carisinyal web banner retina

10 Tablet yang Cocok untuk Main Game Terbaru (Agustus 2022)

Bermain game memang lebih asyik dengan menggunakan layar yang lebar. Tak jarang, beberapa orang memilih tablet sebagai perangkat untuk memainkan game kesayangan. Namun bukan hanya sekadar layar yang lebar, namun tablet yang cocok untuk game harus memilki performa yang kencang.

Maka dari itulah kali ini Carisinyal merekomendasikan 10 daftar tablet yang cocok untuk bermain game. Bahkan kesepuluh tablet ini tidak hanya mengandalkan performa yang optimal saja lho. Penasaran dengan spesifikasi dan juga harganya? Temukan jawabannya di artikel berikut ini ya!

1. Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022

Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022
Layar PLS TFT 10.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 7040 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Samsung telah meluncurkan kembali Galaxy Tab S6 Lite di 2022. Sebelumnya, produk yang sama juga telah dirilis pada 2020. Namun varian yang hadir di 2022 kini memiliki kemampuan dapur pacu yang lebih gahar.

Tidak lagi menggunakan Exynos 9611, kini Samsung mengotaki tablet dengan Snapdragon 720G yang punya fabrikasi 8 nm. Kini, tablet bisa melakukan aktivitas berat dengan lebih lancar seperti bermain gim, rendering grafis, dan sebagainya.

Tablet juga dikemas dengan RAM 4 GB LPDDR4x yang dipadankan dengan opsi memori internal 64 GB atau 128 GB. Supaya memori internal bisa digunakan untuk menampung gim secara eksklusif, Anda bisa tampung file dokumen, gambar, dan video pada memori eksternal hingga kapasitas 1 TB pada slot terpisah.

Agar membuat pengalaman gaming jadi lebih imersif, tablet dengan layar 10,4 inci WUXGA+ ini didukung dengan stereo speaker ganda berteknologikan AKG. Kapasitas baterai sebesar 7.040 mAh miliknya memastikan tablet dapat memainkan gim pilihan Anda dalam waktu panjang.

Secara kesimpulan, Galaxy Tab S6 Lite (2022) cocok bagi Anda yang punya budget Rp6 jutaan untuk membeli tablet gaming bertenaga. Tablet ini juga cocok untuk lakukan aktivitas produktif seperti mencatat dan menggambar, lantaran hadir dengan S Pen dalam boks penjualannya.

2. Huawei Matepad 10.4 2022

Huawei MatePad 10.4
Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset Kirin 710A
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Pada dasarnya, Huawei MatePad 10.4 (2022) memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih cocok untuk produktivitas. Namun, dapur pacu Kirin 810 5G bertenaga miliknya sungguh lebih dari cukup untuk memainkan game populer masa kini.

Pasalnya, chipset tersebut hadir dengan klaster prime core Cortex A76 dengan clock speed 2.36 GHz. Chipset ini dipadankan dengan RAM 4 GB dan opsi penyimpanan 64 GB dan 128 GB.

Agar pemain bisa melakukan push rank dengan jaringan yang stabil, Huawei MatePad 10.4 (2022) juga dapat terhubung dengan protokol WiFi 6 yang lebih cepat dibanding WiFi 5.

Pada sisi software-nya, tablet ini dilengkapi dengan fitur MultiWindow untuk tampilkan jendela aplikasi sekaligus serta App Multiplier yang dapat membuka satu aplikasi yang sama pada beberapa jendela pop-up sekaligus.

Jika Anda membutuhkan tablet untuk bermain gim yang juga cocok untuk untuk kebutuhan produktivitas, Huawei MatePad 10.4 keluaran tahun 2022 ini layak dicoba. Oh ya, jika Anda memiliki MateBook, perangkat ini juga dapat digunakan sebagai display kedua.

3. Apple iPad Air 2022

Apple iPad Air (2022)
Layar Liquid Retina IPS LCD 10.9 inci
Chipset Apple M1
RAM 8 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion 7606 mAh
Harga Saat Rilis Rp 10.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Kalau mencari tablet dengan performa kencang untuk bermain gim, bisa mempertimbangkan Apple iPad Air generasi ke-5 yang diluncurkan pada tahun 2022. iPad Air ini tidak lagi gunakan chipset Apple Bionic seperti generasi pendahulunya, namun kini sudah menggunakan Apple M1 yang juga digunakan pada MacBook Air.

Apple M1 disinyalir memiliki performa CPU yang meningkat 60% dan peningkatan GPU dua kali lipat dari pendahulunya. Apple iPad Air 5 juga merupakan generasi pertama yang hadirkan jaringan 5G. Ini dapat berguna dalam memaksimalkan pengalaman gaming dengan cara meminimalisir lag dan latensi.

iPad Air 5 membawakan peningkatan di sisi kamera depan, kini mengusung lensa ultrawide agar dapat memuat subjek lebih banyak dalam satu frame. Selain itu, tersedia fitur Center Stage yang dapat menjaga subjek agar selalu berada di tengah, sekalipun subjek bergerak menuju tepian frame.


iPad Air generasi ke-5 ini adalah opsi terbaik untuk bermain gim. Dapur pacunya yang gahar bahkan membuatnya sanggup memainkan Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi. Tablet ini juga cocok dimiliki untuk Anda yang sekaligus mencari sarana untuk pembuatan konten.

4. Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

galaxy tab s8 ultra_
Layar Super AMOLED 14.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 13 MP (wide) 6 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 11200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 19.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Jika Anda memiliki budget Rp20 jutaan, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra adalah salah satu tablet terbaik untuk bermain gim kesukaan Anda. Ia sudah mengantongi chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan chipset paling gahar yang ada di perangkat Android hingga artikel ini ditulis.

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra juga menyediakan sejumlah fitur produktivitas agar pekerjaan lebih mudah terselesaikan. Misalnya saja, tablet sanggup menampilkan split-screen hingga tiga jendela sekaligus.

Lalu, ada fitur bernama continue on another app untuk melakukan kolaborasi perangkat antara tablet dengan ponsel Samsung Galaxy. Galaxy Tab S8 Ultra juga membawakan fitur Samsung DeX yang mengubah antarmuka agar lebih mirip desktop.

Di sini, Anda bisa melakukan pin pada jendela yang diinginkan. Apapun yang terjadi, jendela yang di-pin tidak akan pernah tertutup, dan Anda pun dapat mengatur opacity-nya agar tidak menghalangi pandangan.

Di dalam boks penjualannya, sudah tersedia stylus S Pen yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya saja, Anda bisa gunakan S Pen untuk mengonversi tulisan tangan menjadi teks. S Pen ini juga nyaman digunakan untuk menulis, menggambar, mewarnai, ataupun navigasi.

Sensivitas tekanan dari S Pen inipun sangat solid, mampu membedakan sebanyak 4.096 tingkat tekanan sehingga memudahkan pengguna untuk mengarsir karya seni digital. Bukan cuman itu, S Pen diketahui memiliki tingkat latensi serendah 2,8 milidetik yang membuatnya terasa seperti menulis di kertas sungguhan.

Selain bisa menjelma sebagai tablet gaming terbaik, Samsung Galaxy S8 Ultra cook dimiliki bagi siapapun yang ingin meningkatkan produktivitasnya, dan hanya bisa settle dengan suguhan spesifikasi termewah yang bisa ditawarkan sebuah tablet Android.

5. Samsung Galaxy Tab S8 Plus

galaxy tab s8 plus_
Layar Super AMOLED 12.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 13 MP (wide) 6 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 10090 mAh
Harga Saat Rilis Rp 16.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Dari sisi dapur pacu, Galaxy Tab S8+ tidak berbeda dengan varian Ultra-nya, alias sama-sama gunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Ini merupakan kesempatan bagi Anda mendapatkan tablet berperforma gegas dengan harga lebih terjangkau.

Sama-sama gunakan panel Super AMOLED dengan dukungan HDR10+, ukuran layar tablet ini sedikit menyusut menjadi 12,4 inci saja. Ukuran layar yang lebih kecil ini menjadi nilai tambah bagi Plus lantaran bobotnya yang menjadi lebih ringan, yakni 567 gram untuk versi WiFi dan 572 gram untuk WiFi + 5G.

Penurunan spesifikasi lainnya jika dibandingkan dengan Ultra adalah latensi S Pen yang kini agak "melambat". Tak lagi tawarkan latensi 2,8 milidetik, kini S Pen di Plus memiliki latensi 6,2 milidetik.

Selain itu, kamera depannya pun tak lagi Dual Camera, melainkan Single. Kini hanya tampilkan sensor ultrawide 12 MP dengan FOV 120 derajat. Sedangkan, kamera belakangnya sama sekali tidak berubah Masih tawarkan sensor 13 MP wide-angle dan 6 MP ultrawide.

Varian Plus ini cocok dimiliki bagi Anda yang ingin rasakan kehebatan Samsung Tab S8 series, namun enggan memilih Ultra yang harganya 3 jutaan lebih mahal dan bobotnya yang jauh lebih berat. Toh, begitu banyak fitur canggih Ultra yang masih dipertahankan pada Plus, terlebih spesifikasi-spesifikasi yang relevan untuk bermain gim.

6. Samsung Galaxy Tab S8

Samsung Galaxy Tab S8
Layar LTPS LCD 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 6 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 8000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 12.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Di antara varian Galaxy Tab S8 lainnya, versi reguler adalah yang tawarkan spesifikasi paling sederhana. Tablet ini tidak lagi menawarkan panel Super AMOLED, melainkan hanya TFT LCD. Tapi untungnya, Samsung masih memodali versi reguler dengan refresh rate 120 hz.

Dibandingkan yang lain, Samsung Galaxy Tab S8 juga memiliki ukuran layar paling kecil di angka 11 inci. Sementara, kemampuan S Pen-nya pun masih sama dengan Plus di mana kedua varian tawarkan latensi 6,2 milidetik.

Satu aspek penting yang bikin Galaxy Tab S8 reguler ini tetap layak untuk bermain gim adalah kehadiran Snapdragon 8 Gen 1. Samsung begitu dermawan karena masih hadirkan SoC paling powerful tersebut untuk versi termurah dari seri Galaxy Tab S8.

Versi reguler juga merupakan satu-satunya yang menyediakan varian WiFi-only di pasar Indonesia, dengan harga rilis Rp9,9 jutaan. Sedangkan jika ingin memilih tablet yang bisa jalankan jaringan seluler 5G, perlu keluarkan kocek sebesar Rp12,9 jutaan.

Galaxy Tab S8 reguler akan sangat cocok bagi Anda yang tidak menyukai tablet besar, dan menyukai keleluasaan dalam memilih varian jaringan.

7. Xiaomi Pad 5

Xiaomi Pad 5
Layar IPS LCD 11 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 860
RAM 6 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 8720 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Ukuran layar adalah batasan yang mungkin saja Anda temui ketika bermain gim dengan smartphone. Jika sudah begitu, berinvestasi dengan membeli tablet adalah keputusan yang tepat. Nah, tablet dengan layar 11 inci seperti Xiaomi Pad 5 ini, Anda bisa memuaskan hasrat bermain gim tanpa hambatan.

Harga tablet ini pun tidak mahal-mahal amat, hanya Rp4 jutaan. Meski harganya wajar, Xiaomi Pad 5 membawa spesifikasi flagship layaknya tablet dengan harga di atasnya. Misalnya saja di sektor layar, tablet ini mendukung refresh rate 120 Hz, dan mampu memancarkan 1 miliar warna. Panel yang dipakainya memang bukan sembarang IPS LCD.

Selanjutnya soal chipset, Xiaomi Pad 5 memakai Snapdragon 860 yang merupakan reinkarnasi dari Snapdragon 855+. Dibandung seluruh SoC Snapdragon seri 700 keluaran 2021, Snapdragon 860 tetap lebih perkasa. Layar dan chipset tentu hanya segelintir kelebihan tablet ini.

8. Huawei MatePad 11

Huawei MatePad 11
Layar IPS LCD 10.95 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Huawei MatePad 11 memenuhi banyak syarat sebagai tablet flagship. Mulai dari layar yang sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan tembus gamut warna DCI-P3, SoC kelas atas Snapdragon 865, memori besar (6/128 GB), dan speaker stereo berjumlah empat yang disetel Harman Kardon.

Baterai tablet ini pun terbilang besar, yakni 7250 mAh, dan diperkuat teknologi pengisian cepat 22,5W. Maka tak heran bila MatePad 11 ini cocok dipakai untuk kegiatan serius seperti menggambar desain dan mengedit konten. Selain itu, bermain gim pun bisa dilayani tablet ini tanpa kendala berarti.

Menurut tes AnTuTu 9 yang dilakukan GSM Arena, tablet ini meraih skor 639.631. Perangkat dengan skor AnTuTu di atas 500 ribu umumnya masuk kategori flagship. Karena itu, menjalankan gim berat macam Genshin Impact tentu dapat ditangani dengan baik oleh tablet yang dirilis Rp7 jutaan ini.

9. Apple iPad Mini 2021

Apple iPad Mini 2021
Layar Liquid Retina IPS LCD 8.3 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion 5124 mAh
Harga Saat Rilis Rp 8.600.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

iPad mini keluaran 2021, atau yang biasa disebut iPad mini 6, merupakan tablet bertenagakan Apple A15 Bionic. Hal ini menandakan kalau iPad mini 6 punya performa yang setara dengan iPhone 13 series.

Apple A15 Bionic yang mengotai tablet ini diklaim memiliki peningkatan performa 40% ketimbang Apple A12 Bionic. Chipset ini juga hadirkan sebanyak 15 miliar transistor dan menawarkan jaringan neural yang dinamakan 16-core Neural Engine, dapat menjalankan 16,8 triliun pengoperasian per detik.

Maka dari itu, tidak heran bahwa iPad mini 6 ini dinobatkan sebagai salah satu tablet tergahar untuk kebutuhan gaming. Ini juga merupakan seri iPad mini pertama yang tawarkan kamera depan 12 MP ultrawide dengan FOV 122 derajat, serta menghadirkan fitur Center Stage untuk senantiasa tampil di tengah frame saat video call.

iPad mini 6 akan cocok untuk pengguna dengan tangan kecil, karena tablet ini memang memiliki ukuran paling kecil di antara mayoritas tablet di daftar ini.

10. Apple iPad 10.4 2021

Apple iPad 10.4 2021
Layar Retina IPS LCD 10.2 inci
Chipset Apple A13 Bionic
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Ion 8557 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.599.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Salah satu keistimewaan dari iPad 10.2 terletak pada harganya yang paling murah di antara seri iPad lainnya. Ya, bisa dibilang, iPad 10.2 keluaran tahun 2021 ini (atau yang biasa disebut iPad generasi ke-9) merupakan seri entry-level dari Apple.

Ia menggunakan chipset Apple A13 Bionic yang notabene dua generasi lebih lawas ketimbang Apple A15 Bionic milik iPad mini 6. Meski begitu, Apple A13 Bionic tetap merupakan salah satu chipset paling mutakhir hingga artikel ini ditulis, membawakan konfigurasi hexa core yang mencakup dua unit Lightning (2,65 GHz) dan empat inti Thunder (1,8 GHz).

iPad 9 ini juga menawarkan desain bodi yang terbilang agak lawas, menampilkan bezel tebal di atas dan bawah bodi serta meletakkan sensor Touch ID di depan (front-mounted).

Jika bezel tebal bukan sebuah deal-breaker bagi Anda, tentu iPad 9 ini layak jadi pertimbangan. Dihimpun dari kanal YouTube Saunders Lab, iPad 9 terbukti sanggup menjalankan Genshin Impact pada pengaturan High 60 FPS dengan lag atau frame drop yang minim.

Itulah daftar tablet terbaru yang sangat cocok untuk bermain game. Beberapa di antaranya ditawarkan dengan harga yang sangat tinggi, namun ada juga tablet dengan harga tak lebih dari 5 jutaan. Nah, mana tablet pilihan Anda?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram