Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A7 (2018)

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A7 (2018)

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Di tengah era ponsel dengan poni, Samsung masih bertahan dengan layar tanpa poni. Seperti yang terlihat pada Samsung Galaxy A7 (2018), sebuah ponsel yang menarik perhatian lantaran hadir dengan tiga kamera utama. Sektor depan, layar HP ini hadir dengan tipe layar Super AMOLED.

Tampil dengan layar Super AMOLED yang cemerlang membuat Galaxy A7 (2018) ini mampu memanjakan penggunanya. Namun ada beberapa teknologi ponsel terkini yang absen di Galaxy A7 (2018) ini semisal fitur pengisian cepat yang cukup dinanti banyak orang di ponsel zaman sekarang.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini? Yuk simak 10 kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A7 2018. Sebelum mengenal lebih dalam soal kelebihan dan kekurangan ponsel pintar ini, simak terlebih dulu spesifikasi lengkap ponsel ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A7 (2018)

Samsung Galaxy A7 2018

  • Rilis:¬†Oktober, 2018
  • Layar: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar:¬†1080 x 2220 pixels, 18.5:9 ratio (~411 ppi density)
  • Chipset: Exynos 7885 Octa (14 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G71
  • Memori Internal: 128 GB, 4/6 GB RAM or 64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 24 MP, f/1.7 (wide), PDAF + 8 MP, f/2.4, (ultrawide) + 5 MP, f/2.2, depth sensor
  • Kamera Depan: 24 MP, f/2.0, 26mm (wide)
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3300 mAh battery

Kelebihan Samsung Galaxy A7 (2018)

1. Layar yang Memanjakan Mata

Layar Samsung Galaxy A7 2018

* sumber: www.gsmarena.com

Samsung Galaxy A7 hadir dengan layar berpanel Super AMOLED yang membentang hingga 6 inci (rasio 18.5:9) dan beresolusi Full HD+ (1080 x 2220 pixel). Kerapatan layarnya mencapai 411 ppi dan dilindungi dengan Gorilla Glass.

Seperti kebanyakan layar ponsel Samsung yang lain, layar Galaxy A7 2018 ini sangat memanjakan mata penggunanya. Dengan layar yang tajam dan nyaman dipandang, bisa dibilang layar Galaxy A7 ini adalah salah satu yang terbaik di kelasnya.

Layar Galaxy A7 yang cukup lebar ini juga cukup bisa diandalkan untuk menemani berbagai kegiatan seru, seperti bermain gim, menonton video, serta melihat konten-konten di media sosial. A7 juga memberikan tingkat kecerahan layar yang tinggi sehingga tetap terlihat jelas saat digunakan di luar ruangan dengan kondisi cahaya yang terang.

2. Konsumsi Daya yang Hemat

Baterai Samsung Galaxy A7 2018

* sumber: www.gsmarena.com

Dibekali baterai dengan kapasitas 3300 mAh membuat Galaxy A7 dapat diajak beraktivitas dengan durasi yang cukup lama. Menurut uji ketahanan baterai yang dilakukan oleh GSM Arena, skor yang dihasilkan Samsung Galaxy A7 tidak begitu mengecewakan.

Ponsel pintar ini dapat digunakan hingga 25 jam 18 menit untuk melakukan panggilan 3G, 11 jam 58 menit untuk menjelajahi dunia maya, serta 15 jam 5 menit untuk memutar video. Total nilai ketahanan baterai Samsung Galaxy A7 ini mencapai 93 jam sehingga dirasa cukup hemat untuk penggunaan sedang hingga berat.

3. Triple Kamera yang Keren

Triple Camera Samsung Galaxy A7 2018

* sumber: techweez.com

Kamera utama Samsung Galaxy A7 2018 ada tiga! Yang pertama dan paling utama menggunakan sensor kamera beresolusi 24MP dengan lensa 24mm dan aperture 1.7. Sensor paling besar ini juga dilengkapi dengan teknologi PDAF.

Kamera yang kedua adalah lensa ultra-lebar (120 derajat FOV atau Field of View / Bidang Pandang) dengan resolusi 8MP dan aperture 2.4. Sedangkan yang terakhir adalah kamera beresolusi 5MP depth sensor dengan lensa fixed-focus dan aperture 2.2.

Dengan teknologi kamera yang demikian, hasil tangkapan gambar Galaxy A7 terlihat detail dan tajam baik di luar atau di dalam ruangan. Saat digunakan dalam kondisi cahaya rendah, A7 menghasilkan gambar yang tidak spektakuler seperti di siang hari, namun tidak begitu mengecewakan juga. Berikut beberapa contoh hasil tangkapan kamera belakang Samsung Galaxy A7.

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a7 2018 3

* sumber: www.techradar.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a7 2018

* sumber: www.techradar.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a7 2018

* sumber: www.techradar.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy a7 2018 2

* sumber: www.techradar.com

Untuk sektor kamera depan, Samsung membenamkan sensor 24MP dengan lensa lebar 26mm dan aperture 2.0. Walaupun tidak sebagus kamera belakang, namun hasil jepretan selfie A7 ini cukuplah untuk dinikmati.

Sedangkan untuk melakukan perekaman video, Samsung Galaxy A7 hanya memiliki mode paling tinggi 1080p/30fps. Namun, rekaman video dari kamera utama A7 memiliki kualitas yang sangat baik di mana detail yang dihasilkan sangat tinggi dan benar-benar tidak ada noise.

4. RAM dan Ruang Penyimpanan yang Lega

Samsung Galaxy A7 2018 Slot

* sumber: www.gsmarena.com

Dengan RAM 4GB, sepertinya A7 ini adalah satu ponsel multimedia terbaik di kelasnya yang cukup membantu untuk penggunaan dasar sehari-hari penggunanya. Untuk bagian ruang penyimpanan, Samsung A7 juga menawarkan dua varian, yaitu yang 64 GB untuk 4 GB RAM dan 128 GB untuk 4/6 GB RAM.

Jika dirasa kurang, pengguna juga masih dapat memperluas ruang penyimpanan dengan hadirnya slot microSD hingga 512 GB. Dengan demikian, dibandingkan kompetitornya, A7 sepertinya ingin memberikan ruang gerak yang cukup luas bagi penggunanya untuk pengalaman menyimpan banyak data dalam ponsel mereka.

5. Body Tipis dan Premium

Body Samsung Galaxy A7 2018

* sumber: www.gsmarena.com

Memiliki bentuk yang cukup tipis sekitar 7,5 mm dan bodi yang terbuat dari gelas (depan dan belakang), Galaxy A7 ini memang cukup terlihat kece dan premium walaupun bagian frame-nya terbuat dari plastik.. Ponsel ini terasa cukup nyaman saat sedang digenggam. Secara keseluruhan, bodi Samsung Galaxy A7 ini memang cocok untuk dipinang.

6. Sensor Fingerprint di Samping Body

Fingerprint Samsung Galaxy A7 2018

* sumber: www.gsmarena.com

Bagi penyuka sensor fingerprint yang terletak di sisi ponsel, Samsung Galaxy A7 ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika ponsel pintar lain banyak yang menempatkan sensor tersebut di body belakang, maka A7 sepertinya ingin terlihat berbeda daripada mayoritas.

Side-mounted fingerprint sepertinya memiliki kelebihan tersendiri, seperti misalnya dapat diakses dengan mudah dalam kondisi apapun. Jadi, jika ingin memiliki ponsel yang sedikit tidak sama dengan yang lain, mungkin A7 inilah salah satu pilihannya.

Kekurangan Samsung Galaxy A7 (2018)

1. Kinerja Grafis yang Sedikit di bawah Kompetitor

AnTuTu Samsung Galaxy A7 2018

Samsung Galaxy A7 dipersenjatai dengan RAM 4GB dan chipset berjenis Exynos 7885 Octa 14 proses manufaktur. CPU yang digunakannya adalah Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53) dan GPU-nya mengandalkan Mali-G71.

Walaupun Samsung Galaxy A7berfungsi dengan baik untuk penggunaan dasar sehari-sehari, namun sepertinya ponsel ini bukan pilihan yang tepat untuk menunjang multitasking. Menurut Techradar, aplikasi-aplikasi berjalan dengan cepat dalam Samsung Galaxy A7, namun mereka menemukan adanya screen freeze yang bersifat temporar saat peralihan antar aplikasi atau saat membuka dan menutup kamera.

Dan untuk bermain game, sepertinya Samsung Galaxy A7 bukan ponsel yang tepat untuk memainkan permainan hardcore semisal PUBG mobile. Walau demikian, Samsung Galaxy A7 tetap bisa diandalkan untuk bersenang-senang dengan game lain, seperti misalnya Modern Combat 5 dan Asphalt 9 yang berjalan mulus. Begitu setidaknya penuturan tambahan Techradar.

2. Tidak Ada Video 4K

4K Logo

* sumber: nikonrumors.com

Walaupun teknologi kamera yang dibawa Samsung Galaxy A7 cukup bagus, namun sayangnya pengguna tidak dapat melakukan perekaman video 4K. Bahkan untuk video 1080p/60fps pun tidak ada pada A7 ini. Jadi, mode video paling atas untuk ponsel ini adalah 1080p/30fps. Namun jangan khawatir, seperti yang disebutkan di atas, kamera utamanya menghasilkan video yang cukup baik.

3. Belum Support Fast Charging

Fast Charging

* sumber: www.pinterest.co.uk

Walaupun daya tahan baterai Galaxy A7 ini cukup baik, namun satu yang cukup disesalkan adalah tidak mendukungnya pengisian cepat. Untuk mendapatkan baterai yang penuh hingga 100% dibutuhkan waktu pengisian setidaknya 2 jam 22 menit, setidaknya begitu menurut penuturan GSM Arena. Jadi, sepertinya pengguna harus mengisi A7 mereka di saat mereka benar-benar lengah.

4. Tidak Ada Case Cover

Case Cover Samsung

Jika pengguna ingin menambahkan pengamanan ekstra untuk A7 mereka, mereka sepertinya harus membayar secara terpisah. Hal itu karena Samsung tidak menyertakan paket Case Cover pada Galaxy A7-nya. Namun jika tidak juga tidak apa sih karena body A7 2018 sudah terlihat oke dan nyaman digenggam.

Itulah 10 kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A7 2018 yang dibahas dari berbagai sumber. Dengan membawa brand besar seperti Samsung sepertinya ponsel ini tidak akan kesulitan dalam mengambil hati pengguna ponsel pintar.

Simpulan

Samsung Galaxy A7 (2018) membawa fitur kamera yang bagus. Ponsel ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang menyukai fotografi. Sayangnya, Samsung Galaxy A7 (2018) kurang cocok bagi para gamer kelas berat dan untuk kegiatan multitasking. Hal itu karena kinerja grafis yang ditawarkan Galaxy A7 kurang begitu mendukung untuk melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.

Untuk penggunaan umum sebenarnya Samsung Galaxy A7 (2018) sudah tergolong cukup baik. HP ini dapat berjalan lancara untuk menjalankan berbagai aplikasi kekinian. Tertarik dengan HP ini? Bagi yang tertarik, silakan beli HP ini di Bukalapak melalui link berikut ini.

Jangan lupa untuk membagikan artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A7 2018 ini dan baca artikel menarik lainnya seperti 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy A6+ (2018) ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment