carisinyal web banner retina

7 Kelebihan dan Kekurangan itel A70, HP Murah Meriah

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Di 2023, brand ponsel yang menyita perhatian di Indonesia adalah itel. Merek yang satu ini terkenal hadirkan produk dengan spesifikasi yang oke di harga yang menarik. Mereka sukses hadirkan HP dengan performa dan RAM gede di Rp1 jutaan lewat itel S23. Penerusnya, itel S23+ juga cukup sukses lantaran tawarkan HP dengan layar lengkung AMOLED di Rp2 juta.

Mereka juga sukses hadirkan HP di harga Rp1 juta, bahkan lebih rendah lewat itel A60s. HP ini hadirkan performa yang oke buat harganya. Di November 2023, itel Indonesia hadirkan penerus itel A60s yang bernama itel A70.

Disebut penerus karena sama-sama seri A dan harganya berada di Rp1 juta, bahkan ada yang jual di Rp999 ribu. Menilik harganya, tampak kalau HP ini bakal biasa saja.

Nyatanya tidak. itel A70 hadirkan berbagai kelebihan yang menarik, meski tentu ada kekurangannya. Makanya, yuk simak dulu tabel kelebihan dan kekurangan itel A70 di bawah ini yang kemudian dilanjut dengan pembahasan detail tiap poinnya.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Layar Luas IPS LCD 6,6 Inci dengan fitur Dynamic Bar ala iPhone 15 series
Tidak ada fitur pengatur otomatis tingkat kecerahan layar
Daya tahan baterai cukup lama dan port type-C
Waktu pengisian daya tergolong lama, bisa sampai 3 jam
Hadir dengan sensor pemindai sidik jari di tombol power
Masalah software, ada iklan
Desain penutup belakang matte yang tahan noda sidik jari
Kamera oke di kelas harganya
Performa kencang HP Harga Rp1 Juta
Memori Gede untuk HP Harga Rp1 Juta

Spesifikasi itel A70

itel A60
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T603
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 13 MP (wide) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan itel A70

Hadirkan berbagai macam kelebihan di rentang entry-level, itel A70 menjadi salah satu rekomendasi yang cukup oke untuk penggunaan ringan tanpa buat kantong jebol. Di bawah ini adalah poin-poin kelebihannya.

1. Layar Luas IPS LCD 6,6 Inci dengan Fitur Dynamic Bar ala iPhone 15 series

itel a70

Sebuah smartphone sejatinya tidak hanya digunakan untuk keperluan basic, melainkan juga untuk menonton dan multimedia. Untuk itu, itel memasangkan seri A70 ini dengan panel layar yang tergolong oke.

Menurut hemat saya, untuk kelas harganya, layar yang ditawarkan sudah menarik, yakni layar 6,6 inci dengan resolusi 1612 x 720 piksel. Layarnya punya kerapatan 267 ppi dengan tingkat kecerahan 500 nit.

Memang tingkat kecerahan 500 nit bukan sesuatu yang oke. Namun, harus dimengerti untuk kelas harganya, tentu mendapat layar 500 nit ini sudah menarik. Pengguna yang memakai HP ini harus berkompromi saja dengan tidak menghadapkan layar itel A70 langsung terkena cahaya yang menyilaukan.

Tentu juga tidak berharap panel yang dipakai di HP ini adalah AMOLED. Penggunaan panel IPS saja patut diapresiasi. Ini lebih baik jika dibandingkan dengan HP yang masih menawarkan panel PLS TFT.

Sementara pada kemampuannya dalam respons sentuhan dan kemulusan pergeseran layar, itel A70 hadir dengan refresh rate 60 Hz standar dengan touch sampling rate 120 Hz.

Bagian depan smartphone itel ini menyajikan desain poni tetesan air (waterdrop notch) sebagai rumah bagi kamera depan. Desainnya mirip dengan itel A60s. Hanya saja, itel menyematkan fitur Dynamic Bar.

Apa itu Dynamic Bar? Sederhananya, fitur ini mirip dengan Dynamic Island di seri iPhone 15. Fitur ini memungkinkan desain poni kamera depan melebar menjadi sebuah notifikasi telepon masuk, status pengisian daya, serta status baterai.

itel a70 dynamic bar

Fitur ini sudah diterapkan itel di itel S23+. Kini, fitur ini ternyata juga hadir di HP yang bisa dibeli dengan harga Rp1 juta, bahkan kurang. Hal yang menarik tentunya bagi sebuah HP murah.

2. Daya Tahan Baterai yang Tergolong Lama dengan Port Type-C

baterai itel a70

Harga yang super murah tidak lantas mencegah itel dalam memberikan kapasitas baterai yang unggul. Di balik cangkang bodi ponsel, tersemat sebuah baterai berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterainya memang cenderung umum. Tapi jelas, ini sudah cukup.

Yang menarik, itel A70 sudah hadirkan port USB Type-C, bukan port micro-USB yang masih umum ada di HP murah Rp1 jutaan.

Untuk daya tahan baterainya sendiri sudah tergolong oke. Kanal Youtube Udi Shoots menyebut jika daya tahan baterai itel A70 tergolong oke. Dengan pemakaian sedang, daya tahan baterai bisa bertahan seharian.

Kanal Youtube Eugoson Quorch juga mengatakan daya tahan baterai itel A70 tergolong bagus. Berdasarkan pengujiannya, itel A70 dapat bertahan sampai 9 jam lebih saat digunakan streaming video. Saat digunakan bermain gim eFootball selama 40 menit, daya tahan baterai itel A70 hanya berkurang 6 persen baterai.

Bisa dibilang, untuk pemakaian ringan, daya tahan baterai itel A70 bisa bertahan sampai dua harian.

3. Hadir dengan Sensor Pemindai Sidik Jari di Tombol Power

itel a70 sidik jari

Metode pembukaan kunci layar yang cepat dan praktis adalah hal yang cukup langka di kelas harga murah. Di beberapa HP sudah ada fitur ini. Namun, biasanya fitur standar. Contohnya fitur pengenalan wajah atau face unlock yang umum ada di HP murah.

Untuk sensor sidik jari atau fingerprint scanner, beberapa HP murah tidak memilikinya. Namun, trennya sekarang, sudah mulai banyak HP murah yang punya sensor sidik jari. Hanya saja posisinya ada di bagian belakang ponsel. itel A60s contohnya yang memiliki hal ini.

itel A70 jelas punya sensor sidik jari dan pengenalan wajah. Yang menarik, posisi sensor sidik jarinya ada di bagian samping, menyatu dengan tombol power. Sensor sidik jari di posisi ini umum ditemukan di HP Rp2 jutaan ke atas. Karena itu, saya mengapresiasi kehadiran sensor sidik jari di samping ini.

Untuk performa sensornya sendiri sudah tergolong oke. Setidaknya untuk kelas harganya.

4. Desain Penutup Belakang Matte yang Tahan Noda Sidik Jari

itel a70 design

Desain bodi smartphone sejatinya harus dibuat agar nyaman digenggam dan tidak terlalu terlihat sederhana. Dalam hal ini, itel A70 bisa menawarkan itu. Hanya saja, bagi sebagian pengguna desainnya akan terasa terlalu mencolok.

Kenapa mencolok? Karena desain kamera di bagian belakang terlalu besar. Polannya cenderung mirip dengan kamera pada iPhone seri Pro yang sering disebut "kamera boba".

Desain seperti ini jelas menimbulkan bias karena ada yang suka atau tidak. Terlepas dari bentuk desainnya, itel A70 patut diapresiasi karena memakai desain bodi matte yang tidak menimbulkan sidik jari ketika dipegang.

Eugoson Quorch juga mengatakan kalau desain matte ini tergolong bagus. Apalagi dikombinasikan dengan desain flat bagian samping yang membuat itel A70 jadi enak digenggam.

Untuk warna desainnya sebenarnya tergolong menarik. Untuk beberapa negara, itel A70 hadir dengan empat warna: hitam, biru, emas, dan hijau. Varian warna emas jelas menarik. Sayangnya, itel Indonesia hanya hadirkan varian hitam dan biru di Indonesia.

5. Kamera Oke di Kelas Harganya

itel a70

Di bagian belakang itel A70, tampaik kalau desain memperlihatkan kalau sang HP punya tiga kamera. Padahal kameranya bisa dikatakan hanya satu. Kamera utamanya hadir dengan sensor 13 MP yang bisa merekam video 1080p 30 fps.

Dua bulatan lainnya terdiri dari lensa flash dan kamera AI. Bagi saya, kamera AI bukanlah kamera fungsional, jadi saya anggap kalau kamera di HP ini hanya satu.

Untuk kamera depan, tersemat kamera 8 MP yang juga bisa merekam video 1080p 30 fps.

Bagaimana dengan hasil kameranya? Kalau menurut

Eugoson Quorch, hasil kamera HP ini tergolong oke. Bukan yang terjelek bisa dibilang oke atau bagus buat kelas harganya, baik depan maupun belakang. Namun, kategori oke ini adalah pemakluman karena harga HP ini yang murah, membuat hasil fotonya tergolong bagus jika dibanding dengan HP lain di kelas harga yang sama.

Bisa dikatakan untuk hasil foto dan videonya, bisa dikatakan oke. Malah cukup oke di atas rata-rata HP lain di harga Rp1 juta. Para pengguna yang membeli HP ini setidaknya tidak akan terlalu kecewa dengan hasil foto dari itel A70.

6. Performa Kencang Buat HP Harga Rp1 Juta

unisoc t603

itel A70 dibekali dengan cip UNISOC T603. Cip ini dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm.

UNISOC T603 sendiri merupakan cip yang punya delapan inti inti prosesor di dalamnya. Kedelapan core tersebut terdiri dari empat core ARM Cortex-A55 1,8 GHz dan empat core Cortex-A55 1,2 GHz. Tidak ada core Cortex A7 yang biasanya digunakan sebagai core performa.

Untuk performa UNISOC T603, bisa dikatakan performanya setara dengan cip seperti Snapdragon 439 atau MediaTek Helio G37.

Penggunaan UNISOC T603 di itel A70 juga sebenarnya patut diapresiasi. Mengingat di itel A60s, cip yang dipakai adalah Unisoc SC9832A yang secara performa lebih lemah dan boros daya.

Karena tidak memiliki core Cortex A7, performa UNISOC T603 di itel A70 tentu cenderung biasa. Jangan berharap untuk bermain gim berat dengan nyaman ketika memakai HP ini. Seperti kata kanal Youtube Udi Shoots, performa itel A70 tergolong oke untuk main gim dengan grafis rendah.

7. Memori Gede untuk HP Harga Rp1 Juta

memori itel a70

Satu keunggulan yang dimiliki itel A70 dan tidak dimiliki oleh HP lain di kelas harga serupa ada konfigurasi memori yang gede. HP ini menawarkan storage 128 GB. Tipe storage yang digunakan memang masih eMMC 5.1. Namun, buat kelas harganya ini sudah oke.

Di Indonesia, itel tawarkan varian RAM 3 GB dan RAM 4 GB. Di beberapa toko online, varian RAM 3 GB dijual di harga di bawah Rp1 juta atau di Rp800 ribuan. Sementara RAM 4 GB ada di Rp1 juta bahkan. Hanya saja karena HP ini menyita perhatian, harganya jadi naik. Varian RAM 3 GB jadi Rp999 ribu dan RAM 4 GB ada di Rp1,1 juta.

Oh yah, embel-embel 12 GB RAM di itel A70 bukan berarti HP ini tawarkan RAM 12 GB. RAM 12 GB itu adalah gabungan dari RAM dan virtual RAM. Jadi, jika memilih varian RAM 4 GB, ada opsi virtual RAM 8 GB yang jika ditambah hasilnya 12 GB.

Sebaiknya, abaikan saja soal virtual RAM ini karena kebanyakan tidak terlalu ngaruh banyak. Tapi terlepas dari itu, menilik varian RAM dan storage yang ditawarkan, jelas itel A70 jadi HP yang benar-benar menarik.

Kekurangan itel A70

Sebagai HP murah, tentu saja ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian ketika beli itel A70. Atau bisa dikatakan kekurangan dari HP ini. Apa sajakah kekurangan HP ini? Simak berikut ini.

1. Tidak Ada Fitur Pengatur Otomatis Tingkat Kecerahan layar

itel a70 layar

itel A70 bisa dikatakan merupakan HP yang murah dengan segala fitur yang ada. Namun, tentu saja ada hal-hal yang membuat para pembeli harus berkompromi jika ada fitur yang tidak ada. Contohnya adalah fitur auto-brightness atau fitur otomatis yang mengatur tingkat kecerahan layar.

Jika fitur ini ada, biasanya HP akan bisa mengatur secara otomatis tingkat kecerahan layar saat ponsel ada di luar ruangan, di kondisi kurang cahaya, atau di malam hari. Kalau fitur ini ada, tentu HP bisa jadi lebih irit karena dia mengatur tampilan layar sesuai kebutuhan. Karena fitur ini tidak ada, pengguna itel A70 harus mengatur sendiri tingkat kecerahan layarnya.

2. Waktu Pengisian Daya Tergolong Lama, Bisa Sampai 3 Jam

itel a70 dynamic bar

Sebagai smartphone yang berfokus pada harga murah, itel A60s pun tergolong kalah saing jika dilihat dari sisi konektivitasnya. Tidak hanya sekadar tawarkan Wi-Fi 4, ponsel ini bahkan hanya menggunakan microUSB sebagai port transfer data dan pengecasan daya.

itel A70 bisa dibilang cukup impresif dari sisi daya tahan baterai, setidaknya untuk kelas harganya. Namun, untuk waktu pengisian daya, tergolong lama. itel A70 hanya mendukung charger 10 watt yang bagusnya chargernya sudah ada di kotak penjualan.

Untuk lama pengisian dayanya, berkisar sampai 3 jam. Hal ini juga sudah dibuktikan channel Youtube Udi Shoots. Ia mengetes pengisian daya itel A70 dari 0 persen sampai 100 persen. Hasilnya, waktu yang ditempuh adalah 3 jam. Bahkan charger yang tersedia dalam boksnya hanya gunakan daya 5 W.

3. Masalah Software, Ada Iklan

itel a70 cover_

itel A70 memang cukup oke untuk navigasi menu karena cip yang dipakai mumpuni, setidaknya buat harganya. Namun, itel A70 yang tawarkan itelOS 13 berbasis Android 13 ini disusupi iklan yang perlu diwaspadai. Kehadiran iklan tentu imbas dari harganya.

Apakah iklannya cukup ganggu? Tentu tidak, biasanya iklannya sih hanya muncul untuk aplikasi bawaannya saja.

Simpulan

Menilik spesifikasi yang ditawarkan, itel A70 cocok dipilih bagi mereka yang punya dana terbatas tetapi butuh HP mumpuni. Setidaknya, HP ini masih bisa diandalkan sebagai HP untuk kebutuhan dasar, setidaknya tidak dasar banget selayaknya HP dengan Android Go.

Karena menawarkan storage 128 GB, jelas itel A70 cocok buat mereka yang sangat ketat dengan dana dan butuh HP untuk kebutuhan chat, telepon, bahkan kamera. itel A70 juga tergolong cocok digunakan anak-anak untuk kebutuhan pelajar. Malah kameranya juga masih tergolong mumpuni.

Untuk multitasking penggunaan dasar, sebaiknya pilih varian RAM 4 GB karena varian RAM 3 GB rasanya sudah terlalu ketinggalan. Bagaimana untuk multimedia? Untuk nonton di ruangan sih oke, hanya saja kualitas suaranya cenderung biasa karena menawarkan mono speaker. Selebihnya, itel A70 adalah HP yang sangat layak beli untuk kelas harga terjangkau.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram