Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei P20 yang Perlu Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei P20 yang Perlu Diketahui

Huawei P20 adalah saudara kandung dari Huawei P20 Pro. HP ini jarang disorot karena “keperkasaan” Huawei P20 Pro seolah membuyarkan saudaranya sendiri yang sebernarnya memiliki performa yang tidak begitu jauh. Performa dalam hal ini bukan hanya soal dapur pacu tetapi juga sektor lain, seperti kamera dan daya tahan baterai.

Huawei P20 juga memang kurang dapat sorotan di tanah air. Maklum, Huawei Indonesia hanya membawa Huawei P20 Pro secara resmi ke Indonesia. Padahal, Huawei P20 juga sebenarnya perangkat yang juga cukup menarik. Perangkat ini juga pasti banyak yang lirik jika Huawei Indonesia membawa secara resmi ke Indonesia.

Sampai sini, barangkali Anda penasaran, memang seberapa menarik Huawei P20? Untuk menjawabnya, biarkan kami dari Carisinyal memaparkan soal kelebihan dan kekurangan dari Huawei P20 berikut ini.

Meski tidak menghadirkan tiga kamera layaknya saudaranya, HP dengan RAM 4 GB ini masih tergolong HP kelas atas. Performa HP ini juga sama baiknya, hanya beda kapasitas RAM saja. Sayangnya, baik Huawei P20 maupun Huawei P20 Pro keduanya tidak mendukung memori eksternal atau memori tambahan. Anda bisa membeli HP ini melalui Bukalapak di link ini.

Spesifikasi Huawei P20

Huawei P20

  • Rilis: Maret 2018
  • Layar: LTPS IPS LCD 5.8 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2244 pixels, 18,7:9 ratio
  • Chipset: Hisilicon Kirin 970
  • CPU: Octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP12
  • Memori Internal:  128 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: No
  • Kamera Belakang: Dual 12 MP (f/1.8, 1/2.3″, 1.55 µm, OIS) + 20 MP (f/1.6, 27mm), Leica optics, 2x lossless zoom, phase detection and laser autofocus, dual-LED dual-tone flash
  • Kamera Depan: 24 MP, autofocus, f/2.0, 1080p
  • Baterai: Non-removable Li-Po 3400 mAh battery

Kelebihan Huawei P20

1. Dua Kamera Belakang yang Fantastis

Perbedaan paling kentara antara Huawei P20 Pro dengan Huawei P20 adalah kamera belakang. Kamera belakang Huawei P20 Pro mengusung tiga kamera sementara Huawei P20 hanya dua kamera. Dua kamera pada HP ini adalah kamera normal 12 MP dan kamera monochrome 20 MP. Kedua kamera ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik dan tidak kalah dibandingkan dengan Huawei P20 Pro.

Kamera pada Huawei P20 Pro mampu menangkap foto dengan baik, detail fotonya sangat baik. GSMArena bahkan menyebut jika warna yang dihasilkan dari kamera HP ini cukup akurat, memiliki noise yang rendah, serta kontras warnanya tergolong luar biasa.

DxOMark, situs yang sering memberikan nilai pada kamera ponsel, mengamini apa yang dikatakan GSMArena. Menurut DxOMark, Huawei P20 mampu menghadirkan gambar dengan detail yang baik di berbagai kondisi cahaya. Karena itu, tidak berlebihan jika DXOMark memberikan nilai 102 pada kamera Huawei P20. Penasaran dengan hasil tangkapan Huawei P20? Berikut hasil tangkapan kamera belakang Huawei P20.

Selain kamera belakangnya yang baik, kamera depan Huawei P20 juga tergolong baik. Kamera depannya mengusung resolusi 24 MP dengan fitur fixed focus. Kamera depan ini mampu menghasilkan hasil selfie yang baik.

Sayangnya kalau menurut GSMArena, kamera depan ini sebaiknya mengusung fitur autofocus dengan angka MP yang tidak tinggi. Misalnya, kamera depannya hanya 16 MP tetapi mengusung fitur autofocus. Terlepas dari itu, kamera depan ponsel ini memang sudah cukup baik.

2. Tampilan Desain yang Menarik Perhatian

huawei p20

Huawei P20 Pro dikenal sebagai ponsel dengan desain yang mewah dan menawan. Hal serupa juga terjadi pada Huawei P20. Wajar, karena kedua ponsel tersebut “bersaudara.” Desain bodi ponsel ini memang tergolong cantik dan mampu menarik perhatian. Dengan bagian belakang kaca yang berbalut frame logam, membuat Huawei P20 memang tidak terlihat ponsel dengan desain abal-abal.

GSMArena juga mengakui kalau desain ponsel ini tergolong baik terlebih dengan bingkai metalnya yang memiliki polesan yang halus. Karena hal ini, desain bodi Huawei P20 terlihat cukup “tampan” meskipun hal ini berisiko licin di tangan saat digenggam. Secara keseluruhan, mari katakan kalau ponsel ini memang memiliki kelebihan di sisi desain.

3. Performa yang Bisa Diandalkan

Performa Huawei P20

*

Huawei P20 dibekali dengan chipset Kirin 970, chipset yang sama dengan Huawei P20 Pro. Hanya saja performa Huawei P20 dengan Huawei P20 Pro sedikti berbeda. Bedanya tidak terlalu signifikan. Berdasarkan data GSMArena, Huawei P20 memiliki skor GeekBench 4.1 (singlecore) 1897 dan Huawei P20 Pro mendapatkan skor 1907.

Hasil berbeda didapatkan dari pengujian GeekBench 4.1 (multicore). Di pengujian ini, Huawei P20 malah lebih unggul dengan skor sebesar 6772, sementara Huawei P20 Pro hanya mendapatkan skor 6679. Skor Huawei P20 dengan kondisi dingin ternyata lebih baik, yakni 6739 untuk GeekBench 4.1 (multicore) dan skor 1900 untuk pengujian GeekBench 4.1 (singlecore).

Menilik hasil tersebut, performa Huawei P20 masih tergolong cukup mumpuni dan tidak berbeda jauh dengan Huawei P20 Pro. Untuk bermain PUBG Mobile, Huawei P20 bisa dimainkan dengan kualitas visual HD.

Yang mungkin kerasa perbedaanya adalah multitasking. Huawei P20 Pro hadir dengan RAM 6 GB yang membuatnya lebih baik dalam urusan menjalankan manajemen aplikasi jika dibandingkan Huawei P20 yang hanya mengusung RAM 4 GB. Meskipun demikian, performa Huawei P20 secara keseluruhan masih tergolong baik.

4. Baterai dan Fast Charging

Huawei P20 sudah dibekali baterai berkapasitas 3400 mAh. Berdasarkan pengujian GSMArena, baterai pada ponsel ini mampu menempuh waktu 16 jam 33 menit untuk waktu bicara, 13 jam 58 menit untuk berselancar di dunia maya, dan 12 jam 13 menit untuk waktu menonton. Secara keseluruhan, nilai ketahanan baterai ini adalah 75 jam. Cukup kalah jauh jika dibandingkan Huawei P20 Pro yang mendapat skor 89 jam.

Meskipun rating baterai HP ini skornya lebih kecil dari Huawei P20 Pro, daya tahan baterai ponsel ini tergolong baik. Trustedreviews misalnya, menguji ponsel ini dengan menonton secara streaming video berdurasi satu jam, konsumsi daya yang dihabiskan hanya 8% saja. Sedangkan untuk digunakan bermain Asphalt 8: Airbone secara intensif selama satu jam pun hanya menghabiskan daya 8% saja.

Konsumsi daya baterai ini bisa dikatakan masih cukup menarik meski bukan yang terbaik. Yang justru jadi keunggulan dari soal baterai ini adalah pengisian daya yang cepat. Huawei P20 memiliki teknologi pengisian daya yang disebut SuperCharge. Dengan teknologi SuperCharge ini, Huawei P20 hanya menempuh waktu setengah jam saja dari 0% sampai ke 65%. Teknologi pengisian daya baterai yang tergolong cepat tentunya.

5. EMUI dengan Berbagai Fitur Menarik

huawei p20

Sama seperti Huawei Huawei P20 Pro, Huawei P20 mengusung antarmuka EMUI 8.1 yang berbasis Android 8.1. EMUI pada Huawei P20 memiliki fitur yang tergolong kaya dan menarik. Ada fitur untuk menyembunyikan notch bagi yang tidak menyukai notch, ada fitur untuk mengatur dan mendesain bagian galeri, pemutar musik, dan pemutar video.

Fitur-fitur lainnya yang ada di ponsel ini adalah penggunaan app drawer karena ponsel secara bawaan tidak menghadirkan app drawer. Fitur lainnya yang menarik di EMUI adalah smart controllerApp lock untuk mengunci aplikasi, dan juga ada Private Space sebuah fitur yang memungkinkan Anda memiliki dua aplikasi dalam satu ponsel.

Banyak fitur lainnya yang menarik di ponsel ini. Karena itulah, bisa dibilang kalau EMUI 8.1 tergolong salah satu UI custom yang menarik.

Kekurangan Huawei P20

1. Panel Layar IPS LCD

Ketidakhadiran tiga kamera di ponsel ini bukan masalah besar karena dua kamera pada Huawei P20 pun sudah baik dan mendekati skor Huawei P20 Pro. Yang agak disayangkan adalah Huawei P20 hanya menggunakan IPS LCD. Beda dengan Huawei P20 Pro yang sudah menggunakan panel AMOLED.

Penggunaan panel IPS LCD pada Huawei P20 sebenarnya bukan masalah selama tampilan layarnya baik untuk sebuah ponsel kelas atas. Sayangnya, IPS LCD ini tidak begitu maksimal. GSMArena bahkan bisa menyebutkan kalau layar pada ponsel ini masih bisa menampilkan tingkat kecerahan yang lebih baik.

2. Tidak Memiliki Sertifikasi Tahan Air

Huawei P20 Pro sudah dibekali dengan sertifikasi IP67 dan hal itu tergolong baik. Dengan sertifikasi tersebut, Huawei P20 Pro memiliki kemampuan tahan air. Sayangnya, Huawei P20 tidak memiliki sertifikasi tahan air. Lantas, apakah Huawei P20 rentan rusak jika terkena air? Jawabannya tidak.

Huawei P20 memiliki sertifikasi IP53. Sertifikasi ini berbeda dengan IP67. Ponsel yang mendapatkan sertifikasi IP53 menandakan kalau ponsel tersebut hanya tahan terhadap percikan air dan debu. Untuk sebuah ponsel kelas atas, sebenarnya alangkah lebih baik jika ponsel tersebut memiliki sertifikasi tahan air dan bukan hanya tahan cipratan air.

3. Tidak Ada Fitur Wireless Charging

wireless charger

Sebagai ponsel kelas atas, Huawei P20 seharusnya punya fitur unggulan yang membuatnya beda, salah satunya adalah dukungan untuk pengisian daya tanpa kabel alias wireless charging. Karena Huawei P20 Pro saja tidak memiliki fitur ini, wajar jika Huawei P20 juga tidak memiliki fitur yang cukup mudah ditemukan di ponsel flagship lainnya. Ketidakhadiran wireless charging adalah kekurangan lain dari ponsel ini.

4. Tidak Ada Port 3,5 mm Headphone

* sumber: www.alphr.com

Sama seperti Huawei P20 Pro, Huawei P20 tidak memiliki port audio untuk mencolok earphone atau headphone jack. Tidak hadirnya port ini membuat Anda harus memilih menggunakan headset tanpa kabel atau jika tak mau menggunakan wireless headphone, Anda bisa menggunakan adaptor USB Type-C sekaligus dengan port audio jack.

Hal ini merupakan kelemahan kecil yang sebenarnya masih bisa dimaklumi. Tapi biasanya, karena belum terbiasa dengan teknologi baru maka ketidakhadiran port audio dirasa ada yang kurang.

5. Tidak Ada Slot MicroSD

Huawei P20 sim tray

* sumber: www.sosav.com

Huawei P20 hadir dengan memori internal 128 GB. Kapasitas memori internal ini sudah cukup luas. Sayangnya, Huawei harusnya sadar kalau kebutuhan data semakin besar. Karena itu, ketiadaan slot microSD dirasa kurang.

Menilik fakta ponsel flagship lainnya kini banyak yang mengusung memori internal 256 GB bahkan ada yang sudah mengusung memori internal 512 GB. Menilik fakta tersebut, melihat sebuah ponsel dengan ROM 128 GB tanpa hadirnya memori tambahan, terasa kurang.

Simpulan

Huawei P20 merupakan ponsel yang secara performa dan kamera tidak begitu jauh beda dengan Huawei P20 Pro. Kemampuan fotografi ponsel ini masih menjadi salah satu yang terbaik. Terlebih karena ponsel ini memiliki banderol harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Huawei P20 Pro.

Lantas untuk siapa ponsel ini? Ponsel ini cocok ditujukan untuk kamu yang membutuhkan sebuah ponsel dengan kualitas kamera dan video setara perangkat kamera. Berminat dengan ponsel yang satu ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment