Carisinyal / Smartphone / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan dari HP Advan i6A

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan dari HP Advan i6A

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2018

Salah satu produsen lokal yang cukup produktif menghadirkan ponsel adalah Advan. Produsen lokal ini seringkali menghadirkan beberapa tipe HP murah dan menarik perhatian. Bahkan, produsen lokal ini merupakan salah satu produsen yang penjualan produknya paling laris jika dibandingkan produsen lokal lainnya.

Advan umumnya menghadirkan lini produk HP di kelas harga Rp1 jutaan dan di bawah Rp1 jutaan. Banyaknya sih mengeluarkan HP Rp1 jutaan seperti Advan G2 Plus atau HP yang dibanderol Rp2 jutaan seperti Advan G3.

Selain kedua seri tersebut, Advan juga punya i series yang secara spesifikasi sedikit di bawah seri G. Seperti Advan i6A yang dijual di kelas harga Rp1 jutaan. Seperti apakah produk yang satu ini? Tanpa berlama-lama lagi, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Advan i6A berikut ini.

Spesifikasi Advan i6A

advan i6a

  • Layar: IPS 5.5 inches
  • Resolusi Layar: 1440 x 720 pixels  18:9 320ppi
  • Chipset: Mediatek MT6739
  • CPU: Quad-core 1.3 GHz Processor
  • GPU: Power Rogue Ge8100
  • Memori Internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 64 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai:  Removable 3200 mAh

Kelebihan Advan i6A

1. Desain Cukup Menarik

advan i6a

 

Advan i6A datang dengan desain yang terlihat beda. Desain bodi HP ini tampak terlihat mahal dan tidak terkesan seperti produk murahan. Tampilan depan HP ini tampak berbeda dan terlihat mewah. Bingkai HP ini tampak dibangun dengan tampilan yang cukup mewah.

Jika menelisik ke bagian belakang bodi, desain belakang bodi juga tergolong bagus dan terlihat mewah. Hanya mungkin logo Advan yang ada di bagian belakang bodi membuat tampilan tidak terasa istimewa. Maklum saja, “Advan” memang secara branding kurang menjual mengingat produsen adalah produsen lokal.

Terlepas dari itu, desain bodi HP ini sekali lagi tergolong menarik. Bisa dibilang, Advan i6A adalah salah satu HP Advan yang memiliki desain menarik.

2. Layar IPS HD+

advan i6a

* sumber: www.youtube.com

Advan i6A hadir dengan layar 5,5 inci. Layarnya mengusung rasio 18:9 dengan resolusi 1440 x 720 piksel. Layarnya mengusung kerapatan layar 320ppi. Dengan kerapatan layar seperti itu, HP ini dapat menampilkan gambar yang jernih karena sudah mengusung panel layar IPS.

Kualitas layar HP ini tergolong baik. Seperti kata Felix dari 805gadget yang mengatakan kalau layar HP ini adalah layar terbaik jika dibandingkan dengan layar HP Advan lainnya. Hal menarik dari HP ini adalah layar ini memiliki fitur MiraVision yang memberikan efek visual tambahan sehingga tampilan layar HP ini jadi lebih baik.

3. Hadirnya Sensor Sidik Jari dan Face Unlock 

advan i6a

Sebagai HP lokal yang dijual di rentang harga Rp1 jutaan, kehadiran sensor sidik jari di HP ini tergolong hal baik. Bukan hanya adanya sensor sidik jari, HP ini juga dilengkapi dengan sensor pemindai wajah.

Untuk kecepatan respon kedua sensor memang tidak cepat. Seperti kata 805gadget, kedua sensor ini tidak terlalu cepat tapi masuk kategori lumayan. Untuk kelas harganya, kehadiran sensor sidik jari dan sensor pengenal wajah jadi sesuatu yang baik.

4. Baterai yang Bisa Dicabut

BATERAI ADVAN I6A

* sumber: www.youtube.com

Kelebihan lain dari HP ini adalah soal baterainya yang bisa dicabut. Di tengah euforia HP dengan baterai tanam alias baterai yang tidak bisa dicabut, masih banyak orang yang membutuhkan HP dengan baterai yang bisa dilepas.

Salah satu keunggulan dari HP yang bisa dilepas adalah karena jika baterai rusak, baterai tersebut tinggal diganti. Alias tinggal cari sendiri baterai baru sehingga tidak perlu repot-repot datang ke customer service. 

5. Fitur Gesture Unik

advan i6a

Advan i6A hadir dengan gesture yang tergolong menarik. Gesture ini memungkinkan Anda sebagai pengguna dapat melakukan gesture di layar. Seperti menggeser layar ke atas untuk membuka tombol Home atau geser ke tengah dari kiri atau kanan untuk kembali. Gesture seperti tergolong menarik mengingat jarang sekali HP lokal mengusung gesture seperti ini.

Kekurangan Advan i6A

1. Performa Mengecewakan

ANTUTU ADVAN I6A

* sumber: www.youtube.com

Advan i6A dibekali dengan chipset Mediatek MT6739. Chipset ini terdiri dari prosesor quad core 1,3 GHz dengan sokongan GPU PowerVR GE 8100 yang sayangnya performanya mengecewakan. Terlihat dari nilai Antutu di atas kalau HP ini hanya mendapat skor Antutu 39.370.

Untuk sebuah HP dengan harga Rp1 jutaan, skor Antutu tersebut tentu mengecewakan. Apalagi jika berniat menggunakan HP untuk main gim berat. Kalau untuk kebutuhan penggunaan Android dasar sih tidak akan terlalu masalah.

Penggunaan beberapa gim ringan juga tidak terlalu masalah. Seperti pengalaman dari Tabloid Pulsa yang mengatakan kalau HP ini dapat memainkan gim Ashalt 8 Airbone dengan lancar. 805gadget ini juga bilang kalau main gim PUBG Mobile terasa patah-patah grafis dan membuat HP ini terasa panas jika memainkan gim ini lama-lama.

2. Kamera Kurang Layak

kamera advan i6a

Advan i6A ini mengusung kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kamera depan 5 MP ini memiliki fitur beauty yang hasilnya cukup oke lah di kelas harganya.

Untuk kamera belakangnya sendiri, HP ini memiliki fitur kamera yang cukup lengkap seperti HDR, Panorama, dan, efek foto seperti sepia dan lain-lain. Untuk hasil tangkapan kamera dari HP ini bisa dilihat contohnya berikut ini.

advan i6a

* sumber: www.youtube.com

Dari hasil foto tampak kalau hasil kamera HP ini tergolong standar. Hal ini juga dikatakan oleh 805gadget yang memang bilang hasil tangkapannya tidak wah alias standar. Sementara TabloidPulsa bilang kalau kamera belakang HP ini cenderung stndar dan hasil fotonya terasa terlihat kabur. Karena itu, kamera di HP ini tergolong kurang bagus di kelasnya.

3.  Sensor Kurang Lengkap

advan i6a

* sumber: www.youtube.com

HP ini tidak memiliki sensor yang lengkap. Tidak ada magnetic sensor, gyroscope sensor maupun orientation sensor. Untuk HP sekelas Advan sebenarnya wajar, sayangnya HP lain yang jadi pesaing di kelas harga yang sama memiliki sensor yang tergolong cukup lengkap.

4. Baterai Masuk Kategori Lumayan

BATERAI ADVAN I6A

Advan i6A dibekali dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh. Daya tahan baterai ini ternyata kurang oke. Seperti yang diungkap oleh 805gadget, HP ini dapat bertahan sampai malam dengan penggunaan tanpa bermain gim.

Jika menilik data tersebut, bisa dibilang daya tahan baterai HP ini tergolong lumayan alias tidak bagus-bagus amat. Tergolong standar dan jika dibandingkan daya tahan baterai HP lain di kelas harga yang sma, jelas HP ini bakal kalah jauh.

5. Kalah Saing di Kelas Harganya

ADVAN i6a

Advan i6A dijual dengan harga kisaran Rp1,3 jutaan. Di rentang harga tersebut, masih banyak HP lain yang menawarkan performa lebih baik. Sebut saja Xiaomi Redmi 6A atau Asus Zenfone Live L1. Jika memiliki sedikit dana tambahan, Realme C1 jelas lebih menarik dibandingkan HP ini.

Simpulan

Advan i6A bukanlah HP yang sebenanrya layak untuk dipinang. Terlalu banyak hal yang biasa yang ditawarkan oleh HP ini. Kalau boleh jujur, Advan i6A bukanlah HP pilihan terbaik di kelas harga Rp1 jutaan. Di kelas harga ini, masih banyak HP lain yang menawarkan banyak kelebihan dibandingkan HP ini.

Mungkin akan lain cerita jika Advan i6A dijual dengan harga di bawah Rp900 ribuan. Mengapa? Di kelas harga ini, Advan i6A malah bisa sedikit unggul dibadingkan pesaing. Lagipula, di kelas harga Rp1 jutaan, jika pun harus memilih HP Advan, seri Advan seperti Advan G2 Plus atau lebih menarik.

Terlepas dari hal tersebut, jika Anda tetapi ingin membeli Advan i6A, ya silakan saja. Tidak ada larangan untuk beli HP ini. Jika memang menarik, langsung saja beli Advan i6A di Bukalapak lewat link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Leave A Comment