carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi HP di Bawah 2 Jutaan Terbaik (Januari 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 15 Januari 2022

Smartphone dengan kisaran harga 1 jutaan hingga 2 jutaan rupiah bisa dibilang masuk kategori smartphone yang laku di pasaran. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat smartphone di bawah 2 juta sudah menyuguhkan kualitas yang mumpuni, performa yang baik, serta kamera yang cukup tajam dengan harga yang masih terjangkau.

Menilik hal tersebut, berbagai vendor ponsel kemudian berlomba-lomba menelurkan perangkat terbaik mereka di rentang harga ini. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, berikut Carisinyal memberikan rekomendasi HP harga di bawah 2 jutaan dengan spesifikasi bagus.

1. Redmi Note 9 4/64

Redmi Note 9
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5020 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.899.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ponsel seri Redmi Note nyaris tak pernah memanen kecewa buat pecinta HP Xiaomi. Seperti halnya Redmi Note 9 yang punya desain kukuh dan kekinian. Tidak ada kesan "kriuk-kriuk" ketika mencengkeram HP ini. Selain itu, Redmi Note 9 memiliki daya tahan baterai yang sangat baik.

Anda bisa menonton film Netflix beresolusi Full HD di ponsel ini seharian. Lalu, apalagi yang bagus dari HP ini? Adalah soal kemampuan fotografi malam harinya yang oke, dan kamera makro yang punya autofokus. Tak ketinggalan chipset MediaTek Helio G85 yang mumpuni untuk bermain gim.

Anda dapat menebus ponsel ini dengan uang sekitar Rp1,9 jutaan (varian 4/64 GB) di toko-toko online. Ulasan selengkapnya mengenai HP ini bisa disimak di artikel kelebihan dan kekurangan Redmi Note 9.

2. Samsung Galaxy M12

Layar M12
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset Exynos 850
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.899.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Apa yang ada di pikiran Anda mengenai HP Samsung Galaxy M series? Baterai besar dan dijual secara online? Tepat! Dua hal itu memang ciri khas ponsel seri Galaxy M, termasuk buat ponsel satu jutaannya seperti Samsung Galaxy M12.

Samsung mengklaim bahwa Galaxy M12 bisa dipakai selama 20 jam untuk berinternet di jaringan WiFi. Terbukti baterai 5000 mAh-nya awet. Baterai yang awet dilengkapi dengan pengisian daya 15 Watt. Tak hanya itu keunggulan Galaxy M12, sebab ia punya layar PLS TFT (setara IPS LCD) dengan refresh rate tinggi: 90 Hz.

Konfigurasi kamera belakangnya pun lengkap dengan lensa ultrawide, makro, dan sensor kedalaman. Ingin tahu secara mendalam soal ponsel seharga Rp1,7 jutaan (varian 3/32 GB) ini? Baca artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M12!

3. Infinix Note 10 4/64

10 Rekomendasi HP di Bawah 2 Jutaan Terbaik ([month_year]) 3
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.849.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sepanjang semester pertama 2021, Infinix begitu rajin mengeluarkan ponsel-ponsel baru. Hal ini adalah bentuk dari keseriusan mereka dalam bersaing di pasar smartphone Indonesia. Salah satu ponsel baru mereka yang layak untuk dilirik adalah Infinix Hot 10.

Kelebihan ponsel ini terletak pada layarnya yang lebar dan tajam. Bentangnya mencapai 6,95 inci dengan resolusi Full HD+, nyaman buat aktivitas menonton film secara maraton. Apalagi, HP satu jutaan ini dilengkapi dengan speaker ganda! Musik pengiring sepanjang film diputar pun terdengar kian mantap.

Beberapa keunggulan lain untuk mendukung kenyamanan pemakaian juga dimiliki Infinix Note 10. Seperti dukungan WiFi AC, teknologi pengisian cepat 18 W, sensor pemindai sidik jari di samping (menyatu dengan tombol power), hingga sistem operasi Android 11 terbaru dengan antarmuka XOS 7.6.

4. Redmi 9T 4/64

10 Rekomendasi HP di Bawah 2 Jutaan Terbaik ([month_year]) 5
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Xiaomi memang tidak bosannya merusak harga pasar. Di rentang harga entry level, Redmi 9T ini bahkan bisa diadu dengan ponsel-ponsel di kelas harga lebih tinggi. Tidak percaya? Buktinya, Redmi 9T sudah dibekali dengan dua stereo speaker yang kualitasnya sungguh bagus. Sementara itu, di bagian baterainya yang berkapasitas 6.000 mAh, pengguna bisa mengekspektasikan durasi pengisian daya yang cepat juga berkat fast charging 18 W.

Banyak warga yang menyandingkan Redmi 9T dengan POCO M3. Malahan, mereka cukup menyesal karena telah membeli POCO M3 duluan. Mengapa? Pasalnya, keduanya memang punya spesifikasi yang mirip banget. Tapi Redmi 9T lebih unggul karena sudah menyertakan lensa ultrawide.

Sayangnya, desain belakang Redmi 9T cenderung biasa-biasa saja, malahan hampir tidak ada bedanya dengan ponsel generik yang sudah sering banyak beredar di kelas harga segini. Tertarik? Ponsel ini dilepas dengan harga mulai dari Rp2 juta.

5. Advan GX 

Advan GX
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset Unisoc Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.799.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Advan GX adalah bentuk pembuktian vendor smartphone lokal bahwa HP besutan anak bangsa bisa bersaing dengan ponsel luar negeri. Memang, HP Advan masih setia hadirkan chipset dari Unisoc, tapi ada yang beda dengan chipset Unisoc kali ini.

Ya, ia mengandalkan Unisoc Tiger T618 yang telah gunakan ARM Cortex A75 berkekuatan 2 GHz sebagai inti high performance. Dengan begitu, Advan GX pun disinyalir dapat menghadirkan performa cukup tinggi saat bermain game. Tapi, batasi ekspektasi Anda pada HP 1 jutaan ya. Jangan bandingkan dengan HP gaming 2 jutaan atau di atasnya.

Meski tampak bahwa Advan GX hanya difokuskan untuk gaming saja, nyatanya ia juga handal dalam sisi fotografinya. Terlihat dari suguhan kamera utama 48 MP beresolusi besar serta kamera depan berkekuatan 25 MP. Hanya saja, kami menyayangkan posisi pemindai sidik jarinya terletak di belakang alih-alih di samping bodi.

Sudah tampilan desain bodi punggung yang modern dibanding seri Advan sebelumnya, harusnya sensor diletakkan di kiri agar semakin mempercantik tampilan secara keseluruhan. Oh ya, walau disebutkan kamera Advan GX punya resolusi besar, rupanya hal ini tidak semerta diterjemahkan sebagai kemampuan kamera yang baik.

Pada artikel kelebihan dan kekurangan Advan GX, disebutkan kalau hasil fotonya sungguh tidak konsisten. Terkadang ia hadirkan hasil foto bagus namun pada kesempatan lain tidak jarang pula hasil fotonya agak mengecewakan. Namun menurut pantauan kami, Advan GX seharga Rp1,9 jutaan ini sungguh layak dijadikan pertimbangan.

6. realme C21Y 

10 Rekomendasi HP di Bawah 2 Jutaan Terbaik ([month_year]) 8
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Unisoc T610
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Meski berada pada segmen harga murah meriah, realme C21Y tetap tidak melupakan sisi ketahanan bodi. Ia sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland Certification serta telah bertahan melalui tahapan ujicoba yang ketat. Seperti 6 skenario uji ketahanan komponen, 10 skenario uji penggunaan harian, serta 7 skenario uji penggunaan di kondisi ekstrim. Cocok nih untuk anak gunung.

Selain tangguh dari segi bodi, chipset Unisoc T610 yang dibawakannya juga cukup tangguh untuk mainkan game berat. Chipset ini juga turut hadir pada Advan GX, memiliki inti ARM Cortex A75 yang menandakan kalau HP ini siap dipakai gaming.

Namun sayang, HP ini menawarkan port pengisian daya yang jadul yakni microUSB. Dari segi baterainya sendiri, ia punya kapasitas 5.000 mAh yang pastinya tergolong besar untuk mentenagai HP seharian penuh tanpa bergantung pada casan.

realme C21Y sendiri tersedia di pasaran seharga Rp1,8 jutaan. Yuk, kunjungi juga artikel kelebihan dan kekurangan realme C21Y jika tertarik mencari tahu lebih lanjut!

7. Infinix Hot 11

Infinix Hot 11
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G70
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.849.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Butuh HP yang powerful dengan harga di bawah Rp2 juta? Inilah Infinix Hot 11 yang sip buat aktivitas multimedia dan main gim. Alasannya tidak lain karena layar HP ini cukup besar, 6,6 inci, dan mengusung resolusi Full HD+. Kemudian, speaker HP ini juga menggunakan konfigurasi ganda (stereo) demi menghadirkan kualitas audio yang menggelegar.

Sementara itu, SoC MediaTek Helio G70 sudah cukup untuk memenuhi kegiatan gaming ketika Anda memainkan gim populer masa kini. Misalnya saja, Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Clash of Clans. Yang menarik, beberapa penguji memberikan jempol pada kualitas jepretan kamera HP ini.

Foto yang dihasilkan punya detail tinggi dan warnanya natural. Selain itu, baik kamera depan dan belakangnya mampu menghasilkan video dengan resolusi 2K. Penasaran dengan seluk beluk HP ini? Yuk, baca dulu artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 11.

8. realme C15 Qualcomm Edition

10 Rekomendasi HP di Bawah 2 Jutaan Terbaik ([month_year]) 11
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 460
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (monochrome) 2 MP ()
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Setelah berhasil menjadi pilihan banyak fans realme dengan seri C15 reguler, kini hadir juga varian lainnya yang menggunakan chispet berbeda. Hal ini dilakukan perusahaan untuk memenuhi permintaan fans akan performa yang lebih gahar. Ponsel yang juga dikenal sebagai realme C15 Holiday Edition ini sungguh ticks all the boxes. Kamera sebanyak empat lensa yang bagus, baterai luar biasa besar, juga balutan Snapdragon 460 yang cukup powerful.

Seolah tidak cukup, ponsel juga dihadirkan dengan fitur pengisian daya terbalik untuk menyumbang daya pada perangkat lain. Memang cocok dengan baterainya yang berkapasitas jumbo. Hal yang tak kalah menarik, ponsel ini dibekali desain sungguh menawan serta ketahanan yang baik terhadap percikan air.

Akan tetapi, pengguna yang beralih dari realme C15 reguler mungkin akan merasakan kangen terhadap opsi memori internal 128 GB. Ya, varian ini soalnya hanya menyuguhkan memori internal 64 GB.

9. Infinix Hot 10s NFC

Infinix Hot10s
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.699.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Infinix Hot 10s NFC jadi salah satu ponsel di bawah 2 juta yang bisa dibeli jika Anda butuh HP ber-NFC. Namun, HP ini bukan hanya unggul di sisi itu. Sebab ada banyak benefit yang bisa Anda dapatkan dengan membeli HP satu ini. Mulai desain keren, layar besar, performa mumpuni, baterai besar, dan port yang lengkap.

Khusus untuk layar, panel IPS 6,82 inci yang dipakai memang masih memakai resolusi HD+. Namun, resolusi ini tak memengaruhi kualitas tampilannya. Malah resolusi ini bikin kinerja SoC tidak berat. Imbasnya, HP bisa menjalankan gim dengan lancar, begitu juga performa hariannya. Apalagi refresh rate HP ini sudah 90 Hz yang bikin tampilan mulus.

Kemudian, baterai Infinix Hot 10s NFC terbilang besar: 6000 mAh. Infinix menjamin baterai ini bikin si ponsel bisa memutar lagu sampai 182 jam nonstop! Masih ingin tahu soal HP ini? Baca ulasannya di artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 10s NFC.

10. Tecno Spark 7 Pro

Tecno Spark 7 Pro
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (wide) MP ()
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.899.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Saudara kandung Infinix, Tecno, benar-benar memperlihatkan keseriusannya menggarap segmen pasar kelas entri di Indonesia. Pasalnya, pada Juni 2021 mereka merilis HP menarik yang dijual dengan harga Rp1,8 jutaan. HP yang dimaksud itu adalah Tecno Spark 7 Pro.

Ada beberapa hal menarik yang dimiliki HP ini. Pertama adalah layar dengan laju penyegaran 90 Hz. Layar ini membuat pengalaman pengguna dalam bernavigasi akan sangat mulus. Memainkan gim dengan gambar 90 fps pun bisa. Apalagi SoC yang tersemat juga chipset gaming MediaTek Helio G80.

Kedua, kemampuan fotografi kamera HP ini bagus di kelas harganya. Detail foto bagus dengan warna natural. Ketiga, baterai 5000 mAh di HP ini cukup awet. Pembahasan secara lengkap HP ini bisa disimak via artikel kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 7 Pro.

Sebenarnya cukup sulit memilih HP di bawah 2 juta terbaik yang ada saat ini mengingat banyaknya HP berkualitas di kisaran harga tersebut. Namun daftar di atas diharapkan dapat memberikan sedikit masukan bagi Anda yang sedang kebingungan mencari HP yang murah namun berkualitas.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram