carisinyal web banner retina

7 Perbedaan Itel Vision 3 dan Itel Vision 5 yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh Aris Wibowo

Meski belum begitu dikenal masyarakat luas, produsen bernama Itel Mobile kembali menghadirkan produk ponsel harga murah bernama Itel Vision 5. Hadirnya ponsel ini kian memperkuat posisi merek global ini, yang mencoba fokus di pasar yang masih membutuhkan smartphone dengan harga yang terjangkau. 

Kehadiran Itel Vision 5 ini menjadi penerus dari Itel Vision 3 yang cukup diminati di pasar HP harga Rp 1 jutaan. Meski di kelas ini, ponsel tidak memiliki banyak fitur dan hanya fokus untuk digunakan komunikasi, Itel menjanjikan produk terbarunya, Itel Vision 5 ini lebih nyaman digunakan dan lebih lancar digunakan dibanding seri sebelumnya.

Tentu menarik membandingkan Itel Vision 3 dengan Itel Vision 5. Pasalnya, produsen memasarkan kedua produk ini untuk kelas ponsel murah 1 jutaan. Apa saja perbedaan Itel Vision 3 dan Itel Vision 5? Seperti apa fitur baru yang ditawarkan? Simak ulasan di bawah ini. 

Spesifikasi Itel Vision 3

itel vision 3
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide) 2 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi itel Vision 5

itel Vision 5
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide) MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan Itel Vision 3 dan Itel Vision 5

Itel Vision 3 sukses menarik perhatian pengguna dengan layar lebar dan baterai besar yang ditawarkan meski harganya murah. Tentu menarik melihat ubahan yang akan ditawarkan dalam Itel Vision 5. Mana yang terbaik di antara keduanya? Simak perbedaan Itel Vision 3 dan Itel Vision 5 di bawah ini.

1. Sama-sama Desain Plastik, Beda Modul Kamera

itel vision 3 desain_
Desain Itel Vision 3

Itel Vision 3 dan Itel Vision 4 memiliki desain yang sedikit berbeda. Keduanya memang masih menggunakan desain bodi plastik, namun keduanya memiliki desain bodi belakang yang berbeda. 

Desain bodi Itel Vision 3 hadir lebih minimalis seperti ponsel murah pada umumnya. Bodi belakang HP ini mengusung tekstur garis-garis vertikal glossy. Kalau bodinya terkena cahaya tampak ada pola yang mengarah ke modul kamera.

Kamera belakang HP murah ini hadir dengan modul kamera berbentuk persegi panjang ke bawah. Di modul ini terdapat 2 buah kamera berjejer ke bawah dan sebuah aksesoris dilengkapi LED Flash. Sekilas modul kamera ini tampak berisi tiga buah kamera.

itel vision 5_
Desain Itel Vision 5

Sementara itu, penampilan Itel Vision 5 juga cukup baik dan tidak mengecewakan meski dilepas di pasar ponsel entry-level. Bahkan, bagian bodi belakang ini tidak terkesan murahan. 

Bodi belakangnya menyuguhkan tekstur plastik polikarbonat yang kokoh. Ada juga tekstur garis vertikal yang kini dibuat lebih halus. Kalau bodinya terkena cahaya akan muncul pola yang menarik. Sama seperti Vision 3, di bagian tengah bodi terdapat tempat sensor sidik jari.

Modul kamera si ponsel berbentuk persegi panjang vertikal yang sedikit lebih besar. Dalam modul ini terdapat kamera utama berukuran besar dibawahnya terdapat LED Flash. Di bawah LED terdapat 2 buah kamera tambahan. Modul kamera baru ini benar-benar membuat HP ini nampak tidak murahan.

Membahas sisi depan, kedua HP Itel Vision series ini memiliki desain bodi depan yang mirip dan masih menggunakan model kamera depan yang sama, yakni waterdrop

Membahas dimensi keduanya memiliki dimensi yang berbeda, Itel Vision 3 memiliki ukuran bodi 164,5 x 76,8 x 8,5 mm berat 193 gram. Untuk Vision 5 memiliki ukuran 164,5 x 76,04 x 8,75 mm berat 187 gram. Dari data ini jelas, Kedua HP Itel Vision masih ideal untuk penggunaan harian.

Walaupun nampak mirip, Itel Vision 5 ternyata sudah dibekali sejumlah fitur kelas atas. Kalau menurut website resmi Itel, HP murah ini sudah dibekali fitur anti cipratan air dan tahan debu meski belum jelas sertifikasi yang digunakan. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri mengingat HP entry-level masih jarang dibekali fitur yang serupa. 

2. Layar Lebar Minim Ubahan

itel vision 5 layar_
Layar itel Vision 5

Bagian layar memang menjadi bagian terpenting dalam sebuah smartphone. Pasalnya, layar menjadi bagian utama untuk mengoperasikan perangkat. Maka dari itu, produsen Itel menghadirkan ukuran layar yang lebar agar smartphone kian nyaman digunakan untuk harian, seperti bekerja atau bermain game.

Menyadari hal tersebut, Itel Vision 5 menggunakan layar yang tidak banyak berubah dari seri Vision 3. Pasalnya, Itel Vision 3 memang sudah berukuran lebar di kelasnya. Sebagai informasi, di segmen tersebut, beberapa produsen memilih untuk memakai layar berukuran 5,5 inci hingga 6,2 inci.

Sedangkan kedua ponsel Itel ini memakai layar berukuran 6,6 inci. Kedua layar juga menggunakan panel IPS dan resolusi HD+ 720 x 1612 piksel. Karena layar ini cukup besar di kelasnya, Anda akan nyaman menonton video di layar smartphone ini. Apalagi, layar ini juga sudah memiliki kontur 2.5D di bagian sisi yang membuatnya nyaman digenggam. 

Sayangnya, keduanya hanya mendukung refresh rate rendah, yakni 60 Hz. HP Itel ini juga memiliki tingkat kecerahan yang biasa saja untuk penggunaan dalam dan luar ruangan 480 nits dalam Vision 3 dan 500 nits dalam Vision 5. 

Walaupun demikian, layar ini masih mampu menampilkan warna lebih banyak dan mempesona meski hanya memakai panel IPS. Memang tampilan layarnya tidak terlalu detail mengingat resolusi layar yang lebih kecil. Akan tetapi, penggunaan resolusi layar HD ini membuat layar bisa lebih hemat daya. 

Perbedaan justru terletak pada bezel layar, dimana Itel Vision 5 memiliki bezel yang sedikit lebih ramping sehingga layar terkesan lebih luas.

3. Chipset Sama, Beda Konfigurasi Memori

itel vision 3 2_

Menyadari fungsi HP ini yang akan lebih banyak digunakan untuk komunikasi dasar, produsen Itel menghadrkan sektor dapur pacu yang memiliki kemampuan hemat daya yang baik pada kedua HP Itel ini.

Maka dari itu, sektor dapur pacu HP ini dibekali dengan chipset Spreadtrum SC9863A. ini merupakan chipset kelas bawah yang memiliki konfigurasi prosesor octa-core. Ada empat core Cortex A55 berkecepatan 1,6 GHz dan empat core Cortex A55 berkecepatan 1,2 GHz.

Sementara itu, guna menghadirkan tampilan visual yang optimal, dapur pacu Itel ini dilengkapi dengan GPU PowerVR Ge8322. Untuk konfigurasi memori, Itel Vision 3 dibekali RAM 2 GB dan memori penyimpanan 32 GB. 

Nah, di sini Itel Vision 5 hadir dengan perbedaan memori yang lebih baik. Ponsel ini menawarkan dua pilihan: RAM 3 GB dengan memori penyimpanan 32 GB atau RAM 4 GB dengan memori penyimpanan 64 GB. 

Jika memori penyimpanan masih dirasa kurang, kedua HP ini juga sudah menyediakan slot memori tambahan hingga 128 GB.

Tentu, kolaborasi chipset dan RAM  ini membuat kinerja HP cukup lancar kala membuka banyak aplikasi atau digunakan bermain game ringan. Apalagi, dalam Itel Vision 5 terdapat fitur RAM Expansion yang membuat kinerja lebih optimal. Dengan fitur ini, Anda bisa menambahkan RAM Virtual 3 GB, sehingga total RAM menjadi 7 GB di Itel Vision 5.

4. Konfigurasi Kamera Belakang yang Beda

itel vision 5 camera_
Kamera Itel Vision 5

Perbedaan Itel Vision 3 dan Itel Vision 5 berikutnya adalah kamera. Sebagai sebuah ponsel murah, kedua HP memang hanya dibekali sektor kamera ala kadarnya. Walaupun demikian, Itel Vision 5 hadir dengan sejumlah ubahan yang diklaim yang membuat hasil foto lebih baik.

Dalam Itel Vision 3, Anda akan mendapati 2 kamera belakang yang sederhana namun masih mumpuni untuk harian, yakni kamera utama 8 MP dengan f/2.0 AF. Untuk kamera kedua ialah kamera AI  0,8 MP. Kedua kamera tersebut akan ditemani LED Flash untuk penerangan kala berfoto di malam hari.

Untuk Itel Vision 5, Produsen menghadirkan sebuah kamera belakang berukuran 8 MP f/2.0 AF. Kamera ini akan ditemani sebuah kamera bokeh 0,8 MP QVGA dan sebuah kamera AI 0,8 MP QVGA Sementara itu, di bagian kamera depan, kedua HP memakai kamera depan resolusi 5 MP.

Teknologi kamera yang dihadirkan kedua HP memang biasa saja. Anda akan menemukan sejumlah mode seperti mode AR, mode AI hingga mode beauty. Untuk perekaman kamera belakang, HP ini hanya bisa merekam video 1080p saja.Untuk kamera depan mampu merekam video 720p saja.

5. Sistem Operasi Beda 

android 12_

Karena digunakan untuk pengguna pemula, maka Itel menggunakan sistem operasi Android Go Edition. Bedanya, Itel Vision 3 menggunakan basis Android 11 dan Itel Vision 5 menggunakan basis Android 12.

Google sendiri menghadirkan sistem Go Edition agar HP dengan spesifikasi biasa masih bisa dan masih mampu mengakses sistem Android versi yang lebih baru. Tentunya versi Go ini lebih ringan dan cepat dibanding Android biasa. 

Google mengkhususkan sistem operasi ini untuk ponsel Android yang memakai RAM 2 GB atau 3 GB. Dengan penyempurnaan sistem, Android Go diklaim dapat membuka aplikasi maupun game lebih cepat 25% dibandingan Android Go seri sebelumnya.

Nah, yang menarik, karena Intel Vision 5 memiliki varian RAM 4 GB, ternyata varian ini menggunakan sistem Android 12 dengan antarmuka Itel OS 8.6. Antarmuka ini diklaim sudah disesuaikan untuk multitasking dan entertainment.

6. Baterai 5000 mAh Minim Ubahan

itel vision 5 18W_

Sebagai ponsel dengan fungsi untuk komunikasi harian, Itel menghadirkan kapasitas baterai yang terbilang standar pada kedua HP, yakni 5000 mAh. Walaupun tidak jumbo, kapasitas baterai ini dirasa masih ideal karena kedua HP menggunakan layar panel IPS dan chipset yang diklaim tidak memakan banyak daya.

Keunggulan kedua HP ini ialah adanya mode hemat daya. Mode ini membuat HP bisa bertahan hingga 3 jam pemakaian meski baterai berada di bawah 15%. Selain itu, kedua HP juga sudah dibekali fitur pengisian cepat 18W, sehingga mengisi dari 0 hingga 100%.bisa lebih cepat dari ponsel entry-level pada umumnya.

7. Varian dan Harga Rilis

itel vision 5_

Itel Vision 3 dipasarkan di indonesia dengan harga Rp1 jutaan untuk varian RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. dengan pilihan warna hitam, hijau dan biru.

Sedangkan Itel Vision 5 dipasarkan dengan harga Rp1,5 jutaan untuk varian warna hijau, hitam dan silver (RAM 3 GB dan memori internal 32 GB). Ada juga varian RAM 4 dan memori internal 64 GB yang dipasarkan seharga Rp1,7 jutaan. 

Simpulan

Itel Vision 3 dan itel vision 5 memang hadir sebagai ponsel murah yang cocok untuk mengakomodir kebutuhan dasar pengguna seperti berkomunikasi melalui chatting dan video call, browsing hingga bermain game. Dipasarkan dengan harga 1 jutaan tentu ponsel ini harus mengorbankan sejumlah sektor termasuk sektor fotografi yang biasa saja.

Walaupun demikian, Itel Mobile cukup sukses menghadirkan ubahan pada Vision 5. Mulai dari desain, RAM hingga kamera. Ponsel ini tidak lagi tampak murahan apalagi, sudah ada fitur anti percikan air dan tahan debu. Selain itu, dukungan RAM yang lebih besar juga membuat HP ini lebih stabil dan lebih kencang dalam membuka banyak aplikasi.

Tidak bisa dipungkiri, kedua HP Itel ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, tampaknya Itel Vision 5 berhasil menghadirkan peningkatan yang sangat bermanfaat dibanding varian lama.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram