Carisinyal / Aplikasi Produktivitas / 10 Aplikasi Kalender Terbaik untuk Smartphone Android

10 Aplikasi Kalender Terbaik untuk Smartphone Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalender adalah aplikasi sederhana yang sangat bermanfaat di smartphone Android kita. Ketika tidak ada kalender fisik di sekitar kita, maka kita akan segera melihat kalender yang terdapat di smartphone. Tak hanya itu saja, ketika kita menggunakan aplikasi asisten pribadi, kita juga sering memberi perintah pada aplikasi tersebut untuk membuka kalender atau membuat janji maupun pengingat di sana.

Setiap smartphone Android sudah dibekali dengan aplikasi kalender bawaan. Akan tetapi, jika satu kalender terasa kurang atau Anda tak puas dengan kalender bawaan tersebut, cobalah untuk menginstall aplikasi kalender terbaik versi Carisinyal ini.

10 Aplikasi Kalender Terbaik di Android

1. aCalendar

aCalendar

Untuk Anda yang memiliki jadwal yang begitu padat, aCalender adalah aplikasi kalender terbaik yang bisa mengimbangi kegiatan Anda. Aplikasi gratis ini menyediakan 48 warna untuk menandai kegiatan atau event yang berbeda. aCalender juga menampilkan widget yang berisi jadwal yang Anda buat.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini akan menampilkan tanggal ulang tahun dari kontak telepon Anda. aCalender turut menawarkan fase bulan dan tampilan per tahun. Aplikasi ini juga ada tanggal merahnya, sehingga Anda bisa mengecek jadwal libur nasional dengan mudah.

2. Business Calendar

Business Calendar Aplikasi Kalender Terbaik

Bagi para pebisnis, kalender adalah aplikasi penting untuk mengecek jadwal meeting atau segudang kegiatan bisnis lainnya. Oleh karena itu, Appgenix Software mengembangkan Business Calendar. Ini adalah aplikasi kalender yang sudah dirancang khusus untuk orang-orang yang memerlukan kalender untuk bisnis dan bekerja.

Melalui Business Calender Anda bisa melihat jadwal kegiatan secara hari, bulan, tahun, dan acara. Meskipun Business Calendar tersedia secara gratis, Anda tetap bisa mengupgrade ke versi berbayar untuk menghilangkan iklan, impor dan ekspor ke kalender lain, dan memindahkan beberapa acara terjadwal sekaligus.

3. Cal – Google Calendar + Widget

Cal - Google Calendar + Widget

Ingin memiliki sebuah kalender dengan desain dan tampilan yang unik, tapi tetap enak dilihat? Install Cal – Google Calendar + Widget sekarang juga di smartphone Anda. Kalender ini akan menampilkan jadwal secara harian dan bulanan. Bahkan, ada pula widget yang menjadi pengingat akurat setiap harinya. Aplikasi ini juga support terhadap Exchange dan Google Calendar.

Tak cukup sampai di situ saja, aplikasi ini menawarkan pengingat ulang tahun yang memberikan jalan pintas bagi Anda yang ingin mengucapkan di Facebook, SMS, telepon atau langsung ingin mengirimi mereka hadiah dari Amazon atau Gifts.com. Cal – Google Calendar + Widget juga terhubung dengan Google Maps, Waze, dan Uber untuk membantu Anda sampai lebih cepat dalam menghadiri acara Anda hari ini.

4. DigiCal Calendar Agenda

DigiCal Calendar and Widgets

DigiCal Calendar Agenda adalah aplikasi kalender yang berfokus pada desain. Ada 7 tampilan kalender yang berbeda dari aplikasi ini. Selain itu, ada pula 9 tema tampilan widget yang bisa dipilih sesuka hati. Uniknya, DigiCal Calendar Agenda juga menampilkan prakiraan cuaca global. Hal seperti ini mungkin masih sangat jarang ditemukan di aplikasi sejenis lainnya.

Ingin menandai jadwal Anda dengan berbagai warna? Tak masalah karena DigiCal Calendar Agenda menyediakan 42 pilihan warna untuk menandai setiap jadwal Anda. Tak hanya itu saja, dengan aplikasi ini Anda pun bisa merencanakan janji dalam zona waktu lokal dan asing.

5. CalenGoo

Calengoo

Meskipun tampilannya masih terlihat kuno, tapi CalenGoo memberikan berbagai fitur untuk memudahkan Anda mengatur jadwal pribadi setiap hari. Melalui aplikasi ini Anda bisa melihat jadwal secara harian, mingguan, sampai dengan bulanan. Anda pun bisa menandai jadwal Anda dengan warna-warna yang berbeda agar lebih mudah dilihat.

Aplikasi ini menawarkan berbagai macam desain yang bisa Anda pilih sesuai selera. CalenGoo juga tersinkronisasi dengan Google Calendar dan Evernote. Tampilkan jadwal acara yang sudah Anda buat di Evernote di CalenGoo ini agar Anda tidak pernah melewatkan setiap jadwal acara Anda.

6. Google Calendar

aplikasi kalender terbaik Google Calendar

Yang satu ini adalah aplikasi kalender terbaik bawaan dari smartphone Android. Namun, ada pula beberapa perangkat yang tidak menyediakan Google Calendar, sehingga Anda harus menginstall terlebih dahulu sebelum dipakai.

Simple dan kaya fitur, itulah kata-kata yang dapat mendeskripsikan Google Calendar. Aplikasi ini juga sudah ada tanggal merahnya, sehingga Anda bisa mengecek hari libur nasional langsung dari smartphone Anda. Google Calendar juga bisa disinkronisasi dengan aplikasi kalender bawaan di smartphone Anda, termasuk dengan Exchange.

7. Simple Calendar

Simple Calendar

Jika Anda ingin tampilan kalender yang simpel dan sederhana, maka pilihan yang tepat untuk mendownload Simple Calendar. Ini adalah aplikasi yang akan menampilkan kalender ter-update setiap tahunnya. Anda juga bisa menandakan tanggal-tanggal penting di Simple Calendar. Bagaimana, Anda tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini?

8. Jorte Calendar & Organizer

Jorte Calendar & Organizer

Jorte adalah aplikasi kalender yang paling eye-catching di dalam daftar ini. Bagaimana tidak sentuhan warna-warna dan emoticon di dalam kalender ini membuat Anda lebih mudah melihat dan mengatur jadwal di kalender. Jorte Calendar & Organizer menawarkan pengalaman memiliki sebuah kalender unik dan sangat bermanfaat dalam genggaman tangan Anda.


Font untuk menulis jadwal atau pengingat di aplikasi ini juga bisa dipilih sendiri. Tak sampai di situ saja, Jorte Calendar & Organizer juga menawarkan Lunar Calendar untuk pengguna yang berasal dari negeri tirai bambu dan sekitarnya. Aplikasi ini bisa tersinkronisasi dengan Google Calendar.

9. Calendar+ Schedule Planner App

Calendar+ Schedule Planner App

Satu aplikasi punya dua fungsi sekaligus, ya itulah yang ditawarkan oleh Calendar+ Schedule Planner App. Di aplikasi gratis ini, Anda bukan hanya bisa melihat kalender saja, Anda juga bisa mengatur jadwal pada kalender yang ada di Calendar+ Schedule Planner App. Anda bisa menandainya dengan menggunakan warna-warni yang variatif untuk membedakan jadwal satu dengan jadwal lainnya.

10. TimeTree

TimeTree

Beda dari yang lainnya, jika biasanya kalender hanya bisa dilihat oleh satu pengguna saja, maka lain halnya dengan TimeTree. Di aplikasi besutan JUBILEE WORKS ini justru bisa membagikan kalender ke pada teman atau rekan kerja lainnya. Jadi, tidak hanya Anda yang bisa mengetahui jadwal penting, Anda juga bisa mengingatkan teman lainnya akan tanggal penting.

Aplikasi ini juga kaya akan fitur, salah satunya Anda bisa membuat daftar tanggal-tanggal penting berdasarkan hari, bulan, dan tahun. Yang asyiknya, ada fitur communications sections di mana satu grup Anda bisa memberikan komentar pada tanggal-tanggal yang sudah ditandai di kalender TimeTree.

Rekomendasi Aplikasi Lainnya

Bukan hanya 10 aplikasi di atas saja yang menyediakan kalender ter-update dan terbaik, ada juga beberapa rekomendasi aplikasi kalender bagus lainnya. Apa sajakah itu? Langsung simak ulasannya berikut ini.

11. Calendar Widget: Month

Calendar Widget: Month

Ada beberapa orang yang merasa lebih nyaman melihat kalender secara bulanan. Mereka jadi mengetahui jadwal pribadi mereka selama sebulan penuh. Calendar Widget: Month adalah aplikasi kalender terbaik yang berisi kumpulan widget kalender dalam bentuk bulanan.

Aplikasi ini dapat terkoneksi dengan Google Calendar, sehingga Anda bisa mengetahui hari libur nasional di negara Anda dengan menggunakan aplikasi ini. Ada sekitar 70 tema widget kalender bulanan yang tersedia di Calendar Widget: Month. Anda bisa memilih sendiri tampilan kalender yang Anda inginkan.

12. Calendar

Calendar

Meski terlihat simpel dan sederhana, namun Calendar ini juga bagus untuk menjadi pilihan aplikasi kalender terbaik di Android. Dengan tampilannya yang simpel justru akan memudahkan penggunanya dalam memanfaatkan semua fitur yang ada di Calendar. Tidak perlu khawatir akan memakan banyak ruang, karena Calendar aplikasinya sangat ringan hanya 3.3MB saja lho!

13. Kalender Indonesia

Kalender Indonesia

Jika Anda terlalu malas untuk membaca kalender dalam bahasa Inggris, maka Anda bisa download aplikasi Kalender Indonesia. Ya, sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyuguhkan tanggalan yang disesuaikan dengan tanggalan Indonesia. Dan pastinya, semua fitur juga tools-nya menggunakan bahasa Indonesia. Anda juga dibebaskan untuk memilih pengaturan mulai hari Senin atau Minggu. Tertarik dengan aplikasi ini?

14. Cute Calendar Free

Cute Calendar Free

Nah, berbeda dengan aplikasi lainnya, Cute Calendar Free ini justru akan menampilkan antarmuka yang imut dan menggemaskan. Anda bisa menandakan tanggal-tanggal penting dengan emoji dan karakter yang imut nan lucu. Oh iya, aplikasi ini juga bisa dijadikan untuk note, memo, bahkan aplikasi pengingat jadwal harian. Cukup lengkap dan bagus, kan? Yuk download secara gratis di sini.

15. Calendar Widget Month + Agenda

Calendar Widget Month + Agenda

Aplikasi Calendar Widget Month + Agenda ini bisa menandai tanggalan di hari-hari penting. Anda juga bisa menjadikannya sebagai agenda untuk hal-hal penting. Jadi, Anda tidak akan lupa dengan tanggal dan agenda penting lainnya, karena Calendar Widget Month + Agenda juga bisa jadi reminder.

Selain sebagai pengingat, Calendar Widget Month + Agenda juga bisa difungsikan untuk widget. Jadi, dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa dapatkan 3 keuntungan sekaligus. Oh iya, kalender yang ada di aplikasi ini bisa disinkronisasikan ke Google Calendar.

Di antara 10 aplikasi kalender terbaik di atas, manakah yang paling bermanfaat untuk Anda? Hampir semua aplikasi yang kami rekomendasikan di atas bisa digunakan secara gratis di smartphone Android Anda. Kalender dalam genggaman tangan ini bisa menjadi reminder atau pengatur jadwal yang baik bagi Anda, terutama jika Anda memiliki segudang aktivitas yang padat setiap harinya.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *