carisinyal web banner retina

5 Perbedaan HP Murah itel Vision 2 dan itel Vision 3

itel terus berusaha meramaikan pasar smartphone Indonesia sejak terjun pada 2020. Perusahaan yang dinaungi Transsion Holdings ini pun meluncurkan HP pertamanya untuk tahun 2022 ketika memasuki bulan Maret. HP yang dimaksud adalah itel Vision 3.

HP itel terbaru ini menarik bagi sebagian konsumen Indonesia, mengingat harganya cukup murah yakni Rp1 jutaan saja. Namun, Anda sebagai calon pembeli juga perlu mengetahui apa saja perbedaan itel Vision 3 dengan pendahulunya, itel Vision 2.

Dengan mengetahui perbedaan kedua produk, Anda bisa melihat peningkatan yang diberikan sekaligus memberi penilaian terhadap masing-masing HP. Nah, sebelum ke pembahasan silakan simak spesifikasi utama kedua ponsel sebagai berikut.

Spesifikasi itel Vision 2

itel Vision 2
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.349.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi itel Vision 3

itel vision 3
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 8 MP (wide) 2 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.199.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan itel Vision 2 dan itel Vision 3

Ada lima sektor yang jadi pembeda antara itel Vision 2 dan itel Vision 3. Apa saja itu? Yuk simak satu per satu poin komparasi kedua ponsel di bawah ini.

1. Desain dan Dimensi

itel vision 2

itel tidak menjelaskan nama desain yang digunakan pada kedua ponsel. Mereka hanya menyebut bahwa itel Vision 2 dan Vision 3 sama-sama memiliki bodi yang slim. Pernyataan tersebut memang tidak salah mengingat ketebalan bodi kedua ponsel tergolong wajar.

itel Vision 2 sedikit lebih tipis dan ringan, dengan dimensi keseluruhan 164.7 x 76.3 x 8.3 mm plus bobot 184,1 gram. Sementara itu, itel Vision 3 mempunyai dimensi 164.5 x 76.8 x 8.5 mm dengan bobot 193 gram. itel Vision 3 tampak lebih berat.

Jika dilihat lebih jauh, penampakan bagian belakang kedua ponsel mirip. Penutup belakangnya memakai bahan polikarbonat dengan finishing matte yang bebas noda sidik jari. Penutup belakang tersebut mempunyai efek garis-garis yang memancar ke segala arah, dimulai dari modul kamera.

Efek tersebut muncul jika pengguna melihat bodi ponsel dari orientasi yang berbeda. Meski mirip, penutup belakang kedua ponsel memiliki dua faktor pembeda, yakni modul kamera dan opsi warna.

Untuk itel Vision2, modul kameranya diisi tiga lingkaran lensa kamera dengan satu lingkaran bertuliskan AI. Di sebelah kanan lingkaran-lingkaran itu terdapat satu lampu flash yang bentuknya elips.

itel vision 3

Sementara itu, itel Vision 3, yang memiliki nama internasional itel S17, lebih simpel. Hanya ada tiga lingkaran simetris di dalam modul kameranya, meskipun hanya ada dua yang berfungsi. Di samping lingkaran-lingkaran itu ada satu lampu flash yang bentuknya lingkaran kecil.

Lanjut ke pilihan warna, itel Vision 2 hadir dengan warna Biru dan Hijau. Adapun itel Vision 3 mempunyai tiga pilihan warna yang segar: Multitcolor Green, Sky Blue, Deep Ocean Black.

Perbedaan terakhir mengenai desain kedua ponsel terdapat pada bagian muka. itel Vision 2 yang lebih lama justru sudah mengadopsi layar dengan punch hole kamera di pojok kiri atas. itel Vision 3 malah tampak sedikit jadul karena menggunakan layar dengan model seperti tetesan air.

2. Kamera

itel vision 2

Sebagaimana dijelaskan di poin desain, itel Vision 2 punya empat lingkaran di modul kameranya. Namun, hanya tiga saja yang akif. Tiga lingkaran itu merepresentasikan kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor kedalaman.

Jumlah kamera belakang HP ini lebih banyak ketimbang itel Vision 3. HP yang disebut terakhir hanya memiliki kamera utama 8 MP yang didampingi lensa AI 2 MP.

Perbedaan berlanjut ke sisi depan. Pada itel Vision 2, kamer selfie yang dipakai punya resolusi 8 MP. Ukuran megapiksel tersebut lebih besar ketimbang kamera selfie itel Vision 3 yang hanya 5 MP. Adapun kedua ponsel bisa menghasilkan perekaman video dengan resolusi maksimal Full HD 30 fps.

3. Konfigurasi Memori

itel vision

itel Vision 2 yang masuk ke Indonesia memiliki satu konfigurasi memori, yaitu 3 GB RAM plus penyimpanan internal 64 GB. Sementara itu, itel Vision 3 hadir dengan konfigurasi memori 2 GB RAM dengan penyimpanan 32 GB.


Baca juga:

Hingga artikel ini ditulis, itel Indonesia belum mengonfirmasi apakah akan meluncurkan itel Vision 3 varian 3/64 GB. Namun demikian, memori 3/64 GB lebih direkomendasikan, terutama bila si ponsel dipakai dalam waktu panjang. Itu hanya bisa ditemui pada Vision 2.

Di sisi lain, itel menyediakan slot microSD khusus buat kedua ponsel. Slot tersebut bisa dimanfaatkan pengguna untuk menambah ruang simpan.

Pengguna bisa memasang kartu microSD hingga kapasitas 128 GB. Dengan memasang kartu microSD, Anda bisa mendedikasikan memori internal HP sebagai ruang khusus untuk instalasi aplikasi dan aplikasi. Sementara itu, microSD digunakan untuk menyimpan file media atau dokumen.

4. Baterai

itel vision 2

itel Vision 2 dibekali baterai 4000 mAh yang sudah tergolong cukup untuk standar smartphone masa kini. Namun, sang penerus mendapat upgrade kapasitas. Ya, kini itel Vision 3 memperoleh baterai dengan kapasitas 5000 mAh.

itel mengeklaim, itel Vision 3 bisa bertahan sampai 28 jam saat dipakai buat telepon. Daya tahan itu meningkat 3 jam dibanding itel Vision 2 untuk skenario pemakaian yang sama.

Selain peningkatan kapasitas, Vision 3 juga mengalami upgrade dalam hal teknologi pengisian. Pasalnya, itel menyematkan teknologi pengisian cepat 18W. HP ini pun menjadi ponsel pertama di seri Vision dengan dukungan pengisian cepat 18W.

Sementara itu, itel tidak menjelaskan daya maksimal yang bisa diterima itel Vision 2. Namun, jika merujuk pada charger yang disertakan pada paket penjualan, HP ini bisa menerima daya 5W (5V, 1A).

5. Sistem Operasi dan Harga Rilis

itel vision 3

Saat dirilis di Indonesia, itel Vision 2 hadir dengan sistem operasi Android 10 edisi Go. Sementara itu, itel Vision 3 menggunakan sistem operasi Android 11 edisi Go. Android edisi Go dirancang dengan fitur simpel agar bisa berjalan lancar pada HP berspesifikasi rendah.

Mengenai harga produk ketika rilis, itel Vision 2 dijual dengan harga Rp1.449.000. itel Vision 3 lebih murah daripada kakaknya itu. Ia dibanderol dengan harga Rp1.199.000.

Simpulan

itel Vision 2 dan itel Vision 3 memiliki perbedaan yang cukup banyak. Mulai dari desain, hingga harga perilisannya. Namun, yang perlu digarisbawahi, salah satu di antara kedua ponsel tersebut tidak ada yang benar-benar menang dalam segala aspek.

Misalnya, untuk kamera, Vision 2 sedikit lebih unggul karena memiliki megapiksel yang lebih besar. Begitu juga dengan kemampuan multitasking mengingat RAM-nya lebih besar. Namun, untuk urusan daya, Vision 3 memimpin berkat baterai yang lebih besar dan teknologi pengisian daya yang lebih cepat.

Soal desain, tidak ada yang lebih baik, tidak ada pula yang lebih buruk. Perihal ini hanya masalah selera. Setelah melihat perbedaan kedua HP 1 jutaan ini, bagaimana impresi Anda? Tertarik untuk membeli salah satu di antara keduanya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram