Carisinyal / Aplikasi Fotografi / 10 Aplikasi Android Terbaik untuk Edit Foto Jadi Kartun

10 Aplikasi Android Terbaik untuk Edit Foto Jadi Kartun

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 April 2019

Berfoto ria merupakan salah satu aktivitas yang tidak bisa dilepaskan dari pengguna Android saat ini. Dengan semakin canggihnya kamera pada perangkat Android, aktivitas fotografi pun saat ini dapat dilakukan di mana dan kapan saja kita mau.

Tak hanya memotret, foto yang sudah diambil tersebut juga biasanya diunggah ke berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lainnya. Beberapa di antara media sosial tersebut malah sudah menyediakan filter khusus untuk membuat foto yang kita ambil menjadi lebih menarik lagi.

Berbicara mengenai filter, saat ini banyak aplikasi edit foto yang menyediakan aneka efek atau filter untuk mempercantik foto yang kita ambil. Sebut saja efek fish eye, sephia, cartoon, hingga vintage yang akan membuat foto kita tampak jadul namun artistik.

Nah, salah satu efek foto yang banyak diminati saat ini adalah efek kartun. Dengan efek ini, orang yang ada di dalam foto akan berubah menjadi seperti karakter kartun dan sangat lucu. Kadang ada yang seperti tokoh anime dan kadang ada juga yang seperti monster.

Kali Carisinyal akan mengulas berbagai macam aplikasi Android yang dapat digunakan untuk edit foto jadi kartun tersebut. Semua aplikasi ini tersedia di Google Play Store dengan fitur dan kelebihannya masing-masing.

10 Aplikasi Android untuk Edit Foto Jadi Kartun

1. PicsArt

PicsArt

PicsArt – Photo Studio merupakan salah satu aplikasi foto editing yang sudah malang melintang di sistem operasi Android. Aplikasi ini memiliki banyak tools untuk membuat foto Anda menjadi semakin menarik seperti frame, filter, teks, stiker, crop, rotate, dan lainnya.

Aplikasi PicsArt ini juga memiliki filter yang dapat membuat Anda tampak seperti tokoh kartun, baik karikatur pensil ataupun karakter yang ada di dalam komik. Karakter kartun tersebut juga dapat dibuat menjadi lebih menarik lagi dengan tambahan efek vintage, lomo, dan lainnya. Silahkan download aplikasi ini melalui Play Store di sini.

2. Pixlr

Pixlr

Selain Picsart, ada aplikasi populer bernama Pixlr. Ini merupakan sebuah aplikasi edit foto yang menyajikan tools cukup lengkap, salah satunya adalah memberikan efek kartun pada foto Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mudah membuat foto Anda terlihat seperti gambar kartun.

Selain itu juga, Anda bisa menambahkan efek-efek keren lainnya untuk membuat foto Anda menjadi semakin menarik. Asiknya, jika Anda memiliki foto yang terlalu blur atau terlalu gelap, bisa langsung diperbaiki dengan beberapa tools yang ada di Pixlr ini lho.

3. MomentCam

MomentCam

MomentCam atau Mo Man Xiang Ji adalah aplikasi Android yang cukup booming di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Aplikasi ini sendiri dibuat oleh developer asal negeri tirai bambu yang bernama Hightalk Software Corp dan dapat diunduh di link ini.

Dalam aplikasi ini kita harus memilih terlebih dahulu beberapa karakter kartun yang telah disediakan. Setelah itu karakter tersebut akan dikombinasikan dengan foto wajah kita. Hasilnya kombinasinya sangatlah unik dan lucu. Aplikasi ini masih memiliki beberapa menu dalam bahasa mandarin sehingga mungkin cukup menyulitkan jika Anda baru menggunakannya.

4. Cartoon Photo Filters-CoolArt

Cartoon Photo Filters-CoolArt

Sudah coba aplikasi edit foto jadi kartun yang luar biasa ini? Cartoon Photo Filters-CoolArt akan mengubah foto Anda menjadi tampak seperti kartun yang biasanya dilukis oleh tangan. Nah, pada umumnya orang malas menggunakan aplikasi sejenis karena dianggap terlalu susah dan rumit. Namun, hal itu tidak akan Anda alami ketika menggunakan Cartoon Photo Filters-CoolArt.

Ya, aplikasi ini mampu mengubah foto Anda menjadi kartun dengan langkah-langkah yang sangat mudah. Interface yang sederhana juga memungkinkan Anda lancar saat memakai aplikasi ini. Cartoon Photo Filters-CoolArt adalah cara ekonomis untuk membuat gambar kartun diri sendiri atau orang lain.

5. Sketch Camera

Sketch Camera - art filters

Aplikasi besutan Pixelab ini mampu menjadi real time sketsa dan memberikan efek kartun langsung pada kamera Anda. Terapkan efek yang Anda pilih dan mulailah mengambil foto diri sendiri atau orang lain. Kamera Sketsa tidak hanya menyediakan efek kartun saja, tetapi ada pula berbagai efek lain, mulai dari sketsa, gambar pensil, minyak, cat air, dan masih ada beberapa lagi.

Bahkan, Kamera Sketsa mampu memberik efek manga pada kamera Anda. Dengan penerapan efek langsung pada kamera, Anda tidak perlu repot lagi mengedit foto agar tampak seperti gambar kartun. Anda bisa membuat foto atau video dengan efek kartun menggunakan aplikasi ini. Tertarik? Bisa download aplikasinya di sini.

6. Cartoon Photo Maker

Cartoon Photo Maker

Jika Anda ingin mengedit foto seperti kartun, maka Anda harus coba aplikasi Cartoon Photo Maker. Pasalnya, aplikasi ini punya antarmuka yang sederhana, sehingga tidak membuat penggunanya bingung. Lalu, Anda juga hanya perlu memilih filter yang diinginkan, baik berupa pensil, sketsa pensil, atau yang lainnya. Hasil edit foto dari Cartoon Photo Maker tergolong cukup rapi dan bagus, kok. Ingin coba?

7. Cartoon Art Pics Photo Editor

Cartoon Art Pics Photo Editor

Jika Pixlr dan Picsart punya banyak tools untuk edit foto, lain halnya dengan aplikasi bernama Cartoon Art Pics Photo Editor ini. Dalam aplikasinya, Cartoon Art Pics Photo Editor memang dikhususkan untuk membuat efek kartun pada foto.

Anda bisa memilih salah satu dari lebih 30 efek kartun yang sudah tersedia di Cartoon Art Pics Photo Editor. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati kenyamanan antarmuka yang simpel. Juga, Anda tidak perlu bingung untuk langsung mengupload hasil editan ke Instagram karena aplikasi ini sudah punya fitur langsung upload ke sosial media Anda.

8. Cartoon Camera HD

edit foto jadi kartun Cartoon Camera HD

Meskipun memiliki nama yang serupa, namun aplikasi Cartoon Camera HD ini dibuat oleh pengembang yang berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Ya, aplikasi ini dibuat oleh developer bernama UsefullApps dan dapat diunduh secara gratis di sini.

Aplikasi ini menyuguhkan 3 macam efek kartun yang dapat Anda pilih. Ketiga efek tersebut dapat langsung ditampilkan di layar smartphone Android ketika Anda akan mengambil fotonya. Terdapat juga sebuah tombol di layar untuk memudahkan Anda ketika mengambil foto.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur kualitas foto serta resolusinya. Dengan begitu, Anda dapat memotret dengan resolusi yang Anda inginkan saja. Beberapa fitur editing lainnya juga terdapat pada aplikasi ini seperti color saturation, sensitivity, dan lainnya.

9. Moments Cartoon Caricature

Moments Cartoon Caricature

Menyimpan kenangan dengan hasil sebuah jepretan foto saja sudah lumrah dilakukan oleh kebanyakan orang. Bagaimana jika Anda membuatnya menjadi tidak biasa dan terkesan unik? Anda bisa menjajal salah satu aplikasi edit foto jadi kartun dari Moments Cartoon Caricature.

Aplikasi ini bekerja seperti layaknya kamera biasa. Anda hanya perlu mengambil gambar melalui kamera ponsel cerdas, kemudian editlah hasil foto menjadi layaknya kartun yang lucu dan unik. Mau membagikan momen indah dengan hasil foto seperti kartun? Coba aplikasinya di sini.

10. Photo Editor – cartoon Art Filter

Photo Editor - cartoon Art Filter

Satu lagi aplikasi Android yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto seperti kartun, Photo Editor – cartoon Art Filter. Aplikasi gratis kali ini juga tak kalah bagusnya dengan aplikasi yang sudah disebutkan di atas.

Dengan aplikasi Photo Editor – cartoon Art Filter, Anda bisa memberikan efek kartun pada foto Anda. Selain efek kartun, penggunanya bisa menambahkan efek drawing, sketch, Light, Artisto, dan masih banyak lagi. Ingin tahu kelengkapan efeknya? Bisa download langsung di sini, ya.

11. Cartoon Photo

Cartoon Photo

Aplikasi yang selanjutnya adalah Cartoon Photo yang juga dapat mengambil foto dengan efek kartun secara real-time. Anda dapat memilih beberapa efek kartu yang disediakan serta mengatur karakteristik dari efek yang dipilih tersebut.

Tidak hanya memotret dengan efek kartun, namun Anda juga dapat mengedit foto yang sudah ada dengan aplikasi ini. Anda hanya tinggal memilih foto yang diinginkan lalu berikan efek kartunnya. Maka dari itu Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi kamera dan aplikasi editing foto secara terpisah.

Nah itulah berbagai macam aplikasi foto di Android yang dapat Anda gunakan untuk edit foto jadi kartun. Dari berbagai macam aplikasi di atas, manakah yang paling Anda sukai? Jika Anda memiliki aplikasi favorit lainnya yang belum tercantum di sini, silahkan bagikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “10 Aplikasi Android Terbaik untuk Edit Foto Jadi Kartun”

  1. banyak juga ya aplikasi yg bisa digunakan untuk merubah foto jadi kartun, kalau saya lebih suka menggunakan picsart. oh ya kalau ada kesempatan jangan lupa mampir di blog saya ini ya daniartwork.com dan seikokuananta.blogspot.com

Tinggalkan komentar