Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik di Android

10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik di Android

Ditulis oleh - Diperbaharui

Selain bahasa korea, bahasa Jepang termasuk salah satu bahasa di dunia yang sangat sering di pelajari. Tidak seperti bahasa Korea, bahasa Jepang pengucapannya tidak begitu sulit. Bahasa Jepang menggunakan huruf kanji, hiragana dan katakana dalam penulisannya. Mempelajari ketiganya tentu membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama untuk huruf kanji.

Karena saking sulitnya, tidak sedikit mereka yang menyerah untuk mempelajari bahasa Jepang. Selain cara penulisannya yang sulit, mengikuti kelas bahasa atau membaca buku terkadang bisa menjadi hal yang membosankan.

Ada banyak cara untuk mempelajari bahasa Jepang dengan lebih mudah dan tentunya tidak bikin cepat bosan. Salah satunya lewat aplikasi di ponsel. Yup, kali ini saya akan membahas mengenai 10 aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik di Android untuk Anda.

10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

1. LingoDeer

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang LingoD

LingoDeer adalah salah satu aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang ada di Google PlayStore. Aplikasi ini memuat 150 pelajaran bahasa Jepang yang dapat Anda ikuti. LingoDeer juga dilengkapi dengan klip audio yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pengucapan bahasa Jepang dengan baik dan benar.

Aplikasi LingoDeer memiliki lebih dari 2000 kosakata dan kalimat yang dapat dipelajari serta memakai huruf Katakana, hiragana dan romaji dalam setiap sesi pembelajaran. Tertarik untuk mencoba? Silahkan download aplikasi LingoDeer melalui tautan berikut ini.

2. Drops

Drops

Selanjutnya ada Drops. Aplikasi dari developer Language Drops ini menyediakan waktu selama lima menit bagi Anda untuk belajar bahasa Jepang setiap harinya. Aplikasi ini mengutamakan pelajaran mengenai kosakata dan kalimat ketimbang grammar alias tata bahasa. Drops juga menambahkan fitur permainan agar penggunanya tidak merasa cepat bosan saat belajar.

Aplikasi ini menawarkan kurang lebih 99 topik dengan hampir 1700 kata dan kalimat yang dapat dipelajari setiap harinya. Mau? Download Drops di sini sekarang juga.

3. Bravo Language

Bravo Language Jepang

Aplikasi selanjutnya adalah Bravo Language. Di dalam aplikasi ini Anda dapat mempelajari bahasa Jepang dasar sekaligus menggunakannya sebagai phrasebook. Bravo Language juga menyediakan sesi pelajaran tata bahasa serta pengucapan yang baik dan benar. Anda juga akan ditemani oleh guru virtual berupa burung beo yang suaranya diisi oleh penutur asli bahasa Jepang. Hmmm.. seru juga ya! Menarik bukan? Silahkan download aplikasinya di sini.

4. SakuJapan

SakuJapan

Aplikasi SakuJapan besutan Yongkru ini dapat Anda jadikan pilihan. SakuJapan berisi kosakata, kalimat umum, nama-nama hewan dan angka dalam bahasa Jepang. Selain itu, dalam aplikasi ini juga terdapat game yang bisa Anda gunakan untuk mengasah kepintaran dalam berbicara bahasa Jepang.

Tak ketinggalan, terdapat panduan berupa video, kemudian juga pelajaran mengenai huruf hiragana dan katakana. Aplikasi SakuJapan ini cocok bagi Anda yang baru memulai untuk belajar bahasa Jepang. Penasaran ingin mencoba aplikasinya? Silahkan download SakuJapan melalui link berikut ini.

5. Obenkyo

Obenkyo

Next, ada Obenkyo. Di dalam aplikasi ini Anda dapat mempelajari tata bahasa, kosakata dan partikel yang digunakan dalam bahasa Jepang. Selain itu, Anda dapat mempelajari huruf kanji, hiragana, katakana dan juga angka. Dalam Obenkyo, Anda dapat menggunakan fitur latihan untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Jepang Anda.

Untuk Anda yang ingin mengikuti ujian kecakapan berbahasa Jepang atau Japanese Language Proficiency Test atau JLPT, aplikasi ini bisa Anda gunakan sebagai panduan. Mau mencoba aplikasi ini? Silahkan klik link berikut untuk mengunduhnya.

6. Hello Talk

Hello Talk

Hello Talk juga dapat Anda gunakan untuk mempelajari bahasa Jepang dengan cara mengobrol langsung bersama penutur asli lewat fitur chat. Untuk memulai belajar, Anda harus mencari partner terlebih dahulu. Jika sesuai kriteria, maka Anda bisa memulai pelajaran dengan partner tersebut.Anda dapat saling mengajarkan bahasa yang dikuasai masing-masing, melalui fitur chat yang dilengkapi dengan voice note,

Anda dan partner belajar dapat saling mengoreksi pengucapan kalimat atau kata secara bersama-sama. Jika Anda ingin mencoba aplikasi Hello Talk, silahkan langsung unduh aplikasinya di sini.

7. Tandem

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Tandem

Tandem mengusung konsep yang hampir sama dengan HelloTalk. Anda dapat mencari partner belajar bahasa Jepang dan mengajarkan bahasa yang Anda kuasai kepada mereka. Tandem memiliki fitur yang beragam mulai dari video, voice note, chat serta pesan dalam bentuk gambar dan audio. Tandem juga mendukung 150 bahasa dengan 2500 kombinasi bahasa yang ada.

Aplikasi ini cocok bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa Jepang dengan cara yang tidak membosankan dan tentunya lebih santai. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba aplikasi belajar bahasa ini? Silahkan klik link ini untuk mengunduh ya.

8. Memory Hint: Hiragana

Memory Hint Hiragana

Memory Hint: Hiragana adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mempelajari huruf Jepang yakni hiragana. Anda dapat belajar huruf hiragana melalui gambar dan suara.

Aplikasi belajar bahasa Jepang ini memiliki fitur kuis untuk menguji pemahaman Anda terhadap huruf hiragana. Selain itu, system penjelasan dari aplikasi ini juga tergolong mudah, sehingga Memory Hint: Hiragana sangat cocok digunakan oleh pemula. Anda dapat men-download aplikasi Memory Hint: Hiragana di sini.

9. Kanji Senpai

Kanji Senpai

Selain Memory Hint, Anda dapat mempelajari huruf jepang melalui aplikasi belajar bahasa Jepang Kanji Senpai. Aplikasi ini menawarkan pelajaran menulis, membaca dan juga memungkinkan kita untuk merangkai huruf kanji dengan tulisan tangan sendiri.

Anda juga dapat mengikuti sesi pembelajaran tanpa audio sehingga jika Anda berada di tempat umum, Anda tidak perlu menggunakan headphone. Tak ketinggalan, Kanji Senpai juga memiliki daftar kosakata penting yang bermanfaat bagi Anda yang ingin atau akan mengikuti tes kecakapan berbahasa Jepang atau Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Ingin mencoba aplikasi satu ini? Download di sini sekarang juga.

10. Mondly

Mondly

Aplikasi belajar bahasa Mondly memiliki fitur chat bot yang dapat membantu proses belajar bahasa Jepang Anda. Di dalam aplikasi Mondly terdapat pelajaran harian dan juga beragam kosakata penting yang dapat Anda pelajari.

Mondly memiliki fitur menarik berupa speech recognition yang bisa Anda gunakan untuk melatih pengucapan dan juga quick session untuk sesi pembelajaran singkat. Anda tertarik untuk mencobanya? Silahkan unduh aplikasi Mondly di sini.

Tidak hanya belajar bahasa Jepang, Anda juga dapat mempelajari bahasa Inggris melalui aplikasi di Android. Penasaran aplikasi apa saja yang dapat Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris langsung dari genggaman tangan melalui smartphone Anda? Simak pembahasannya dalam artikel 10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris ini.

Nah, itu dia kesepuluh aplikasi belajar bahasa Jepang yang dapat Anda gunakan di ponsel Android. Semua aplikasi belajar bahasa Jepang diatas dapat menjadi alternatif bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengikuti kursus atau kelas bahasa Jepang formal.

Selain memanfaatkan anime maupun dorama untuk mempelajari bahasa Jepang, Lewat aplikasi diatas, Anda bisa belajar dengan lebih praktis, efektif dan efisien. Dan dari segi biaya, lebih hemat tentunya. Sudahkah Anda mencoba aplikasi belajar bahasa Jepang diatas?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Jihan Fauziah
Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment