Carisinyal / HP Lokal 2018 / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP ROM 64 GB Murah Genpro Z2

10 Kelebihan dan Kekurangan HP ROM 64 GB Murah Genpro Z2

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2018

Tidak banyak HP buatan lokal yang terbilang memiliki kualitas baik. Anggapan kalau HP buatan lokal biasanya cepat rusak sudah sering terdengar di kalangan konsumen. Belakangan, HP lokal kualitasnya sudah cukup meningkat jika dibandingkan beberapa tahun lalu. Seperti beberapa produk dari Genpro, sub-brand dari Evercoss.

Genpro hadir menawarkan sebuah ponsel yang cukup menarik. Contohnya adalah Genpro Z yang menawarkan layar full HD dan RAM 4 GB di rentang harga di bawah Rp2 juta. Kini, Genpro Z memiliki penerus yang disebut sebagai Genpro Z2.

Apa yang menarik dari Genpro Z2? Seperti apa performa ponsel ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak artikel kelebihan dan kekurangan Genpro Z2 berikut ini. Seperti biasa, sebelum ke pembahasan kelebihan dan kekurangan, simak terlebih dulu detail spesifikasi Genpro Z2 berikut ini.

Spesifikasi Genpro Z2

Genpro Z2

  • Rilis: September 2018
  • Layar: IPS LCD 5.7 inches
  • Resolusi Layar: 1440 x 720 pixels 18:9
  • Chipset: Mediatek Helio P10 MT6755
  • CPU: Octa-core 1.5GHz
  • GPU: Mali-T860 MP2
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
  • Kamera Belakang: Dual camera 13MP+2MP, Autofocus, Flash, video full HD 1080p
  • Kamera Depan:  8 MP, LED flash
  • Baterai: 3000 mAh battery

Kelebihan Genpro Z2

1. Memori Tergolong Besar

Layar Genpro Z2

* sumber: www.youtube.com

Sudah disebutkan sebelumnya kalau Genpro Z hadir dengan RAM 4 GB. Genpro Z2 juga hadir dengan RAM 4 GB dan kali ini ada peningkatan di sisi ROM yakni 64 GB. Genpro Z sebelumnya hanya mengusung ROM 32 GB saja. Kombinasi RAM 4 GB dan ROM 64 GB tentunya membuat HP ini menjadi lebih menarik.

Mengapa? Coba cek harga sebuah ponsel Android yang mengusung RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Umumnya, HP tersebut dijual di harga Rp3 jutaan ke atas. Kalaupun ada yang di bawah Rp3 juta, biasanya merupakan ponsel yang sudah cukup lampau.

Genpro Z2 justru mendobrak kalau ponsel dengan memori yang lebih lapang bisa dijual dengan harga Rp1,999.000 saja. Tentu harga ini cukup menarik minat bagi Anda yang memang membutuhkan HP dengan RAM 4 GB murah.

2. Desain  Kekinian

Genpro Z2 hadir sebagai smartphone Android besutan lokal yang mengikuti tren desain yang kekinian. Bagi Anda yang belum tahu, belakangan, smartphone zaman sekarang hadir dengan desain bodi yang mengilap dan terlihat seperti sebuah ponsel mahal padahal harganya cukup terjangkau.

Genpro Z2 mengikuti tren pasar yang ada dengan menghadirkan bodi desain yang tampak mengilap dengan pilihan warna yang baik. Hal ini tentu saja cukup bagus mengingat desain ponsel besutan lokal biasanya kurang menarik dan terkesan murahan. Menurut channel Alisodik, desain Genpro Z2 ini cenderung lebih tipis dan nyaman digenggam dengan satu tangan.

3. Fitur dan Sensor yang Lengkap

sensor lengkap

Jarang sekali sebuah ponsel lokal dilengkapi dengan sensor yang terbilang lengkap. Karena itu, Genpro Z2 yang terbilang berada di kelas harga agak murah dan termasuk ponsel lokal ternyata mampu hadir dengan berbagai fitur dan sensor yang lengkap.

Betapa tidak, Genpro Z2 hadir dengan beragam fitur menarik seperti dukungan penuh USB-OTG dan kelengkapan sensor seperti sensor sidik jari, 3D Gravity, proximity sensor, gyro sensor, compas, magnet sensor, dan beragaim fitur menarik lainnya yang hadir di ponsel ini. Untuk sebuah ponsel di bawah Rp2 juta, kehadiran sensor tersebut terbilang cukup baik.

4. Fingerprint dan Face Unlock

Genpro Z2 sudah dibekali dengan fitur kekinian. Ponsel ini sudah dibekali dengan sensor sidik jari (fingerprint) dan sensor pengenalan wajah (face recognition). Kedua sensor ini sudah berjalan baik di Genpro Z2. Bahkan menurut Ali Sodikin, respon fingerprint dan face recognition Genpro Z2 ini terbilang cukup cepat.

5. Daya Tahan Baterai Tergolong Cukup

* sumber: www.youtube.com

Genpro Z2 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Daya tahan baterai HP ini tergolong cukup. Bukan yang terbaik memang tetapi bisa bertahan sampai seharian dengan penggunaan media sosial dan nonton video Youtube yang tidak terlalu insentif tergolong cukup.

Kalau menurut Alisodik, daya tahan baterai HP ini bisa menemani aktivitas kerja. Diisi daya penuh jam 7 pagi, baterainya bisa bertahan sampai jam 8 malam.

Kekurangan Genpro Z2

1. Pengisian Daya yang Cukup Lama

*

Genpro Z2 hadir memang memiliki daya tahan baterai yang tergolong baik. Sayangnya, pengisian daya baterai ponsel tergolong cukup lama. Berdasarkan pengalaman Alisodik, baterai pada ponsel ini memakan waktu 90 menit untuk pengisian dari 0% sampai 60%.

Bagaimana jika sampai penuh? Ternyata untuk mengisi penuh daya ponsel ini alias sampai 100%, pengisian dayanya membutuhkan waktu sampai 2 jam 30 menit. Pengisian daya yang tergolong lama tentunya.

2. Peningkatan Performa yang Nanggung

antutu genpro z2

* sumber: www.youtube.com

Genpro Z2 hadir dengan chipset Mediatek Helio P10 atau MTK6755. Chipset ini memang sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan chipset yang digunakan di Genpro Z2 yakni MTK6750. Perbedaan nilai Antutu kalau menurutu Alisodik berkisar 6 ribuan yang berarti nilai Antutu Genpro Z2 ada di angka 50 ribuan lebih dan Genpro Z ada di angka 45 ribuan.

Kalau ingin perbandingan kemampuan, Mediatek Helio P10 ini sekelas dengan chipset Snapdragon 430 yang umum hadir di HP harga di bawah Rp2 juta.

Penggunaan Mediatek Helio P10 di HP ini sebenarnya cukup wajar mengingat harganya terjangkau. Hanya saja peningkatan chipset terasa nanggung. Performa dari MTK6750 ke MTK6755 naiknya tidak terlalu signifikan. Seandainya saja chipset-nya menggunakan Mediatek Helio P20.

Genpro sebenarnya bisa membekali HP ini dengan Qualcomm Snapdragon tapi Genpro melakukannya pada seri ponsel Genpro X. Tampaknya Genpro Z yang kebagian chipset Mediatek sementara seri Genpro X yang kebagian chipset Snapdragon.

3. Penurunan Kamera Depan

* sumber: www.youtube.com

Genpro Z2 dibekali dengan kamera belakang13MP + 2MP. Kamera belakang ini sudah dilengkapi dengan autofocus, flash, dan kemampuan merekam video full HD. Sektor kamera ini memiliki spesifikasi yang serupa dengan Genpro Z. Hasil fotonya tergolong cukup lumayan dan berikut contoh hasil tangkapan kamera HP ini.

* sumber: www.youtube.com

Yang mengecewakan, Genpro Z2 ternyata hadir dengan kamera depan 8 MP. Kamera depan ini bukannya buruk hanya saja jika dibandingkan dengan kamera depan Genpro Z, jelas terdapat penurunan kualitas pada kamera depan ini. Berikut contoh tangkapan kamera depan Genpro Z2.

* sumber: www.youtube.com

Di foto tersebut adalah Mas Krida dari Teknologue yang sedang mencoba kamera depan Genpro Z2. Tampak dari hasil foto tersebut, kualitas foto Genpro Z2 memang terkesan biasa saja. Karena itulah, tidak berlebihan menyebut sektor kamera depan pada HP ini mengalami penurunan sementara kamera belakangnya cenderung stagnan alias tidak ada peningkatan.

4. Bodi Berbahan Plastik

* sumber: www.youtube.com

Bodi Genpro Z2 ini memang memiliki desain yang menarik dan terlihat seperti efek kaca. Sayangnya material bodi Genpro Z2 ini terbuat dari plastik. Penggunaan material plastik ini membuat bodi Genpro Z2 tidak lebih baik jika dibandingkan Genpro Z yang hadir dengan balutan material metal.

5. Penurunan Resolusi Layar

Layar Genpro Z2

Sektor lain yang jadi kekurangan dari HP ini adalah penurunan resolusi layar. Untuk diketahui, Genpro Z hadir dengan rasio layar 16:9 dan mengusung resolusi full HD. Layarnya mengusung dimensi 5,5 inci. Sementara Genpro Z2 memang hadir dengan rasio layar kekinian 18:9 tetapi layarnya hanya mengusung HD+ saja.

Panel layar yang digunakan di Genpro Z2 adalah panel IPS LCD. Dengan panel ini, resolusi full HD dengan HD kentara sekali perbedaannya. Kalau saya secara pribadi lebih menyukai resolusi full HD meskipun dengan rasio 16:9 dibandingkan HD+ dengan rasio 18:9. Lagipula, video Youtube atau film masih banyak yang mengusung rasio layar 16:9.

Simpulan

Genpro Z2 bisa dibilang adalah HP dari Genpro yang mencoba mengikuti tren dan kemauan pasar. Ketika pasar sedang hits dengan desain layaknya kaca, rasio layar memanjang, fingerprint dan face recognition, serta kebutuhan memori yang besar, semua hal tersebut dijawab lewat Genpro Z2.

Sayangnya, beberapa peningkatan yang disematkan pada Genpro Z2 memaksa penurunan pada sektor lain. Contohnya penggunaan bahan material plastik dan penurunan kamera dan resolusi layar membuat ponsel ini jadi serba tanggung. Padahal, Genpro Z hadir lebih baik dengan material metal.

Penurunan dan peningkatan yang dialami Genpro Z2 tampaknya ditujukan agar ponsel tetap berada di kisaran harga Rp.1.999.000. Terlebih ponsel ini kabarnya hanya dijual secara terbatas. Dengan segala hal yang ada pada Genpro Z2, masihkah Anda tertarik melirik ponsel ini? Jika tertarik, silakan beli di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “10 Kelebihan dan Kekurangan HP ROM 64 GB Murah Genpro Z2”

  1. HP lokal harusnya udah kasih fitur NFC, skrg kartu elektronik dah banyak dipakai di mana-mana.

Tinggalkan komentar