carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / Ini Nih 7 Aplikasi Alkitab Terbaik untuk PC dan Laptop

Ini Nih 7 Aplikasi Alkitab Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Mei 2021

Membaca kitab adalah salah satu bentuk ibadah yang bernilai pahala dan dapat memperbaiki hubungan kita dengan Tuhan. Untuk mempermudah membaca kitab, orang banyak memodifikasi bentuk kitab suci agar kita bisa membacanya di mana pun dan kapan pun. Misalnya saja kitab suci yang dulu berukuran besar, kini ada versi mini sehingga muat di kantong kecil.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, bahkan sekarang banyak kitab suci yang dibuat dalam bentuk digital, misalnya saja dalam bentuk aplikasi. Alkitab kini sudah tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa dipasang pada perangkat komputer. Sebelum itu kita cari tahu terlebih dahulu yuk keunggulan dari membaca alkitab dari aplikasi berikut ini.

Manfaat Membaca Alkitab Menggunakan Aplikasi

Kemajuan teknologi menawarkan begitu banyak kemudahan dalam berbagai hal. Ponsel dan PC yang dilengkapi dengan jaringan internet menjadikan perangkat mampu mengerjakan banyak hal. Begitu juga ketika kita hendak beribadah dan melakukan renungan.

Dengan kemajuan teknologi, perangkat seperti ponsel dan PC memfasilitasi kebutuhan kita. Saat ini kita tidak lagi perlu membawa alkitab fisik berukuran besar sebagai gantinya kita gunakan aplikasi alkitab. Nah apa saja kelebihan membaca alkitab menggunakan aplikasi? Berikut penjelasannya.

1. Akses Lebih Cepat

Dengan adanya teknologi canggih membuat kita harus bergerak cepat untuk melakukan sesuatu. Termasuk dalam hal membuka alkitab. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membuka bagian ayat suci yang akan dibaca.

Berbeda dengan ketika kita membaca alkitab dengan menggunakan buku fisik. Tentu kamu akan memakan lebih banyak waktu untuk membolak-balikan lembar demi lembar sampai kita menemukan halaman yang kita cari.

2. Mudah Dibawa

Dengan adanya aplikasi yang terpasang di dalam PC atau laptop, kerepotan membawa alkitab menjadi lebih ringan. Pasalnya kamu tidak perlu menambah beban dengan membawa buku alkitab karena kamu sudah punya alkitab dari aplikasi yang terpasang pada laptop atau PC.

Ini tentu sangat praktis dan memudahkan kamu bepergian tanpa merasa takut kamu tidak bisa membaca alkitab. Atau kalau kamu ingin lebih praktis, kamu bisa melengkapi ponselmu dengan aplikasinya. Lebih mudah, kan?

3. Lebih Hemat

Bukan maksud pelit, tetapi jika ada yang lebih hemat kenapa tidak digunakan saja. Ini lah yang menjadi dasar pemikiran menggunakan aplikasi untuk membeli alkitab dengan aplikasi dibanding membeli alkitab fisik.

Ini disebabkan karena harga aplikasi jauh lebih ekonomis dibanding harga alkitab fisik yang harganya bisa mencapai ratusan ribu. Bahkan tak jarang kalau aplikasi alkitab diberikan secara cuma-cuma kepada orang yang membutuhkannya. Kamu hanya tinggal mengunduh dari tautan dan tertentu dan memasangnya.

4. Bisa Dibaca dalam Gelap

Kelebihan satu ini sudah pasti diragukan. Membaca alkitab melalui aplikasi tidak membutuhkan penerang tambahan seperti saat kita membaca alkitab fisik. Kamu tidak pernah melihat seseorang membaca firman saat keadaan sedang gelap, kan? Akan sulit melihat huruf-hurufnya.

Sedangkan jika kamu membaca dengan alkitab versi digital di dalam gelap kamu tidak akan kesulitan pasalnya dalam keadaan gelap layar laptop atau PC akan mengeluarkan cahaya sehingga kamu bisa membaca alkitab dengan tenang.

5. Praktis

Kamu pasti sering mengalami sulit mengingat sebuah firman atau ayat di dalam alkitab? Dengan menggunakan aplikasi atau software kamu bisa lebih cepat mencari ayat yang kamu inginkan. Jika kamu tipe orang pelupa maka tulisan digital di dalam software alkitab akan sangat membantumu mengingat kembali ayat yang terlupakan. Ini sangat praktis.

Beberapa Aplikasi Alkitab yang Bisa Dipasang di PC

Di masa modern seperti ini hampir semua hal sudah dilakukan dalam bentuk digital. Menulis dan membaca semuanya semuanya dilakukan dengan menggunakan media digital yang lebih praktis dan lebih hemat.

Digitalisasi pun berhasil menyentuh ranah keagamaan yang dicirikan dari penggunaan kitab suci digital. Kitab suci termasuk alkitab di masa ini sudah tersedia aplikasi di internet dan bisa dipasang pada perangkat. Ini dia beberapa aplikasi alkitab yang bisa dipasang pada PC.

1. Aplikasi Alkitab LAI

Sumber: Lembaga Alkitab Indonesia

Aplikasi ini dibuat oleh Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) untuk memudahkan kamu mengakses alkitab dengan mudah. Aplikasi ini merupakan aplikasi online. Kamu bisa unduh aplikasinya dari situs resminya untuk dipasang pada komputermu.

Selain sudah menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya, kini aplikasi ini sudah diterjemahkan ke dalam kurang lebih 700 bahasa daerah yang ada di Indonesia.


LAI tidak hanya membuat alkitab, mereka pun punya Testamen, komik alkitab, Porsion, peta alkitab, kuis, alat peraga sekolah Minggu, teka-teki alkitab, audio-video book, studi Biblika dan masih banyak lagi produk lainnya.

2. Aplikasi Alkitab Elektronik

Sumber: www.khotbahilustrasigames.files.wordpress.com

Pada dasarnya aplikasi alkitab ini adalah sebuah software alkitab yang berbasis desktop. Aplikasi ini dapat diinstal pada laptop ataupun PC.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya beberapa macam terjemahan alkitab dalam bahasa daerah suku-suku di Indonesia seperti Bahasa Sunda, Bahasa Toraja, Bahasa Toba dan bahasa lainnya.

Di samping itu, alkitab ini tersedia dalam versi King James dan berbagai tools yang mempermudah kita untuk mengakses dan membaca ayat alkitab dengan baik. Aplikasinya bisa kamu unduh di sini.

3. Aplikasi SABDA

Sumber: SABDA

Aplikasi ini adalah software alkitab dan Biblika yang isinya program alkitab lengkap dengan rak buku elektronik.
Aplikasi SABDA mempunyai berbagai bahan Biblika dan bahan kekristenan lainnya yang menggunakan Bahasa Indonesia yang lengkap.

Total ada lebih dari 50 versi alkitab dan puluhan modul buku lain. Selain dalam bentuk aplikasi, kamu bisa unduh software SABDA dalam bentuk CD/DVD secara gratis.

4. Aplikasi Bible Database

Sumber: https://bibledatabase.software.informer.com

Bible database adalah software alkitab yang dibuat untuk PC. Aplikasi ini adalah salah satu yang terbaik dengan isi dan fitur yang lengkap. Di versi terbaru dari aplikasi ini, kita bisa membaca alkitab dalam versi Bahasa Indonesia berkat adanya fitur Multi Language.

Kamu bisa pula mengatur tampilan dengan mengganti ukuran fonta, latar dan warna sesuai dengan keinginan. Silahkan unduh aplikasinya melalui tautan ini.

5. Ekaristi Dot Org

Sumber: http://www.ekaristi.org

Selanjutnya ada aplikasi Ekaristi. Ini adalah aplikasi daring yang bisa kamu akses di situs resminya, mirip dengan aplikasi SABDAweb. Kamu bisa akses aplikasinya dari tautan ini.

Dengan aplikasi ini kamu bisa menemukan kanon kitab suci katolik Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Selain itu, Deuterokanonika lengkap bisa kamu akses semaunya.

Di dalam aplikasi ini juga terdapat kitab suci interlinear yang mempunyai terjemahan yang bisa dibaca dalam waktu yang sama dalam beberapa macam pilihan bahasa seperti Bahasa Inggris, Bahasa Inggris King James dan Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris Douay.

6. Aplikasi E-Sword

Sumber: https://www.e-sword.net

Untuk mempelajari injil dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna kamu bisa gunakan E-Aplikasi. Semua alkitab, kamus, dan komentar bisa kamu dapatkan dengan satu kali klik.

Interface aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan. Masukan berbagai kata yang ingin kamu cari kemudian atuh setting. Untuk menggunakannya kamu bisa unduh pasang aplikasinya dari tautan ini.

7. Aplikasi Alkitab Bible

Sumber: https://pcmac.download

Aplikasi ini dikirim oleh Softcraft System and Solution Private Ltd. Alkitab Bible dalam bentuk aplikasi ini kompatibel pada perangkat yang menggunakan iOS dan Windows. Untuk memasang aplikasi ini kamu harus mengunduh emulator aplikasi desktop terlebih dahulu.

Aplikasi ini berisi perjanjian baru dan perjanjian lama dalam bahasa Indonesia. Ada beberapa fitur lain yang tak kalah penting, misalnya bookmark, pencarian ayat, loncat dari halaman ke halaman, loncat dari buku ke buku dan membaginya ke media sosial seperti Facebook, Twitter dan lain-lain.

Nah, itu lah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan pada pc atau laptop. Teknologi yang semakin berkembang sebaiknya tidak menghalangi kita untuk terus beribadah tanpa terganggu tempat dan waktu.

Pemanfaatan aplikasi di masa modern ini tentu sangat membantu. Tidak hanya mempermudah tapi juga tapi juga akan memperlancar ibadah pemeluknya. Ibadah lancar hati tenang.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram