carisinyal web banner retina

4 Situs untuk Download Subtitle Film Bahasa Indonesia

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Subtitle memiliki peran yang penting dalam membuat sebuah konten menjadi lebih global. Tengok saja drama Korea yang kini telah mendunia. Berkat adanya subtitle, drama Korea sukses menembus sekat-sekat bahasa sehingga kini memiliki fans dari seluruh dunia.

Kali ini, saya akan membahas beberapa situs untuk download subtitle film dan serial TV yang bisa Anda andalkan. Terlebih situs download subtitle terkenal Subscene sudah tidak bisa diakses lagi. Untuk itu, saya akan bagikan alternatif subscene untuk download subtitle bahasa Indonesia berikut ini.

1. DownSub

downsub

Situs ini bisa membantu saya untuk mengunduh takarir atau subtitle dengan mudah. Tentu, prosesnya tak memakan waktu lama. Dalam hitungan detik saja, subtitle akan langsung terunduh.

Caranya mudah. Sebagai contoh, saya ingin unduh subtitle sebuah drama Korea di platform streaming Viu. Saya tinggal copy-paste tautan videonya dari Viu ke DownSub. Tunggu beberapa saat, dan daftar subtitile akan langsung muncul. Format subtitle yang didukung adalah .srt dan txt. Kita bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Situs ini juga mengklaim bisa mengunduh subtitle dari YouTube. Sepengalaman saya, mengunduh dari YouTube tidak sepraktis dari Viu. Saya harus cari video yang memang sudah punya subtitle di dalamnya, atau sudah diberi subtitle di YouTube. Tak semua video bisa diekstrak dan diunduh. Beberapa ada yang gagal, bahkan unavailable meski sudah sesuai kriteria.

Saya coba unduh anime dengan subtitle bahasa Jepang. Ternyata, DownSub menyajikan subtitle versi terjemahannya. Bahkan, terjemahan bahasa Indonesia juga ada. Namun, namanya hasil terjemahan otomatis, tingkat akurasinya pun patut dipertanyakan.

Overall, DownSub jadi livesafer buat saya yang senang nonton drama Korea dan drama Tiongkok. Kunjungi situs resminya.

Hal yang saya sukai dari DownSub:

  • Gratis dan praktis. Bisa unduh subtitle lewat tautan video
  • Mendukung beberapa platform, termasuk Viu, Viki, dan YouTube
  • Subtitle tersedia dalam dua format: srt dan txt
  • Menghadirkan terjemahan subtitle

Hal yang perlu diperhatikan dari DownSub:

  • Tak semua subtitile video bisa diunduh
  • Pop-up iklan cukup mengganggu

2. Subtitle Search

subtitle-search

Subtitle Search juga cukup bisa diandalkan buat mencari takarir film favorit. Subtitle Search akan langsung menampilkan beberapa judul film terkait. Cukup ketikkan judul filmnya di kolom pencarian Subtitle Search.

Sebagai contoh, saya cari subtitile film John Wick (2014). Subtitle Search suguhkan daftar film terkait, lalu saya klik pada judul film yang diinginkan. Nah, setelahnya, akan tampil download button berwarna hijau. Saya coba klik tombolnya, dan daftar beberapa situs yang menyediakan subtitle tampil di layar. Saya tinggal pilih untuk mengunduh subtitle dari situs yang diinginkan.

Ya, Subtitle Search memang tidak langsung menampilkan daftar subtitle yang dicari seperti halnya situs SubScene yang sudah tak aktif. Namun, situs ini cukup membantu memudahkan pencarian subtitle film.

Hal yang saya sukai dari Subtitle Search:

  • Gratis. Bebas iklan yang mengganggu
  • Bantu carikan subtitle dengan mudah dari situs tertentu, lebih hemat waktu
  • Mendukung cukup banyak judul film terkenal

Hal yang perlu diperhatikan dari Subtitle Search:

  • Tak menyediakan subtitle langsung di situsnya

3. OpenSubtitles.com

opensubtitles

Menurut saya, situs ini paling mirip dengan Subscene. Pasalnya, OpenSubtitles.com memiliki user interface dan cara unduhan yang memang mirip Subscene. Saya tinggal cari judul filmnya, lalu daftar subtitle berformat .srt akan langsung disuguhkan di layar.

Dukungan bahasa dan sumber subtitle-nya juga banyak. Lebih lanjut lagi, saya temukan opsi advanced untuk mengunduh subtitle. Di opsi ini, saya bisa unduh subtitle dengan format lain. Salah satunya .txt. bahkan di advanced options-nya ini juga, saya dapat memilih FPS subtitle dan juga menghapus iklan yang tampil di subtitle-nya.

Sekadar info, fitur advanced options ini hanya berlaku untuk pengguna VIP yang berlangganan di OpenSubtitle.com. Buat Anda yang sudah puas dengan format .srt seperti saya, maka tak jadi masalah jika tidak berlangganan VIP. Mau coba unduh dari situs ini? Langsung kunjungi situsnya.

Hal yang saya suka dari OpenSubtitles.com:

  • Mirip Subscene, sajikan banyak opsi subtitle dari berbagai sumber
  • Ada opsi advanced untuk mengunduh subtitle
  • Bebas iklan, tersedia layanan unduh subtitle gratis
  • Bisa request untuk terjemahkan subtitle

Hal yang perlu diperhatikan dari OpenSubtitles.com:

  • Fitur advanced options hanya tersedia untuk pengguna VIP

4. Podnapisi

Selanjutnya, ada Podnapisi. Serupa dengan OpenSubtitles.com, situs ini mengingatkan saya pada Subscene.

Menariknya, Podnapisi sendiri menghadirkan subtitle dari lebih 20 bahasa berbeda. Situsnya juga suguhkan kategori berbeda, bahkan selalu up-to-date. Saya cek kategori "Latest Subtitle"-nya, ada beberapa subtitle untuk film dan serial TV terbaru.

Podnapisi juga punya forum. Namun, sepertinya hanya pengguna tertentu saja yang bisa mengakses forum ini. Di forum, Anda bisa berdiskusi dengan sesama pengguna Podnapisi, atau bertanya mengenai subtitle yang akan diunduh.

Podnapisi kini jadi andalan saya juga ketika mencari subtitle film. Selain karena koleksinya yang lengkap, situs ini juga dibekali fitur pencarian yang sangat spesifik. Saya tak cuma bisa cari judul film saja, melainkan juga tahun rilis dan genrenya.

Kalau untuk TV series, ada opsi pencarian berdasarkan episode dan musimnya. Jadi, saya dapat temukan subtitle dengan cepat dan mudah, bahkan untuk film dan serial TV lama sekalipun.

Hal yang saya suka dari Podnapisi:

  • Koleksi subtitle terbilang lengkap dan up-to-date
  • Ada forum diskusi dengan sesama pengguna
  • Didukung fitur pencarian yang spesifik
  • Gratis dan bebas iklan

Hal yang perlu diperhatikan dari Podnapisi:

  • Postingan di forum hanya tersedia untuk pengguna tertentu
  • Bahasa subtitle untuk film dan serial tertentu kadang terbatas

Itulah beberapa situs untuk download subtitle film yang saya rekomendasikan. Karena penggemar film dari Indonesia cukup banyak, maka kita bisa dengan mudah menemukan subtitle bahasa Indonesia di beberapa situs di atas.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram