Carisinyal / Baterai Android / 10 Aplikasi Penghemat Baterai Smartphone Android Terbaik

10 Aplikasi Penghemat Baterai Smartphone Android Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Para pengguna Android tampaknya tidak bisa lepas dari yang namanya baterai boros. Ya, di balik kecanggihan fitur dan spesifikasinya, perangkat Android selalu mengalami masalah pada baterai. Hal tersebut sebenarnya dapat dimaklumi mengingat berbagai fitur tersebut membutuhkan daya yang cukup besar.

Akan tetapi ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan menginstal aplikasi penghemat baterai Android. Saat ini banyak aplikasi yang menawarkan kemampuan tersebut, namun Carisinyal hanya akan mengulas 10 aplikasi terbaiknya saja.

Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik

Ingin menghemat baterai HP? Gampang, karena Anda hanya perlu coba salah satu dari 10 aplikasi yang kami rekomendasikan berikut ini.

1. Kaspersky Battery Life

Kaspersky Battery Life

Ada lagi aplikasi bagus untuk menghemat baterai HP, Kaspersky Battery Life. Ya, ini merupakan aplikasi usungan Kapersky di mana menawarkan keunggulan dalam me-reduce penggunaan daya di ponsel Android. Ada fitur di mana Kaspersky Battery Life akan memonitorisasi setiap aplikasi yang berjalan di HP Anda.

Lalu, aplikasi gratis ini juga akan selalu memberikan notifikasi untuk setiap aplikasi yang terlalu banyak mengkonsumsi penggunaan baterai HP. Oh iya, Anda juga tak perlu khawatir kalau aplikasi ini akan mempersempit memori di HP, karena Kaspersky Battery Life hanya butuh 7.4MB saja lho.

2. Accu​Battery

Accu​Battery

Accu​Battery adalah salah satu aplikasi yang bagus jika Anda ingin menghemat baterai HP Android. Pasalnya, Accu​Battery ini punya fitur yang cukup mumpuni dimana Anda bisa mengontrol segala aktivitas di HP Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui aplikasi mana saja yang paling banyak menghabiskan baterai. Setelah itu, Anda bisa mematikan aplikasi tersebut untuk sementara agar baterai HP tetap awet.

Namun, selain bisa untuk menghemat baterai, Accu​Battery juga punya fitur charge speed dan battery health. Pada fitur charge speed, Accu​Battery ini mengklaim bisa melakukan charging lebih cepat. Sedangkan untuk battery health, aplikasi ini akan membuat baterai HP lebih awet. Jadi, Accu​Battery akan otomatis stop charging jika baterai sudah 100%.

3. Green Battery

Green Battery

Selanjutnya ada aplikasi Green Battery. Kalau Anda mau menghemat baterai dengan cara yang mudah, pakailah aplikasi Green Battery. Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah, hanya cukup satu kali tap untuk fitur save power. Secara otomatis, Green Battery akan menghemat baterai HP dengan mematikan background HP atau tema di HP Anda.

Tapi, jika Anda ingin lebih menghemat baterai maka cobalah untuk menggunakan advanced power saving. Dengan fitur tersebut, Green Battery akan langsung mematikan beberapa aplikasi yang tidak Anda gunakan. Selain soal menghemat baterai, Green Battery juga punya fitur untuk menjaga baterai agar tetap stabil dan tidak bocor. Nama fitur tersebut adalah battery protection. Cukup lengkap, ya?

4. dfndr battery

aplikasi penghemat baterai dfndr battery

Aplikasi penghemat baterai Android dengan satu kali klik lainnya kini hadir dengan sebutan dfndr battery. Aplikasi ini juga menawarkan kemudahan dalam menghemat baterai. Anda kini tidak perlu khawatir lagi dengan baterai HP yang mudah low, gunakan saja aplikasi dfndr battery.

dfndr battery akan secara otomatis mematikan aplikasi yang sudah tidak Anda pakai lagi. Hanya dengan satu klik juga, Anda bisa meminimalisir penggunaan baterai di HP. Anda tertarik dan berminat menggunakannya? Langsung klik di sini dan dapatkan aplikasinya.

5. Battery optimizer and Widget

Battery optimizer and Widget

Sesuai dengan namanya, aplikai Battery optimizer and Widget ini bisa mengoptimalkan bahkan menghemat penggunaan baterai di HP Android Anda. Ada beberapa pilihan untuk menghemat baterai, antara lain Balanced, Power Save, Super Save, Night dan User Custom. Semua pilihan tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna aplikasi Battery optimizer and Widget.

Tapi, kalau Anda merasa kurang cocok dengan pilihan pengaturan yang sudah disediakan, silakan pilihlah user custom. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengatur sendiri aplikasi mana saja yang ingin dimatikan saat sedang dalam mode penghematan baterai. Cukup bagus, kan?

6. Easy Battery Saver

Easy Battery Saver

Aplikasi penghemat baterai Android selanjutnya yang cukup handal adalah Easy Battery Saver. Secara garis besar fitur yang ditawarkannya tidak jauh berbeda dengan DU Battery Saver. Akan tetapi aplikasi ini akan menampilkan informasi status level baterai Anda di halaman utamanya. Informasi tersebut sangat membantu kita untuk mengetahui berapa daya baterai yang bisa dihemat.

Seperti nama yang diusungnya, Easy Battery Saver memiliki keunggulan dalam hal cara penggunaan. Ya, aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah dioperasikan meskipun Anda baru pertama kali menggunakannya. Download aplikasinya di sini.

7. Battery Widget Reborn 2019

Battery Widget Reborn

Battery Widget Reborn 2019 juga merupakan aplikasi yang banyak digunakan saat ini. Aplikasi ini sangat kaya akan fitur dan memiliki beberapa pilihan widget yang bisa Anda gunakan di homescreen. Selain itu, aplikasi ini juga akan menampilkan notification icon untuk memberi tahu berbagai macam informasi.

Anda dapat mengatur agar aplikasi ini menjalankan fiturnya di waktu-waktu tertentu. Sebagai contoh, Anda dapat mengaturnya untuk menghidupkan fitur Airplane Mode ketika Anda tidur di malam hari sehingga kapasitas baterai akan tetap terjaga.


Tidak hanya fitur yang berkaitan dengan baterai, Battery Widget Reborn 2019 juga menyediakan beberapa fitur menarik lainnya. Salah satunya adalah Dashclock Extension yang akan mengaktifkan lampu flash untuk dijadikan sebagai senter. Silahkan unduh aplikasi ini melalui Play Store di sini.

8. Battery Doctor

Battery Doctor

Aplikasi terakhir yang dapat Anda gunakan untuk mengemat baterai Android adalah Battery Doctor. Tidak hanya dapat menghemat baterai, aplikasi ini juga dapat mempercepat kinerja Android Anda dengan menyingkirkan bloatware. Bloatware sendiri merupakan sebutan untuk aplikasi bawaan smartphone yang sama sekali tidak Anda perlukan.

Aplikasi Battery Doctor ini juga akan menampilkan berbagai data yang berkaitan dengan baterai perangkat Anda. Salah satu di antaranya adalah informasi mengenai sisa baterai yang akan Anda dapatkan setelah mematikan fitur Bluetooth, GPS, WiFi, dan lainnya.

Informasi lainnya yang akan Anda dapatkan adalah perkiraan waktu kapan baterai tersebut akan habis. Dengan begitu Anda dapat memperkirakan kapan sebaiknya Anda mulai mengisi ulang dayanya agar tidak sampai kehabisan. Silahkan download aplikasi ini secara gratis melalui Play Store di link ini.

9. Battery Saver

Battery Saver

Satu lagi aplikasi yang bagus untuk menghemat baterai HP, Battery Saver. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini diklaim mampu menghemat baterai secara efektif. Cara kerja Battery Saver ini adalah mengoptimalisasi kinerja baterai dan mematikan sementara beberapa aplikasi yang sedang tidak digunakan. Dengan begitu, Battery Saver ini bisa mengatur konsumsi baterai yang ada di HP. Tertarik untuk mencobanya?

10. Battery Manager

Battery Manager

Ada aplikasi Battery Manager yang juga bisa menghemat baterai HP Anda secara efektif. Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Battery Manager ini menghemat baterai dengan cara standby HP dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, Battery Manager juga memperbolehkan Anda untuk mengatur aplikasi apa saja yang banyak mengonsumsi baterai.

Aplikasi Rekomendasi Lainnya

Selain 10 aplikasi di atas, kami masih punya beberapa aplikasi bagus lainnya untuk menghemat baterai. Tapi sayangnya, aplikasi yang direkomendasikan ini sudah tidak tersedia di PlayStore.

1. JuiceDefender

JuiceDefender

JuiceDefender memiliki banyak mode dan pengaturan yang akan mengemat penggunaan baterai Anda secara otomatis. Salah satu di antaranya adalah aplikasi ini akan menurunkan CPU ketika perangkat Android Anda tidak digunakan. Dengan begitu, prosesor tidak akan menggunakan banyak tenaga yang akan menghabiskan daya baterai dengan cepat.

Berbagai fitur tersebut dapat menghemat penggunaan baterai Android dalam waktu yang cukup panjang. Anda juga dapat mengaktifkan dan mematikan koneksi internet secara mudah, terlebih tampilan antarmuka yang dimilikinya sangatlah sederhana.

Sebagian besar fitur dari aplikasi Juice Defender ini dapat digunakan secara gratis. Akan tetapi ada juga yang baru bisa digunakan setelah Anda membeli versi Pro atau Ultimate-nya.

2. GO Battery Saver&Power Widget

GO Battery Saver&Power Widget

Selain terkenal dengan launcher dan keyboard-nya, GO juga ternyata memiliki aplikasi penghemat baterai yang cukup handal bernama GO Battery Saver&Power Widget. Aplikasi ini dapat disebut sebagai yang paling cantik tampilannya jika dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya.

Aplikasi ini menghadirkan tampilan yang simpel sehingga para pengguna dapat mengakses berbagai macam fitur dengan cepat. Terdapat juga informasi yang lengkap mengenai perkiraan waktu sisa dari baterai tersebut sebelum habis sehingga Anda dapat mempersiapkannya.

Untuk mempermudah penggunaannya, GO Battery Saver&Power Widget menyediakan beberapa macam widget. Berbagai widget tersebut dapat Anda gunakan untuk mengakses fiturnya dengan cepat dari homescreen perangkat Android Anda.

3. Avast Battery Saver

Avast Battery Saver

Avast Battery Saver hadir sebagai salah satu aplikasi penghemat baterai Android Anda. Aplikasi besutan developer Avast Software ini menyodorkan kepada para penggunanya menghemat baterai dengan cara memberhentikan aktivitas untuk beberapa aplikasi di HP.

Tenang saja, Avast Battery Saver tidak akan memberhentikan aplikasi penting Anda melainkan memberhentikan aktivitas aplikasi yang tidak Anda gunakan. Jadi, tentu aplikasi Avast Battery Saver mampu menghemat baterai Anda. Anda tertarik?

4. Battery SaverBattery Saver

Tidak jauh berbeda dengan Avast, sesuai dengan namanya tentu aplikasi satu ini akan siap menghemat baterai ponsel canggih ala Android. Battery Saver menyodorkan beragam fitur unggulan yang dapat dinikmati oleh siapapun pengguna aplikasi.

Aplikasi penghemat baterai Android ini akan mematikan aplikasi-aplikasi yang sudha tidak digunakan. Selain itu juga, ketika layar HP Anda mati, secara otomatis Battery Saver akan mematikan aplikasi-aplikasi yang ada di HP Anda. Cukup baik bukan?

5. DU Battery Saver

DU Battery Saver

Aplikasi pertama yang layak untuk Anda coba adalah DU Battery Saver. Aplikasi ini memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan fitur penghemat baterai bawaan perangkat Android. Selain itu, fitur-fitur yang dimilikinya juga lebih lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi penghemat baterai yang lain.

Terdapat berbagai macam mode dan opsi yang bisa Anda atur sedemikian rupa untuk dapat menekan penggunaan daya baterai sekecil mungkin. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa jenis widget yang berguna untuk mengakses fiturnya dengan cepat.

Nah, itulah berbagai macam aplikasi penghemat baterai Android yang dapat Anda coba saat ini. Sebenarnya masih banyak aplikasi lainnya di Play Store, namun masih jarang ada yang memiliki kinerja sebaik kesepuluh aplikasi di atas.

Satu hal yang peru Anda ingat, jangan pernah menggunakan aplikasi penghemat baterai yang juga berfungsi sebagai task killer. Mematikan aplikasi yang berjalan di background memang baik, namun tidak akan optimal karena aplikasi tersebut pasti akan aktif kembali.

Sistem operasi Android juga sudah diatur sedemikian rupa agar dapat melakukan multitasking dengan sempurna. Maka dari itu, aplikasi task killer biasanya hanya akan mengganggu kinerjanya saja. Untuk penjelasan lebih lengkapnya silakan baca artikel ini.

Selain menggunakan berbagai aplikasi tersebut, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan tips menghemat baterai yang lainnya. Salah satunya adalah dengan mengubah wallpaper menjadi warna hitam dan menghindari penggunaan live wallpaper.

Background data juga biasanya banyak memakan daya baterai sehingga lebih baik dimatikan jika Anda tidak membutuhkannya. Jangan lupa pula, semakin banyak aplikasi yang Anda install, maka akan semakin banyak pula daya baterai yang dibutuhkan.

Anda juga harus merawat baterai dengan baik dan benar agar tidak mudah rusak. Perawatan baterai yang benar tersebut sangat bergantung kepada pola penggunaan smartphone kita, seperti cara nge-charge, dan lainnya. Silakan simak artikel ini untuk mengetahui cara merawat baterai yang benar.

Dari 10 aplikasi penghemat baterai Android di atas, aplikasi manakah yang paling Anda sukai? Ataukah Anda memiliki aplikasi lainnya yang juga layak untuk dicoba? Silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *