carisinyal web banner retina

12 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik di Android

Bahasa Arab merupakan salah bahasa yang penting untuk dipelajari, khususnya bagi umat Muslim. Kenapa? Karena bahasa Arab merupakan bahasa utama yang digunakan dalam peribadatan (seperti salat dan membaca kitab suci Al-Qur’an) umat Islam di seluruh dunia dan merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di muka bumi.

Saking pentingnya mempelajari bahasa Arab, setiap Muslim sudah dituntut untuk mempelajari bahasa itu sejak kecil. Seperti bahasa lain pada umumnya, hal pertama yang perlu diketahui dalam mempelajari bahasa Arab adalah mengenali huruf Hijaiyah (dalam bahasa Latin yaitu huruf A sampai Z).

Mempelajari bahasa Arab bukan hanya soal ibadah bagi golongan Muslim saja, namun aspeknya sangat luas. Misalnya jika Anda ingin melakukan hubungan bisnis dengan bangsa Arab atau mencari ilmu di atas tanahnya, maka Anda perlu mengerti bahasa mereka agar kegiatan Anda semakin lancar (walau sebetulnya bisa menggunakan bahasa Inggris).

Belajar bahasa Arab (dan juga bahasa lainnya) di zaman modern ini bukanlah hal yang sulit. Dengan teknologi yang maju, Anda bahkan bisa mempelajari bahasa tersebut hanya melalui genggaman. Ya, melalui perangkat ponsel pintar, Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang bisa membantu menguasai bahasa Arab.

Nah, terkait hal tersebut saat ini Carisinyal membahas 12 aplikasi belajar bahasa Arab yang terdapat di ponsel pintar.

Dengan aplikasi-aplikasi belajar bahasa Arab ini diharapkan pengetahuan Anda tentang bahasa itu meningkat. Apa sajakah aplikasi belajar bahasa Arab tersebut? Simak pembahasannya berikut ini. 

1. Belajar Bahasa Arab - FunEasyLearn

belajar bahasa arab funeasy learn_

Aplikasi Belajar Bahasa Arab dari FunEasyLearn memungkinkan Anda untuk mempelajari bahasa Arab dengan lebih praktis. 

Dalam aplikasi ini, Anda dapat belajar menulis, berbicara mapun membaca dalam bahasa Arab, baik untuk tujuan bisnis, bepergian ataupun mengasah kemampuan dan wawasan berbahasa asing.

Ada ribuan kosa kata bahasa Arab dengan lebih dari 100 topik yang bisa Anda pelajari di aplikasi satu ini. Selain itu, Anda pun dapat me-review kembali materi-materi yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis melalui link berikut.

2. Learn Arabic for beginners

learn arabic for beginners -zeemish_

Aplikasi Learn Arabic for beginners dirilis oleh Zeemish Labs pada tahun 2014. Hingga kini, aplikasi ini masih banyak digunakan dan telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna ponsel Android.

Tidak heran, karena aplikasinya memiliki user interface simpel dan tentunya sangat mudah digunakan. Anda dapat mempelajari bagaimana cara membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa Arab dengan mudah.

Sesuai namanya, aplikasi satu ini cocok untuk pemula. Anda dapat belajar bahasa Arab dari nol. Ada ribuan kosa kata simpel hingga sulit yang bisa Anda pelajari. Dalam aplikasi ini tersedia pula alat terjemahan bahasa Arab yang bisa Anda gunakan. Unduh Learn Arabic for beginners dari Zeemish Labs di sini.

3. Duolingo

Duolingo

Selanjutnya ada aplikasi Duolingo yang merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa asing (termasuk bahasa Arab) paling populer. Hal itu karena Duolingo menawarkan pendekatan pembelajaran yang sederhana dan cepat kepada para penggunanya.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi para pemula yang belajar bahasa Arab. Di aplikasi ini, pembelajaran difokuskan untuk mempelajari istilah-istilah kosakata, pengucapan dalam bentuk audio, serta permainan-permainan kecil untuk mengingat.

Apa yang dihadirkan dalam Duolingo adalah agar pembelajar bahasa tidak merasa bosan dan tetap semangat mempelajarinya. Selain itu, ada sejenis tantangan harian yang dibuat agar pembelajar mau terus berinteraksi dengan Duolingo.  Biar tidak penasaran, Anda bisa langsung unduh aplikasi Duolingo di sini.

4. Memrise

Memrise

Memrise adalah salah satu aplikasi favorit banyak orang dalam belajar bahasa asing termasuk bahasa Arab. Mengapa? Karena Memrise menawarkan fitur yang unik dan menyenangkan, seperti belajar langsung dari penutur asli, penggunaan aplikasi secara offline, dan penggunanya juga dapat mencoba menjadi pengisi suara.

Walaupun fitur-fitur keren tersebut berada di versi yang berbayar, namun jika Anda seorang pembelajar bahasa yang serius maka Memrise adalah salah satu jawaban yang tepat.


Memrise juga menawarkan konsep pengajaran berulang agar Anda mampu mengingat kosakata penting dengan mudah. Anda juga bisa belajar sambil bermain game sehingga belajar bahasa Arab dengan Memrise tetap menyenangkan. Unduh segera aplikasi Memrise di sini.

5. AlifBee

alifbee_

AlifBee adalah aplikasi belajar bahasa Arab terbaik di Android yang telah diunduh oleh lebih dari 400.000 penggunanya. Di dalam aplikasi ini, ada banyak materi bahasa Arab yang bisa Anda pelajari setiap hari.

Materi ini terbagi menjadi lebih dari 100 sesi dengan sekitar 10 tahapan atau level pembelajaran yang berbeda. Agar tidak bosan saat belajar, AlifBee juga menyediakan kuis-kuis bahasa Arab yang bisa Anda ikuti, lho. Unduh aplikasi AlifBee di sini.

6. Bahasa Arab A1 untuk Pemula

belajar bahasa arab a1_

Bahasa Arab A1 untuk Pemula cocok untuk Anda yang ingin menambah pengetahuan dan mempelajari bahasa Arab dari nol. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam materi percakapan bahasa Arab yang bisa Anda pelajari dan praktikkan.

Contohnya, percakapan tentang rumah, transportasi, cuaca, profesi, pendidikan, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini menyarankan penggunanya untuk belajar setidaknya selama 5 hingga 20 menit setiap hari.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis, akan tetapi ada beberapa fitur di dalamnya yang memerlukan pembelian. Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, silakan download langsung di sini.

7. Percakapan Bahasa Arab Lengkap

Percakapan

Aplikasi ini berisikan percakapan-percakapan dalam bahasa Arab yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pembelajaran. Tema percakapannya pun bermacam-macam sehingga cocok bagi kamu yang masih pemula belajar bahasa Arab.

Selain percakapan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik lainnya. Contohnya fitur untuk belajar tata bahasa Arab. Dengan fitur tersebut, pembelajar dengan level menengah bisa menggunakan aplikasi ini juga sebagai bahan referensi. Aplikasi ini dapat Anda unduh di sini.

8. Mondly

Mondly

Selanjutnya ada aplikasi Mondly yang hampir mirip dengan Memrise. Aplikasi belajar bahasa ini mendukung banyak bahasa termasuk bahasa Arab. Belajar bahasa Arab di Mondly berfokus pada percakapan dan membangun basis tata bahasa serta kosakata dari sana.

Di Mondly juga Anda bisa menemukan fitur semacam statistik belajar, leaderboard untuk tujuan motivasi, pembelajaran frasa, dan masih banyak lagi. Seperti halnya Memrise, Mondly juga menawarkan fitur berbayar dan cocok bagi Anda yang ingin serius belajar bahasa Arab dan bahasa asing penting lainnya.

Apakah Anda siap belajar bahasa Arab dengan Mondly? Jika sudah siap, segera pakai aplikasi Mondly dengan unduh aplikasinya terlebih dulu di sini.

9. Belajar Bahasa Arab Praktis

Belajar

Dalam aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis ini Anda akan menemukan pembelajaran mengenai ilmu tata bahasa Arab. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari kosa kata bahasa Arab yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari yang jumlahnya cukup banyak.

Aplikasi ini menawarkan penjelasan pelajaran yang mudah dimengerti dan beberapa kosakatanya mudah diingat karena dilengkapi dengan gambar. Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis cocok bagi pemula yang ingin mengetahui dasar-dasar bahasa Arab. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di sini.

10. Kamus Arab Indonesia

Kamus Arab

Mengapa harus melalui kamus? Karena hal ini adalah sumber utama kita mempelajari sebuah kata. Jika sebelumnya Anda harus ribet dengan kamus berbentuk buku, maka kini Anda bisa membuka kamus dalam bentuk aplikasi yang simpel dan mudah digunakan.

Kamus Arab Indonesia adalah salah satu aplikasi utama untuk belajar bahasa Arab. Anda hanya perlu mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di ponsel pintar. Setelah itu, mulailah belajar bahasa Arab dengan mencari kata-katanya dalam bahasa Indonesia.

Kamus ini cocok digunakan oleh banyak kalangan karena cukup mudah digunakan. Selain itu, salah satu aplikasi belajar bahasa Arab ini juga menyediakan penjelasan yang cukup rinci untuk setiap kata yang Anda cari dan juga idiom-idiomnya. Anda bisa mengunduh aplikasi Kamus Arab Indonesia ini di sini.

11. Tandem

Tandem

Selanjutnya, ada Tandem. Aplikasi ini membantumu terhubung dengan orang-orang yang juga memiliki niat yang sama dengan Anda, yaitu belajar bahasa. Belajar bahasa Arab di Tandem bisa jadi sangat menyenangkan buat Anda.

Di Tandem, Anda bisa terhubung dengan pembelajar lainnya melalui pesan teks, pesan suara, maupun video. Tandem juga menawarkan jasa tutor online dengan harga murah untuk mendapatkan pelajaran secara privat. Anda dapat mengunduh aplikasi Tandem di sini.

12. Belajar Bahasa Arab Sehari-hari Lengkap

Belajar Bahasa Arab Sehari-hari Lengkap _

Mempelajari bahasa Arab semakin mudah dengan kehadiran aplikasi di ponsel Android. Salah satunya adalah aplikasi Belajar Bahasa Arab Sehari-hari Lengkap dari EVODEV. 

Aplikasi ini menyediakan materi pembelajaran tentang percakapan dalam bahasa Arab dengan tema dan topik yang bermacam-macam. Tersedia pula kamus bahasa Arab-Indonesia yang dapat Anda baca untuk menambah pengetahuan tentang kosa kata bahasa Arab. 

Masih banyak juga fitur-fitur menarik lain dari aplikasi satu ini yang bisa Anda coba. Walau simpel, aplikasi ini akan sangat berguna dalam membantu proses pembelajaran bahasa Arab Anda. Penasaran dengan aplikasinya? Silakan unduh langsung lewat tautan ini.

Nah, itulah 12 aplikasi belajar bahasa Arab yang bisa Anda coba gunakan. Setiap aplikasi pastinya menawarkan konsep dan metode belajar yang berbeda, jadi pilihlah yang terbaik menurut Anda.

Jika Anda perlu menggunakan versi yang berbayar, maka sebaiknya Anda belajar dengan serius agar tidak sia-sia.

Semoga aplikasi-aplikasi di atas bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa Arab Anda dan berguna di kemudian hari. Jika Anda mencari aplikasi untuk belajar bahasa asing lainnya, semisal bahasa Inggris, Anda bisa membaca artikel 10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram