carisinyal web banner retina

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 22 September 2021

Sudah pada kenalan belum sama ponsel mid range terbaru dari Samsung? Inilah Samsung Galaxy A72, ponsel pintar yang diluncurkan pada pertengahan Maret 2021. Sebagaimana tagline seri Galaxy A, “Awesome Screen, Awesome Camera, Long Lasting Battery Life”, Samsung Galaxy A72 siap menyuguhkan pengalaman luar biasa lewat sejumlah spesifikasi menarik bagi penggunanya.

Dirilis bersamaan Samsung Galaxy A52, tipe A72 memiliki tampilan modis yang membuatnya tampak seperti sebuah perangkat flagship. Ponsel pintar ini tersedia dalam empat balutan warna meliputi Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Blue.

Sebuah perangkat Samsung Galaxy A72 sudah menapaki pasar perponselan di Indonesia pada Maret 2021. Ponsel tersebut dibanderol dengan harga resmi saat peluncuran yakni Rp5,9 juta untuk varian storagae 128 GB dan Rp6,39 juta untuk varian storagae 256 GB

Sebenarnya dengan harga segitu, apa yang akan pengguna dapatkan? Biar tidak penasaran coba baca spesifikasi dari Samsung Galaxy A72 di bawah ini:

Spesifikasi Samsung Galaxy A72

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72 1
  • Layar: Super AMOLED 6,7 inci Full HD+, 90 Hz, 800 nits
  • Chipset: Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2,3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1,8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot bersama SIM) hingga 1 TB
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 12 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Ion 5000 mAh, tidak dapat dilepas

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Samsung Galaxy A72

Setelah membaca spesifikasi Samsung Galaxy A72 di atas, Carisinyal yakin kamu telah bertemu dengan beberapa kelebihan dari ponsel pintar tersebut kan? Namun, kalau kamu masih butuh penjelasan lebih dalam tentang kelebihan dari Samsung Galaxy A72 maka Carisinyal sarankan untuk mengkaji pembahasannya berikut ini:

1. Bodi Tahan Air dan Debu

Samsung Galaxy A72_Water Resistant (Copy)

Ketangkasan bodi Samsung Galaxy A72 tidak bisa diragukan, pasalnya ponsel yang berbobot 203 gram tersebut telah mengantongi sertifikasi IP67. Dengan kepemilikan IP atau Ingress Protection golongan 67, maka memungkinkan model A72 dapat memproteksi badannya dari benda asing seperti debu dan bertahan selama 30 menit ketika dicelupkan ke air sedalam satu meter.

Perangkat tangguh yang mempunyai dimensi 165 x 77.4 x 8.4 mm ini telah meracik bagian depannya dari material kaca. Area depan Samsung Galaxy A72 mengangkat konsep Waterdrop Notch atau yang seakan-akan seperti bentuk tetesan air. Konsep dengan layar Full-Display ini dapat dikatakan unik, menarik, dan kekinian untuk sebuah ponsel pintar masa kini.

Sedangkan untuk area belakangnya terbuat dari plastik menciptakan nuansa ringan, tetapi tetap lebih berat dari pendahulunya. Meski demikian, Samsung berhasil membangun perangkat ini dengan lumayan baik sehingga saat digenggam dalam waktu lama, masih asyik, nyaman, dan enteng.

Pada bagian sisi, Samsung Galaxy A72 menghadirkan dua opsi port yang bisa dipakai oleh penggunanya yakni Single SIM untuk Nano-SIM atau Hybrid Dual SIM sebagai Nano-SIM serta dual stand-by. Seperti dijelaskan di awal, Samsung Galaxy A72 tersedia dalam empat pilihan warna matte yang semuanya dapat memberikan kesan menyenangkan dan adem bagi pengguna.

2. Presisi Layar Sentuh Lebih Baik

Samsung-Galaxy-A72-2-1

Sebagai ponsel menengah terbaru, sudah seharusnya dibekali dengan teknologi layar yang canggih. Hal ini tercermin pada Samsung Galaxy A72 yang punya teknologi panel Super AMOLED berukuran 6.7 inci. Berkat teknologi panel yang diusung tersebut maka akan menghasilkan tingkat presisi layar lebih bagus dan mampu memproduksi kontras warna lebih apik.

Menerapkan konsep Water Drop, layar perangkat ini memiliki rasio layar-ke-bodi 84.4% yang terbilang lega sehingga memberikan keleluasaan saat menonton video streaming atau bermain gim. Didukung dengan laju penyegaran 90Hz, memicu tampilan efek grafis menjadi lebih cepat saat membuka aplikasi atau konten pada layar perangkat.

Tidak hanya itu, layar Samsung Galaxy A72 pula menyuguhkan kenyamanan pada pengguna lewat tingkat kecerahan yang mencapai 800 nits. Dengan demikian, pengguna masih dapat menatap layar tanpa khawatir terkena silau dari pantulan sinar matahari. Kemudian, layarnya punya kerapatan piksel 394 ppi yang menciptakan tampilan di layar semakin tajam.

Hampir ketinggalan, pada layar bawahnya secara tak kasat mata telah disematkan teknologi pemindai sidik jari yang berguna untuk biometrik dan keamanan. Adapun, fitur pengenal wajah lewat sensor optik yang kegunaannya sama tetapi lebih cepat dari sensor pemindai sidik jari.

Melansir Phone Arena, secara keseluruhan kualitas layar dari Samsung Galaxy A72 dapat dikatakan luar biasa. Pengguna disuguhkan dengan mode warna yang jelas dan alami, mode tajam yang lebih cerah, dan cahaya biru yang lebih kuat. Bagi pengguna yang memiliki mata sensitif, layar perangkat ini tidak akan membuat mata cepat lelah dan stres.

3. Jeroan Unggul di Kelasnya

realme 7 pro snapdragon 720G

Samsung Galaxy A72 sebagai ponsel keluaran teranyar pastinya mendapatkan keuntungan seperti pemasangan sistem operasi Android 11 yang didampingi oleh One UI 3.1. Sistem operasi menyajikan beberapa fitur termuktahir seperti pengguna tanpa perlu repot-repot mengatur mode gelap karena perangkat secara otomatis beralih mode gelap setelah matahari terbenam.

Pengguna juga akan bertemu dengan fitur SmartThings Samsung dan Dolby Atmos, memungkinkan audio berkerja secara optimal untuk tiga aktivitas yang beragam yaitu Film, Musik, dan Suara. Adapun fitur-fitur menarik lainnya dari OS Android 11 mulai dari pengaturan Smart Home di tombol daya, notifikasi prioriti, akses ke mini gim, mode Do Not Disturb, dan masih banyak lagi.

Sementara, untuk sistem dalam keping atau SoC perangkat ini mengalami peningkatan dari pendahulunya dengan memutuskan untuk mematrikan Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G berfabrikasi 8 nanometer yang paling cepat. Pada CPU-nya diramu oleh Octa-core yang terdiri dari dua inti Kryo 465 Gold berkecepatan 2.3 GHz dan enam inti Kryo 465 Silver yang melaju hingga 1.8 GHz.

Guna memaksimalkan tampilan visual pada perangkat canggih ini, Samsung memilih Adreno 618 untuk dijadikan kartu grafisnya. Performa dari Samsung Galaxy A72 semakin kencang berkat penggunaan RAM 6 GB dan 8 GB, sedangkan penyimpanan internalnya dipasangkan 128 GB dan 256 GB. Pengguna juga bisa memasang microSD berukuran 1TB bila merasa memori bawaan masih kurang.

Dengan demikian berkat jeroan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A72, perangkat ini berhasil meraih nilai AnTuTu v8 sebesar 277.688. Jelas, poin yang diperolehnya lebih unggul daripada Samsung Galaxy A71 dengan skor 233.090. Sedangkan, pada kategori Geekbench 5 multi-core mampu mengumpulkan poin sebanyak 1.529.

Merujuk dapur pacu yang dibangunnya, ponsel pintar ini mampu menunjang tugas sehari-hari seperti berselancar di mesin pencarian, menjajal beragam media sosial, dan menonton video streaming. Sementara, untuk bermain gim kinerja dari Samsung Galaxy A72 lumayan mumpuni, meski memerlukan lebih banyak waktu saat menggulirkan aplikasi gim yang berat.

4. Kehadiran Sensor Telefoto

Galaxy A72 Camera

Bila kamu memutuskan untuk membeli Samsung Galaxy A72, maka kamu akan dibuat kagum dengan desain kamera belakangnya yang tampak terorganisir dengan baik dan rapi. Selain tampilan kamera yang lebih menarik perangkat ini diberkati oleh beberapa peningkatan pada sistem kameranya, meski masih sama mengangkat pengaturan Quad-camera seperti pendahulunya.

Samsung Galaxy A72 CameraSumber: phonearena.com
Sumber: https://www.phonearena.com/

Jadi, untuk konfigurasi kamera belakangnya dibekali empat sensor yang terdiri dari sensor utama 64 MP berdiafragma f/1.8 dengan menanamkan teknologi OIS (Optical Image Stabilization), sensor ultrawide 12 MP ber-aperture f/2.2, dan sensor makro 5 MP dengan bukaan f/2.4. Berbeda dengan suksesornya, Samsung Galaxy A72 tidak dibekali dengan sensor kedalaman.

Samsung Galaxy A72 WideSumber: phonearena.com
Sumber: https://www.phonearena.com/

Sebagai gantinya Samsung Galaxy A72 menyematkan sensor telefoto 8 MP dengan diafragma f/2.4. Keahlian dari lensa telofoto tak lain untuk memperbesar proses pengambilan gambar dengan kualitas lebih tinggi. Sensornya mampu memperbesar objek hingga 30 kali Zoom. Dengan pengaturan kamera utama yang dimilikinya mampu menghasilkan gambar jelas nan intuisif.

Samsung Galaxy A72 MakroSumber: phonearena.com
Sumber: https://www.phonearena.com/

Memiliki fitur LED flash, HDR, dan panorama, Samsung Galaxy A72 piawai merekam dengan hasil yang cerah dan warna yang tampak natural. Hal tersebut tidak terlepas dari konfigurasi yang diboyongnya dengan resolusi 4K pada 30 frame per detik dan 1080p yang berkecepatan 30/60fps. Agar tidak goyang dan menjaga keseimbangan, dihadirkan pula teknologi gyro-EIS.

Bagi yang gemar swafoto atau melakukan konferensi video, perangkat ini sangat menunjang untuk kebutuhan tersebut. Sebab Samsung Galaxy A72 telah menempelkan sensor berukuran 32 MP dengan bukaan f/2.2 dan fitur HDR untuk memberikan kontras warna lebih baik. Untuk kemampuan videonya, dibekali dengan dua resolusi yaitu [email protected] dan [email protected]

5. Penambahan Daya Baterai

baterai 5000 mah

Pengguna yang sering bermain gim, buka media sosial atau nonton video streaming, pastinya akan membuat baterai akan cepat habis. Namun, berbeda dengan baterai Li-Po yang ditanam pada Samsung Galaxy A72. Sumber dayanya terbilang jumbo dengan ukuran 5.000 mAh, yang diklaim dapat menyala hingga dua hari.

Bila diuraikan dengan daya 5.000 mAh, maka dengan laju 60Hz perangkat bisa bertahan hingga 17,26 jam untuk berselancar di mesin pencarian dan 10,5 jam untuk bermain gim 3D. Lalu, dapat menyala hingga 9,19 jam untuk menonton video di YouTube. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan baterai di tengah keasyikan bersama Samsung Galaxy A72.

Pada sistem baterainya didukung juga dengan teknologi pengisian cepat 25W, akan tetapi daya yang disalurkan hanya 15W saja. Dengan teknologi tersebut, pengguna hanya memerlukan waktu tunggu sekitar 87 menit atau 1,27 jam untuk mendapatkan daya secara penuh untuk Samsung Galaxy A72.

6. Mendukung Teknologi NFC

5. NFC

Kabar baik bagi kamu yang senang melakukan transaksi secara digital atau non-tunai, pasalnya Samsung Galaxy A72 turut menghadirkan teknologi NFC (Near field communication). Kegunaan dari fitur komunikasi jarak dekat ini tidak hanya sekedar membantu proses pembayaran tetapi ada beberapa yang lain.

Seperti mempermudah untuk melakukan akses informasi Smart Card, menandai lokasi, membuka perangkat lunak tertentu tanpa harus dilakukan manual alias otomatis, mempercepat transmisi data atau file, hingga menyambungkan ponsel pintar ke perangkat lain. Kehadiran fitur NFC kini sangat berguna dan memberikan banyak manfaat di era digital.

Kekurangan Samsung Galaxy A72

Ternyata Samsung Galaxy A72 juga punya kekurangan dalam beberapa aspek. Penasaran apa saja? Seperti biasa supaya kamu tahu, Carisinyal akan menyibak kekurangan dari Samsung Galaxy A72. Yuk, langsung saja dibaca pemaparannya di bawah ini:

1. Cangkang Belakang dari Plastik

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72 12

Menyandang ponsel pintar kelas menengah, tetapi bagian belakangnya terbuat dari plastik? Kenyataannya seperti itu, Samsung Galaxy A72 memutuskan untuk merakit area cangkangnya dari material plastik. Bagi sebagian orang mungkin tidak masalah dan justru akan membuat perangkat tampak lebih ringan.

Akan tetapi, penggunaan bahan plastik khususnya tipe polikarbonat bisa dikatakan konduktor panas yang kurang baik. Jelasnya, material plastik tidak dapat menghalau suhu panas dengan cepat seperti halnya perangkat yang terbuat dari bahan metal.

Tambahan lain yaitu Samsung Galaxy A72 tidak mempunyai lapisan pelindung dari Corning Gorilla Glass, tidak seperti Samsung Galaxy A71 yang dibalutkan Corning Gorilla Glass.

Dengan demikian, kemungkinan layarnya belum mempunyai kekuatan tahan akan dari goresan sehingga pengguna juga harus berhati-hati atau bahkan membeli lapisan pelindung di toko ponsel.

2. Sensor Makro Tidak Auto Fokus

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72 14

Selain kehilangan sensor kedalaman, pada sensor makro yang tersemat di kamera utama Samsung Galaxy A72 rupanya belum dipasang teknologi auto fokus. Padahal kehadiran teknologi tersebut sangat memudahkan para pengguna khususnya pecinta fotografi makro saat memotret objek.

Oleh karena itu, saat pengguna hendak menjepret objek menggunakan sensor makro berukuran 5 MP berdiafragma f/2.4 harus membutuhkan effort atau usaha lebih dengan mengatur sendiri atau manual untuk mendapatkan titik fokus pada objek.

Sedikit tambahan, rupanya pada sektor videografinya mengalami penurunan dibandingkan Samsung Galaxy A71. Pada ponsel pintar baru ini mesti kehilangan salah satu resolusi yang jumlah pikselnya yaitu 1080p dan jumlah frame setiap detiknya 960fps.

3. Belum Ada Teknologi Pengisian Nirkabel

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72 16

Sangat disayangkan sistem baterai yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A72 belum mendapatkan sokongan dari teknologi pengisian nirkabel. Memang teknologi ini biasanya ditemukan pada ponsel pintar di kelas unggulan.

Tetapi bila disandingkan dengan perangkat di kelas yang sama, beberapa telah mengusung teknologi canggih ini seperti Xiaomi Mi Mix 3 atau OPPO A9.

Lantas, sebenarnya apa keuntungan dari teknologi pengisian nirkabel ini? Dengan penggunaan teknologi pengisian nirkabel maka memungkinkan perangkat dapat melakukan proses pemuatan daya tanpa perlu menggunakan kabel. Ini sangat membantu terutama bagi mereka yang suka lupa untuk membawa kabel charge.

Simpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A72. Secara keseluruhan perangkat ini membawa banyak perubahan dan peningkatan dari pendahulunya.

Bagi kamu yang tidak keberatan kalau ponsel ini belum dibekali dengan teknologi pengisian nirkabel, sensor makro yang tidak auto fokus, dan bagian belakang dari plastik maka Samsung Galaxy A72 tepat dipilih untuk dijadikan teman dalam membantu aktivitas mobile harian.

Semoga artikel dari Carisinyal ini bisa memberikan gambaran tentang Samsung Galaxy A72. Gimana berminat membeli ponsel pintar ini? Terus ikuti Carisinyal untuk mendapatkan informasi terkini seputar teknologi dan gawai, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram