Carisinyal / Smartphone / Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Honor 7A

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Honor 7A

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Oktober 2018

Tidak sedikit vendor HP baru yang masuk ke Indonesia. Beberapa ada yang bertahan, tak sedikit juga yang menyerah dan meninggalkan Indonesia. Salah satu vendor yang masuk ke Indonesia adalah Honor. Vendor ini adalah adik dari Huawei atau bahasa kerennya, sub-brand.

Honor menghadirkan beberapa tipe ponsel di Indonesia yang cukup menarik perhatian, salah satunya adalah Honor 7A. HP yang satu ini tergolong menarik jika menilik spesifikasi dan harga yang ditawarkan. Dengan harga kisaran 1,8 juta, HP ini bisa menawarkan dual kamera dan layar penuh kekinian.

Untuk mengetahui HP ini lebih dalam, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Honor 7A berikut ini. Tapi seperti biasa, sebelum membahas kelebihan dan kekurangannya, mari simak spesifikasi Honor 7A berikut ini.

Spesifikasi Honor 7A

Honor 7A

  • Rilis: Juni, 2018
  • Layar: IPS LCD 5.7 inches
  • Resolusi Layar: 740 x 1140 pixels ratio 18:9
  • Chipset: Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • CPU: Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 505
  • Memori Internal: 32 GB, 3GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: Dual 13 MP + 2 MP, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP  f/2.0, LED flash
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3000 mAh

Kelebihan Honor 7A

1. Layar FullView dengan Tampilan Warna yang Baik

* sumber: www.youtube.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honor 7A hadir dengan layar yang lebih kekinian, layar yang lebih modern, atau biasa disebut FullView. Karena itu, sudah dipastikan kalau HP ini mengusung rasio layar 18:9, rasio layar yang sudah jamak ditemukan di HP generasi sekarang.

Kelebihan HP dengan layar rasio 18:9 adalah memungkinkannya dimensi layar yang lebih pada dimensi bodi HP yang lebih kecil, seperti contoh Honor 7A ini hadir dengan layar 5,7 inch. Layarnya tak terasa besar karena layarnya hadir pada bodi HP layar 5 inch. Dan tentu hal ini positif mengingat sekarang banyak orang butuh HP dengan layar penuh.

Honor 7A sendiri hadir dengan tipe layar IPS LCD. Layar ini hadir dengan tampilan yang cukup baik. Bahkan, layarnya mampu menampilkan gamut warna sRGB hingga 80%. Untuk sebuah HP 1 jutaan, nilai gamut warna ini tergolong cukup baik.

Sebagai pembanding, Honor 7X, HP dari Honor lainnya yang dibanderol kisaran 3 jutaan punya tampilan warna layar yang baik. Nah, menurut Expertreviews.co.uk, tampilan layar Honor 7A ini punya rentang warna kisaran 5% lebih rendah dari Honor 7X. Ini berarti HP di bawah 2 juta seperti Honor 7A ternyata punya tampilan visual yang cukup baik dan mendekati HP yang dibanderol 3 juta.

Expertreviews.co.uk yang sudah menguji HP ini bilang kalau tampilan layar HP ini punya rentang warnanya yang sedikit lebih rendah (kisaran 5%) dibanding rentang warna Honor 7X. Honor 7X merupakan HP Honor di kelas menengah yang lebih mahal dibanding Honor 7A. Ini berarti, tampilan layar Honor 7A tergolong cukup keren di kelasnya, malah bisa sedikit menyaingi tampilan visual HP di kelas menengah.

2. Dual Kamera Belakang

* sumber: www.expertreviews.co.uk

HP kelas 1 jutaan punya dual kamera tentu serasa istimewa, terlebih jika dual kameranya bukan gimmick belaka. Seperti halnya Honor 7A yang punya dual kamera 13 MP + 2 MP dan sudah dilengkapi flash. HP ini juga sudah dilengkapi dengan fitur seperti PDAF. Fitur ini berguna bagi Anda yang ingin HP dengan kemampuan menangkap fokus dengan cepat.

Kamera belakang pada HP ini punya bukaan yang lebar atau wide aperture. Dengan fitur ini, Anda bisa memanfaatkan kamera untuk memotret gambar dengan latar belakang blur, istilah terkenalnya adalah bokeh. Dengan fitur ini, tentu Honor 7A jadi punya nilai lebih tersendiri.

Lalu, bagaimana dengan kualitas foto Honor 7A ini? Daripada banyak bernarasi, silakan simak terlebih dahulu beberapa contoh hasil jepretan kamera menggunakan Honor 7A berikut ini.

*

* sumber: www.trustedreviews.com

*

*

Jika menilik foto hasil jepretan kamera belakang Honor 7A, kualitas fotonya tergolong baik. Hal ini juga senada dengan apa yang diungkapkan oleh Trustedreviews yang mengatakan jika kamera belakang Honor 7A punya kemampuan menangkap gambar yang layak.

Foto yang dihasilkan oleh HP ini terbilang punya fokus dan shutter speed yang tergolong baik. Foto dengan kualitas HDR juga tergolong bagus. Hanya saja hasilnya agak terlalu halus tapi bukan sesuatu kekurangan.

3. Face Unlock dan Kamera Selfie 8 MP

Honor 7A punya fingerprint sensor sebagai fitur untuk membuka OS di HP ini. Selain itu, Honor 7A juga punya sensor pengenalan wajah atau biasa disebut Face Unlock. Kehadiran fitur face unlock ini terasa spesial, terlebih karena fitur ini merupakan bagian dari EMUI 8, kostumisasi OS berbasis Android Oreo besutan Huawei.

Face Unlock bekerja dengan memanfaatkan kamera depan 8 MP pada hape yang cukup baik untuk selfie. Ada pengaturan kostumisasi flash dan fitur beauty, tidak akan mengecewakan untuk Anda yang suka selfie.

Kelebihan lainnya adalah, Face Unlock Honor 7A ini salah satu yang punya respon cepat di kelasnya. Trustedreviews dan Expertreviews.co.uk, keduanya sepakat bahwa waktu untuk memindai wajah menggunakan Face Unlock pada HP ini tergolong cepat. Buat yang butuh hape 1 jutaan dengan fitur Face Unlock, Honor 7A ini jawabannya.

4. Daya Tahan Baterai yang Awet

Honor 7A dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Untuk mendukung layar 5,7 inch, kapasitas baterai ini tampak kecil. Tapi ingat, angka kapasitas baterai itu hanya di atas kertas. Ada faktor lain yang membuat sebuah baterai 3.000 mAh bisa punya daya tahan yang baik.

Mengacu pada uji pakai yang dilakukan Trustedreviews, HP ini digunakan main Guns of Boom dengan pengaturan tingkat kecerahan 50% dan hasilnya, baterai yang dikonsumsi hanya sebesar 5%. Hasil yang menurut mereka lebih baik jika dibanding Honor 9 Lite atau Honor 7X.

Sebagai informasi, kapasitas baterai Honor 9 Lite serupa dengan Honor 7A. Tapi, konsumsi baterai saat menjalankan permainan yang sama sebesar 6%. Honor 7X lain cerita, HP yang punya baterai 3.450 mAh ini menghabiskan daya baterai sebesar 9%.

Expertreviews.co.uk melakukan pengujian lain. Mereka melakukan test video terhadap honor 7A. Tes video dilakukan seharian dari daya baterai HP penuh sampai habis. Dan itu menghabiskan konsumsi daya 11 jam 39 menit saja. Tentu jika HP ini digunakan untuk kebutuhan umum, semacam main media sosial ataupun internetan, maka jelas daya tahan baterainya akan lebih hemat.

5. Triple Slot

honor 7a sim

* sumber: www.trustedreviews.com

Sekarang ini, banyak orang yang lebih memilih HP dengan kesediaan tiga slot, yakni dual slot SIM dan satu microSD. Terlebih jika memori internal yang disediakan cukup kecil. Paham akan kebutuhan ini, Honor menyematkan tiga slot SIM di Honor 7A.

Tentu ini jadi kelebihan tersendiri, terlebih untuk pengguna yang punya dua nomor aktif dan masih merasa kurang puas dengan memori internal 32 GB yang tersemat di HP ini. Enaknya lagi, slot microSD ini mendukung penyimpanan hingga 256 GB.

Kekurangan  Honor 7A

1. Performa yang Biasa Saja

* sumber: www.youtube.com

Mengingat Honor masih saudara dengan Huawei, tidak aneh jika tipe chipset yang digunakan adalah Kirin, chipset besutan Huawei. Namun, ternyata tidak semua tipe Honor maupun Huawei memakai chipset Kirin. Honor 7A contohnya yang menggunakan chipset 430 sebagai dapur pacunya.

Kehadiran Snapdragon 430 di HP ini sedikitnya bisa memberikan daya tertarik, terutama untuk pemuja hape yang harus pake chipset Snapdragon. Maklum, banyak yang masih beranggapan jika Snapdragon itu punya kinerja yang lebih baik. Lantas, apakah Snapdragon 430 pada HP ini punya kinerja yang baik?

Dikombinasikan dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB, Honor 7A bisa dibilang HP yang cukup untuk memenuhi penggunaan sehari-hari. Dengan kombinasi ini, Honor 7A mendapatkan skor AnTutu  57.878 seperti yang tertera pada gambar berikut ini yang diambil dari channel 805gadget.

* sumber: www.youtube.com

Dengan nilai tersebut, Honor 7A bisa dibilang punya kinerja yang tergolong biasa. 805 Gadget yang mengetes HP ini menyatakan kalau main gim PUBG di Honor 7A hanya bisa dimainkan dengan pengaturan grafis yang rendah. Sementara untuk gim Mobile Legend, Anda bisa mendapatkan performa gim dengan grafis tinggi.

Dari pernyataan tersebut, sudah dipastikan jika performa HP termasuk yang biasa saja. Malah Expertreviews.co.uk berani menyebut jika CPU dan GPU yang tertanam di HP ini tergolong lemah. Buruk sekali sih enggak, tapi kombinasi chipset dan OS EMUI di HP ini tampaknya jadi isu yang perlu dilakukan pembaruan agar kedepannya lebih optimal.

2. EMUI yang Kurang Gegas

* sumber: www.youtube.com

Honor 7A menggunakan EMUI sebagai tampilan antarmukanya. EMUI ini merupakan interface yang sebenarnya cukup menarik karena menghadirkan fitur split screen yang memungkinkan Honor 7A menjalankan dua aplikasi secara bersamaan, seperti membuka Youtube dan sambil membuka aplikasi chat.

Sayangnya, kehadiran EMUI ini juga membuat performa Honor 7A tidak maksimal. Trustedreviews misalnya menyatakan kalau pengalaman menggunakan HP ini adalah EMUI yang justru melemahkan OS Android. Menurut mereka, kehadiran EMUI malah membuat OS Android jadi kurang optimal.

Senada dengan Trustedreviews, Expertreviews.co.uk juga mengatakan hal yang sama. Mereka mengatakan kalau EMUI ini punya custom launcher dengan warna ikon yang terlalu cerah dan cenderung kekanak-kanakan. Selain itu, EMUI juga kurang responsif ketika tangan melakukan navigasi di layar. Perlu dilakukan beberapa kali ketukan pada ikon aplikasi agar bisa jalan.

Karena hal itu pula, bisa dibilang EMUI ini juga jadi semacam “senjata makan tuan” untuk Honor 7A. Memang tampilan EMUI cukup cantik dan menarik tapi secara performa EMUI atau Emotion UI ini kurang begitu gegas.

3. Desain Cantik Tapi Bodi Plastik

Honor 7A

Honor 7A punya desain yang cantik dan itu jadi kelebihan tersendiri. Sayangnya, desain cantik tidak dibarengi dengan desain bodi yang sedikit lebih premium. Honor 7A dibalut dengan balutan bodi plastik yang mungkin bagi sebagian orang akan merasa kecewa lantaran agak kurang sesuai dengan tampilan desain HP ini yang memikat.

Hanya perlu diingat, banyak HP kelas 1 jutaan yang juga memakai bodi plastik. Malah ada juga HP yang dijual di kisaran 3 sampai 4 juta yang juga memakai bodi plastik. Hanya saja, jika menilik build quality Nokia 2 misalnya, tentu Honor 7A kalah. Sama-sama 1 jutaan dan lebih murah, tapi Nokia 2 memberikan build quality yang cukup bagus.

4. Tidak Mendukung Quick Charge

Cas Baterai

* sumber: pixabay.com

Tidak ada salahnya jika mengharapkan fitur pengisian cepat di HP ini. Apalagi berkat chipset Snapdragon 430, seharusnya HP ini punya fitur pengisian cepat atau Quick Charge khas Qualcomm. Sayangnya, Anda tidak akan bisa mendapatkan pengisian cepat di HP ini.

Poin ini untungnya masih bisa dimaklumi mengingat Honor 7A punya daya tahan baterai yang cukup awet seperti yang sudah dijelaskan di poin kelebihan.

5. Masalah Fingerprint

* sumber: www.trustedreviews.com

Expertreviews.co.uk menemukan masalah serius pada bagian fingerprint di HP ini. Masalah tersebut muncul karena sulitnya mengakses atau membuka HP ini menggunakan sensor sidik jari. Posisi sensor sidik jari yang ada di bagian belakang ini ternyata punya isu serius dalam membaca jari penggunanya.

Tim dari Expertreviews.co.uk ternyata mengalami kegagalan ketika sidik jari menempel di sensor sidik jari HP ini. Harus mencuci tangan terlebih dahulu untuk membaca sensor sidik jari di HP ini. Tampaknya, sensor sidik jari di HP ini cukup sensitif dan hal ini tentunya perlu perhatian khusus dari Honor kedepannya.

Simpulan

Untuk kelas harga 1 jutaan, Honor 7A merupakan HP yang tergolong menarik untuk dilirik. Banyak aspek yang cukup membuat HP ini punya nilai lebih dibanding vendor pesaing. Menilik kelebihannya, HP ini cocok untuk Anda yang butuh HP 1 jutaan dengan keunggulan di sektor dual kamera dan daya tahan baterai yang cukup awet.

Anda yang butuh HP dengan desain cantik tanpa mempermasalahkan bodi desainnya yang plastik juga bisa lirik HP ini. Tertarik dengan Honor 7A? Anda bisa membeli Honor 7A dengan kisaran harga 1,8 jutaan di link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment