carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi Merk Pen Tablet Terbaik di Tahun 2024

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Setiap orang yang pernah duduk di bangku sekolah pasti pernah merasakan pengalaman menggambar di atas kertas menggunakan pensil. Meski terdengar simpel, menggambar bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah dilakukan. Hanya mereka yang berjiwa seni yang mampu menggambar dengan baik.

Seiring berkembangnya teknologi, pekerjaan menggambar kini tidak hanya bisa dilakukan secara manual saja. Mereka yang menggambar untuk hidup sudah dapat melakukan pekerjaannya secara digital menggunakan perangkat berteknologi yang ada. Salah satu di antaranya adalah pen tablet.

Dilansir dari Wikipedia, pen tablet atau tablet grafis adalah perangkat keras peranti masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil. Alat ini terdiri dari dua komponen, yaitu tablet digital sebagai alas dan kursor atau pensil digital sebagai penggambar.

Saat ini Anda dapat menemukan beragam merk dan model pen tablet yang berbeda di pasaran. Jika Anda sedang membutuhkan alat ini, di bawah ini Carisinyal akan membahas beberapa merk dan model pen tablet terbaik yang direkomendasikan. Produk dalam daftar ini seluruhnya masuk kategori pen tablet (bukan pen display atau pen komputer).

1. Wacom Cintiq 22

wacom cintiq 22_

Keistimewaan dari tablet grafis ini terletak dari ukuran layarnya yang besar serta memiliki build quality yang begitu baik. Anda bisa menghubungkan tablet ini ke komputer Windows atau Mac dengan mudah, cukup dengan hubungkan ke port HDMI, USB 2.0, ataupun melalui kabel power connector.

Tablet ini juga hadir dengan stylus yang punya tingkatan sensitivitas tinggi yakni sebanyak 8.192 titik. Tidak lupa, tersedia juga stand di boks penjualannya agar tablet bisa dimiringkan sesuai dengan kebutuhan.

Layar pada tablet ini juga mengusung ukuran yang cukup luas, yakni 22 inci. Resolusinya berada pada angka Full HD 1980 x 1080 dengan dukungan warna 96% sRGB dan 72% NTSC. Memang, untuk bisa dapatkan tablet grafis ini, diperlukan biaya yang tak sedikit yakni sekitar Rp15 jutaan. Tapi, semua fiturnya dijamin tidak mengecewakan.

2. Wacom Intuos Pro Paper Edition Large

Wacom adalah salah satu merk pen tablet paling populer di dunia yang berasal dari Jepang. Dari asal negaranya, Anda tidak perlu meragukan lagi kualitas pen tablet Wacom. Di kategori pen tablet, Wacom Intuos Pro Paper Edition Large adalah salah satu yang terbaik yang kami rekomendasikan. Produk ini bisa Anda dapatkan mulai Rp 8 jutaan.

Wacom Intuos Pro Paper Edition Large adalah model paling tinggi di keluarga pen tablet Wacom Intuos Pro. Paper Edition memungkinkan Anda untuk secara otomatis mengubah sketsa kertas menjadi file digital, saat Anda menggambar.

Ukurannya yang lebar (430 x 287 x 8 mm) dengan area aktif 311 x 216 mm memberi kenyamanan ekstra saat Anda menggambar.

Wacom Intuos Pro Paper Edition Large menawarkan sensasi menggambar dengan Pena Wacom Finetip di atas kertas sambil menangkap setiap goresan secara digital untuk pekerjaan lebih lanjut di perangkat lunak favorit Anda. Anda juga dapat menyambungkannya ke komputer dan bekerja langsung di aplikasi pilihan Anda.

3. Huion Kamvas 16 (2021)

huion kamvas 16 2021_

Huion Kamvas 16 yang dirilis pada tahun 2021 ini sungguh menawarkan banyak benefit untuk desainer grafis pemula tanpa harus keluar budget banyak. Cukup dengan membayarkan 399 dolar AS atau setara dengan Rp5,8 jutaan, Anda sudah bisa bawa pulang tablet ini.

Kendati hanya memiliki ukuran yang tidak begitu besar (hanya 16 inci), tapi tablet ini lebih mudah dibawa ke mana-mana. Tablet inipun sudah hadir dengan layar berkualitas, membawakan gamut warna 120% sRGB yang sanggup tampilkan sebanyak 16,7 juta warna.

Layar tablet memiliki sudut penglihatan yang begitu luas, hingga 178 derajat. Selain itu, resolusi Full HD yang dihadirkannya pun sungguh memastikan Anda hanya mendapat tampilan yang tajam dan terbaik.

Tablet ini juga dikemas dengan PenTech 3.0 sebagai stylus dengan kualitas tip yang ditingkatkan. Sehingga, stylus dapat mendukung kemiringan sampai 60 derajat saat menggambar. Stylus-nya juga mendukung tingga sebanyak 8.192 tingkat sensitivitas tekanan agar menyerupai pengalaman pen and paper sesungguhnya.

Menariknya lagi, tablet ini tak hanya kompatibel dengan PC atau laptop saja melainkan juga dengan perangkat Android. Dengan bobotnya yang hanya 1,26 kg pada ketebalan 12 mm, tentu membawanya berpergian bukanlah hal yang menyulitkan ataupun melelahkan.

4. XP-Pen Artist Pro 16

XP-Pen Artist Pro 16_

XP-Pen Artist Pro 16 banyak digemari lantaran hadirkan stylus istimewa dengan cip X3. Cip tersebut disinyalir mampu membuat aktivitas mengambar jadi lebih stabil, nyaman, dan akurat. Tidak terlihat adanya kesalahan tulis, garis yang terputus, ataupun lag.

Stylus juga diketahui memiliki lifespan di atas rata-rata serta lebih aman dari kerusakan yang seringkali terjadi akibat wear and tear. Hadir dengan layar berukuran 15,6 inci, layar juga cocok untuk penggunaan siang hari di luar ruangan. Ini karena layar sudah terlapisi anti-glare untuk mengurangi pantulan cahaya.

Dukungan tampilan warnanya sendiri sangat akurat dan memukau, mengusung gamut 133% sRGB, 99% Adobe RGB, dan 94% NTSC. Layar bisa dilihat dari sudut manapun tanpa kehilangan kualitas tampilan, karena mengusung viewing angle luas sejauh 178 derajat.

5. Wacom One (2020)

wacom one 2020_

Membutuhkan tablet grafis mini yang tak hanya bisa tersambung ke Windows dan Android, melainkan Chromebook juga? Jika iya, Wacom One keluaran tahun 2020 ini barangkali bisa jadi pertimbangan.

Tidak hanya hadir dengan hal-hal yang bersifat esensial seperti stylus yang nyaman, layar yang colorful, dan sebagainya. Tablet ini juga dibekali dengan dukungan bundle software yang melimpah seperti Collaboard, Explain Everything, Kami, dll.

Dengan kata lain, tablet ini tidak hanya cocok untuk aktivitas desain grafis, melainkan juga untuk guru les privat pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dipakai untuk membuat bahan presentasi di kelas juga tetap asyik.

Layar yang ditampilkan tentu sudah mendukung gamut warna 72% NTSC dengan lapisan anti-glare yang memanjakan mata. Selain itu, tersedia juga stand yang bisa dimunculkan dari bodi belakangnya, guna disesuaikan pada posisi yang paling nyaman.

Wacome One (2020) juga merupakan salah satu tablet 13 inci portabel yang begitu terjangkau. Anda bisa mendapatkannya setelah membayarkan sekitar Rp5 jutaan saja pada beberapa marketplace.

6. Xencelabls Pen Tablet (Medium)

Xencelabls Pen Tablet (Medium)_

Tablet grafis bernama Xencelabs Pen Tablet Medium ini dirancang berdasarkan pendapat oleh seniman-seniman ternama di industrinya. Tablet diklaim memfokuskan pada beberapa aspek, seperti desain yang minimalis, kelancaran workflow, kenyamanan, dan juga penggunaan yang intuitive.

Menghadirkan work area cukup luas pada dimensi 10.33 inci x 5.8 inci, tablet ini berada pada aspek rasio 16:9. Menariknya lagi, tablet sungguh akan terasa ringan saat dibawa ataupun dijinjing, mengingat bobotnya yang tak lebih dari 710,5 gram.

Tablet ini juga sediakan measure yang dapat mengantisipasi kemungkinan dicuri, yakni Kensington NANO Lock yang dapat mengunci tablet ini saat diikat ke kaki meja atau yang lainnya.

Xencelabls Pen Tablet Medium ini juga merupakan satu dari segelintir tablet yang bisa dihubungkan secara wireless ke komputer Anda. Sayangnya, tablet ini tidak menyediakna layar built-in seperti sejumlah tablet lain di daftar ini. Harganya pun tak akan bikin mata terbelalak, cuman sekitar Rp5 jutaan saja.

7. Wacom Intuos Pro Medium

Kami juga menyarankan Wacom Intuos Pro reguler ukuran medium (338 x 219 x 8 mm), model yang kompak dengan area aktif yang lebih besar. Di luar Wacom Finetip Pen dan Wacom Paper Clip, Wacom Intuos Pro menawarkan fitur utama yang sama dengan Paper Edition, termasuk Pro Pen 2 yang memiliki sensitivitas tekanan 8.192 dan 8 Tombol Express yang dapat diprogram.

Selain kompak, Wacom Intuos Pro juga menawarkan desain yang ramping dan ringan serta pengalaman pengguna yang dapat disesuaikan. Dengan harga Rp 5 jutaan, Wacom Intuos Pro Medium adalah pilihan yang worth it sebagai perangkat yang Anda butuhkan untuk menggambar atau mengedit foto yang lebih alami.

8. XP-PEN Star G430

Dengan harga Rp 500 ribuan, XP-PEN Star G430 hadir dengan desain portabel ekstra tipis. Pen tablet ini menawarkan area aktif 4 x 3 inci yang optimal untuk OSU! Gameplay. Sementara itu, ukurannya yang mungil dan ringan membantu Anda meningkatkan tingkat akurasi.

Beberapa fitur utama XP-PEN Star G430 termasuk battery-free stylus yang tidak perlu diisi ulang serta stylus yang memiliki fitur koreksi garis otomatis dan fungsi anti guncangan yang cerdas dengan tingkat tekanan 2.048 untuk membuat garis dan warna menjadi halus dan lancar.

9. Huion H640P

Huion adalah brand pen tablet dari Tiongkok yang juga kami rekomendasikan. Salah satu model pen tabletnya yang populer adalah Huion H640P. Dijual di angka Rp 500 ribuan, tablet ini menawarkan desain yang kompak dengan area kerja 6,9 x 3,9 inci serta stylus dengan level tekanan 8.192.

Keunggulan lain yang ditawarkan produk ini adalah ketebalannya hanya 8 mm saja, sehingga mudah dibawa bepergian. Tablet ini juga memiliki teknologi resonansi elektromagnetik bebas baterai yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi kapan saja dan di mana saja.

10. Huion H420

Huion H420 adalah pen tablet paling murah di daftar ini dengan harga Rp 300 ribuan saja! Tablet dengan desain minimalis ini dapat digunakan baik untuk menandatangani atau menggambar. Selain menawarkan kenyamanan lebih dengan ketebalan hanya 7,5 mm, area kerjanya yang berukuran 4 × 2,23 inci juga nyaman untuk berkreasi.

Huion H420 adalah pen tablet untuk penandatanganan elektronik yang dapat diterapkan secara luas di berbagai industri. Ia hadir dengan spesifikasi yang cukup baik di kelas harganya, termasuk tingkat sensitivitas tekanan 2.048, 3 tombol ekspres yang dapat diprogram serta resolusi pena 4000LPI.

Nah, itulah beberapa rekomendasi merk dan model pen tablet terbaik untuk Anda. Karena kami tidak membahas satu per satu secara detail, Anda dapat bertanya lebih lanjut kepada penjual mengenai produk yang Anda beli, sehingga Anda bisa mendapatkan produk yang tepat sesuai kebutuhan.

Produk pen tablet dari ketiga brand di atas, yaitu Wacom, XP-PEN, dan Huion adalah tiga pilihan terbaik dari Carisinyal.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram