10 Laptop yang Bagus untuk Desainer Grafis di Tahun 2023

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Desain grafis merupakan profesi yang sedang menjamur saat ini. Banyak perusahaan, baik yang sudah besar maupun perusahaan rintisan, punya karyawan yang spesialis di desain grafis. Hal ini juga ditengarai dengan menjamurnya jurusan desain grafis atau sejenisnya di kampus, bahkan di sekolah kejuruan.

Dalam menjalankan tugasnya, para pelaku desain grafis harus ditunjang dengan perangkat pendukung kerja agar bisa menghasilkan karya yang bagus. Perangkat, dalam hal ini adalah sebuah komputer yang bisa memfasilitasi kebutuhan para desainer grafis. Karena itu, dibutuhkan perangkat komputer dengan spesifikasi yang baik untuk menunjang kerja desainer grafis.

Pada zaman sekarang, para desainer lebih memilih laptop dibanding komputer. Perusahaan juga umumnya memberikan fasilitas laptop untuk kebutuhan kerja para desainer grafis. Selain ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana, laptop juga lebih praktis dan tentu saja lebih hemat daya dibanding perangkat PC desktop.

Perangkat laptop untuk desainer grafisnya umumnya adalah perangkat laptop yang punya spesifikasi tinggi. Umumnya sih perangkat yang digunakan adalah laptop gaming mahal, karena tidak sedikit desainer grafis yang juga punya hobi main game. Akan tetapi, sebenarnya akan lebih efektif jika para desainer grafis memilih untuk memakai laptop khusus untuk desain grafis seperti 10 laptop berikut ini.

1. MSI Creator Z17 A12UGST

MSI Creator Z17 A12UGST
  • Layar: 17" 16:10 QHD+ 165Hz DCI-P3 100% Finger Touch panel (support Pen Touch)
  • Prosesor: Intel Core i9-12900H, 6 PCore, 8 ECore; 20 thread; up to 5 GHz
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce RTX3070Ti GDDR6 8GB
  • RAM: 32 GB DDR5 (16 GBx2 SODIMM), Max 64 GB
  • Storage: 2TB NVMe PCIe Gen4x4 SSD, satu slot kosong SSD M.2
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: WiFI 6e, Bluetooth 5
  • Port: 2x Thunderbolt 4, 1x Type-A USB3.2 Gen2, 1x SD Card Reader, 1 x HDMI2.1, 1x Audio Combo Jack
  • Baterai: 4 cell, 90Whr

Laptop seri Creator memang ditujukan MSI untuk memenuhi kebutuhan para pekerja kreatif. Oleh sebab itu, MSI Creator Z17 A12UGST ini tidak hanya dirancang memiliki hardware yang mumpuni, tapi juga fitur-fitur yang mendukung produktivitas.

Misalnya layar sentuh IPS 17 inci yang dimilikinya. Layar dengan resolusi ini memiliki tingkat akurasi warna tinggi. Penyimpangan warnanya, yang ditunjukan oleh nilai DeltaE, kurang dari 2. Hal ini sangat membantu para kreator dalam melakukan seleksi warna pada karyanya.

Tak cuma itu, layar sang laptop mendukung MSI Pen, sebuah pena stylus yang bisa diandalkan untuk melakukan navigasi maupun menggambar objek. Kemudian, walaupun laptop Rp51 jutaan ini tipis (ketebalan 1,9 cm), colokannya berlimpah. Bahkan port Thunderbolt-nya sampai ada dua!

Dengan dua Thunderbolt plus satu HDMI, laptop ini bisa disambungkan ke beberapa monitor secara sekaligus. Hal ini juga penting guna memperlancar workflow, terutama saat Anda sedang mengerjakan proyek besar.

Jangan khawatir bila laptop dengan sertifikasi ketahanan militer ini mudah panas ketika dipakai bekerja dalam waktu lama. Pasalnya, sistem pendinginan yang mencakup tiga kipas dan lima heat pipe, akan "menjinakkan" prosesor Core i9 12900H dan GPU RTX 3070Ti sang laptop.

2. MacBook Pro 13 M2 (2022)

macbook pro 13 2022
  • Layar: 13,3 inci, LED-backlight IPS (Retina Display), 2560 x 1600 piksel, P3 color gamut
  • Prosesor: Apple M2 SoC (8 core CPU: 4 PCore+ 4 ECore; 16 core neural engine)
  • Graphic Card: 10 core GPU
  • RAM: 8 GB unified memory
  • Storage: 256 GB SSD
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: WiFI 6, Bluetooth 5
  • Port: 1x jack audio 3,5 mm, 2x Thunderbolt (charging, display out, data transfer; support Thunderbolt 3, USB 4, USB 3.1 Gen 2)
  • Baterai: 58.2 Wh (video playback hingga 20 jam)

MacBook Pro 13 M2 (2022) merupakan laptop versatile yang cocok untuk beragam jenis pekerja seni, termasuk desainer grafis. Laptop ini memang tampak jadul, desainnya tidak berubah sejak MacBook Pro rilisan 2016. Namun, penyematan SoC M2 pada laptop ini memberi imbas yang signifikan.


SoC M2 membuat laptop ini semakin kencang dan hemat konsumsi daya. Jika dibandingkan dengan MacBook Pro 13 terakhir dengan prosesor Intel Core i7, laptop ini diklaim mampu menyelesaikan tugas pemrosesan gambar 3,4 kali lebih cepat.

Klaim yang cukup memuaskan ini adalah memberi rasa aman bagi kreator, mengingat sang laptop tak lagi mendukung eGPU. Lebih lanjut, kreator juga tak perlu khawatir mengenai keterbatasan dukungan software pada laptop dengan SoC berbasis ARM.

Pasalnya, Apple telah menyempurnakan emulator Rosetta 2. Dengan begitu, ada lebih dari 10 ribu aplikasi berbasis prosesor Intel yang lancar dijalankan oleh MacBook Pro 13 M2 (2022), termasuk Adobe InDesign dan Final Cut Pro. Siapkan dana Rp21 jutaan untuk meminang laptop ringkas nan kencang ini!

3. Apple Macbook Pro M1 2021

Apple Macbook Pro M1 2021
  • Layar: 14 inci, Liquid Retina XDR, 1600 nit, rasio kontras 1 juta:1
  • Processor: M1 Pro (10 core CPU, 16 core neural engine) atau M1 Max (10 core CPU, 16 core neural engine)
  • Graphic Card: 16 core GPU (M1 Pro), 32 core GPU (M1 Max)
  • RAM: 32 GB (M1 Pro), 64 GB (M1 Max)
  • Storage: 1 TB
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: WiFi 6
  • Port: 1x SDXC, 1x HDMI, 3x Thunderbolt 4, 1x jack audio 3,5 mm, 1x MagSafe
  • Baterai: Hingga 17 jam

Apple kian percaya diri setelah meraih keberhasilan dengan chipset M1. Rangkaian produk mereka dengan chipset M1 mampu menghasilkan performa dan efisiensi yang optimal. Pengembangan cip M1 pun berlanjut dan MacBook Pro M1 2021 jadi yang pertama mencicipinya.

Uniknya, laptop ini tersedia dalam dua chipset. Ada yang memakai M1 Pro ada pula yang menggunakan M1 Max. Dalam hal performa komputasi, kedua chipset sama-sama mengandung CPU 10 core. Namun, dalam olah grafis, M1 Max lebih unggul karena punya GPU dengan core lebih banyak.

Apple menyebut, olah grafis M1 Max 4x lebih cepat ketimbang M1 Pro. Kendati demikian, keduanya sudah mumpuni. Terlebih kinerja chipset ini sudah makin optimal bekerja pada sistem operasi macOS Monterey, termasuk dengan aplikasi editing-nya.

Anda kini bisa lebih mantap membuat kreasi di aplikasi seperti Final Cut Pro, Logic Pro, dan Cinema 4D. Guna menambah nyaman pengeditan, laptop ini memiliki tiga port Thunderbolt. Sehingga Anda bisa menyambungkannya ke beberapa layar eksternal dengan resolusi hingga 4K.

Beberapa hal menarik lain yang dimiliki MacBook Pro ini adalah layar Liquid Retina XDR dengan detail warna tinggi, enam speaker dan mikrofon stereo. Ada juga fitur keamanan biometrik Touch Id. Selain varian dengan layar 14 inci, MacBook Pro M1 2021 juga tersedia varian layar 16 inci. Laptop ini dijual dengan harga mulai Rp30 jutaan.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram