advertisements

Kesal dengan baterai smartphone yang cepat habis? Bahkan, handset sekaliber Samsung Galaxy Note 5 saja baterainya mudah habis. Padahal, kapasitas baterai yang dimiliki Note 5 mencapai 3.000 mAh. Nah, bagaimana cara agar baterai Samsung ini tetap awet ketika dibawa berpergian?

Kita tidak selalu bisa mengisi daya baterai melalui charger atau power bank, bukan? Sementara itu, smartphone kita harus tetap aktif untuk berbagai keperluan. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Carisinyal akan berbagi cara menghemat baterai Samsung yang mudah dan simpel. Apa sajakah itu?

Gunakan Fitur Power Saving Mode

advertisements

Di beberapa handset Samsung terbaru, seperti Note 5, sudah disematkan fitur Power Saving Mode untuk menghemat daya baterai. Fitur ini sangat bermanfaat untuk menjaga smartphone Anda tetap aktif selama berjam-jam.

Lantas, bagaimana cara kerja Power Saving Mode? Fitur ini meminimalisir penggunaan CPU, mengurangi kecerahan layar, menurunkan frame rate, mematikan lampu tombol sentuh, dan mengurangi waktu timeout layar. Overall, fitur ini cukup berkontribusi dalam menghemat daya baterai smartphone Anda.

Aktifkan Mode Penghemat Baterai Ultra

cara menghemat baterai samsung

Dengan mengaktifkan mode ini, maka pengaturan smartphone Anda akan berubah. Nah, perubahan ini bertujuan untuk menghemat pemakaian daya baterai smartphone. Ketika mode ini diaktifkan, maka layar akan berubah menjadi grayscale, Wi-Fi dan bluetooth akan dimatikan, dan penggunaan data akan dipangkas setiap kali ada notifikasi yang masuk ke smartphone.

Kurangi Kecerahan Layar

kecerahan layar

Siapa yang tidak terpesonal dengan layar yang dimiliki Note 5? Layar berukuran 5,7 inch itu memiliki resolusi QHD. Jadi, pengguna Note 5 pasti akan puas dengan kecerahan dan kejernihan dari layar smartphone tersebut. Sayangnya, layar ini juga merupakan penyebab daya baterai menjadi lebih cepat habis.

Nah, jika Anda ingin menghemat daya baterai, sebaiknya kurangi brightness (kecerahan) layar di smartphone Anda. Ini adalah salah satu cara untuk menghemat penggunaan energi smartphone Anda, terutama jika Anda sedang berpergian ke tempat yang tidak memungkinkan untuk mengisi daya baterai.

Atur Screen Timeout

screen timeout samsung

Layar smartphone yang terus menerus menyala bisa membuat daya baterai Anda cepat berkurang. Nah, siasati ini dengan mengatur screen timeout. Sekedar informasi, screen timeout adalah fitur untuk mematikan lampu layar secara otomatis. Jadi, layar akan padam dan terkunci dalam waktu yang sudah ditentukan.

Mengatur screen timeout adalah cara menghemat baterai Samsung secara dini. Cara untuk mengatur screen timeout adalah masuk ke Settings > Display > Screen Timeout. Silahkan set waktunya menjadi 15 atau 30 detik saja.

Periksa Penggunaan Baterai yang Abnormal

Handset Samsung terbaru sudah dibekali dengan fitur Abnormal Battery Usage. Fitur ini menunjukkan aplikasi mana saja yang menggunakan daya baterai secara berlebihan. Karena tanpa kita sadari ada beberapa aplikasi “nakal” yang menggunakan daya baterai lebih dari yang seharusnya.

advertisements

Aplikasi “nakal” tersebut akan membuat baterai lebih cepat habis. Maka dari itu segera cek dan periksa aplikasi-aplikasi nakal tersebut. Jika Anda sudah mengetahui aplikasi mana saja yang menyebabkan baterai menjadi boros, maka segera uninstall aplikasi tersebut bila Anda ingin baterai smartphone jadi lebih awet.

Super AMOLED: More Black, Less Whites

Apa maksud dari more blacks and less whites? Begini, Samsung seri Note 5 dan beberapa jenis handset Samsung high-end lainnya sudah menggunakan layar Super AMOLED. Harus kami akui bahwa layar ini memang sangat menakjubkan.

Sayangnya, apabila Anda menggunakan wallpaper dengan warna putih atau warna cerah lainnya pada layar Super AMOLED, maka penggunaan daya baterai akan jadi lebih meningkat. Oleh karena itu, more blacks and less whites, artinya gunakan wallpaper dengan warna gelap, seperti hitam, dan kurangi penggunaan warna putih atau warna cerah lainnya pada layar Super AMOLED.

Hapus dan Non-aktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Berapa banyak aplikasi yang ada di smartphone Anda? Dewasa ini, Samsung terus meningkatkan kapasitas memori internal pada setiap smartphone keluarannya. Ini tentu merupakan kabar baik bagi Anda para penggunanya. Anda jadi lebih sering menginstall aplikasi-aplikasi di smartphone.

Namun tahukah Anda bahwa semakin banyak aplikasi yang terpasang di dalam smartphone, maka semakin besar pula risiko baterai lebih cepat habis? Sebaiknya uninstall atau non-aktifkan aplikasi yang tidak digunakan.

Matikan Konektivitas yang Tidak Perlu

aplikasi samsung

Semakin banyak konektivitas yang ditawarkan oleh sebuah smartphone, tentu akan semakin memudahkan penggunanya dalam melakukan banyak hal. Akan tetapi, dalam kasus menghemat baterai, Anda wajib mematikan konektivitas yang dirasa tidak perlu.

Matikan Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan GPS jika tidak digunakan. Pasalnya, jika Anda mengaktifkan konektivitas ini, maka smartphone akan berusaha untuk terus mencari koneksi yang diperlukan. Akibatnya, tentu smartphone harus bekerja lebih keras dan penggunaan daya baterai juga menjadi lebih besar.

Matikan Fitur Gimik Samsung

fitur samsung

Semakin canggih smartphone Anda, maka semakin banyak fitur atau gimik yang disediakan. Contohnya seperti Samsung Galaxy Note 5. Smartphone mutakhir ini menyediakan fitur tambahan seperti Smart Stay, gestures, dan briefing.

Pertanyaannya, apakah Anda benar-benar memerlukan fitur tersebut? Jika tidak, mengapa tak coba matikan saja fitur tersebut? Karena jika fitur itu terus dinyalakan, maka daya baterai yang terpakai juga lebih banyak sehingga membuatnya cepat habis.

Gunakan Wi-Fi, Matikan Koneksi Data

Sudah menjadi rahasia umum bila menggunakan Wi-Fi dapat membuat daya baterai smartphone jadi lebih awet dibanding ketika Anda menggunakan koneksi data. Pasalnya, koneksi data yang tidak stabil membuat smartphone harus terus mencari sinyal agar signal bar tetap penuh.

Jadi, bila Anda sedang berada di tempat yang menyediakan hotspot Wi-Fi, mengapa tak coba menggunakan Wi-Fi saja untuk menghemat baterai? Selain menghemat baterai, menggunakan Wi-Fi juga pastinya akan menghemat penggunaan kuota bulanan Anda.

Nah, itu tadi berbagai cara menghemat baterai Samsung yang dapat. Semoga cara ini bermanfaat untuk menghemat penggunaan daya baterai handset Samsung Anda ketika sedang berpergian. Selain baterai yang digunakan semakin awet, Anda juga dapat menginstal berbagai aplikasi penghemat baterai Android yang pernah kami ulas di halaman ini.

Artikel Menarik Lainnya: