advertisements

Pernahkah laptop Anda tiba-tiba mati kehabisan daya padahal indikatornya menyebutkan masih ada 30 persen lagi? Jika pernah, mungkin kini saatnya Anda mengikuti cara kalibrasi baterai laptop yang akan dibahas oleh Carisinyal berikut ini.

Seiring berjalannya waktu, pengukur kapasitas baterai bisa menjadi tidak akurat karena seringnya proses isi ulang. Atau mungkin bisa jadi Anda tidak mengikuti tips merawat baterai yang benar sehingga pengukur tersebut ‘kebingungan’ dengan kapasitas baterai yang sebenarnya. Terlepas dari benar atau tidaknya perawatan yang Anda lakukan, kalibrasi baterai ini sendiri wajib dilakukan setiap 3 bulan sekali agar pengukur kapasitas baterai tetap akurat.

advertisements

Beberapa merek laptop biasanya sudah memiliki aplikasi tersendiri untuk melakukan kalibrasi baterai. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengunjungi situs resmi dari produsen laptop Anda terlebih dahulu untuk memeriksa apakah terdapat aplikasi kalibrasi baterai atau tidak. Selain itu, periksa juga buku panduan penggunaan laptop tersebut karena beberapa produsen biasanya memiliki prosedur kalibrasi baterai yang berbeda.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Secara Manual

cara kalibrasi baterai laptop

Jika ternyata tidak ada aplikasi khusus untuk mengkalibrasi baterai laptop Anda, maka Anda dapat mengikuti cara manual di bawah ini:

  • Charge baterai laptop Anda hingga 100%
  • Setelah penuh, biarkan baterai tersebut tersambung ke listrik dalam keadaan penuh selama 2 jam untuk memastikan bahwa tidak ada proses charging lagi yang dilakukannya. Anda tetap dapat menggunakan laptop seperti biasa ketika melakukan proses ini.
  • Cabut charger dan gunakan laptop tersebut seperti biasa hingga laptop tersebut mati (hibernate) karena kehabisan daya baterai. Jika Anda tidak menggunakannya, pastikan laptop tersebut tidak diatur secara otomatis untuk sleep atau hibernate ketika tidak digunakan.
  • Setelah mati, biarkan laptop tersebut ‘beristirahat’ hingga 5 jam.
  • Colokkan kembali chargernya dan tunggu hingga baterainya penuh hingg 100%. Anda juga tetap bisa menggunakan laptop ketika menjalankan proses ini.

Setelah semuanya selesai, laptop Anda kini dapat kembali memberikan informasi kapasitas baterai yang benar. Dengan begitu tidak akan ada lagi kasus laptop Anda mati mendadak ketika kapasitasnya masih banyak. Jika disimpulkan, cara kalibrasi baterai laptop manual adalah dengan mengisi baterai hingga penuh, lalu mengosongkannya hingga habis, dan terakhir mengisinya kembali hingga penuh 100%. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: