Carisinyal / Smartphone / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Huawei Nova 2 Lite

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Huawei Nova 2 Lite

Ditulis oleh

Huawei memiliki produk ponsel yang ditujukan khusus untuk segmen kelas menengah. Di segmen ini, Huawei menghadirkan Nova seri, salah satunya adalah Huawei Nova 2 Lite. HP ini adalah versi murah dari Huawei Nova 2i yang rilis 2017 lalu. Fitur dan spesifikasi yang dihadirkan di HP ini tentu lebih rendah dibandingkan Huawei Nova 2i.

Huawei Nova 2 Lite hadir di kelas harga Rp2 jutaan. Di kelas harga ini, Huawei Nova 2 Lite harus bersaing dengan saudaranya, yakni Honor 9 Lite. Di bawah Huawei Nova 2 Lite, ada alternatif lain juga, yakni Honor 7a, yang juga masih satu saudara. Huawei Nova 2 Lite sendiri sebenarnya memiliki beberapa kelebihan menarik di kelas harganya tetapi jelas HP ini juga bukan tanpa cela.

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 2 Lite ini? Berikut penjelasannya.

Spesifikasi Huawei Nova 2 Lite

Huawei Nova 2 Lite

 

  • Rilis: April, 2018
  • Layar: IPS LCD  5.99 inches
  • Resolusi Layar: 740 x 1140 pixels ratio 18:9
  • Chipset: Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • CPU: Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 505
  • Memori Internal: 32 GB, 3GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
  • Kamera Belakang: Dual 13 MP + 2 MP, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3000 mAh

Kelebihan Huawei Nova 2 Lite

1. Layar Fullview HD+

* sumber: www.youtube.com

Ponsel pintar keluaran terbaru sekarang seolah-olah wajib hukumnya mengusung layar penuh. Dan Huawei Nova 2 Lite memang mau tak mau harus terbawa tren yang ada, yakni mengusung layar penuh dengan rasio 18:9. Layarnya sendiri memiliki tampilan visual yang baik.

Layar pada HP ini mengusung dimensi layar 5,99 inci dengan resolusi HD+ alias 740 x 1140 piksel. Layarnya sudah memakai panel IPS LCD dan memiliki tingkat kecerahan yang cukup baik.  Dengan bentangan layar yang luas, tentu saja membuat HP ini tergolong cocok digunakan untuk menonton video dengan maksimal dan lega.

2. Desain Bodi yang Cantik

huawei nova 2 lite

Huawei Nova 2 Lite memiliki keunggulan di sektor desain. Desain bodinya tergolong menarik. Jarang sekali, HP 2 jutaan yang memiliki desian yang begitu cantik dan tampak gaya.

Bodi HP ini memang berbahan plastik, tetapi hal ini tergolong wajar mengingat HP lain di kelas harga yang sama umumnya juga dibalut plastik. Obat Gaptek adalah salah satu yang memuji  desain bodi HP ini, karena poin desain ini masuk ke kategori unggulan.

3. Dual Kamera Belakang dengan Fitur Menarik

* sumber: www.youtube.com

HP ini mengusung dua kamera ganda di bagian belakang yakni 3 MP + 2 MP. Kamera ini dibekali fitur phase detection autofocus dan LED flash. Kameranya mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik dan detail. Kamera wide di HP ini juga mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik. Berikut contoh hasil jepretan kamera belakang Huawei Nova 2 Lite.

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

* sumber: yangcanggih.com

* sumber: www.youtube.com

Menilik hasil fotonya, kamera HP ini memang tergolong baik, terlebih jika berada di kondisi cahaya yang cukup. Yang agak disayangkan, HP ini kewalahan ketika diajak memotret di kondisi cahaya redup. Tapi, hal ini bukan suatu masalah besar mengingat HP lain di kelas haga yang sama juga cukup buruk memotret di kondisi malam.

Secara keseluruhan, kamera pada HP ini tergolong baik. Noise pada hasil jepretan di kondisi cahaya gelap masih tergolong bisa dimaklumi.

4. Triple slot

* sumber: www.youtube.com

Huawei Nova 2 Lite memiliki tiga slot yang berarti HP ini dapat menggunakan dua nomor dan tambahan memori eksternal. Fitur ini memang terlihat sepele, tapi mengingat orang Indonesia umumnya memiliki lebih dari satu nomor, kehadiran HP yang mengusung tiga slot SIM tray tentu lebih menarik dibandingkan SIM hybrid.

5. EMUI yang kaya Fitur

* sumber: www.youtube.com

Huawei Nova 2 Lite hadir dengan tampilan antarmuka EMUI berbasis Android Android 8.0 Oreo. EMUI di HP ini memiliki banyak sekali fitur yang menarik. Fitur-fitur tersebut antara lain fitur merekam layar, fitur split screen, dan fitur untuk screenshot dengan hanya mengusap 3 jari.

Kalau menurut GontaGantiHP, salah satu fitur menarik dari EMUI di HP ini adalah phone clone. Fitur ini memungkinkan HP ini bisa menyalin data dari HP Huawei lama. Fitur ini sangat berguna karena tidak akan membuat repot untuk mengatur lagi aplikasi dan akun yang terpasang dari awal.

Fitur-fitur di EMUI ini jadi salah satu keunggulan yang memang membuat HP ini terasa lebih istimewa. Apalagi ada fitur istimewa di bagian software kamera, yakni fitur untuk mengedit foto. Fitur editnya menarik karena hadirnya edit, berupa penambahan teks dan karikatur lucu, pada hasil tangkapan kamera.

Kekurangan Huawei Nova 2 Lite

1.  Daya Tahan Baterai yang Standar

* sumber: www.youtube.com

HP ini memiliki bodi yang sebenarnya tergolong bongsor. Orang akan mengira kalau HP ini mengusung baterai berkapasitas besar. Sayangnya, HP ini hanya dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong cukup untuk digunakan sampai malam tanpa penggunaan berat seperti bermain gim.

Sayangnya, seperti apa yang dikatakan oleh Obat Gaptek, HP ini dibekali prosesor dengan fabrikasi 28 mm yang untuk zaman sekarang kurang efisien untuk konsumsi baterainya. Apalagi jika HP ini digunakan untuk bermain gim. Baterainya sebenarnya biasa saja, tetapi Huawei seharusnya bisa memberikan daya tahan yang lebih baik.

2. Kamera Depan yang Biasa Saja

Huawei Nova 2 Lite hadir dengan kamera belakang 8 MP. Kamera ini sebenarnya bisa dikatakan lumayan tetapi mengingat HP ini ada di kisaran harga Rp2 juta, kualitas kamera depan HP ini kalah dari HP lainnya. Terutama jika dibandingkan dengan HP merek lain yang mengusung embel-embel selfie seperti Xiaomi Redmi S2 atau Infinix Hot S3X. Karena itu, kamera belakang di HP ini bisa dibilang kualitasnya “B” saja.

3. Performa Biasa Saja

* sumber: www.youtube.com

Huawei Nova 2 Lite terbilang memiliki performa yang terasa kurang di kelas harganya. Mengapa? Karena HP ini dibekali chipset Snapdragon 430. Chipset ini sebenarnya tidak begitu buruk karena cukup bisa memainkan gim semacam PUBG dengan grafis balance. Sayangnya, HP Snapdragon 430 umumnya ada pada rentang harga di bawah Rp2 juta.

* sumber: www.youtube.com

Di kelas harga Rp2 juta, ada HP lain yang mengusung chipset lebih baik. Contohnya Xiaomi Redmi 5 yang mengusung Snapdragon 450. Jelas performa Snapdragon 450 lebih baik jika dibandingkan Snapdragon 430. Namun, sebenarnya Snapdragon 430 sebenarnya tidak terlalu buruk jika menilik nilai Antutu seperti pada gambar di atas.

Sebenarnya, untuk memainkan gim populer, semacam Mobile Legends dan AoV, HP ini tergolong cukup bisa diandalkan. Tapi sekali lagi, performanya tidak begitu “wah.” Bisa dibilang, secara keseluruhan, HP ini memiliki performa yang sebernarnya tidak begitu buruk meski bukan yang tebaik di kelasnya.

4. Tidak Ada Fast Charging

* sumber: www.youtube.com

Tidak hadirnya NFC di Huawei Nova 2 Lite bukan suatu masalah besar, mengingat HP lain di kelas harga yang sama juga tidak memiliki fitur ini. Yang barangkali disayangkan adalah ketidakhadiran fitur pengisian cepat. Daya tahan baterai HP ini yang biasa semakin kurang menarik karena tidak hadirnya fast charging di HP. Adapter bawaan HP ini juga hanya memiliki output 1A saja, sesuatu yang tentu saja cukup disayangkan.

5. Kalah Saing di Kelas Harganya

* sumber: www.youtube.com

Huawei Nova 2 Lite awalnya hadir dengan harga  Rp2.599.000. Harga tersebut adalah harga pre order dengan bonus speaker JBL. Bonus speaker ini yang membuat HP ini, saat awal rilis, langsung banyak yang lirik.

Sayangnya, kehadiran HP ini justru hadir di saat yang kurang tepat. Pasalnya, di waktu yang berdekatan, ada Asus Zenfone Max Pro M1 yang menawarkan performa, daya tahan baterai, serta kapasitas baterai yang besar. Ada juga Xiaomi Redmi Note 5 yang unggul di performa dan sektor kamera belakang. Huawei Nova 2 Lite juga seolah “tersingkirkan” oleh saudaranya, yakni Honor 9 Lite.

Honor 9 Lite ini hadir dengan empat kamera (dua di depan dan dua di belakang) serta desain yang lebih menarik dan cantik jika dibandingkan dengan Huwei Nova 2 Lite. Kehadiran ketiga HP tersebut membuat Huawei Nova 2 Lite kalah saing karena hampir semua fitur yang ditawarkan tidak lebih baik dibandingkan pesaing di kelas harga yang sama.

Simpulan

Pamor Huawei Nova 2 Lite yang tidak begitu bergaung membuat HP ini mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Harga yang ditawarkan kini berkisar antara Rp1,9 sampai Rp2 juta. Di rentang harga ini, Huawei nova 2 Lite tergolong layak dipilih karena jelas masih cukup baik jika dibandingkan HP lain dengan spesifikasi dan kelas harga yang sama.

Jika Huawei Nova 2 Lite ada di kisaran Rp2,5 jutaan atau bahkan Rp2,3 jutaan pun, HP ini jelas bukan pilihan terbaik. Masih banyak alternatif HP lain yang lebih baik di rentang harga tersebut.

Jika Anda masih kukuh untuk membeli HP ini tidak terlalu masalah. Hanya saran saja, kalau penurunan harga HP ini cukup cepat jadi belilah di saat harganya sudah menarik. Misalnya, ketika HP ini dijual di kisaran Rp 1,7 jutaan.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment