Carisinyal / Huawei 2018 / Inilah Perbedaan Huawei Mate 20, Mate 20 Pro dan Mate 20 X!

Inilah Perbedaan Huawei Mate 20, Mate 20 Pro dan Mate 20 X!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Maret 2019

Nama brand Huawei semakin melejit setelah HP ini merilis rentetan HP flagship dengan beragam fitur dan juga spesifikasi yang mumpuni. Salah satu seri flagship dari Huawei yang paling banyak dicari adalah Huawei Mate 20, Mate 20 Pro dan Mate 20 X. Meski sama-sama mengantongi nama Mate 20, ternyata ketiganya memiliki perbedaan tersendiri.

Nah, buat Anda yang sedang bingung untuk menentukan pilihan antara ketiga HP ini, Carisinyal akan membahas mengenai perbedaan dari ketiganya untuk menambah wawasan Anda mengenai HP flagship yang keren ini. Simak langsung saja pembahasan mengenai perbedaan Huawei Mate 20, Mate 20 Pro dan Mate 20 X di bawah, ya.

Spesifikasi Huawei Mate 20

  • Chipset: HiSilicon Kirin 980 (7 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 128 GB
  • Kamera: Triple 12 MP + 16 MP + 8 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 10.000.000

Spesifikasi selengkanya…

Spesifikasi Huawei Mate 20 Pro

  • Chipset: HiSilicon Kirin 980 (7 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 128 GB
  • Kamera: Triple 40 MP + 20 MP + 8 MP
  • Baterai: Li-Po 4200 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 14.000.000

Spesifikasi selengkanya…

Spesifikasi Huawei Mate X

  • Chipset: HiSilicon Kirin 980 (7 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 128 GB
  • Kamera: Triple 40 MP + 20 MP + 8 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 12.500.000

Spesifikasi selengkanya…

Perbedaan Huawei Mate 20, Mate 20 Pro dan Mate 20 X

1. Panel OLED vs IPS LCD

Huawei Mate 20

Perbedaan yang paling jelas dari ketiga HP besutan Huawei ini ada pada ukuran dan panel layar yang digunakan. HP Huawei Mate 20 X dan Huawei Mate 20 Pro sudah mengusung panel layar dengan teknologi OLED. Sementara Huawei Mate 20 masih menggunakan panel layar berteknologi IPS LCD.

Karena Huawei Mate 20 Pro dan Huawei Mate 20 X sudah menggunakan panel OLED, secara otomatis layar dari kedua HP ini memiliki kualitas tampilan layar yang lebih baik ketimbang layar dari Huawei Mate 20. Namun, bukan berarti layar dari HP Huawei Mate 20 punya kualitas tampilan yang buruk. HP ini tetap memiliki tampilan layar yang enak dipandang mata, termasuk ketika digunakan di bawah terik matahari.

2. Ukuran Layar Berbeda

huawei mate 20

* sumber: www.techradar.com

Seperti yang sudah dijelaskan di muka, selain memiliki perbedaan pada panel layar yang digunakan, ketiga HP ini juga punya ukuran layar yang berbeda-beda. Namun semuanya sudah beresolusi Full HD+. Huawei Mate 20 memiliki ukuran layar sebesar 6.53 inci dengan resolusi 1080 x 2244 piksel dan rasio layarnya 18:9. Sementara Huawei Mate 20 Pro mengusung layar yang juga besar, yakni 6.39 inci dengan resolusi 1080 x 3120 piksel dengan rasio layar 19:9.

Lalu, bagaimana dengan Huawei Mate 20 X? Jangan kaget, ya, HP ini mengusung layar yang sangat besar untuk ukuran sebuah HP. Ya, Huawei Mate 20 X tampil dengan layar yang sangat luas dengan ukuran 7.2 inci dengan resolusi yang sama seperti Huawei Mate 20.

Dengan layar yang sangat lega ini tentunya, Huawei Mate 20 X akan sangat nyaman bila digunakan untuk bermain game serta menonton film. Terlebih lagi, HP ini memang cocok untuk menjalankan game yang membutuhkan spesifikasi tinggi karena telah mengantongi chipset mumpuni, Kirin 980.

Begitu pula dengan dua saudaranya, Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro. Kedua HP ini juga mengusung chipset serupa, sehingga pas untuk digunakan bermain game berat. Meski memiliki ukuran layar yang tergolong lebih kecil dari Huawei Mate 20 X, tentu Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro juga sangat nyaman untuk digunakan bermain game maupun menonton film atau video favorit Anda melalui Netflix dan YouTube.

3. Bentuk Notch

Huawei Mate 20 X

Huawei Mate 20 dan Huawei Mate  20 X dibekali dengan notch berbentuk dewdrop atau yang biasa juga disebut dengan teardrop. Notch jenis ini berbentuk seperti tetesan air dan ukurannya sangat kecil sehingga menyisakan space yang cukup luas di bagian atas layar.

Sementara Huawei Mate 20 Pro memiliki bentuk notch lebar ala iPhone X. Namun ukuran notch-nya tak membuat tampilan layar HP ini terganggu. Oh ya, selain punya notch yang ukurannya pas, ketiga HP ini juga tampil dengan bezel yang sangat tipis. Apalagi Huawei Mate 20 Pro yang punya layar lengkung, bezelnya nyaris tak terlihat sama sekali. Keren, bukan?

4. Resolusi Kamera

Fingerprint Huawei Mate 20

Beralih ke sektor kameranya. Huawei masih bekerja sama dengan Leica dan masih menggunakan optik dari mereka untuk sektor kamera dari ketiga HP flagship-nya ini.

Baik Huawei Mate 20, Huawei Mate 20 X dan Huawei Mate 20 Pro sama-sama mengusung tiga lensa kamera di bagian belakang bodinya.

Meski sama-sama mengusung tiga lensa, ternyata lensa kameranya memiliki resolusi yang berbeda. Ya, Huawei Mate 20 mengusung tiga lensa kamera, masing-masing merupakan satu lensa lensa wide 12 MP, lensa ultra wide berukuran 16 MP dan lensa telefoto berukuran 8 MP.

Hasil jepretan kameranya memiliki detail dan kontras yang bagus. Warna yang dihasilkan juga terlihat hidup.

Huawei Mate 20 X dan Huawei Mate 20 Pro juga sama-sama dibekali dengan lensa wide berukuran 40 MP, lensa ultra wide berukuran 20 MP dan lensa telefoto berukuran 8 MP. Hasil kameranya juga memiliki kualitas yang bagus.

Kamera dari Huawei Mate seri 20 ini sudah mendukung teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Ada pula fitur lainnya seperti HDR, panorama hingga LED dual tone flash yang dapat membantu untuk menghasilkan foto berkualitas.

Untuk lensa kamera selfie-nya, ketiga HP ini sama-sama mengusung lensa 24 MP yang tentunya sangat mumpuni dan mampu memenuhi kebutuhan swafoto Anda.

5. Sensor Sidik Jari

UDFP Mate 20 Pro

Huawei Mate 20 masih mengusung sensor fingerprint di bagian belakang bodinya. Begitu pula dengan Huawei Mate 20 X, sama-sama masih menggunakan sensor sidik jari berbentuk fisik. Sedangkan Huawei Mate 20 Pro sudah mengusung teknologi under display fingerprint atau sensor sidik jari di layar yang lebih canggih.

6. Daya Tahan dan Kapasitas Baterai

Baterai Mate 20 Pro

Beralih ke sektor baterainya. Huawei Mate 20 mengantongi baterai berkapasitas besar, yakni 4000 mAh. Sementara Huawei Mate 20 Pro mengantongi baterai 4200 mAh. Meskipun kapasitas baterai yang dibawa Huawei Mate 20 Pro bisa dibilang sedikit lebih besar ketimbang Huawei Mate 20, adanya sensor sidik jari di layar yang dibawa Huawei Mate 20 Pro ternyata juga berpengaruh terhadap daya tahan baterainya.

GSMArena melakukan battery endurance test kepada kedua HP ini. Hasilnya, Huawei Mate 20 mendapat endurance rating selama 92 jam dan Huawei Mate 20 Pro hanya bisa bertahan selama 85 jam saja karena sensor sidik jari di bawah layarnya terus menerus dalam keadaan aktif.

Nah, jika kedua saudaranya masih mengusung baterai di kisaran 4000 mAh, Huawei Mate 20 X sudah mengusung baterai dengan kapasitas super besar, yakni 5000 mAh. Menurut K2Gadgets, dengan baterai berkapasitas super besar ini, screen on time Huawei Mate 20 X masih bisa bertahan selama 7 jam lamanya meski sudah digunakan untuk bermain game Mobile Legends selama dua jam.

Bahkan menurut K2Gadgets, HP ini juga dapat bertahan selama dua hari tanpa harus diisi daya kembali. Keren sekali, bukan?

7. Teknologi Pengisian Daya Baterai

FC Mate 20 Pro

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, ketiga HP ini dibekali dengan kapasitas baterai yang besar. Nah, akan terasa percuma bila sebuah HP memiliki kapasitas baterai jumbo namun tanpa dibarengi dengan teknologi pengisian daya cepat alias fast charging, atau pengisian daya tanpa kabel alias wireless charging.

Beruntungnya, baik Huawei Mate 20 maupun Huawei Mate 20 X sudah dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat. Huawei membekali Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 X dengan teknologi fast battery charging 4.5V/5A yang membuat Anda hanya perlu menunggu selama setengah jam untuk mengisi baterai hingga mencapai 58%.

Begitu pula dengan Huawei Mate 20 Pro. HP ini juga dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat 40 W yang membuat Anda membutuhkan waktu selama kurang lebih 30 menit saja untuk mengisi daya baterai HP hingga 70%.

Huawei Mate 20 Pro juga sudah didukung teknologi fast wireless charging 15 W, lho. Sayang, Huawei Mate 20 dan Mate 20 X belum mengadopsi teknologi ini. Namun, charger bawaannya yang sudah support fast charging tadi juga sudah sangat cukup untuk menopang daya baterai kedua HP canggih ini.

8. Sertifikasi IP yang Berbeda

Anti Air Huawei Mate 20 Pro

Huawei Mate 20 Pro yang mengusung bodi belakang berlapis kaca dengan frame aluminum sudah mengantongi sertifikasi IP68, yang artinya kedua HP ini mampu bertahan dalam kedalaman air sedalam 2 meter selama 30 menit.

Sementara Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 X masih mengantongi sertifikat IP53 yang berarti kedua HP ini hanya memiliki resistensi terhadap cipratan air dan debu saja.

9. Varian RAM

Port mate 20 Pro

* sumber: www.gsmarena.com

Huawei Mate 20 Pro tersedia dalam varian RAM 8 GB dengan kapasitas ROM 256 GB dan varian RAM 6 hingga 8 GB dengan memori internal atau ROM sebesar 128 GB. Sedangkan untuk Huawei Mate 20, tersedia dalam varian RAM 4 hingga 6 GB dengan kapasitas memori internal 128 GB dan ada juga varian 6 GB dengan kapasitas memori internal 64 GB. Sementara Huawei Mate 20 X tersedia dalam varian 6 GB dan kapasitas memori internal 128 GB.

10. Harga Berbeda

Price

* sumber: pixabay.com

Ketiga HP di atas tentu saja dibanderol dengan harga yang bervariasi. Untuk Huawei Mate 20 Pro misalnya, versi RAM 6 GB dengan ROM 128 GB-nya dibanderol dengan harga 14 jutaan per unitnya. Sementara Huawei Mate 20 dengan kapasitas RAM dan ROM serupa dipasarkan dengan harga 10 jutaan. Dan untuk Huawei Mate 20 X dengan varian RAM dan ROM yang sama, dibanderol seharga 12.5 jutaan per unit.

Simpulan

Semua HP besutan Huawei di atas merupakan HP flagship Huawei, tak heran, harganya bisa selangit. Namun, saya rasa harga tersebut sebanding dengan spesifikasi dan segala fitur canggih yang dimiliki HP ini.

Nah, jika Anda menginginkan HP Huawei seri Mate ini, namun dengan layar yang tak terlalu besar tetapi performanya tetap kencang, kameranya bagus dan sudah dibekali teknologi fast charging juga fingerprint sensor di bagian belakang bodi, Anda bisa memilih Huawei Mate 20.

Namun, bila Anda menginginkan layar yang lebih besar, Anda dapat menjadikan Huawei Mate 20 X sebagai pilihan. Nah, bila Anda ingin HP Huawei seri Mate 20 yang sudah didukung teknologi wireless charging dan NFC, Anda bisa memilih Huawei Mate 20 Pro. Bagaimana, Anda tertarik untuk membeli?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar