10 Rekomendasi HP di Bawah 1 Jutaan Terbaik (Maret 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Hanya memiliki budget di bawah 1 juta tapi ingin memiliki ponsel yang canggih? Jangan patah semangat, pasalnya saat ini sudah banyak ponsel murah meriah yang memiliki spesifikasi dan fitur yang canggih. Berbagai aplikasi dan game standar juga bisa berjalan dengan baik di ponsel tersebut.

Nah, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 HP di bawah Rp1 juta yang bisa jadi opsi menarik untuk mereka yang punya budget pas-pasan. Langsung saja simak daftarnya pada tabel di bawah ini. Setelah info tabel, ada penjelasan detail tiap HP-nya.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. Tecno Spark 7

Tecno Spark 7_
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio A25
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 16 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Tecno Spark 7 merupakan salah satu HP yang dibanderol dengan harga terjangkau. Jika dibandingkan dengan waktu perilisannya, Tecno Spark 7 ini mengalami penurunan harga yang cukup menarik. Dari yang harganya Rp1 jutaan, Anda sudah bisa menemukan harga yang di bawah Rp1 jutaan di beberapa platform penjualan.

Tecno Spark 7 ini berbeda dengan Tecno Spark 7 NFC yang tentu sudah memiliki NFC. Meski begitu, spesifikasi di sektor lainnya tidak jauh berbeda. Tecno Spark 7 ini sudah dibekali kamera utama di bagian belakang 16 MP dengan autofocus dan satu lensa AI. Sedangkan kamera depannya adalah 8 MP. Keduanya sudah mampu merekam video dengan kualitas 1080p 30 fps.

SMeski dijual dengan harga terjangkau, HP ini sudah dibekali layar IPS LCD dengan 60 fps, resolusi yang berhasil dicapainya sudah HD Plus atau 720 x 1600 piksel. Sementara untuk chipsetnya menggunakan MediaTek Helio A25 yang memiliki tingkat efisiensi daya bagus. Apalagi dibekali baterai 6000 mAh. Anda bisa menggunakan HP ini seharian dengan tenang.

Jika Anda tertarik dengan HP Tecno Spark 7 ini, Anda hanya harus mengeluarkan budget Rp999 ribu saja.

2. Samsung Galaxy A01 Core

Samsung Galaxy A01 Core
Layar PLS TFT 5.3 inci
Chipset MediaTek MT6739WW
RAM 1 GB, 2 GB
Memori Internal 16 GB, 32 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Awalnya ponsel ini hadir di harga Rp1 jutaan, namun harganya sudah turun menjadi di bawah Rp1 juta. Ini adalah varian ringan dari Samsung Galaxy A01, dan penamaan Core ini nampaknya memang menunjukkan kalau fitur-fiturnya hanya terdiri dari yang dasar-dasar saja.

Tapi bukan berarti Galaxy A01 Core ini buruk, karena beberapa kelebihannya layak diacungi jempol sebagai ponsel yang sangat murah. Kameranya yang terdiri dari satu lensa belakang 8 MP dan lensa depan 5 MP sama-sama mampu memberikan hasil yang layak di kelas harganya. Anda bisa melihat beberapa sampel fotonya di artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A01 Core.

RAM-nya memang hanya terdiri dari dua opsi, 1 GB dan 2 GB. Tapi, setidaknya ponsel ini menghadirkan sistem operasi Android 10 Go Edition sehingga Anda bisa menikmati fitur-fitur khasnya seperti Dark Mode, Smart Reply, dan sebagainya.

Walau tidak menghadirkan fitur PIP (picture-in-picture), Android Go Edition ini memang lebih ringan dan cepat untuk dijalankan sehingga membantu penggunaan agar terasa lebih nyaman.

3. Xiaomi Redmi 6

Xiaomi Redmi 6
Layar IPS LCD 5.45 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 12 MP (wide) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 3000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Xiaomi jadi salah satu produsen yang menyemarakkan tren layar fullview dengan rasio 18:9. Ciri khas layar dengan rasio tersebut terlihat dari bingkai atas dan bawahnya yang menyusut, tidak lagi tebal. HP murah mereka yang pertama menggunakan konsep ini adalah Redmi 6.

Meski punya layar kekinian, dimensi Redmi 6 masih enak digenggam karena bentang layarnya hanya 5,45 inci. Bisa jadi ukuran HP ini adalah idola bagi Anda yang mendamba ponsel kompak. Di sisi lain, HP ini punya spesifikasi yang cukup andal untuk dipakai pada masa sekarang, meskipun sudah meluncur sejak 2018.

Beberapa toko online menjual HP ini dengan harga di bawah Rp1 juta, plus garansi toko selama 1 tahun. Sebagai catatan, garansi toko 1 tahun dihitung sejak HP tiba di lokasi pembeli. Garansi berlaku jika pembeli merekam proses unboxing alias membuka bungkus dan kardusnya untuk kali pertama.

4. Itel A49

itel A49
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 5 MP (wide) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Itel merupakan salah satu brand HP yang seringkali meluncurkan produk berkualitas dengan harga sejutaan. Salah satunya adalah Itel A49 ini. HP ini rilis pertengahan tahun 2022 dengan harga rilis saat itu adalah Rp1,1 jutaan. Saat ini, HP Itel A49 ini dibanderol dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp997 ribu saja untuk varian RAM 3 GB dengan internal 32 GB.

Meskipun mengalami penurunan harga, HP di bawah sejutaan ini memiliki kualitas yang cukup baik. Terlebih lagi untuk penggunaan sehari-hari, misalnya melakukan percakapan, multimedia, dan sebagainya. Resolusi layarnya juga sudah mencapai HD atau 720 x 1600 piksel, sehingga kegiatan menonton menjadi lebih menyenangkan.

Tampilan layarnya juga cukup lebar yaitu 6,6 inci. Ditambah tampilan bezelnya yang didesain tipis sehingga layar terlihat lebih lebar.

5. Advan Nasa Pro

Advan NASA Pro
Layar IPS LCD 6.1 inci
Chipset UNISOC SC9832E
RAM 2 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Advan NASA Pro ini pertama kali dirilis tahun 2020. Pada perilisannya, HP ini dibanderol dengan harga sejutaan yaitu Rp1,2 jutaan. Namun, Andaa sudah bisa mendapatkan HP ini dengan harga di bawah sejuta yaitu Rp897 ribuan saja.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram