Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik di Android

10 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik di Android

Ditulis oleh - Diperbaharui

Bahasa Arab merupakan salah bahasa yang penting untuk dipelajari, khususnya bagi umat Muslim. Kenapa? Karena bahasa Arab merupakan bahasa utama yang digunakan dalam peribadatan (seperti salat dan membaca kitab suci Al-Qur’an) umat Islam di seluruh dunia dan merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di muka bumi.

Saking pentingnya mempelajari bahasa Arab, setiap Muslim sudah dituntut untuk mempelajari bahasa itu sejak kecil. Seperti bahasa lain pada umumnya, hal pertama yang perlu diketahui dalam mempelajari bahasa Arab adalah mengenali huruf Hijaiyah (dalam bahasa Latin yaitu huruf A sampai Z).

Mempelajari bahasa Arab bukan hanya soal ibadah bagi golongan Muslim saja, namun aspeknya sangat luas. Misalnya jika kamu ingin melakukan hubungan bisnis dengan bangsa Arab atau mencari ilmu di atas tanahnya, maka kamu perlu mengerti bahasa mereka agar kegiatan kamu semakin lancar (walau sebetulnya bisa menggunakan bahasa Inggris).

Belajar bahasa Arab (dan juga bahasa lainnya) di zaman modern ini bukanlah hal yang sulit. Dengan teknologi yang maju, kamu bahkan bisa mempelajari bahasa tersebut hanya melalui genggaman. Ya, melalui perangkat ponsel pintar, kamu dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang bisa membantu menguasai bahasa Arab.

Nah, terkait hal tersebut saat ini Carisinyal membahas 10 aplikasi belajar bahasa Arab yang terdapat di ponsel pintar. Dengan aplikasi-aplikasi belajar bahasa Arab ini diharapkan pengetahuanmu tentang bahasa itu meningkat. Apa sajakah aplikasi belajar bahasa Arab tersebut? Simak pembahasannya berikut ini. 

10 Aplikasi Belajar Bahasa Arab

1. Kamus Arab Indonesia

Kamus Arab

Mengapa harus melalui kamus? Karena hal ini adalah sumber utama kita mempelajari sebuah kata. Jika sebelumnya kamu harus ribet dengan kamus berbentuk buku, maka kini kamu bisa membuka kamus dalam bentuk aplikasi yang simpel dan mudah digunakan.

Kamus Arab Indonesia adalah salah satu aplikasi utama untuk belajar bahasa Arab. Kamu hanya perlu mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di ponsel pintarmu. Setelah itu, mulailah belajar bahasa Arab dengan mencari kata-katanya dalam bahasa Indonesia.

Kamus ini cocok digunakan oleh banyak kalangan karena cukup mudah digunakan. Selain itu, salah satu aplikasi belajar bahasa Arab ini juga menyediakan penjelasan yang cukup rinci untuk setiap kata yang kamu cari dan juga idiom-idiomnya. Kamu bisa mengunduh aplikasi Kamus Arab Indonesia ini di sini.

2. Google Translate

Google Translate

Google Translate merupakan sebuah aplikasi penerjemah bahasa yang paling sering digunakan banyak orang. Selain karena penggunaannya yang sangat mudah, aplikasi ini juga mendukung banyak bahasa untuk diterjemahkan termasuk bahasa Arab tentu saja.

Google Translate memiliki tiga fitur utama yang sangat bermanfaat bagi kamu. Yang pertama adalah fitur penerjemah teks yang berfungsi dalam 103 bahasa secara online dan 59 bahasa secara offline. Fitur lainnya adalah fitur yang memungkinkan kamu bisa mengarahkan kamera ponsel pintarmu untuk memotret tulisan yang ingin kamu terjemahkan.

Contohnya, ketika kamu berjalan-jalan di Mesir. Kamu menemukan petunjuk arah kota dengan tulisan bahasa Arab. Kamu tinggal potret tulisan Arab tersebut  dan Google Translate pun akan menampilkan terjemahan tulisan tersebut di layar ponselmu.

Yang ketiga ada fitur  yang memungkinkan kamu bisa berbicara ke Google Translate dan aplikasi itu akan menerjemahkan apa yang kamu katakan ke dalam bahasa yang kamu inginkan. Fitur ini tentunya sangat bagus bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa baru, termasuk bahasa Arab. Google Translate gratis  bisa kamu unduh di sini.

3. Duolingo

Duolingo

Selanjutnya ada aplikasi Duolingo yang merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa asing (termasuk bahasa Arab) paling populer. Hal itu karena Duolingo menawarkan pendekatan pembelajaran yang sederhana dan cepat kepada para penggunanya.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi para pemula yang belajar bahasa Arab. Di aplikasi ini, pembelajaran difokuskan untuk mempelajari istilah-istilah kosakata, pengucapan dalam bentuk audio, serta permainan-permainan kecil untuk mengingat.

Apa yang dihadirkan dalam Duolingo adalah agar pembelajar bahasa tidak merasa bosan dan tetap semangat mempelajarinya. Selain itu, ada sejenis tantangan harian yang dibuat agar pembelajar mau terus berinteraksi dengan Duolingo.  Biar tidak penasaran, kamu bisa langsung unduh aplikasi Duolingo di sini.

4. Memrise

Memrise

Memrise adalah salah satu aplikasi favorit banyak orang dalam belajar bahasa asing termasuk bahasa Arab. Mengapa? Karena Memrise menawarkan fitur yang unik dan menyenangkan, seperti belajar langsung dari penutur asli, penggunaan aplikasi secara offline, dan penggunanya juga dapat mencoba menjadi pengisi suara.

Walaupun fitur-fitur keren tersebut berada di versi yang berbayar, namun jika kamu seorang pembelajar bahasa yang serius maka Memrise adalah salah satu jawaban yang tepat.

Memrise juga menawarkan konsep pengajaran berulang agar kamu mampu mengingat kosakata penting dengan mudah. Kamu juga bisa belajar sambil bermain game sehingga belajar bahasa Arab dengan Memrise tetap menyenangkan. Unduh segera aplikasi Memrise di sini.

5. Belajar Bahasa Arab + Suara

Belajar Bahasa Arab

Selanjutnya ada aplikasi belajar bahasa Arab yang cocok bagi si kecil. Aplikasi ini memungkinkan anak-anak untuk mempelajari bahasa Arab melalui hal-hal yang ada di sekitarnya. Tentu saja hal itu dilakukan secara menyenangkan dan dilengkapi dengan gambar dan suara.

Pendekatan belajar bahasa Arab melalui aplikasi ini dibuat interaktif. Selain itu, anak-anak juga akan dihadapkan dengan permainan-permainan menarik agar pembelajaran tetap menyenangkan dan tidak terasa membosankan. Dan masih banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi belajar bahasa Arab ini. Biar tidak semakin penasaran, langsung unduh aplikasi ini di sini.

6. Mondly

Mondly

Selanjutnya ada aplikasi Mondly yang hampir mirip dengan Memrise. Aplikasi belajar bahasa ini mendukung banyak bahasa termasuk bahasa Arab. Belajar bahasa Arab di Mondly berfokus pada percakapan dan membangun basis tata bahasa serta kosakata dari sana.

Di Mondly juga kamu bisa menemukan fitur semacam statistik belajar, leaderboard untuk tujuan motivasi, pembelajaran frasa, dan masih banyak lagi. Seperti halnya Memrise, Mondly juga menawarkan fitur berbayar dan cocok bagi kamu yang ingin serius belajar bahasa Arab dan bahasa asing penting lainnya.

Apakah kamu siap belajar bahasa Arab dengan Mondly? Jika sudah siap, segera pakai aplikasi Mondly dengan unduh aplikasinya terlebih dulu di sini.

7. Percakapan Bahasa Arab Lengkap

Percakapan

Aplikasi ini berisikan percakapan-percakapan dalam bahasa Arab yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran. Tema percakapannya pun bermacam-macam sehingga cocok bagi kamu yang masih pemula belajar bahasa Arab.

Selain percakapan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik lainnya. Contohnya fitur untuk belajar tata bahasa Arab. Dengan fitur tersebut, pembelajar dengan level menengah bisa menggunakan aplikasi ini juga sebagai bahan referensi. Aplikasi ini dapat kamu unduh di sini.

8. Tandem

Tandem

Di urutan kedelapan, ada Tandem. Aplikasi ini membantumu terhubung dengan orang-orang yang juga memiliki niat yang sama denganmu, yaitu belajar bahasa. Belajar bahasa Arab di Tandem bisa jadi sangat menyenangkan buatmu.

Di Tandem, kamu bisa terhubung dengan pembelajar lainnya melalui pesan teks, pesan suara, maupun video. Tandem juga menawarkan jasa tutor online dengan harga murah untuk mendapatkan pelajaran secara privat. Kamu dapat mengunduh aplikasi Tandem di sini.

9. Belajar Bahasa Arab Praktis

Belajar

Dalam aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis ini kamu akan menemukan pembelajaran mengenai ilmu tata bahasa Arab. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari kosakata bahasa Arab yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari yang jumlahnya cukup banyak.

Aplikasi ini menawarkan penjelasan pelajaran yang mudah dimengerti dan beberapa kosakatanya mudah diingat karena dilengkapi dengan gambar. Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis cocok bagi pemula yang ingin mengetahui dasar-dasar bahasa Arab. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini di sini.

10. Learn Arabic. Speak Arabic

Learn Arabic

Di urutan terakhir ada aplikasi “Learn Arabic. Speak Arabic” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Belajar Bahasa Arab. Berbicara Bahasa Arab”. Aplikasi ini cocok digunakan oleh banyak kalangan (seperti pembelajar tingkat pemula atau mahir dan juga para traveler dan pebisnis) karena menawarkan banyak fitur di dalamnya.

Aplikasi ini dapat membantumu belajar bahasa Arab secara cepat dan efisien. Di sana kamu akan ditempa untuk mengingat kosakata penting dan bentuk kalimat, belajar berbicara frasa bahasa Arab, serta mengambil bagian dalam percakapan-percakapan. Jika kamu tertarik belajar bahasa Arab dengan aplikasi ini, silahkan mulai unduh di sini.

Nah, itulah 10 aplikasi belajar bahasa Arab yang bisa kamu coba gunakan. Setiap aplikasi pastinya menawarkan konsep dan metode belajar yang berbeda, jadi pilihlah yang terbaik menurutmu. Jika kamu perlu menggunakan versi yang berbayar, maka sebaiknya kamu belajar dengan serius agar tidak sia-sia.

Semoga aplikasi-aplikasi di atas bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa Arabmu dan berguna di kemudian hari. Jika kamu mencari aplikasi untuk belajar bahasa asing lainnya, semisal bahasa Inggris, kamu bisa membaca artikel 10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Muhamad Dikdik Saparudin
A bad writer but loves to write

Leave A Comment