Carisinyal / Infinix 2019 / Mari Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 8 Ini!

Mari Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 8 Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2019

Infinix Hot 8 adalah ponsel terjangkau lainnya dari Infinix. Ponsel ini dibanderol di harga Rp1 jutaan seperti ponsel Infinix pada umumnya, seperti Infinix Smart 3 Plus, Infinix S4, dan ponsel Infinix lainnya.

Infinix Hot 8 sendiri hadir sebagai penerus dari Infinix Hot 7 Pro yang cukup bisa diterima di pasaran. Lantas, seperti apa Infinix Hot 8 ini? Apakah ponsel ini tetap layak beli? Atau hanya produk pengulangan dari Infinix saja? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 8 yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 8

Infinix Hot 8

Umum

  • Diumumkan
    September, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    165 x 76.3 x 8.7 mm
  • Berat
    179 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif IPS LCD
  • Ukuran
    6,52 inci
  • Resolusi
    720 x 1600 piksel, rasio 20:9 kepadatan (~269 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm) - 2/32 GB | Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm) - 4/64 GB
  • CPU
    Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53 - 2/32 GB | Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 - 4/64 GB
  • GPU
    PowerVR GE8320

Memori

  • RAM
    2 GB atau 4 GB
  • Memori Internal
    32 GB u/ RAM 2 GB | 64 GB u/ RAM 4 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3
  • Resolusi
    13 MP + 2 MP + QVGA
  • Fitur
    13 MP, f/1.8, 26mm (lebar), 1/3.1", 1.12µm, PDAF
    2 MP, sensor mendalam
    QVGA (Sensor cahaya rendah)
    Fitur: Quad-LED flash, panorama, HDR
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    8 MP, f/2.0, 25mm (lebar)
  • Fitur
    LED flash

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    5000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    -

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Quetzal Cyan, Cosmic Purple, Shark Grey, Midnight Black
  • Lainnya
    Fitur audio:
    - Dirac Surround Sound

Kelebihan Infinix Hot 8

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Infinix Hot 8 ini? Yuk, cek lebih lanjut kelebihan Infinix Hot 8 berikut ini!

1. Daya Tahan Baterai yang Lama

baterai infinix hot 8

Infinix Hot 8 hadir dengan kapasitas baterai yang besar. Ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dengan kapasitas yang besar ini, membuat Infinix Hot 8 dapat bertahan lama. Berdasarkan pengujian Gadgets NDTV, ponsel ini dapat bertahan selama 17 jam 21 menit  dalam pengujian video loop HD.

Masih menurut Gadgets NDTV, daya tahan baterai ponsel ini bisa bertahan lebih dari sehari dengan penggunaan moderat. Penggunaan moderat dalam hal ini adalah memainkan gim standar, internetan, memakai media sosial, memakai aplikasi produktif dan mendengarkan musik selama beberapa jam. Hal ini menegaskan kalau daya tahan baterai ponsel ini benar-benar lama.

2. Kamera Belakang Oke

kamera belakang infinix hot 8

Infinix Hot 8 hadir dengan dua kamera belakang. Kamera utama terdiri dari kamera 13 MP dengan bukaan f/1.8 dan fitur PDAF. Kamera kedua adalah kamera 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor. Kameranya ini sudah dilengkapi quad LED-flash dan fitur HDR. Untuk fitur perekaman video, kameranya sudah mendukung resolusi video 1080p.

Lantas, bagaimana hasil dari kamera HP ini? Cek dulu hasil tangkapan kamera dari Infinix Hot 8 berikut ini.

hasil kamera belakang infinix hot 8

* sumber: pricebaba.com

hasil kamera belakang infinix hot 8

* sumber: pricebaba.com

hasil kamera belakang infinix hot 8

* sumber: pricebaba.com

Menilik hasil foto tersebut, dapat dikatakan kalau Infinix Hot 8 mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hasil tangkapan kamera ponsel ini dapat menghasilkan foto yang bagus di kondisi cahaya yang cukup. Untuk kondisi malam juga, hasilnya tergolong bagus.

Pernyataan tersebut berdasar dari pengalaman yang ditulis oleh Abhiman Biswas dari situs Pricebaba. Menurutnya, kamera ponsel ini dapat menangkap foto dengan baik dan menghasilkan foto yang memiliki rentang dinamis yang layak, terutama untuk mode HDR. Selain itu, kamera ponsel ini dapat mengunci fokus dengan cepat di kondisi cahaya yang cukup.

Kamera juga dapat menangkap foto dengan baik pada kondisi kurang cahaya. Hasil fotonya menghasilkan gambar dengan detail yang baik. Sayangnya, untuk foto bokeh, hasilnya tidak sempurna karena sering kabur dan tidak konsisten. Tetapi secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera dari ponsel ini tergolong bagus.

3. Kamera Depan Cukup Oke

 infinix hot 8 pro

* sumber: pricebaba.com

Selain kamera belakang yang bagus, kamera depan ponsel ini juga terbilang oke. Di bagian depan, tersemat kamera 8 MP yang memiliki bukaan f/2.0. Kamera ini juga sudah mendukung fitur PDAF. Hasil tangkapan kamera depannya sendiri tergolong bagus atau bisa dibilang kualitasnya rata-rata tapi dalam artian positif.

Seperti yang diungkapkan oleh Gadgets NDTV, bahwa kamera depan ponsel ini tergolong oke dan bisa menghasilkan foto yang dapat di-posting di media sosial. Hasil selfie memakai ponsel ini menghasilkan foto yang cerah meski bagian perataan kulit terlihat jelas. Sayangnya, foto di kondisi cahaya yang rendah, menghasilkan foto selfie yang banyak noise. 

4. Desain yang Elegan

Infinix Hot 8

* sumber: www.business-standard.com

Memang di kelas Rp1 jutaan, tentu tidak perlu berharap ponsel dengan desain yang istimewa. Desain yang cukup mengkilap dan terkesan elegan juga sudah cukup. Dan hal tersebut terlihat dari Infinix Hot 8 yang menampilkan desain dengan gradasi warna yang unik. Situs Tabloidpulsa sendiri menyebut jika desain ponsel ini terlihat dinamis dan energik.

Sementara situs Business-standard.com menyebut jika desain ponsel ini memiliki kemiripan yang mencolok dengan ponsel lain di kelas harga terjangkau. Namun, apresiasi diberikan kepada Infinix karena mampu menghadirkan ponsel  yang ramping dengan gradien warna yang menarik. Selain itu, ponsel juga cukup mudah digenggam yang membuat ponsel ini tergolong nyaman digunakan.

5. Layar HD+ yang lebar

layar infinix hot 8

Infinix Hot 8 datang menawarkan layar 6,52 inci dengan panel IPS LCD. Layarnya ini menawarkan resolusi 720 x 1600 piksel dengan kerapatan layar 269 ppi. Layarnya ini tergolong luas untuk kelas harganya. Terlebih ponsel ini hadir dengan layar yang lapang dengan notch di bagian atas yang difungsikan sebagai kamera depan.

Layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan atas 450 nits yang menghasilkan warna yang layak dilihat. Layarnya memang reflektif, tetapi seperti yang dikatakan Gadgets NDTV, kecerahan layarnya tergolong memuaskan, apalagi di bawah sinar matahari. Hal ini menegaskan kalau Infinix Hot 8 tergolong ponsel yang bagus di sektor layar untuk kelas harganya.

6. XOS

XOS infinix hot 8

Salah satu keunggulan dari Infinix Hot 8 adalah sistem operasinya. Ponsel ini datang menawarkan Android 9 Pie yang dibalut dengan tampilan antarmuka XOS 5. Fitur yang dimiliki oleh XOS pada ponsel ini serupa dengan XOS yang ada di Infinix Smart 3 Plus yang pada dasarnya menghadirkan fitur menarik seperti Quickpanel. XOS juga mampu menghadirkan tampilan ikon yang tergolong menarik.

7. Cocok untuk Multitasking

performa infinix hot 8

Infinix Hot 8 tergolong ponsel yang cocok untuk multitasking. Hanya saja dengan catatan, jika varian yang dipilih adalah varian RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Untuk diketahui, Infinix Hot 8 hadir dengan dua varian pertama. Varian pertama sudah disebutkan dan varian kedua adalah varian dengan RAM 2 GB dan penyimpanan 32 GB.

Jelas varian RAM 4 GB lebih menarik, terlebih harganya tidak jauh berbeda dengan varian RAM 2 GB. Alasan inilah yang kemudian menegaskan kalau Infinix Hot 8 cocok digunakan untuk multitasking. Sangat bisa diandalkan jika digunakan untuk admin toko online ataupun untuk kebutuhan produktivitas yang tidak memerlukan resource dapur pacu yang besar.

Kekurangan Infinix Hot 8

Meskipun ada banyak kelebihan yang ditawarkan, namun ternyata Infinix Hot 8 ini juga masih memiliki beberapa kekurangan yang patut Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Berikut kekurangan yang dimiliki Infinix Hot 8

1. Performa Kurang untuk Main Gim

infinix hot 8

Sudah disebutkan pada poin sebelumnya kalau Infinix memiliki dua varian. Perbedaan varian tersebut bukan hanya soal RAM dan penyimpanan internal tetapi juga chipset yang digunakan. Varian RAM 2 GB dengan penyimpanan 32 GB menggunakan chipset Mediatek Helio P22 sementara varian RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB menggunakan chipset Mediatek Helio P22.

Kedua chipset ini sama-sama dibangun dengan fabrikasi 12 nm. Keduanya juga sama-sama dibekali GPU PowerVR GE8320. Bedanya, Helio A22 hanya hadir dengan prosesor quad-core 2.0 GHz Cortex-A53 sementara Helio P22 hadir dengan prosesor octa-core 1.8 GHz Cortex-A53. Untuk skor Antutu, silakan simak skornya berikut ini.

antutu infinix hot 8 pro

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=S5TCIsdK-jM

Nilai Antutu dari Infinix Hot 8 ada di angka 79 ribuan untuk varian RAM 4 GB. Angka yang bukan spesial tetapi untuk kelas harganya sudah tergolong cukup. Untuk main gim jelas bukan pilihan yang tepat. Seperti yang diperlihatkan oleh Krida dari channel Teknologue, Infinix Hot 8 ini hanya bisa memainkan PUBG Mobile dengan grafis smooth dan frame rate medium. Tidak istimewa memang.

Dengan kondisi tersebut, jelas membuat ponsel ini tidak layak digunakan main gim. Hanya saja, untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari tergolong cukup. Seperti yang diungkapkan oleh Gadgets NDTV yang mengatakan kalau Infinix Hot 8 tergolong lancar untuk internetan, main media sosial, dan produktivitas dasar. Untuk main gim? Sekali lagi, Infinix Hot 8 adalah pilihan buruk.

2. Pengisian Baterai yang Lama

Infinix Hot 8

Infinix Hot 8 memang memiliki daya tahan baterai yang lama. Sayangnya, ponsel ini memiliki pengisian baterai yang tidak cepat. Masalah yang memang melanda kebanyakan ponsel di kelas harga terjangkau. Waktu pengisian baterai ponsel ini bisa memakan waktu sampai 3 jam tetapi menariknya, seperti yang disampaikan oleh Tabloidpulsa, ponsel ini bisa memberikan waktu standby sampai 4 hari penuh.

3. Tidak Ada LED Notifikasi

Infinix Hot 8

Kekurangan lain dari Infinix Hot 8 adalah absennya LED notifikasi. Fitur ini tergolong sederhana tetapi sebenarnya bermanfaat. Apalagi tidak sedikit orang yang ingin melihat apakah ada pesan masuk atau tidak tanpa perlu membuka ponsel.

Simpulan

Infinix Hot 8 memang adalah ponsel yang menarik. Ponsel ini menawarkan hal yang lebih baik dibandingkan ponsel Infinix pada umumnya, terutama pada kapasitas baterainya yang besar. Kamera ponsel ini juga tergolong bisa diandalkan. Sayang, memang ponsel ini tidak cocok untuk main gim tetapi untuk penggunaan sehari-hari terbilang oke.

Infinix Hot 8 merupakan ponsel yang cukup layak dibeli di kelas harga Rp1 jutaan. Ponsel ini dijual di harga Rp1,3 jutaan untuk RAM 2 GB dan 1,6 jutaan untuk varian RAM 4 GB. Tertarik dengan HP ini? Jika tertarik, silakan beli Infinix Hot 8 di link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *