Carisinyal / Tablet Terbaik / 10 Rekomendasi Merk Pen Tablet Terbaik di Tahun 2020

10 Rekomendasi Merk Pen Tablet Terbaik di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap orang yang pernah duduk di bangku sekolah pasti pernah merasakan pengalaman menggambar di atas kertas menggunakan pensil. Meski terdengar simpel, menggambar bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah dilakukan. Hanya mereka yang berjiwa seni yang mampu menggambar dengan baik.

Seiring berkembangnya teknologi, pekerjaan menggambar kini tidak hanya bisa dilakukan secara manual saja. Mereka yang menggambar untuk hidup sudah dapat melakukan pekerjaannya secara digital menggunakan perangkat berteknologi yang ada. Salah satu di antaranya adalah pen tablet.

Dilansir dari Wikipedia, pen tablet atau tablet grafis adalah perangkat keras peranti masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil. Alat ini terdiri dari dua komponen, yaitu tablet digital sebagai alas dan kursor atau pensil digital sebagai penggambar.

Saat ini Anda dapat menemukan beragam merk dan model pen tablet yang berbeda di pasaran. Jika Anda sedang membutuhkan alat ini, di bawah ini Carisinyal akan membahas beberapa merk dan model pen tablet terbaik yang direkomendasikan. Produk dalam daftar ini seluruhnya masuk kategori pen tablet (bukan pen display atau pen komputer).

1. Wacom Intuos Pro Paper Edition Large

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Wacom adalah salah satu merk pen tablet paling populer di dunia yang berasal dari Jepang. Dari asal negaranya, Anda tidak perlu meragukan lagi kualitas pen tablet Wacom. Di kategori pen tablet, Wacom Intuos Pro Paper Edition Large adalah salah satu yang terbaik yang kami rekomendasikan. Produk ini bisa Anda dapatkan mulai Rp 8 jutaan.

Wacom Intuos Pro Paper Edition Large adalah model paling tinggi di keluarga pen tablet Wacom Intuos Pro. Paper Edition memungkinkan Anda untuk secara otomatis mengubah sketsa kertas menjadi file digital, saat Anda menggambar. Ukurannya yang lebar (430 x 287 x 8 mm) dengan area aktif 311 x 216 mm memberi kenyamanan ekstra saat Anda menggambar.

Wacom Intuos Pro Paper Edition Large menawarkan sensasi menggambar dengan Pena Wacom Finetip di atas kertas sambil menangkap setiap goresan secara digital untuk pekerjaan lebih lanjut di perangkat lunak favorit Anda. Anda juga dapat menyambungkannya ke komputer dan bekerja langsung di aplikasi pilihan Anda.

2. Wacom Intuos Pro Medium

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kami juga menyarankan Wacom Intuos Pro reguler ukuran medium (338 x 219 x 8 mm), model yang kompak dengan area aktif yang lebih besar. Di luar Wacom Finetip Pen dan Wacom Paper Clip, Wacom Intuos Pro menawarkan fitur utama yang sama dengan Paper Edition, termasuk Pro Pen 2 yang memiliki sensitivitas tekanan 8.192 dan 8 Tombol Express yang dapat diprogram.

Selain kompak, Wacom Intuos Pro juga menawarkan desain yang ramping dan ringan serta pengalaman pengguna yang dapat disesuaikan. Dengan harga Rp 5 jutaan, Wacom Intuos Pro Medium adalah pilihan yang worth it sebagai perangkat yang Anda butuhkan untuk menggambar atau mengedit foto yang lebih alami.

3. Wacom Intuos Pro Small

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Wacom Intuos Pro Small adalah model paling baru di keluarga Wacom Intuos Pro reguler. Menawarkan ukuran 269 x 170 x 8 mm dengan area aktif 160 x 100 mm dan bobot hanya 450 gram, model yang kecil ini menawarkan portabilitas yang bagus tanpa kehilangan kualitasnya.

Karena lebih kecil dibanding model Medium dan Large, Wacom Intuos Pro Small hanya menawarkan 6 Tombol Express yang dapat diprogram. Model ini juga tidak menawarkan 4 fungsi Touch Ring yang dapat diprogram. Jika yang Anda cari adalah portabilitas, pen tablet Rp 3 jutaan ini adalah pilihan yang tepat.

4. Wacom Intuos Medium Bluetooth

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Wacom Intuos adalah pilihan murah bagi Anda yang melakukan banyak pekerjaan kuas. Jika Anda tidak memerlukan fitur ekstra yang ditawarkan Intuos Pro tetapi Anda sering menggunakan kuas cat, pena, penghapus, dodge, atau burning alat, Anda patut mempertimbangan Wacom Intuos.

Wacom Intuos terdiri dari empat model berbeda, yaitu Wacom Intuos Small (Bluetooth dan Non Bluetooth) dan Wacom Intuos Medium (Bluetooth dan Non Bluetooth). Model Wacom Intuos Medium Bluetooth yang kami rekomendasikan menawarkan 3 paket perangkat lunak untuk satu sistem operasi, lebih lengkap dibanding tiga model lainnya.

Ketiga perangkat lunak tersebut adalah Corel Painter Essentials 7, Corel Aftershot Pro 3, dan CLIP STUDIO PAINT PRO. Dukungan perangkat lunak ini pastinya membantu meningkatkan kreativitas yang Anda buat. Sementara itu, tambahan konektivitas Bluetoothnya berarti Anda dapat terhubung ke PC hanya dengan mengklik tombol pairing on/off.

5. Wacom Intuos Small

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Wacom Intuos Small menawarkan permukaan kerja diagonal 7 inci (10 inci untuk model Medium). Dengan harga sekitar Rp 1,2 jutaan, Wacom Intuos Small bisa menjadi pilihan yang murah bagi pengguna yang hanya akan menggunakan tablet hanya di meja serta tidak keberatan dengan kabel yang berantakan.

Dari sisi perangkat lunak yang ditawarkan, pengguna Wacom Intuos Small hanya bisa memilih 1 dari 2 paket perangkat lunak untuk satu sistem operasi, yaitu Corel Painter Essentials 7 atau Corel Aftershot Pro 3. Secara keseluruhan, Wacom Intuos Small bisa menjadi pilihan yang bagus bagi pemula sebelum beranjak profesional.

6. XP-PEN Star 03 Pro

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kami juga sangat merekomendasikan pen tablet XP-PEN yang juga berasal dari Jepang. Salah satu seri pen tablet XP-PEN yang paling populer di Indonesia adalah XP-PEN Star yang menawarkan kualitas dengan harga yang terjangkau. Salah satu model terbaik dan terlarisnya adalah P-PEN Star 03 Pro yang dijual di angka Rp 800 ribuan.


Pen tablet ini menawarkan area aktif 10 x 6 inci yang memberi Anda cukup ruang untuk mengerahkan imajinasi dan cocok untuk digunakan dengan tangan kanan dan kiri. Beberapa kelebihan yang ditawarkannya antara lain 8 pintasan yang dapat disesuaikan untuk gambar yang lebih lancar dan efisien serta stylus bebas baterai yang memiliki tingkat tekanan 8.192 dan tidak perlu diisi ulang.

7. XP-PEN Star G640S

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

XP-PEN Star G640S juga banyak dijadikan pilihan pekerja kreatif di Indonesia. Anda bisa mendapatkan pen tablet ini dengan harga yang terjangkau, yaitu di angka Rp 600 ribuan. Dengan ketebalan hanya 9 mm, XP-PEN Star G640S yang ramping menawarkan portabilitas yang bagus dan mudah digunakan saat bepergian.

XP-PEN Star G640S hadir dengan area aktif 6,5 x 4 inci, cukup untuk pengalaman menggambar yang baik. Pen tablet ini juga menawarkan level tekanan 8.192 yang sensitif. Selain itu Anda akan menemukan 6 tombol pintas yang dapat disesuaikan untuk akses cepat untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan alur kerja Anda.

8. XP-PEN Star G430

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dengan harga Rp 500 ribuan, XP-PEN Star G430 hadir dengan desain portabel ekstra tipis. Pen tablet ini menawarkan area aktif 4 x 3 inci yang optimal untuk OSU! Gameplay. Sementara itu, ukurannya yang mungil dan ringan membantu Anda meningkatkan tingkat akurasi.

Beberapa fitur utama XP-PEN Star G430 termasuk battery-free stylus yang tidak perlu diisi ulang serta stylus yang memiliki fitur koreksi garis otomatis dan fungsi anti guncangan yang cerdas dengan tingkat tekanan 2.048 untuk membuat garis dan warna menjadi halus dan lancar.

9. Huion H640P

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Huion adalah brand pen tablet dari Tiongkok yang juga kami rekomendasikan. Salah satu model pen tabletnya yang populer adalah Huion H640P. Dijual di angka Rp 500 ribuan, tablet ini menawarkan desain yang kompak dengan area kerja 6,9 x 3,9 inci serta stylus dengan level tekanan 8.192.

Keunggulan lain yang ditawarkan produk ini adalah ketebalannya hanya 8 mm saja, sehingga mudah dibawa bepergian. Tablet ini juga memiliki teknologi resonansi elektromagnetik bebas baterai yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi kapan saja dan di mana saja.

10. Huion H420

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Huion H420 adalah pen tablet paling murah di daftar ini dengan harga Rp 300 ribuan saja! Tablet dengan desain minimalis ini dapat digunakan baik untuk menandatangani atau menggambar. Selain menawarkan kenyamanan lebih dengan ketebalan hanya 7,5 mm, area kerjanya yang berukuran 4 × 2,23 inci juga nyaman untuk berkreasi.

Huion H420 adalah pen tablet untuk penandatanganan elektronik yang dapat diterapkan secara luas di berbagai industri. Ia hadir dengan spesifikasi yang cukup baik di kelas harganya, termasuk tingkat sensitivitas tekanan 2.048, 3 tombol ekspres yang dapat diprogram serta resolusi pena 4000LPI.

Nah, itulah beberapa rekomendasi merk dan model pen tablet terbaik untuk Anda. Karena kami tidak membahas satu per satu secara detail, Anda dapat bertanya lebih lanjut kepada penjual mengenai produk yang Anda beli, sehingga Anda bisa mendapatkan produk yang tepat sesuai kebutuhan. Produk pen tablet dari ketiga brand di atas, yaitu Wacom, XP-PEN, dan Huion adalah tiga pilihan terbaik dari Carisinyal.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *