Carisinyal / Stardew Valley / 16 Tips dan Trik Bermain Game Stardew Valley

16 Tips dan Trik Bermain Game Stardew Valley

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 September 2018

Stardew Valley merupakan game buatan ConcernedApe yang cukup menarik perhatian belakangan ini. Hal tersebut cukup beralasan mengingat game ini mengusung tema serta gameplay yang mirip dengan game Harvest Moon yang sudah lebih dahulu populer sekitar satu dekade yang lalu.

Meskipun mirip, terdapat berbagai macam aspek yang membuat game Stardew Valley ini sangat unik dan layak untuk dimainkan. Nah bagi Anda yang baru memainkan game ini, berikut Carisinyal akan memberikan beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan ketika memainkannya.

Tonton TV Setiap Pagi dan Malam

Ketika bangun pagi, sempatkan untuk menonton TV terlebih dahulu untuk melihat program Fortune Teller alias ramalan keberuntungan. Jika ramalan kita bagus, maka kita bisa memanen tanaman atau pergi ke tambang di hari itu karena akan banyak hasil panen atau mineral bagus yang kita dapatkan.

Sempatkan juga menonton acara Queen of Sauce untuk mengetahui resep masakan terbaru, dan acara Livin’ Off The Land untuk mengetahui spot-spot memancing terbaik. Sebelum tidur, tontonlah acara Weather Forecast atau ramalan cuaca untuk mengetahui cuaca keesokan harinya.

Aktifkan “Always Show Tool Hit Location”

tips dan trik bermain game stardew valley

Salah satu masalah yang dialami oleh para pemula di game Stardew Valley ini adalah kesulitan mengontrol tools yang digunakan. Seringkali kita menyiram, mencangkul, atau memangkas ke arah yang salah sehingga akan membuang-buang tenaga.

Untuk mengatasinya, silahkan buka menu, pilih tab settings, lalu ceklis pilihan “Always Show Tool Hit Location”. Setelah menceklisnya, kini akan muncul sebuah kotak merah ketika Anda menggunakan tools. Silahkan arahkan kotak merah tersebut ke tempat yang ingin Anda jadikan target.

Buat Chest untuk Menyimpan Barang

chest

Di awal permainan, tas yang kita miliki hanya mampu menampung 12 item saja sehingga kadang kita kerepotan untuk membawa barang yang baru. Maka dari itu, buatlah chest dengan 50 batang kayu untuk menyimpan barang-barang yang tidak digunakan.

Kumpulkanlah beberapa hasil panen, kayu, batu, tambang, dan barang-barang lainnya yang sekiranya akan dibutuhkan di kemudian hari di dalam chest. Chest tersebut bisa disimpan di dalam ataupun di luar rumah. Chest tersebut juga bisa dipindahkan dengan cara mengosongkannya terlebih dahulu.

Cangkul Cacing

cacing

Ketika sedang berjalan di jalanan tanah atau di pasir pantai, Anda sesekali pasti akan menemukan tiga cacing yang bergerak-gerak keluar dari tanah tersebut. Cangkul lah cacing tersebut dengan menggunakan hoe agar Anda bisa mendapatkan item yang ada di bawahnya.

Item yang terdapat di bawah cacing tersebut biasanya adalah koleksi buku yang hilang dari perpustakaan ataupun artifact yang bisa disumbangkan ke museum. Jika kurang beruntung, maka biasanya Anda hanya akan mendapatkan clay.

Tidur Sebelum Jam 12 Malam

Dalam keadaan apapun, pastikan Anda tidur sebelum jam 12 malam. Pasalnya jika Anda tidur melebihi jam tersebut, keesokan harinya Anda akan terbangun dengan energi yang tidak penuh. Hal tersebut tentu sangat merugikan jika Anda berencana untuk menambang atau melakukan pekerjaan berat lainnya.

Jika sampai jam 2 malam Anda masih belum tidur juga, maka biasanya Anda akan langsung pingsan di tempat saat itu juga. Keesokan harinya Anda harus membayar gold untuk orang yang menyelamatkan Anda di malam tersebut, serta ada beberapa item yang menghilang.

Bawa Makanan ke Tambang

Jika Anda berencana untuk menambang, jangan lupa untuk membawa makanan yang cukup. Pilihlah makanan yang dapat memberikan energy serta health yang cukup banyak. Dengan begitu, Anda bisa cepat pulih ketika kehabisan tenaga atau ketika diserang monster.

Upgrade Tools Ketika Tidak Digunakan

Anda dapat mengupgrade berbagai macam tools di Blacksmith dengan harga tertentu. Namun ingat, jangan upgrade tools tersebut ketika akan digunakan karena proses upgrade-nya memakan waktu sekitar 2 hari. Pastikan Anda mengupgrade water can ketika tidak ada tanaman yang perlu disiram, pickaxe ketika tidak ingin pergi ke tambang, dan sebagainya.

Perbaiki Jembatan ke Tide Pools

jembatan tide pools

Di awal game Stardew Valley pasti Anda akan sedikit kesulitan untuk mendapatkan gold. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memperbaiki jembatan putus yang mengarah ke Tide Pools. Anda hanya memerlukan 300 batang kayu untuk bisa memperbaikinya.

Setelah jembatannya normal, Anda bisa pergi ke Tide Pools setiap hari untuk mengumpulkan coral atau sea urchin. Kedua item tersebut kemudian bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Di Tide Pools juga biasanya terdapat cacing dan kulit kerang laut.

Lengkapi Bundles di Community Center

bundles

Jika melengkapi bundles di Community Center, maka Anda akan mendapatkan berbagai macam hadiah secara cuma-cuma. Hadiah yang ditawarkan juga tidak main-main, mulai dari perbaikan jembatan ke Quarry hingga aktivasi bis ke Dessert.

Jangan Membeli Membership JojaMart

Jika Anda pergi ke JojaMart, biasanya Anda akan ditawari kartu membership seharga 5000 gold. Jangan membeli membership tersebut karena Community Center nantinya akan diubah menjadi gudang JojaMart. Artinya, Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah dari Community Center secara gratis.

Bangun Coop di Fall atau Tahun Kedua

silo coop

Di awal-awal game Stardew Valley Anda akan ditawari untuk membangun Coop. namun sangat disarankan untuk menunda pembangunannya karena hasil gold dari peternakan tidak sebesar dari tanaman. Fokuslah terlebih dahulu kepada tanaman di awal-awal permainan.

Jika gold yang dimiliki sudah cukup banyak, maka Anda bisa mulai membangun Coop di musim Fall atau di tahun kedua. Namun ingat, bangunlah Silo terlebih dahulu sebelum Coop agar pasokan makanan selalu tersedia. Isilah Silo tersebut dengan hay ketika Fall agar ternak kita bisa tetap makan di Winter.

Kunjungi Travelling Cart

Traveling Cart

Pada setiap hari jumat dan minggu, terdapat sebuah Travelling Cart di belakang ladang kita, atau lebih tepatnya di jalan menuju ke wizard tower. Travelling Cart tersebut ditarik oleh babi dan menjajakan beberapa item langka.

Beberapa item yang dijual di sana akan berubah setiap waktunya sehingga pastikan Anda selalu mengunjunginya setiap hari jumat dan minggu. Harga dari item tersebut juga biasanya cukup terjangkau namun stoknya hanya sedikit.

Cek Papan Pengumuman

pengumuman pierre

Di depan toko Pierre terdapat sebuah papan pengumuman yang harus Anda cek setiap harinya. Pasalnya di sana selalu ada quest bagi Anda untuk memberikan sesuatu kepada karakter lain dengan imbalan hadiah yang besar. Jika tidak ada quest, maka biasanya Anda hanya bisa melihat kalender di papan tersebut.

Donasikan Mineral dan Artifact ke Museum

museum

Ketika menambang biasanya kita mendapatkan berbagai mineral yang unik dan berharga tinggi. Namun daripada menjualnya, lebih baik Anda mendonasikannya ke museum. Pasalnya, Anda akan mendapatkan berbagai macam hadiah yang menarik dari Gunther sang penjaga museum tersebut.

Beberapa hadiah yang akan Anda dapatkan di antaranya adalah benih tanaman langka, lukisan, hingga rusty key untuk membuka sewer dan saluran limbah air kotor. Selain mineral, Anda juga bisa mendonasikan artifact ke museum tersebut.

Datangi Kereta Api yang Lewat

kereta

Pada tanggal 3 summer akan terjadi sebuah gempa yang membuka jalur kereta ke Stardew Valley. Nah, ketika kereta lewat, bisanya akan ada item yang berjatuhan dari gerbongnya, mulai dari kayu, batu, ore, dan lainnya. Maka dari itu, segera datangi jalur kereta jika Anda mendengarnya lewat.

Beli Strawberry di Egg Festival

Strawberry merupakan tanaman yang paling banyak menghasilkan keuntungan di summer, namun sayangnya benih tanaman ini tidak bisa didapatkan di Pierre ataupun di JojaMart. Ya, benih strawberry hanya bisa didapatkan di Egg Festival di musim Spring.

Oleh karena itu, belilah sebanyak-banyaknya benih strawberry tersebut saat festival berlangsung. Akan tetapi agar hasilnya lebih maksimal, Anda harus menyimpannya terlebih dahulu dan menanamnya pada tangga 1 spring tahun berikutnya.

Nah itulah berbagai macam tips dan trik yang bisa Anda terapkan ketika baru memainkan game Stardew Valley ini. Jika Anda memiliki tips dan trik lainnya yang belum tercantum di atas, silahkan bagikan dengan pembaca lainnya melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar