga makin keren, Kini ada tiga kamera aktif, salah satunya adalah kamera tele 12 MP.

Kamera yang dilengkapi dengan autofokus (PDAF) dan OIS tersebut mampu melakukan perbesaran optik hingga dua kali. Seluruh peningkatan tersebut diganjar dengan peningkatan ketebalan bentuk. Pada saat layarnya dibentang, ketebalannya mencapai 5,5 mm.

Angka memang itu lebih besar daripada Surface Duo (4,8 mm), tetapi masih terbilang sangat tipis. Adapun ketika layarnya dilipat, ketebalan Surface Duo 2 adalah 11 mm.

5. Carbon 1 MK II

carbon 1 mkii_
Layar AMOLED 6.01 inci
Chipset MediaTek Helio P95
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 16 MP (wide) 16 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sambutlah salah satu ponsel dengan bahan material carbon fiber pertama di dunia, yaitu Carbon 1 MK II. Ponsel ini hadirkan bobot yang begitu ringan sehingga begitu mudah digenggam dan digunakan dalam waktu panjang, yakni seringan 125 gram.

Bukan itu saja, Carbon 1 MK II juga termasuk dalam jajaran ponsel dengan ketebalan yang begitu ringan yakni hanya 6,3 mm. Meski ringan dan tipis, ketahanan layarnya sungguh tidak dapat diremehkan.

Ia mengusung panel AMOLED berukuran 6.01 inci beresolusi Full HD+ (1080 x 2160 piksel) pada aspek rasio 18:9. Layarnya dilapisi dengan Corning Gorilla Glass Victus yang membuatnya tahan dari keretakan sekalipun sudah terjatuh dari ketinggian hingga 2 meter ke permukaan keras.

Ini merupakan ponsel super tipis yang cocok Anda miliki jika mencari kualitas premium sekelas flagship, dengan layar yang begitu cerah, chipset MediaTek Helio P95 yang cukup kuat untuk bermain game, serta ketahanan layar mutakhir.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram