Carisinyal / Tips Android / 8 Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Juni 2019

Baterai adalah sumber daya utama bagi banyak perangkat portabel seperti hp. Agar dapat digunakan berkali-kali, jenis baterai yang digunakan oleh perangkat ini adalah yang dapat diisi ulang. Beberapa baterai hp model lama dapat dicabut dan diganti jika sudah rusak. Sedangkan saat ini banyak smartphone yang sudah mengadopsi fitur baterai yang tidak dapat dilepas (non-removable).

Meskipun sebuah hp memiliki ukuran baterai yang besar (dihitung dalam mAh), belum daya tahan baterainya bagus. Terdapat beberapa penyebab baterai hp cepat habis, utamanya disebabkan oleh beberapa fitur atau aplikasi hp yang terus berjalan di belakang layar atau tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab baterai hp cepat habis lengkap dengan bagaimana menanggulanginya agar daya baterai lebih baik.

1. Tingkat Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

* sumber: www.pexels.com

Saat berada di luar ruangan yang cerah, kadang kita harus menaikkan tingkat kecerahan layar hp kita. Gunanya tak lain agar kita dapat membaca layar dengan mudah. Ternyata hal ini adalah salah satu penyebab utama mengapa daya baterai lebih cepat terkuras.

Untuk meminimalisir hal ini, segera atur kembali tingkat kecerahan hp kita serendah mungkin (cukup untuk bisa membaca layar di dalam ruangan) setelah aktivitas di luar ruangan selesai. Jika tidak ingin ribet mengatur-atur, gunakan saja fitur kecerahan layar otomatis yang akan berubah sesuai kondisi pencahayaan di sekitarnya.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai adalah dengan segera mematikan layar hp setelah berhenti menggunakannya.

2. Pemindai WiFi Terus Bekerja

Sumber: https://www.flickr.com/photos/paille-fr

Umumnya setiap ponsel pintar sudah dibekali dengan fitur WiFi agar dapat terhubung ke jaringan nirkabel tersebut. Cukup dengan mengaktifkan tombol WiFi di menu pengaturan jaringan, ponsel kita akan bekerja mencari-cari sinyal WiFi yang tersedia. Terhubung dengan jaringan WiFi adalah sebuah cara untuk menghemat kuota data kita.

Jika ternyata tidak ada sinyal WiFi yang ditemukan dan kita membiarkan pemindai WiFi terus bekerja, maka bukan tidak mungkin baterai hp kita jadi cepat habis. Oleh karena itu, segera matikan pemindai WiFi jika kita tidak menemukan sinyal WiFi yang bisa digunakan.

3. GPS Aktif Sepanjang Hari

* sumber: www.maxpixel.net

GPS yang terus-terusan aktif juga bisa menjadi salah satu penyebab baterai hp cepat habis. Jika fitur ini tidak dimatikan, sistem akan terus bekerja melacak lokasi di mana kita berada (saat terhubung ke internet). Fitur ini memang sangat berguna bagi sebagian pengguna sehingga diaktifkan terus sepanjang hari.

Beberapa aplikasi membutuhkan GPS untuk dapat bekerja, seperti Google Maps saat kita hendak mencari sebuah lokasi. Jika hal ini sedang tidak dibutuhkan, pastikan untuk mematikan GPS dan menutup aplikasi tersebut.

4. Aplikasi yang Terus Berjalan di Belakang Layar

* sumber: www.maxpixel.net

Penyebab baterai hp cepat habis lainnya adalah adanya aplikasi-aplikasi yang terus berjalan di belakang layar tanpa sepengetahuan kita. Tidak semua aplikasi yang telah selesai kita gunakan dan tutup akan berhenti begitu saja. Beberapa di antaranya ada yang terus beraktivitas di latar belakang untuk tujuan-tujuan tertentu.

Kita dapat mengetahui aplikasi mana saja yang menggunakan daya baterai paling banyak dengan cara pergi ke pengaturan baterai (tersedia di Android dan iOS). Di sana terdapat informasi yang menunjukkan aplikasi-aplikasi yang berjalan lengkap dengan besaran daya baterai yang telah mereka konsumsi.

Agar baterai jadi lebih awet, kita bisa menonaktifkan aplikasi-aplikasi tidak penting yang bekerja di belakang layar. Jika hp-mu memiliki fitur optimisasi bawaan, kamu bisa menggunakan hal itu untuk memaksimalkan daya baterai.

5. Berlebihan Menggunakan Aplikasi dan Aktivitas yang Menguras Baterai

* sumber: www.maxpixel.net

Beberapa aplikasi hiburan seperti video dan music streaming bisa sangat menguras daya baterai jika digunakan berlebihan. Begitu juga dengan bermain game-game bergrafis berat, jika kita terlalu lama menggunakannya, maka baterai hp kita bisa cepat terkuras. Sedangkan contoh aktivitas yang dapat menguras cukup banyak baterai jika dipakai berlebihan adalah tethering.

Jadi, bagaimana caranya agar baterai hp kita lebih hemat? Misalnya, jika ingin membaca sebuah berita atau mencari informasi, kamu bisa membaca daripada menonton video. Juga, hindari bermain game untuk jangka waktu yang lama, karena selain dapat menguras daya cukup cepat, hal itu juga dapat membuat masa pakai baterai lebih cepat menurun.

6. Susah Sinyal

* sumber: en.wikipedia.org

Smartphone akan menggunakan lebih banyak daya saat mencoba terhubung di area dengan sinyal rendah. Jika kita tidak bisa mendapatkan sinyal, sebaiknya nyalakan mode pesawat (airplane mode) agar daya ponsel tidak terkuras cepat. Kemudian restart koneksi seluler ketika sudah berada di area dengan jangkauan sinyal yang lebih baik.

7. Software Tidak Up-To-Date

Masalah baterai hp cepat habis juga dapat disebabkan oleh software yang sudah usang atau tidak up-to-date. Software yang diperbarui biasanya membawa perbaikan untuk bug-bug tertentu yang mungkin berkontribusi pada masalah masa pakai baterai hp kita. Jika memang demikian, sebaiknya segera perbarui software ke versi yang lebih baru.

Catatan: perbaruan software baru pada smartphone bisa dicek manual melalui opsi perbaruan di menu pengaturan.

8. Masalah Pada Hardware

* sumber: commons.wikimedia.org

Masalah pada hardware utamanya disebabkan oleh kondisi baterai yang sudah buruk dan pengisi daya yang rusak. Jika masa pakai baterai hp kita sudah melebihi ketentuannya, maka bukan tidak mungkin masalah baterai cepat habis akan terus terjadi sepanjang hari.

Selain itu, pengisi daya atau charger yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai yang akhirnya berpengaruh pada daya tahannya.

Jika kedua hal ini yang menjadi penyebab utama baterai hp cepat habis, maka opsi terbaik kita adalah mengganti baterai atau charger dengan yang baru. Beberapa baterai smartphone masa kini tidak dapat kita lepas sendiri sehingga harus dilakukan oleh ahlinya di pusat layanan.

Hal yang paling penting di sini adalah dengan menggunakan produk pengganti atau aksesoris original agar kualitasnya terjamin. Meskipun produk original selalu dijual lebih mahal, tetapi apa yang kamu dapatkan bisa sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan.

Itulah beberapa penyebab baterai hp atau smartphone cepat habis plus cara mengatasinya. Kasus di atas terjadi berbeda-beda di setiap pengguna hp, jadi kemungkinan kecil semuanya terjadi bersamaan dalam satu perangkat.

Jika masalah-masalah di atas sudah diperbaiki tapi baterai hp masih tetap boros, solusi terbaiknya adalah dengan mengganti hp dengan unit baru. Daripada harus mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikan berkepanjangan, bukankah membeli yang baru bisa lebih baik dan hemat?

Kami menyarankan untuk membeli hp atau smartphone baru di Bukalapak. Di sana tersedia berbagai merk smartphone berkualitas dengan harga yang bersaing. Mau hp di bawah satu juta rupiah atau di atasnya, semuanya bisa didapatkan di Bukalapak. Sudah siap membeli smartphone baru? Yuk, langsung klik saja link ini dan belanja sepuasnya di Bukalapak.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar