Carisinyal / Huawei 2018 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Huawei Mate 20 Pro

10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Huawei Mate 20 Pro

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Desember 2018

Pabrikan ponsel pintar yang berkantor pusat di kota Shenzhen, provinsi Guangdong Tiongkok, Huawei, merilis salah satu produk mobile mereka pada bulan November 2018. Produk itu bernama Huawei Mate 20 Pro dan masuk sebagai salah satu seri Mate mereka yang sudah diluncurkan sejak 2013 lalu.

Ponsel kelas high-end ini membawa segudang fitur yang telah membuatnya sebagai salah satu ponsel pintar yang powerfull. Sebut saja chipset Kirin 980 yang dibuat dengan proses manufaktur 7nm yang menjadikannya sebagai mobile AI chipset 7nm pertama di dunia.

Lainnya lagi yaitu teknologi Triple Camera yang menggunakan teknologi Leica yang terkemuka. Dengan teknologi tersebut, pengalaman mengambil foto atau membuat video jadi lebih seru lagi. Dan masih banyak lagi hal-hal keren yang dibawa Mate 20 Pro ini.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan ponsel pintar yang bersertifikasi IP68 ini? Di bawah ini Carisinyal akan mengungkapnya dalam10 kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 20 Pro yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang terpercaya. Sebelumnya lihat terlebih dulu spesfikasi Huawei Mate 20 Pro ini.

Spesifikasi Huawei Mate 20 Pro

Huawei Mate 20 Pro

  • Rilis: November, 2018
  • Layar: AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar: 1440 x 3120 pixels, 19.5:9 ratio (~538 ppi density)
  • Chipset: HiSilicon Kirin 980 (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.6 GHz Cortex-A76 & 2×1.92 GHz Cortex-A76 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MP10
  • Memori Internal: 256 GB, 8 GB RAM or 128 GB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: NM (Nano Memory), up to 256GB (uses SIM 2)
  • Kamera Belakang: 40 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/1.7″, PDAF/Laser AF + 20 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide), 1/2.7″, PDAF/Laser AF + 8 MP, f/2.4, 80mm (telephoto), 1/4″, 5x optical zoom, OIS, PDAF/Laser AF
  • Kamera Depan: 24 MP, f/2.0, 26mm (wide)
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh battery

Kelebihan Huawei Mate 20 Pro

1. Dapat Menyelam Lebih Dalam

Anti Air Huawei Mate 20 Pro

Huawei Mate 20 Pro ini dibuat dengan sertifikasi IP68 di mana ponsel ini bisa tahan terhadap debu dan air (hingga 2 meter selama 30 menit). Dengan demikian, Anda tidak perlu takut ponsel akan berhenti bekerja saat terkena tumpahan atau percikan air bahkan tercelup sekalipun.

Dengan aksesoris yang ditawarkan (berupa Sarung Selam), Huawei Mate 20 Pro ini dapat Anda bawa menyelam lebih dalam lagi hingga 5 meter. Jadi, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut yang berwarna-warni sekaligus mengabadikannya dengan bidikan kamera Mate 20 Pro yang luar biasa!

2. Tampilan yang Sangat Memanjakan

Mate 20 Pro

Panel Amoled yang menyelimuti layar Mate 20 Pro sangat nyaman dipandang mata. Ukuran layarnya yang membentang hingga 6.39 inci dan resolusinya lebih tinggi dibanding Mate 20 yaitu 1440 x 3120 pixel. Kerapatan pixel yang didapat ponsel ini sangat tinggi, yaitu mencapai 538 ppi.

Diproteksi dengan Gorilla Glass, layar Mate 20 Pro memang sangat menawan serta nyaman terlihat oleh mata penggunanya. Bodi HP ini juga terbuat dari bahan kaca dan frame aluminium sehingga tetap menampilkan sesuatu yang premium dan berkelas. Desainnya yang tipis juga tetap menjadikan ponsel ini nyaman saat digenggam.

Pilihan warna yang tersedia untuk Mate 20 Pro ini adalah Emerald Green, Midnight Blue, Twilight, Pink Gold, Black.

3. Kinerja yang Luar Biasa

Kirin 980

Huawei Mate 20 Pro (dan Mate 20) adalah ponsel pintar pertama di dunia yang menggunakan chipset HiSilicon Kirin 980. Chipset tersebut juga adalah yang pertama di Android yang dibuat dengan proses manufaktur 7nm dan menjadikannya sebagai mobile AI chipset 7nm pertama di dunia.

Teknologi chipset yang digunakan Mate 20 Pro ini menghasilkan peningkatan performa langsung pada peningkatan kecepatan dan efisiensi daya. Dengan demikian, ponsel pintar yang beroperasi dengan Android Pie 9.0 ini mampu menyajikan kinerja yang luar biasa bagi penggunanya.

Chipset kelas tinggi itu juga menggunakan CPU delapan inti (2×2.6 GHz Cortex-A76 & 2×1.92 GHz Cortex-A76 & 4×1.8 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G76 MP10 yang menawarkan performa luar biasa serta peningkatan efisiensi dibanding pendahulunya Mali-G72 di Kirin 970 (lebih unggul 46% dan meningkatkan efisiensi daya hampir dua kali lipat).

Untuk skor AnTuTu yang dihasilkan, sepertinya Huawei Mate 20 Pro bersama dengan saudaranya Mate 20 cukup banyak mengungguli banyak ponsel Android lainnya yang beredar di pasaran.

Situs Antutu sendiri sudah mengumumkan kalau skor Huawei mate 20 Pro ini bisa mencapai angka 300 ribuan yang membuat HP ini jadi smartphone Android dengan nilai Antutu tertinggi (saat artikel ini dibuat.

antutu huawei mate 20 pro

* sumber: www.antutu.com

Sayangnya, pengujian dari Digitaltrends tidak menunjukan angka Antutu 300 ribuan. Situs Digitaltrends melakukan uji bencmark Huawei Mate 20 Pro dengan beberapa tes seperti Antutu, Geekbench, dan 3DMark Sling Shot Extreme.

Hasilnya Huawei Mate 20 Pro mendapat skor Antutu 273.746, Geekbench dengan skor 9.791 (multi-core), dan  3DMark Sling Shot Extreme dengan skor 4.180 untuk tes Vulkan.  Meskipun nilai Antutu tidak mencapai 300 ribuan, performa Huawei mate 20 Pro tetaplah tinggi. Terbukti juga dengan hasil benchmark lain yang lebih menggambarkan performa sebenarnya.

Dari hasil pengujian tersebut, dipastikan jika kinerja luar biasa dari Mate 20 Pro ini memang tidak patut dipertanyakan lagi. Situs lain yang menguji Huawei Mate 20 Pro juga tidak akan terlalu jauh hasil benchmark pada HP ini.

4. Kamera Tiga Mata Leica

Kamera Huawei Mate 20

Ponsel pintar yang memiliki tiga kamera utama yang sebelumnya dibahas Carisinyal adalah Samsung Galaxy A7 (2018). Sekarang Huawei Mate 20 Pro pun memiliki jumlah kamera utama yang sama, yaitu tiga buah. Hanya saja teknologi optik yang dibawa Mate 20 Pro datang dari Leica yang sudah berpengalaman dalam hal kamera-kameraan dan sejenisnya.

Kamera pertamanya beresolusi 40 MP dengan aperture 1.8 dan lensa 27mm (lebar). Yang kedua adalah 20 MP dengan aperture 2.2 dan lensa ultra-lebar 16mm. Sedangkan yang terakhir adalah kamera beresolusi 8 MP, beraperture 2.4 dan lensa 80mm (telephoto).

Ketiga kamera belakang tersebut sudah  dilengkapi dengan fitur dual-LED dual-tone flash dan PDAF/Laser AF. Penasaran seperti apa hasil tangkapan kamera Huawei Mate 20 Pro? Berikut beberapa hasil tangkapan kamera Huawei Mate 20 Pro. 

hasil foto huawei mate 20 pro 3

* sumber: www.stuff.tv

huawei mate 20 pro wide

* sumber: www.digitaltrends.com

huawei mate 20 pro wide 2

* sumber: www.digitaltrends.com

hasil foto huawei mate 20 pro 2

* sumber: www.stuff.tv

hasil foto huawei mate 20 pro

* sumber: www.stuff.tv

hasil foto huawei mate 20 pro night mode

* sumber: www.digitaltrends.com

Didukung dengan kecanggihan AI atau Kecerdasan Buatan membuat hasil bidikan kamera utama Mate 20 Pro memiliki tekstur dan warna yang lebih hidup. Dengan lensa ultra-lebar Leica-nya juga, Anda dapat mengambil detail gambar dari jarak yang sangat dekat (mulai dari 2,5 cm) sehingga pengalaman baru dalam membidik sebuah objek dapat dilakukan dengan Mate 20 Pro.

Dengan bantuan AI juga, warna, kecerahan, dan kontras pada objek yang dibidik juga dapat disesuaikan secara otomatis dan tepat, sehingga gambar yang dihasilkan bisa memanjakan mata penggunanya.

Untuk membantu pengambilan gambar saat kondisi cahaya redup, Huawei telah menyediakan teknologi AI Image Stabilization HUAWEI yang canggih pada Mate 20 Pro mereka. Sehingga pada saat Mode Malam-nya dinyalakan, foto yang dihasilkan memiliki fokus yang baik dan bebas-buram.

Situs Staff.tv menyebut jika kamera pada Huawei Mate 20 Pro tergolong baik dan bersaing dengan hasil tangkapan kamera Google Pixel 3. Mungkin sedikit kalah kelas karena Google Pixel 3 terlampau sempurna dengan satu kamera. Hanya saja, Huawei Mate 20 Pro tetap istimewa dan menrutu Staff.tv, HP ini termasuk kategori smartphone dengan kamera terbaik.

Pada sektor kamera depan, Huawei membenamkan sensor 24 MP yang beraperture 2.0 dan lensa lebar 26mm. Hal ini sudah dirasa cukup untuk kegiatan selfie ria bersama orang-orang tercinta.

Mode perekaman paling tinggi dari kamera utama Mate 20 Pro adalah [email protected] dan untuk kamera depannya adalah [email protected] Huawei juga menawarkan rasio film klasik 21: 9 dan opsi HDR agar video yang dihasilkan ponsel tersebut bisa lebih mirip film. Apakah Anda siap untuk menjadi seorang sutradara?

5. Daya Tahan Perkasa

Baterai Mate 20 Pro

Mate 20 Pro dibekali baterai dengan kapasitas sumo, yaitu 4200 mAh. Daya sebesar itu juga di-manage dengan teknologi Kecerdasan Buatan sehingga penggunaannya dapat dimaksimalkan sebaik mungkin. Dengan demikian, pekerjaan atau hiburan Anda sehari-hari dapat diakomodir dengan Mate 20 Pro ini.

Pengujian daya tahan baterai Mate 20 Pro sudah dilakukan oleh GSM Arena dan hasilnya tidak begitu mengecewakan. Untuk penggunaan 3G Talk Time, baterai Mate 20 Pro dapat bertahan hingga 28:43 jam, untuk web browsing selama 13:57 jam, dan memutar video selama 15:22 jam.

Jika sensor Under Display Fingerprint (UDFP) dimatikan, baterai Mate 20 Pro dapat bertahan sedikit lebih lama. Namun, hal itu tentunya bukan sebuah pilihan karena sensor itu bisa jadi jalan tercepat dan terbaik untuk membuka ponsel Huawei Mate 20 Pro.

6. Pengisian Kilat

FC Mate 20 Pro

Bosan menunggu lama saat sedang melakukan pengisian daya baterai? Dengan Mate 20 Pro hal itu sepertinya dapat dihilangkan. Mengapa? Karena baterai Mate 20 Pro yang jumbo tersebut dapat diisi penuh dalam waktu kurang lebih satu jam! Dengan demikian Anda dapat menghemat waktu berharga Anda, bukan?

Teknologi pengisian cepat yang digunakan oleh Mate 20 Pro adalah Huawei SuperCharge 40W. Dalam waktu 30 menit, Anda dapat mengisi baterai Mate 20 Pro Anda hingga 70%. Bahkan GSM Arena menyebut angka yang lebih besar, yaitu 74% dalam 30 menit, 90% dalam menit, dan 100% dalam waktu 60 menit atau satu jam.

Teknologi pengisian cepat mereka sudah mendapat sertifikasi dari TÜV Safe Fast-Charge System. Hal ini membuktikan bahwa Huawei tidak hanya menginginkan adanya teknologi pengisian cepat pada produknya, namun yang lebih penting adalah pengisian yang lebih aman.

Dengan adanya sertifikasi ini, pengisian cepat pada Mate 20 Pro sudah lulus uji keselamatan sehingga aman digunakan. 

Huawei Mate 20 Pro juga sudah mendukung pengisian daya secara nirkabel 15W yang juga sudah disertifikasi oleh TÜV. Tidak disebutkan dalam waktu berapa lama pengguna dapat mengisi penuh baterai Mate 20 Pro mereka dengan pengisian nirkabel ini.

Ada juga fitur pengisian Wireless Reverse Charge yang memungkinkan Huawei Mate 20 Pro dapat mengisi baterai perangkat lain yang sedang lemah. Namun penggunaan fitur ini bisa dibilang ribet. Hal itu karena tidak adanya akses cepat untuk mengaktifkan atau mematikannya.

Anda perlu menyetel beberapa daftar terkait di pengaturan baterai Mate 20 Pro untuk menggunakan fitur Wireless reverse Charge ini. Dan setelah aktif pun Anda harus segera menempelkan perangkat lain yang ingin diisi dayanya di belakang Mate 20 Pro. Jika tidak cepat-cepat maka fitur akan otomatis mati dalam waktu beberapa detik.

7. Keamanan yang Terjamin

UDFP Mate 20 Pro

Huawei Mate 20 Pro dibekali fitur biometrik yang lebih maju. Yang pertama adalah 3D Face Unlock yang mampu mengenali wajah Anda secara akurat dan dengan cepat membuka ponsel Anda dalam waktu setengah detik. Face ID Anda juga dapat digunakan untuk mengakses layar pribadi, aplikasi-aplikasi yang terkunci,  dan juga data pribadi dengan aman.

Yang kedua adalah fitur pemindai sidik jari di bawah layar. Fitur ini serupa dengan Face ID yang juga mampu membuka ponsel secara cepat dan aman. Anda hanya perlu menaikkan jari dan menyentuh layar Mate 20 Pro dan layar pun akan terbuka.

8. Ruang Penyimpanan Besar

H Mate 20 Pro

Datang sebagai salah satu ponsel pintar premium, Mate 20 Pro pastinya dibekali dengan ruang penyimpanan yang lega. Terdapat dua varian yang dapat dipilih untuk sektor ini, yaitu varian 256 GB untuk RAM 8 GB dan 128 GB untuk RAM 6 GB. Jika dirasa kurang, Anda dapat menambahkan ruang tambahan hingga 256 GB lagi (Nano Memory).

Hanya saja untuk mendapatkan memori tambahan ini, Anda harus merelakan slot SIM 2 Anda karena Mate 20 Pro tidak dibuat dengan adanya Triple Slot (2 slot kartu SIM dan satu slot untuk memori eksternal). Apakah Anda sudah siap melakukan hal ini di Mate 20 Pro?

Kekurangan Huawei Mate 20 Pro

1. No Jack 3.5mm

Port mate 20 Pro

* sumber: www.gsmarena.com

Soket audio 3.5mm sepertinya sudah dianggap sebagai teknologi usang oleh beberapa vendor ponsel pintar. Huawei pun tak ingin ketinggalan dengan hal ini. Mereka memutuskan untuk menghilangkan lubang tersebut di Mate 20 Pro. Dan sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan lubang USB Type-C Mate 20 Pro sebagai adaptor ke jack 3.5 mm headphone.

2. No Triple Slot

Absennya slot ketiga dalam Mate 20 Pro mengharuskan Anda memilih apakah slot kedua ingin digunakan sebagai SIM 2 atau memori eksternal nano? Jika Anda memiliki aktivitas pekerjaan yang tinggi dengan Mate 20 Pro Anda, mungkin memori tambahan perlu dimasukkan dan Anda harus menggunakan satu SIM. Jika tidak, dua kartu SIM Anda dapat aktif bersamaan dalam Mate 20 Pro.

Simpulan

Huawei Mate 20 Pro ini adalah ponsel pintar dengan kinerja yang luar biasa bagusnya. Karenanya Anda dapat melakukan banyak pekerjaan dengan Mate 20 Pro dan juga hal-hal lain yang menyenangkan seperti bermain game berat dan mengekspresikan diri lewat bidikan foto serta video dengan kualitas yang mumpuni layaknya sebuah film.

Kekurangan yang dimiliki Huawei Mate 20 Pro tidak jadi masalah yang begitu besar. HP ini memang tergolong layak untuk dirilik, terutama untuk Anda yang membutuhkan HP dengan kemampuan kamera di atas rata-rata. 

Tertarik dengan Huawei Mate 20 Pro? Jika Anda tertarik, Anda bisa membeli Huawei Mate 20 Pro di Bukalapak dengan klik link ini

 

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Huawei Mate 20 Pro”

  1. Lumayan juga nih tpi sayang kagak ada duit buat beli

Tinggalkan komentar