Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Multimedia Advan G3

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Multimedia Advan G3

Ditulis oleh - Diperbaharui

Kalau mau menyebut brand lokal yang memiliki potensi untuk bersaing dengan brand HP dari luar, maka Advan adalah jawabannya. Vendor yang satu ini sudah dikenal sebagai pembuat ponsel dan tablet yang cukup terjangkau. Tidak heran, Advan sempat masuk 3 besar vendor terbaik di 2017.

Advan juga beberapa kali menaikan branding dengan membuat HP khusus Barcelona dan juga menelurkan banyak produk HP yang tergolong menarik. Salah satunya adalah Advan G3. Advan G3 ini bisa dibilang merupakan produk Advan yang tergolong berkualitas. Mengapa?

Ada banyak alasan mengapa Advan G3 bisa dibilang berkualitas. Beberapa alasannya bisa disimak pada poin kelebihan yang akan dipaparkan berikut ini. Jangan lupa juga untuk membaca poin kekurangan dari HP ini karena percayalah, tidak ada HP yang sempurna.

Tanpa berlama-lama lagi, mari simak deskripsi kelebihan dan kekurangan Advan G3 ini. Seperti biasa, mari simak terlebih dulu spesifikasi lengkap dari HP yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan ini.

Spesifikasi Advan G3

advan g3

  • Rilis: Oktober2018
  • Layar: IPS LCD 5.9 inches
  • Resolusi Layar: 1440 x720 pixels, 18:9 ratio
  • Chipset: Mediatek MTK6750T
  • CPU: Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU: Mali-T860
  • Memori Internal: 64GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 64 GB
  • Kamera Belakang: 16 MP, f/2.0, PDAF, HDR, Geo-tagging, Smart AI, slo-mo, 10880p
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.4, 480p
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3500 mAh

Kelebihan Advan G3

1. Dua Speaker Harman Kardon

Kelebihan dan Kekurangan Advan G3

Nilai jual utama dari Advan G3 adalah speaker-nya. HP ini menghadirkan dua speaker yang posisinya ada di bagian depan, satu di atas layar dan satu lagi di bawah layar. Penempatan kedua speaker ini bertujuan agar suara dari HP ini bisa keluar maksimal dan tidak tertutupi saat digunakan bermain gim.

Hal menarik dari speaker ini adalah kualitas audionya. Advan bekerjasama dengan Harman Kardon, sebuah perusahaan  yang banyak menghasilkan perangkat suara yang jernih. Speaker Harman Kardon umumnya dapatt ditemukan di laptop-laptop kelas menengah sampai atas. Dan kini speaker ini hadir di sebuah ponsel Android.

Lantas bagaimana suara yang dihasilkan speaker ini? Menurut pengalaman Tabloid Pulsa, speaker Harman Kardon ini mampu menghasilkan kualitas suara yang kencang dan jernih.

Selain itu, Advan juga menambah fitur agar  pengalaman menikmati audio di HP ini  jadi lebih meningkat. Fitur tersebut adalah equalizer yang menawarkan lima level skala suara dan enhaned surround yang berfugnsi untuk menambah tebal kualitas audio di HP ini.

Karena belum ada HP yang resmi masuk ke Indonesia dengan fitur speaker Harman Kardon, tentu kehadiran fitur ini membuat Advan G3 sangat menarik. Tidak berlebihan menyebut HP dengan layar 5,8 inci  HD+ ini sebagai HP yang memang ditujukan untuk multitmedia.

2. Memori Cukup Besar di Kelas Harganya

Advan G3 menawarkan memori yang tergolong besar. HP ini hadir dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. HP lain di kelas harga Rp2 jutaan, jarang ada yang menawarkan memori sebesar ini. Paling banter, HP lain menawarkan memori dengan kombinasi RAM 3 GB dan ROM 64 GB

Kalaupun ada HP yang menawarkan RAM 3 GB dan ROM 64 GB , biasanya harganya bisa mendekati Rp3 juta. Contohnya Realme 2 Pro yang dibanderol Rp2.899.000 (untuk harga flash sale) untuk harga pembelian normalnya lebih mahal. Sementara Advan G3 sendiri tidak sampai Rp2,5 juta untuk harga satu unitnya.

3. Memiliki Fitur Pengisian Cepat

Advan G3 hadir dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh. Kapasitas yang cukup oke. Kalau menurut Sinyalmagz, daya tahan baterai ini bisa seharian dengan penggunaan yang cukup intensif. Sementara untuk waktu standby, Tabloid Pulsa.baterai ponsel ini bisa bertahan sampai dua hari dalam satu pengisian baterai. Setidaknya seperti itu menurut

Yang menarik bukan daya tahan baterai ini tetapi justru pengisian cepat. Jarang ada lho, HP 2 jutaan dari vendor lokal hadir dengan pengisian cepat. Bahkan, HP di kelas harga yang sama dari brand luar jarang ada yang menyertakan fitur ini. Adapun untuk fitur pengisian cepat ini, Advan G3 menawarkan pengisian 30 menit untuk mendapatkan daya 50%. Pengisian daya yang tergolong cepat tentunya.

4. Face Unlock Cukup Cepat

Advan G3 memiliki sensor sidik jari dan face unlock. Yang menarik Advan tampak memprioritaskan face unlock sebagai nilai jual utama mereka. Face Unlock video promosi Advan G3ini menurut Advan mampu menghadirkan respon yang cepat. Dari , kecepatan Face Unlock dalam membaca wajah ini mencapai 0,4 detik.

5. JBL Earpiece di Paket Penjualan

Tidak hanya menawarkan speaker Harman Kardon, Advan juga memberikan earpiece JBL di paket penjualannya. JBL ini dikenal sebagai salah satu produsen perangkat audio yang berkualitas. Bahkan, banyak merek palsunya. Biasanya kalau sebuah produk memiliki merek palsu, umumnya produk tersebut berkualitas dan laku di pasaran.

Dengan speaker Harman Kardon dan mendengarkan lewat earpiece JBL tentu memberikan pengalaman yang lebih menarik untuk menikmati konten multitmedia.

6. Kamera yang Hadir dengan beragam fitur

* sumber: www.sinyalmagz.com

Advan G3 hadir dengan kamera 16 MP dengan bukaan f/2.0. Kamera utama ini sudah dibekali dengan berbagai fitur kekinian, seperti hadirnya smart AI yang bisa mengatur scene foto. Untuk kualitas foto dari Advan G3, bisa disimak contohnya pada gambar berikut ini.

* sumber: www.sinyalmagz.com

* sumber: www.sinyalmagz.com

* sumber: www.sinyalmagz.com

Dari hasil fotonya, tampak kalau Advan G3 ini mampu menghasilkan foto dengan kualitass yang baik. Memang tidak sekeran HP lain di kelas harga yang sama, hanya saja hasilnya tidak begitu buruk. Terlebih kamera pada HP ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur kekinian.

Bahkan menurut Tabloid Pulsa, hasil tangkapan kamera belakang Advan G3 ini mampu menghasilkan foto dengan warna yang natural. Fotonya juga bisa menghasilkan efek bokeh. Karena itu, saya tidak ragu memasukan kamera utama Advan G3 sebagai kelebihan.

7. Desain Kekinian

Kelebihan dan Kekurangan Advan G3

* sumber: www.youtube.com

Advan G3 keluar dari zona nyaman dengan menghadirkan ponsel yang mengikuti tren pasar.  Hal itu terlihat dari bentuk desain Advan G3 yang mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan Advan G seri sebelumnya,. Lihat saja finishing dan look dari Advan G3 ini yang tampak berkilau dan tidak terkesan murahan.

Bisa dibilang, Advan G3 ingin menghadirkan desain yang lebih kekinian dengan balutan material kaca di bodi HP ini. Terlepas dari bodinya yang menjadi lici, tentu patut diapresiasi langkah dari Advan ini supaya tetap bersaing dengan HP lain yang mengahdirkan bentuk desain serupa.

Kekurangan Samsung Galaxy A8 (2018)

1. Performa Terasa Kurang di Kelasnya

* sumber: www.youtube.com

Advan G3  dibekali dengan chipset Mediatek MTK6750T. Tidak ada masalah sebenarnya menggunakan chipset ini. Bermain gim Mortal Kombat X lancar seperti yang terlihat di gambar yang merupakan footage video dari Pikiran Rakyat yang mengetes performa HP ini.

Hanya saja jika menilik nilai Antutu HP ini, terasa sekali kalau performa HP ini harusnya berada di kisaran harga Rp1 jutaan. Betapa tidak, seperti yang diperlihatkan oleh situs Sinyalmagz, nilai  Antutu HP ini ada di angka 53.000. Angka yang lumayan  tapi tidak untuk sebuah ponsel dengan harga di atas Rp2 juta.  Oh yah untuk nilai benchmark Geekbecnch, Advan G3 mendapatkan skor 619 untuk single core dan 2.648 untuk multicore.

Performa keseluruhan HP ini sebenarnya sudah terbilang cukup, malah performanya lebih baik dibandingkan Advan G2 Pro. Sayangnya, untuk kelas harganya, performa HP ini masih kalah saing. Kalau untuk sekadar penggunaan media sosial, main gim dengan grafis low  sih tidak terlalu masalah.

2. Masih Menggunakan Android Nougat

* sumber: www.sinyalmagz.com

Advan G3 hadir dengan tampilan antarmuka IDOS. IDOS ini jadi ciri khas HP Advan dan tergolong menarik. Pasalnya IDOS ini memiliki banyak fitur, termasuk fiur keamanan, yang disebut Anti Thief Security. Sayangnya, IDOS di Advan G3 tidak berbasis Android Oreo.

Advan G3 ternyata masih mengusung Android 7.0 Nougat. Untuk sebuah ponsel yang diriilis pada quartal akhir 2018, tentu agak aneh sebuah ponsel hadir dengan Android Nougat. Beberapa ponsel lokal lain, malah yang harganya di bwah Rp1 juta malah sudah mengusung OS Android Oreo.

Kalau HP dari brand luar sebenarnya tidak terlalu masalah kalau menggunakan Android Nougat karena biasanya akan ada update. Mengingat jarang sekali (atau hampir tidak ada) brand lokal memberikan update sistem operasi Android, tentu penggunaan Android Nougat di HP ini jadi satu kekurangan tersendiri.

3. Kamera Selfie yang Kurang Maksimal

Advan G3

Advan G3 dibekali dengan kamera selfie 8 MP. Kamera ini memiliki bukaan f/2.4 dan mampu merekam video 480p, yah cuman 480p saja. Spesifikasi kamera depan HP ini memang kurang begitu menarik. Seperti apa yang diungkapkan oleh Tabloid Pulsa kalau Advan G3 ini hadir dengan kamera selfie yang biasa saja.

Menurut Tablodi Pulsa, kamera depan Advan G3 ini kurang begitu maksimal untuk narsis foto lucu wajah sendiri. Hasil fotonya masih memiliki noise. Memang kamera depan HP ini sudah memiliki efek bokeh dan efek beauty tetapi memang terasa kurang maksimal hasil fotonya.

Simpulan

Advan G3 bukanlah HP yang buruk. HP ini tergolong bagus, bahkan tidak berlebihan menyebut kalau Advan G3 merupakan salah satu HP Advan terbaik. Banyak kelebihan yang ditawarkan HP ini yang tidak dimiliki HP lain. Benefit yang diberikan untuk memaksimalkan keunggulan HP ini juga adalah satu hal yang menarik.

Advan G3 ini dijual di kisaran harga Rp2.999.000 dengan promo khusus untuk mahasiswa dengan harga Rp1.999.000. Belakangan, HP ini muncul di beberapa marketplace dengan rentang harga Rp 2.2 sampai Rp 2,3 jutaan. Dengan begitu, Advan G3 masuk kategori HP 2 Jutaan.

Di kategori HP 2 jutaan, banyak pesaing yang menawarkan spesifikasi lebih baik dari Advan G3. Tetapi Advan G3 justru menyasar pasar yang lebih spesifik, yakni mereka yang membutuhkan HP dengan dukungan multitmedia yang baik. Tertarik dengan HP ini? Jika Anda tertarik, Anda bisa membeli Advan G3 di Bukalapak melalui link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment