advertisements

Xiaomi Redmi Note 3 adalah smartphone dengan layar berukuran 5.5 inci yang telah menjadi best seller sejak awal perilisannya. Harga yang terjangkau dan spesifikasi yang mumpuni membuat Redmi Note 3 ini menjadi ponsel yang paling dicari pada tahun 2015 hingga tahun 2016 ini. Bahkan, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan jaringan internet paling mutakhir, yakni 4G LTE.

Memiliki smartphone berkualitas bukan berarti Anda tidak akan menemukan kendala selama penggunaannya. Ada beberapa kendala yang mungkin kerap kali terjadi pada Redmi Note 3. Kali ini, Carisinyal akan membagikan solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan Xiaomi Redmi Note 3 tersebut.

Perbedaan Serial Number (S/N) Di Dus dengan Handset

advertisements

Pada umumnya, Serial Number (S/N) yang tertera pada mesin HP akan sama dengan yang ada di dus. Akan tetapi, di Redmi Note 3, S/N yang terdapat pada mesin berbeda dengan yang ada di dus. Hal tersebut disebabkan karena yang tertera di mesin adalah S/N chip atau motherboard.

Sementara S/N yang terdapat pada dus akan sama dengan S/N yang ada diplastik belakang yang membungkus HP ketika baru dibuka. Jadi, simpanlah plastik tersebut agar memudahkan Anda ketika ingin menjual ponsel ini.

Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor

permasalahan xiaomi redmi note 3

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi  dari Xiaomi Indonesia mengenai garansi official untuk Redmi Note 3. Meskipun sebenarnya ijin/sertifikat dari Dirjen Postel sudah dikeluarkan untuk Xiaomi Indonesia. Sementara saat ini yang beredar adalah garansi distributor non-resmi yang sudah tersebar luas di toko online maupun offline.

Perbedaan dari keduanya cukup jelas, perangkat dengan garansi resmi sudah diseting untuk pasar indonesia. Jika ada kerusakan, maka pelayanan garansinya pun sangat terjamin. Sedangkan untuk perangkat bergaransi distributor, perangkat tersebut biasanya diimpor langsung dari Cina dan banyak memiliki bugs sehingga harus dilakukan flashing terlebih dahulu.

Pemasangan MicroSD

micro sd redmi note 3

Anda tidak bisa memasang microSD pada Redmi Note 3 yang berprosesor MediaTek. Akan tetapi, Redmi Note 3 Pro yang mengusung prosesor Snapdragon menyediakan slot microSD hingga 128 GB. Namun, slot microSD ini memiliki slot yang sama dengan SIM Card kedua sehingga Anda harus memilih salah satunya.

Tipe/Varian Redmi Note 3

Ada dua tipe/varian dari handset ini, yaitu Redmi Note 3 dengan prosesor MediaTek dan Redmi Note 3 Pro yang mengandalkan prosesor Snapdragon. Selain itu, perbedaan juga terdapat pada ukuran memori internal dan RAM, yaitu RAM 2 GB / ROM 16 GB dan RAM 3 GB / ROM 32 GB.

Perbedaan Handset MediaTek dengan Snapdragon dari Dus

dus redmi note 3

Banyak yang menanyakan mengenai cara untuk membedakan Redmi Note 3 MediaTek dengan Snapdragon dari dusnya. Perbedaan bisa terlihat dari belakang dus. Redmi Note 3 Pro bertuliskan Snapdragon (dalam bahasa Mandarin) 650, sedangkan Redmi Note 3 biasa menggunakan prosesor MTK Helio X10.

Download Aplikasi PlayStore Tanpa Wi-Fi

Mungkin Anda tidak bisa mendownload atau menginstall aplikasi Play Store jika menggunakan paket data karena secara default harus menggunakan WiFi. Namun Anda juga tetap bisa mengunduh aplikasi menggunakan paket data seluler dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Pilih Tool
  2. Masuk ke dalam menu Download
  3. Tekan Setting
  4. Set limit download ke “Unlimited”

Uninstall Aplikasi Bawaan

advertisements

Jika Anda ingin menghemat penggunaan memori internal dengan menguninstall aplikasi bawaan yang dirasa tidak perlu, maka Anda tidak bisa melakukannya secara langsung. Untuk menghapus aplikasi bawaan, Anda harus melakukan root terlebih dahulu handset ini. Atau flash ulang dengan ROM yang free bloatware.

Setting Default Browser

Bila Anda ingin membuka link dari aplikasi lain, tetapi yang terbuka selalu stock browser, maka Anda harus melakukan pengaturan sebagai berikut ini agar Anda bisa membukanya di dalam browser lain yang Anda inginkan:

  1. Masuk ke dalam menu Setting
  2. Pilih Installed Apps
  3. Di bagian bawah, pilih Defaults, lalu pilih Browser

Setting 3G dan 4G

Untuk setting 3G Only atau 4G Only, Anda tidak bisa melakukannya di dalam menu Setting. Karena di menu Setting hanya terdapat preferred networks 2G, 3G, 2G/3G, dan 2G/3G/4G. Lakukan cara berikut ini untuk mengunci salah satu jaringan saja:

  1. Masuk ke tombol angka untuk melakukan panggilan telepon, masukkan *#*#4636#*#*
  2. Cari kolom dengan tulisan GSM Auto atau LTE/GSM Auto
  3. Set ke LTE Only untuk lock 4G atau WCDMA Only untuk lock 3G

Setting Custom Keyboard

Terdapat banyak aplikasi keyboard terbaik yang ada saat ini. Nah, jika Anda memilih untuk menggunakan salah satu aplikasi keyboard tersebut di Redmi Note 3, maka Anda harus mengaturnya menjadi default terlebih dahulu agar Anda tidak perlu mengaturnya setiap waktu. Untuk setting custom keyboard menjadi default, ada dua langkah mudah, yakni:

  1. Step 1: Masuk ke Setting > Pilih Language & Input > Tentukan keyboard yang diinginkan
  2. Step 2: Masuk ke Security > Permission > Auto Start > Lalu pilih keyboard yang diinginkan

Pengaturan Getar yang Tepat

Beberapa orang mengeluh bahwa handset Xiaomi Redmi Note 3 sering menghasilkan getaran sendiri saat diletakkan di saku celana. Padahal, tidak ada notifikasi apapun yang masuk ke dalam ponsel tersebut.

Cara mengatasi permasalahan ini adalah letakkan ponsel dengan posisi fingerprint menghadap ke luar atau depan celana, karena sensor pemindai sidik jari tersebut amat sensitif jika Anda meletakkannya menghadap ke paha.

Mengatasi Bug Child Mode

redmi note 3 child mode

Masalah yang satu ini sangat sering dialami oleh pengguna Xiaomi Redmi Note 3. Bug ini membuat beberapa aplikasi terkunci dan tidak bisa digunakan. Untuk mengatasi bug child mode, Anda bisa segera melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Nyalakan Air Mode atau lepas SIM Card utama yang biasa Anda gunakan
  2. Matikan mode tersebut, lalu kunci layar perangkat Anda
  3. Pilih Emergency dan telpon ke 112
  4. Pilih Contacts
  5. Pilih Yellow Pages
  6. Tekan pada kolom Search
  7. Tekan City
  8. Tekan Network Settings
  9. OK, lanjutkan masuk ke dalam menu Settings dan disable Child Mode

Setting Mirror Kamera Depan

Pada beberapa kasus, banyak pengguna Xiaomi Redmi Note 3 yang mengeluh karena hasil foto dengan kamera depan selalu terbalik. Padahal, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mudah melalui cara-cara berikut ini:

  1. Pada menu Kamera, untuk ke kamera depan terlebih dahulu
  2. Masuk ke Setting
  3. Pilih System App – Camera
  4. Pilih Mirror Front Camera

Menghilangkan Garis Merah Saat Mengetik

Beberapa pengguna sering mengeluhkan adanya garis merah yang cukup mengganggu ketika sedang mengetik. Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan garis merah yang sering tampak pada saat Anda sedang mengetik:

  1. Masuk ke menu Setting
  2. Pilih Additional Setting
  3. Pilih Language and Input
  4. Pilih Google Keyboard
  5. Pilih Language, lalu aktifkan Indonesian dan non-aktifkan English
  6. Restart kembali handset Anda

Tidak Terkoneksi dengan Internet

Untuk mengatasi masalah Xiaomi Redmi Note 3 yang tidak terkoneksi ke internet, Anda bisa mematikan ponsel, lalu lepas dan pasang kembali SIM Card Anda. Atau Anda pun bisa menukar posisi SIM Card 1 dan SIM Card 2, begitu pun sebaliknya.

Setting Notifikasi Agar Tidak Delay

Seringkali beberapa aplikasi instant messaging seperti WhatsApp, LINE, dan lainnya tidak memunculkan notifikasi secara langsung ketika menerima pesan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Locked aplikasinya agar tetap jalan sebagai background dengan cara seret ke bawah sampai muncul ikon “gembok”
  2. Masuk ke dalam Security > Permission > Auto Start > ON aplikasi yang selalu ingin jalankan di background
  3. Masuk kembali ke dalam Security > Battery dan jangan memilih mode Marathon atau Sleep

Screen ON/OFF Dengan Fingerprint

Jika Anda tidak mau menggunakan tombol power untuk menyalakan atau mematikan perangkat, maka Anda bisa menggunakan sensor sidik jari untuk melakukannya. Tips ini juga sangat berguna untuk menjaga agar tombol power tidak cepat longgar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu Settings > Lock Screen and Password > Password & Fingerprint
  2. Pilih salah satu saja Pattern/PIN/Password
  3. Masukkan Mode Kunci Anda
  4. Pilih Scan Sidik Jari / Fingerprint.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki masalah yang sering muncul pada Xiaomi Redmi Note 3. Semoga cara ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan pada handset Anda. Jika Anda memiliki masalah lainnya, Anda bisa menanyakan langsung melalui forum diskusinya di Kaskus pada link ini.

Artikel Menarik Lainnya: