Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone SPC L53 Selfie

10 Kelebihan dan Kekurangan dari Smartphone SPC L53 Selfie

Tak banyak HP murah atau HP di bawah 1 juta yang mengusung spesifikasi menarik. Kalau pun ada, sering jadi rebutan alias sering diambil oleh penjual untuk kemudian dijual lagi dengan harga lebih mahal. Nah, jika Anda cukup sulit mencari HP murah yang tergolong masih berkualtias, Anda bisa melirik SPC L53 Selfie.

SPC L53 Selfie merupakan ponsel pintar dari SPC Mobile, produsen lokal yang sering membuat hape terjangkau. Ponsel ini dibanderol dengan harga di bawah 1 juta. Dengan harga yang terjangkau, SPC L53 Selfie menawarkan hape yang masih layak digunakan untuk kebutuhan dasar penggunaan Android.

Penasaran dengan SPC L53 Selfie? Carisinyal akan memaparkan kelebihan dan kekurangan ponsel ini. Jadi, sebelum Anda membutuskan untuk membeli HP, ada baiknya baca pemaparan berikut ini. Ada 10 poin yang akan Carisinyal bahas yang terdiri dari 5 kelebihan dan 5 kekurangan SPC L53 Selfie.

Spesifikasi SPC L53 Selfie

SPC L53 Selfie

  • Rilis: Februari, 2018
  • Layar: LCD 5.0 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1280 pixel
  • Chipset: Spreadtrum 9850
  • CPU: Quadcore ARM Cortex-A7 1.3 GHz
  • GPU: Mali 820MP1
  • Memori Internal: 32 GB, 2 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 32 GB (dedicated)
  • Kamera Belakang: 13 MP AF, flash
  • Kamera Depan: Dual 8 MP + 2 MP, flash
  • Baterai: 2500 mAh

Kelebihan SPC L53 Selfie

1. Layar Curved 2,5D Glass

SPC L53 Selfie display

SPC L53 Selfie mengusung layar 5 inch dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels. Spesifikasi layar ini memang tergolong umum untuk sebuah ponsel murah. Jadi, sebenarnya dari sisi layar sudah tergolong standar untuk Android zaman sekarang.

Untuk sebuah hape murah, layar SPC L53 Selfie tergolong cukup baik. Layarnya memang tidak mengusung rasio 18:9 seperti tren yang ada. Hanya saja, layar hape ini terasa istimewa karena sudah dilindungi dengan hardened glass yang membuat layarnya cukup kokoh dari goresan.

Selain itu, layar HP ini sudah menggunakan curved 2,5D. Artinya, ada lengkungan pada bagian pinggir layar yang berguna untuk kenyamanan saat menggunakan HP ini. Jadi, bisa dibilang dukungan layar curved 2,5D ini dibuat agar HP lebih nyaman saat digunakan. Dan, hal tersebut merupakan satu kelebihan.

2. Kehadiran Fingerprint

SPC L53 Selfie fingerprint

HP di bawah 2 juta punya sensor sidik jari atau fingerprint untuk saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Tapi, jika HP di bawah 1 juta punya sensor sidik jari tentu luar biasa. Nah, SPC L53 Selfie ini merupakan HP yang punya sensor sidik jari. Posisi sensor sidik jarinya ada di bagian belakang atas dengan bentuk yang membulat.

Posisi sensor sidik jarinya tergolong nyaman digunakan. SPC sendiri mengklaim bahwa fitur fingerprint security pada HP ini memiliki respon 0.8 detik. Itu berarti, jika Anda ingin melakukan unlock layar HP SPC L53 Selfie, Anda cukup tempelkan jari dan dalam waktu 0,8 detik layar akan terbuka. Kecepatan respon ini juga tentu jadi kelebihan tersendiri.

3. Dual Kamera Selfie

SPC L53 Selfie front camera

Sesuai namanya, SPC L53 Selfie mengandalkan selfie sebagai nilai jual utamanya. Berkat kehadiran dual kamera 8 MP + 2 MP, selfie menggunakan kamera ini memberikan pengalaman selfie terbaik di kelasnya. Tentu saja jangan bandingkan hasil kamera selfie dengan HP kelas 3 jutaan. Berikut contoh hasil selfie memakai SPC L53 Selfie.

hasil selfie SPC-L53 Selfie

* sumber: gawai.id

Untuk ukuran HP murah, hasil selfienya tergolong baik. Bahkan, kamera depan HP ini punya fitur bokeh yang tentunya bisa membuat Anda mendapatkan hasil selfie dengan latar blur. Selain itu, tingkat blurnya juga bisa diatur bila Anda belum mendapatkan hasil blur yang maksimal.

Secara keseluruhan, hasil kamera selfie dari HP ini tergolong memuaskan. Bisa dibilang, SPC L53 Selfie solusi untuk Anda yang butuh hp selfie dengan harga yang terjangkau di kelasnya. Satu nilai plus lain tentunya dari SPC L53 Selfie.

4. USB-OTG

usb otg SPC L53

* sumber: www.youtube.com

Bagi kebanyakan orang, saat ini, memindahkan data itu haruslah mudah dan tidak sulit. Salah satu yang bisa digunakan untuk memindahkan atau membaca data adalah lewat USB port seperti halnya saat data di HP akan dipindahkan ke laptop / PC, maka akan ada kabel penghubung atau melalui jaringan nirkabel.

Sayangnya, terkadang juga kita membutuhkan saat HP digunakan sebagai pembaca data. Contohnya, Anda ingin memindahkan data dari flash disk ke HP atau data memori kamera digital ke HP. Tentu lewat laptop atau perangkat sejenis terlalu repot. Karena itu, kehadiran HP yang mendukung USB-OTG akan sangat membantu.

HP yang mendukung USB-OTG akan dengan mudah membaca data atau memindahkan data dari HP ke flash disk atau sebaliknya. Nah, untuk HP di kelas harga terjangkau, tak banyak yang menyematkan fitur ini. Berbeda dengan SPC L53 Selfie yang ternyata mendukung fitur ini. Bagi Anda yang sering transfer data, tentu fitur ini akan sangat membantu.

5. Harga Murah

SPC L53 Selfie Salah satu nilai jual SPC L53 Selfie adalah harganya yang terjangkau. HP ini dijual di bawah harga 1 juta, tepatnya kisaran Rp899.000. Untuk mendapatkan harga tersebut, Anda perlu mengikuti flash sale di Shopee. Karena tanpa flash sale, atau membeli seperti biasa, HP ini dijual di harga 1 juta sampai 1,1 juta.

Dengan harga yang terjangkau, SPC L53 Selfie menawarkan banyak hal menarik yang jarang ditemukan di vendor smartphone lain. Jadi, murahnya harga SPC L53 Selfie tentu jadi kelebihan tersendiri.

Kekurangan SPC L53 Selfie

1.Performa Kurang Nendang

Antutu SPC L53 Selfie

* sumber: www.youtube.com

SPC L53 Selfie dibekali dengan chipset Spreadtrum 9850. Bagi yang belum tahu, chipset ini dibesut oleh perusahaan bernama Spreadtrum Communications, Inc. yang merupakan salah satu produsen chipset terjangkau. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor quad core 1.3 GHz dengan pengolah grafis Mali 820MP1.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Gayafone, chipset Spreadtrum 9850 ini punya skor Antutu 28782. Secara keseluruhan performa, HP ini cukup baik digunakan untuk browsing, nonton Youtube, maupun penggunaan aplikasi ringan.

Sayangnya, untuk main game kurang baik. Istilahnya, kurang nendang untuk game dengan grafik di kelas menengah. Serupa seperti kata Teknologue yang menyatakan kalau performa HP ini kurang begitu baik dalam menjalankan games MOBA populer dengan grafis high. Paling aman agar lancar bermain, grafisnya diatur ke medium.

2. Kamera Belakang Biasa SajaSPC L53 Selfie rear camera

Di atas kertas, kamera belakang pada HP ini sebenarnya memiliki sensor yang baik. Kameranya mengusung sensor 13 MP dengan fitur autofocus dan flash. Kamera belakang ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang tergolong lumayan dan cenderung agak gelap untuk pemotretan di dalam / di luar ruangan yang kurang cahaya seperti pada foto berikut.

* sumber: gawai.id

Kamera belakang HP ini sebenarnya punya mode manual. Sayangnya, mode manualnya hanya sebatas pengaturan ISO dan white balance saja. Padahal, SPC bisa mengembangkan aplikasi kamera belakangnya menjadi lebih baik agar hasil foto bisa lebih baik. Secara umum, hasil jepretan SPC L53 Selfie tergolong biasa saja.

3. Masih Android Nougat

SPC L53 Selfie android nougat

SPC L53 Selfie mengusung sistem operasi Android 7.0 Nougat sebagai bawaannya. Tidak ada kostumisasi khusus yang dilakukan oleh SPC L53 sehingga membuat tampilan Android yang ada di HP ini sesuai dengan OS Android aslinya atau bisa dibilang membawa OS Android murni.

Hanya saja, untuk HP baru tahun 2018, SPC L53 Selfie seharusnya bisa mengusung OS Android yang lebih baru. Karena itu, jika saja HP ini mengusung OS Android 8.0 Oreo tentu akan menjadi kelebihan tersendiri. Meski sebenarnya tidaklah terlalu buruk mengusung OS Android 7.0

4. Baterai yang Biasa dan Tak Ada Fast Charging

SPC L53 Selfie datang dengan kapasitas baterai 2.500 mAh. Kapasitas yang tergolong lumayan sebenarnya untuk HP layar 5 inch HD. Tapi klaim big battery yang dilakukan SPC L53 Selfie tentunya kurang sesuai mengingat kapasitas baterai HP ini tidak besar-besar amat.

Untuk daya tahan baterainya digunakan untuk nonton video dan internetan bisa bertahan 7 jam. Cukup lumayan tapi, yah gitu, biasa saja. Tidak terlalu spesial jika menilik klaim baterai besar di halaman promosi SPC L53 Selfie. Selain itu, HP ini tidak mendukung fast charging. Wajar, sih, HP kelas murah, cuman yah tentu akan lebih menarik jika HP ini telah mendukung pengisian daya cepat.

5. Kualitas Audio Kurang Baik

SPC L53 Selfie audio

* sumber: www.youtube.com

SPC L53 Selfie masih bisa dibilang sebagai HP yang cukup baik digunakan untuk menonton video atau Youtube. Sayangnya, kualitas audio yang dihasilkan kurang baik. Cenderung seperti suara yang keluar dari speaker harga murah. Kekurangan pada bagian speaker ini juga diamini oleh Gayafone. Sama seperti performanya, kualitas audio dari HP ini kurang begitu nendang.

Simpulan

SPC L53 Selfie merupakan ponsel pintar yang punya keunggulan di sektor kamera depan dan tampilan layar yang baik di kelasnya. HP ini bisa dibilang masih tergolong mumpuni jika digunakan untuk kebutuhan penggunaan Android sehari-hari. Untuk digunakan main game masih masuk kategori lumayan karena memang performanya tidak begitu kencang.

Secara keseluruhan, SPC L53 Selfie lebih cocok digunakan untuk Anda yang butuh HP selfie sangat terjangkau. Anda yang butuh HP dengan kebutuhan penggunaan Android dasar juga layak memilih HP ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment