Carisinyal / Asus 2018 / Inilah 8 Perbedaan Asus Zenfone Max M2 dan Max Pro M2

Inilah 8 Perbedaan Asus Zenfone Max M2 dan Max Pro M2

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Februari 2019

Ada beberapa orang yang tanya pada saya, baik secara langsung maupun lewat pesan pribadi di media sosial atau aplikasi chat soal Asus Zenfone Max M2. Di antara mereka, sering minta pendapat saya apakah lebih baik memilih Asus Zenfone Max M2 atau Asus Zenfone Max Pro M2? Pertanyaan ini mengemuka karena kedua HP tersebut memiliki bentuk mirip, apalagi keduanya mengusung OS Android murni.

Mendapat pertanyaan tersebut, saya biasanya jawab dengan mengajukan pertanyaan balik seperti “kebutuhan seperti apa?” atau “punya dana berapa?” Jika saya mendapat jawaban dari mereka, maka akan saya arahkan ke salah satu produk.

Jika pembaca juga mengalami hal serupa, kebingungan memilih kedua produk tersebut, saya akan menjelaskan lebih rinci lewat artikel berikut ini. Hal ini jelas lebih memudahkan daripada saya harus menjawab satu persatu pertanyaan. Tanpa berlama-lama lagi, simak perbedaan Asus Zenfone Max M2 dan Asus Zenfone Max Pro M2 berikut ini.

Spesifikasi Asus Zenfone Max M2

  • Chipset: Qualcomm SDM632 Snapdragon 632 (14 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 13 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Ion 4000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 2.750.000

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M2

 

  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 12 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 3.250.000

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Asus Zenfone Max M2 dan Max Pro M2

1. Desain Bodi

asus zenfone max m2 vs zenfone max pro m2

Asus Zenfone Max M2 dan Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan bentuk desain yang tampak serupa. Keduanya memiliki bodi yang memanjang di keempat sudutnya. Di bagian depan, layar HP ini juga sekilas sama karena sama-sama memiliki notch. Jika ditelisik lebih lanjut, ternyata ada perbedaan karena Asus Zenfone Max M2 memiliki notch yang lebih panjang.

Sekarang bahas soal bodi bagian belakang. Asus Zenfone Max M2 datang dengan bagian belakang berbahan aluminium alias metal. Hal ini membuat bodi HP ini jadi terasa lebih kokoh dan tentu lebih menarik. Di bagian sudut kiri atas, Asus Zenfone Max M2 hadir dengan dua kamera dan lampu flash yang terpisah. Sementara posisi sensor sidik jari berada di bagian tengah atas.

Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki tampilan bodi yang tampak seperti kaca. Padahal bodi bagian belakang ini bukanlah kaca. Saat peluncuran produk, Asus menyebut desain bodinya dari akrilik. Ternyata saya baru sadar kalau istilah tersebut adalah bahasa marketing untuk plastik glossy. Namun tenang, HP ini masih memiliki aluminium glossy di bagian bingkainya.

Untuk posisi kamera, Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki posisi kamera yang serupa dengan Asus Zenfone Max M2. Bedanya, lampu flash menyatu dengan dua kamera belakang yang membuat Asus Zenfone Max Pro M2 bisa dikenali lebih mudah jika menilik bagian belakang saja.

2. Layar HD+ dan FHD+

asus zenfone max m2

Sekilas, Asus Zenfone Max M2 dan Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki dimensi layar yang sama. Namun, ternyata keduanya memiliki ukuran yang beda tipis. Asus Zenfone Max M2 hadir dengan layar IPS LCD 6,2 inci sementara Asus Zenfone Max Pro M2 menawarkan layar IPS LCD 6,3 inci.

Perbedaan dimensi layar ini membuat casing HP tidak saling menggantikan. Hal ini berarti softcase/hardcase Asus Zenfone Max M2 tidak bisa digunakan di Asus Zenfone Max Pro M2, begitu juga sebaliknya.

Selain itu, kedua HP ini memiliki resolusi layar yang berbeda. Asus Zenfone Max M2 hadir dengan resolusi layar HD+ 720 x 1520 piksel dengan rasio 19:9. Layarnya memiliki kerapatan 269 ppi dan screen-to-body ratio sebesar 80,9%. Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan layar FHD+ 1080 x 2280 pixels, rasio 19:9, kerapatan layar 403 ppi, dan screen-to-body ratio 82%.

Dari perbedaan tersebut, terlihat kalau layar Asus Zenfone Max Pro M2 lebih unggul karena menawarkan layar dengan resolusi yang lebih tinggi. Namun, hal ini tidak membuat layar Asus Zenfone Max M2 jelek. Layar HP ini juga tergolong bagus di kelasnya.

3. Chipset yang Berbeda

snapdragon versus

Asus Zenfone Max M2 dan Asus Zenfone Max Pro M2 sama-sama hadir dengan Snapdragon 600 seri. Bedanya, kedua HP menggunakan Snapdragon 600 seri yang berbeda. Asus Zenfone Max M2 hadir dengan Snapdragon 632 dan Asus Zenfone Max Pro M2 dengan Snapdragon 660.

Snapdragon 632 pada Asus Zenfone Max M2 memiliki performa yang lebih dari cukup. Nilai Antutu HP ini saja bisa mencapai angka 100 ribuan. Untuk menilik lebih jelas performa HP ini bisa disimak pada artikel yang saya tulis terkait ulasan mendalam Asus Zenfone Max M2.

Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan Snapdragon 660. Snapdragon 660 ini adalah chipset yang memiliki performa baik di kelas menengah. Karena itu, tidak sedikit vendor HP di kelas menengah memakai Snapdragon 660.

Hal yang perlu jadi perhatian khusus, Snapdragon 660 yang ada di Asus Zenfone Max Pro M2  adalah versi downgrade dengan kecepatan 1,9GHz bukan 2,2 GHz. Penurunan performa ini tampaknya dilakukan Asus untuk menjaga performa agar tidak terlalu tinggi dan menyedot baterai alias lebih efisien.

Penurunan clock speed CPU pada Snapdragon 660 yang ada di Asus Zenfone Max Pro M2 sebenarnya tidak terasa sama sekali. Pengalaman bermain gim menggunakan HP ini masih tergolong baik, malah performanya tergolong kencang berkat nilai Antutu yang bisa mencapai 128 ribuan.

4. Kapasitas Baterai

baterai asus zenfone max m2

Asus Zenfone Max M2 datang dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Baterai ini memiliki kapasitas yang besar yang tentu memberikan daya tahan baterai yang lebih baik. Berdasarkan pengujian yang pernah saya lakukan, saya bisa mendapatkan screen-on-time sebanyak 6 jam setelah pemakaian ponsel sampai 84% lamanya.

Asus Zenfone Max Pro M2 juga memiliki daya tahan baterai yang awet. Kapasitas baterainya yang besar, yakni 5.000 mAh membuat saya bisa tidak ketergantungan pada charger selama dua hari. Ketika daya tahan baterai mencapai 50%, Asus Zenfone Max Pro M2 masih bisa bertahan selama satu harian.

Menilik kapasitas baterainya, kedua HP ini boleh dibilang memiliki daya tahan baterai yang cukup lama. Perbedaan 1.000 mAh tidak terlalu berpengaruh mengingat kedua HP juga mengusung resolusi dan chipset yang berbeda yang tentunya kedua hal tersebut pada konsumsi daya.

5. Sektor Kamera Depan

Asus Zenfone Max M2 datang dengan kamera depan 8 MP yang memiliki bukaan f/2.0. Kamera depannya ini masih cukup layak untuk selfie. Namun, secara kualitas, kamera depan Asus Zenfone Max Pro M2 lebih unggul.

Suatu kewajaran kamera depan Asus Zenfone Max Pro M2 lebih unggul mengingat HP ini hadir dengan kamera depan 13 MP. Kamera depan ini bahkan bisa menghasilkan kualitas foto selfie yang baik dan cukup mengejutkan. Anda bisa membaca detail dan melihat hasil selfie memakai Asus Zenfone Max Pro M2 pada artikel ulasan Asus Zenfone Max Pro M2 yang pernah saya tulis.

6. Sektor Kamera Belakang

sensor sidik jari asus zenfone max m2

Asus Zenfone Max M2 datang menawarkan kamera belakang ganda. Kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera kedua 2 MP untuk efek depth sensor atau bokeh. Kualitas kamera belakang HP ini tergolong cukup dengan hasil bokeh yang sedikit kurang rapi.

Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 hadir dengan 12 MP + 5 MP. Resolusi kamera utamanya tampak lebih kecil tetapi kamera 12 MP pada HP ini tergolong bagus. Kameranya ini memakai sensor Sony IMX486 yang tergolong memiliki kemampuan menangkap objek dengan baik. 

7. Varian RAM

ram asus zenfone max pro m2

Asus Zenfone Max M2 dan Asus Zenfone Max Pro M2 sama-sama menawarkan varian RAM 3 GB dan RAM 4 GB. Hanya saja, Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki tiga varian RAM.

Asus Zenfone Max M2 hadir dengan varian RAM 3 GB ROM 32 GB dan RAM 4 GB ROM 64 GB. Sementara Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki tiga varian. Varian pertama adalah RAM 3 GB ROM 32 GB, varian kedua RAM 4 GB ROM 64 GB, dan varian ketiga RAM 6 GB ROM 64 GB.

8. Harga

harga asus zenfone max pro m2

Asus Zenfone Max M2 dan Asus Zenfone Max Pro M2 keduanya berada di kelas harga yang berbeda. Asus Zenfone Max M2 RAM 3 GB berada di kelas harga di bawah Rp2 jutaan karena harga jualnya sekitar Rp1,9 juta. Sementara varian RAM 4 GB berada di kelas harga Rp2 jutaan dengan banderol harga kisaran Rp2,2 jutaan.

Sementara Asus Zenfone Max Pro M2  berada di kelas harga Rp3 jutaan. Varian RAM 3 GB, dijual dengan harga Rp2,7 jutaan. Varian RAM 4 GB dijual dengan harga Rp3,1 jutaan. Sementara varian RAM 6 GB dijual kisaran Rp3,7 jutaan. Seiring berjalannya waktu, harga akan mengalami penurunan karena biasanya Asus akan menyesuaikan harga ketika ada HP baru yang diperkenalkan.

Simpulan

Dari pemaparan di atas, tampak kalau Asus Zenfone Max M2 dan Asus Zenfone Max Pro M2 memang banyak perbedaannya meskipun keduanya sedikit mirip. Saya bisa sederhanakan kalau kedua HP ini menyasar segmen yang berbeda sesuai banderol harga dan spesifikasi yang ditawarkan.

Asus Zenfone Max M2 ditujukan pada Anda yang membutuhkan HP dengan kemampuan yang tergolong cukup mumpuni, memiliki daya tahan baterai yang awet, dan harga lebih bersahabat. Anda yang ada di kategori ini bisa membeli Asus Zenfone Max M2 di Bukalapak lewat link ini.

Asus Zenfone Max Pro M2 ditujukan pada Anda yang butuh HP kelas menengah yang mumpuni untuk main gim, kamera cukup oke, dan juga memiliki daya tahan baterai yang awet untuk menunjang main gim lebih lama. Anda yang ada di kategori ini bisa membeli Asus Zenfone Max Pro M2 di Bukalapak lewat link ini. Jadi, sudahkah Anda menentukan mau beli HP yang mana?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar