Carisinyal / Smartphone / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy J7 Duo

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy J7 Duo

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2018

Kalau Samsung mengeluarkan satu produk ponsel, orang akan selalu penasaran. Wajar, karena brand ini sudah dikenal lama dan punya image sebagai produsen ponsel terbaik. Kalaupun harganya mahal untuk spesifikasi yang ditawarkan, kebanyakan orang tidak akan terlalu masalah. Karena itu, ponsel seperti Samsung Galaxy J7 Duo yang menambah portofolio produk Samsung di 2018 pun hadir.

Harga Samsung Galaxy J7 Duo adalah kisaran Rp 3 jutaan. Dengan banderol harga tersebut, spesifikasi yang ditawarkan tidak terlalu tinggi jika dibandingkan HP lain di kelas harga yang sama.  Tapi sekali lagi, ini Samsung. Orang masih tetap akan mencari produk ini meskipun ada produk lain dengan spesifikasi yang lebih mentereng.

Satu hal yang jadi keunikan dari Samsung Galaxy J7 Duo yang sudah jarang ditemukan di ponsel lain, yakni bahwa Samsung Galaxy J7 Duo merupakan jenis ponsel dengan baterai yang bisa dilepas alias removable. Di era sekarang, masih ada lho orang yang mencari ponsel dengan tipe baterai yang bisa dilepas.

Lantas, bagaimana sebenarnya performa Samsung Galaxy J7 Duo ini? Dengan harga Rp 3 jutaan, cukup layak kah ponsel ini dilirik? Mari cari tahu kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo ini. Tapi sebelumnya, mari simak detil spesifikasinya terlebih dulu.

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Duo

Samsung Galaxy J7 Duo

  • Rilis: April, 2018
  • Layar: Super AMOLED 5.5 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1280 pixels
  • Chipset: Exynos 7885 Octa
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G71
  • Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: Dual 13 MP (f/1.9) + 5 MP (f/1.9), autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP (f/1.9), LED flash
  • Baterai: Removable Li-Ion 3000 mAh battery

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Duo

1. Layar Jernih Super AMOLED

* sumber: www.youtube.com

Samsung Galaxy J7 Duo datang dengan layar 5,5 inch dengan resolusi HD. Layarnya hadir dengan panel Super AMOLED khas Samsung yang sudah dikenal sebagai salah satu tipe layar terbaik. Salah satu keunggulan panel Super AMOLED adalah tampilan warna hitam yang pekat dan cenderung lebih hemat daya.

Tampilan layar Super AMOLED ini mampu menampilkan konten multimedia yang lebih jernih jika dibandingkan panel IPS. Karena itu, penggunaan panel Super AMOLED pada ponsel ini jadi kelebihan tersendiri dan salah satu jadi nilai jual utama Samsung Galaxy J7 Duo.

2. Daya Tahan Baterai Cukup Lama

* sumber: www.sammobile.com

Penggunaan panel Super AMOLED jelas membuat baterai pada ponsel ini lebih hemat daya. Samsung sendiri membenamkan baterai 3.000 mAh pada Samsung Galaxy J7 Duo ini. Untuk daya tahannya, baterai ini bisa bertahan sampai seharian.

Kalau berdasarkan penggunaan yang dilakukan oleh Metrotvnews.com, Samsung Galaxy J7 Duo ini memiliki daya tahan dalam tempo 9 jam 57 menit. Durasi tersebut didapatkan ketika Samsung Galaxy J7 Duo digunakan secara aktif. Jika penggunaan standar, waktu tempuhnya mencapai 12 jam.

Dengan durasi tersebut, Samsung Galaxy J7 Duo tergolong salah satu HP yang punya daya tahan yang baik karena bisa digunakan seharian, saat berangkat kerja sampai pulang kerja.

3. Performa Menjanjikan

* sumber: www.youtube.com

Satu hal yang barangkali bakal membuat kaget banyak orang, performa Samsung Galaxy J7 Duo. Berbekal chipset Exynos 7885 Octa, ponsel ini ternyata punya performa yang tergolong baik. Wajar, karena chipset ini digunakan juga di smartphone Samsung seri A, Samsung Galaxy A8 (2018) dan Samsung Galaxy A8+.

* sumber: www.youtube.com

Performa ponsel ini bisa disimak dari nilai Geekbench yang mencapai skor 4093 untuk multi-core dan skor 1203 untuk single-core. Untuk nilai Antutu, ponsel memiliki nilai Antutu kisaran 90 ribuan. Dengan nilai tersebut, HP ini bisa diandalkan untuk main gim seperti PUBG, Asphalt 8, dan gim lain yang membutuhkan grafis yang intensif.

Untuk performa, Samsung Galaxy J7 Duo ini tergolong menjanjikan. Bisa dibilang, inilah salah satu smartphone Samsung di rentang harga 3 jutaan yang cocok digunakan main gim.

4. Kamera Cukup Menarik

* sumber: www.sammobile.com

Samsung Galaxy J7 Duo datang dengan dua kamera di bagian belakang. Kedua kamera tersebut mengusung 13MP dan 5MP. Kombinasi kamera belakang ini ditujukan sebagai kamera untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh atau blur pada bagian belakang. Berikut beberapa contoh hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy J7 Duo.

* sumber: teknologi.metrotvnews.com

* sumber: www.yangcanggih.com

* sumber: www.yangcanggih.com

Menilik hasil fotonya, hasil tangkapan Samsung Galaxy J7 Duo cukup memuaskan. Memang tidak sebagus ponsel di kelas harga yang sama, tapi hasil kameranya cukup baik. Untuk kamera depan, Samsung Galaxy J7 Duo dibekali kamera depan 8 MP yang cukup lumayan untuk selfie. Berikut contoh hasil selfie menggunakan Samsung Galaxy J7 Duo.

* sumber: www.yangcanggih.com

5. UI dengan Banyak Fitur Menarik

* sumber: www.youtube.com

Samsung Galaxy J7 Duo 2018 hadir dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Hanya saja, sistem Android yang digunakan bukanlah sistem Android murni. Samsung menyematkan kostumisasi OS bernama TouchWiz yang umum digunakan sebagai UI andalan di ponsel Samsung.

UI TouchWiz terbilang salah satu UI yang boleh dibilang terbaik. Pasalnya, UI ini memiliki navigasi yang yang tergolong baik. Kamu bisa tidak memakai tombol fisik untuk sekadar masuk ke laci aplikasi atau kembali ke tampilan awal (home). Cukup dengan melakukan usapan ke atas maupun ke bawah.

* sumber: teknologi.metrotvnews.com

UI TouchWiz di ponsel ini memiliki fitur bernama Samsung Max. Samsung Max ini merupakan aplikasi yang bisa membantu kamu untuk lebih hemat dalam pemakaian kuota data internet. Fitur ini tergolong bermanfaat, terutama untuk para pengguna yang memang bergantung pada paket data untuk akses internetnya.

Selain Samsung Max, ponsel ini juga punya fitur bernama Smart Things. Smart Things merupakan sebuah aplikasi yang fungsinya untuk menghubungkan perangkat Samsung Galaxy J7 Duo 2018  dengan ekosistem Samsung lainnya, contohnya Samsung Gear Fit. Tentu saja masih banyak fitur lainnya dari TouchWiz yang cukup bermanfaat. Banyaknya fitur menarik di TouchWiz inilah yang jadi kelebihan lain dari ponsel ini.

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Duo

1. Layar Masih Rasio 16:9

* sumber: www.youtube.com

Samsung Galaxy J7 Duo memang tergolong unggul dengan panel layar AMOLED. Sayangnya, tampilan layar ponsel ini yang mengusung rasio layar 16:9 membuat smartphone terasa ketinggalan zaman. Terlebih karena ponsel lain di kelas harga yang sama sudah menghadirkan layar dengan rasio terbaru, yakni 18:9.

Memang sebegitu pentingkah layar dengan rasio 18:9? Untuk sebuah ponsel kelas menengah dan keluar ketika banyak ponsel lain mengusung rasio layar terbaru, tentu ini ini jadi nilai minus tersendiri dari Samsung Galaxy J7 Duo.

2. Desain Bodi Plastik yang Monoton

* sumber: www.sammobile.com

Salah satu kelemahan lain dari ponsel ini adalah desain bodinya. Untuk sebuah ponsel 3 jutaan, desain bodi ponsel ini hanya dibalut dengan bodi plastik policarbonat. Selain itu, desain bodi ponsel cenderung monoton.

Untuk diketahui, Samsung Galaxy J7 Duo ini digadang-gadang sebagai penerus Samsung Galaxy J7+. Tentunya sebagai penerus, harusnya desain ponsel ini lebih inovatif. Ponsel ini justru hadir dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy J7+ sehingga wajar jika terkesan monoton. Satu kekurangan lainnya tentunya.

3. Tidak Mendukung Pengisian Cepat

* sumber: www.sammobile.com

Samsung Galaxy J7 Duo tidak mengusung port USB Type-C. Ponsel ini menyediakan port micro-USB yang umum digunakan untuk charging atau pindah data. Sayangnya untuk proses charging atau pengisian daya tidak dibekali dengan fitur pengisian cepat.

Tidak hadirnya fitur pengisian cepat tentunya sangat disayangkan mengingat ponsel lain di kelas harga yang sama menghadirkan fitur pengisian cepat. Untungnya proses pengisian baterai ponsel ini tidaklah terlalu lama. Untuk terisi penuh dari nol sampai 100%, setidaknya dibutuhkan waktu kisaran 2 jam lamanya.

4. Sensor yang Tidak Lengkap

* sumber: www.youtube.com

Sebagai ponsel yang punya nilai Antutu tergolong tinggi dan cocok untuk main gim, ketidakhadiran sensor gyroscope tentu jadi kekurangan tersendiri. Bukan cuman sensor gyroscope yang tidak ada. Sensor kompas pun tidak disematkan di ponsel ini. Bisa dibilang, banyak sensor yang absen di ponsel ini. Padahal banyak ponsel lain di kelas harga yang sama atau lebih murah memiliki sensor setidaknya untuk kompas maupun gyroscope.

5.Tidak Ada Tombol LED Notifikasi

* sumber: www.youtube.com

Kelemahan lain dari Samsung Galaxy J7 Duo adalah tidak hadirnya tombol LED notifikasi. Tidak ada lampu berkedip yang biasanya muncul di atas layar ketika ada notifikasi dari aplikasi. Fitur ini memang sepele tapi kehadirannya sangat bermanfaat untuk pengguna yang cukup sibuk dan produktif.

Selain tidak ada tombol LED, tombol fisik di ponsel juga tidak dilengkapi dengan lampu backlit. Untuk yang satu ini sebenarnya tidak terlalu masalah tapi tetap saja jadi terkesan kurang menarik.

Simpulan

Samsung Galaxy J7 Duo merupakan ponsel yang tampaknya dihadirkan Samsung untuk mengisi slot ponsel khusus main gim dengan harga yang terjangkau. Dengan harga 3 jutaan, calon konsumen bisa mendapatkan performa yang cukup tinggi dan bisa diandalkan untuk main gim.

Kamera pada ponsel ini juga tidak terlalu mengecewakan. Meski tentu kualitas kamera ponsel ini kalah jika dibandingkan dengan Redmi Note 5, tapi masih tergolong menarik untuk dilirik, terutama untuk calon konsumen yang memang harus selalu Samsung sebagai ponsel andalannya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Leave A Comment