Carisinyal / Aplikasi Produktivitas / 10 Aplikasi Pengingat Jadwal Kegiatan Terbaik di Android

10 Aplikasi Pengingat Jadwal Kegiatan Terbaik di Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Aktivitas yang padat membuat kita kesulitan untuk mengingat beberapa hal, salah satunya adalah jadwal kegiatan sehari-hari. Sebagai orang yang profesional, Anda tentu tidak ingin melewatkan janji atau pertemuan penting, bukan? Nah, manfaatkan smartphone Android Anda untuk menjadi pengingat jadwal kegiatan pribadi yang sangat akurat.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda sebagai pekerja profesional, Carisinyal akan memberikan beberapa pilihan aplikasi pengingat jadwal kegiatan yang terbaik untuk melengkapi perangkat Android Anda. Aplikasi terbaik ini akan menjadi pengingat (reminder) terbaik untuk setiap jadwal kegiatan Anda. Yuk, simak aplikasi reminder terbaik berikut ini.

10 Aplikasi Pengingat Jadwal Kegiatan Terbaik

1. aCalendar

aCalendar

Aplikasi pengingat jadwal kegiatan yang pertama ini pernah diulas oleh Carisinyal dalam daftar aplikasi kalender terbaik. Ya, aCalendar merupakan aplikasi kalender sederhana yang menawarkan beberapa fitur tambahan berupa sinkronisasi ke beberapa akun, tema kalender, dukungan NFC, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menambahkan acara pribadi ke aplikasi ini dan mengatur agar aCalendar mengingatkan Anda mengenai acara tersebut. Jika Anda membayar aCalendar dengan versi pro, maka Anda bisa menggunakan fitur pengingat yang lebih kuat dan akurat.

2. Any.do: To-do List

Any.do To-do list

Sesuai dengan namanya, aplikasi Any.do: To-do List memungkinkan Anda membuat daftar kegiatan dan mengatur pengingat agar aplikasi ini bisa memberi peringatan yang akurat mengenai jadwal kegiatan Anda. Aplikasi ini bahkan bisa mengingatkan hal-hal yang sederhana, seperti membeli susu di supermarket, lalu menandainya sebagai “terselesaikan” apabila Anda menjawab pengingat tersebut.

Any.do: To-do List dapat menjadi pengingat yang cepat agar Anda tidak melewatkan semua kegiatan yang sepele sampai dengan yang penting. Aplikasi ini bisa melakukan kustomisasi tugas, sikronisasi cloud antar perangkat, pengingat berdasarkan waktu dan lokasi, serta dukungan bagi aplikasi partnernya, yaitu Cal Calendar.

3. BZ Reminder

BZ Reminder

BZ Reminder adalah aplikasi daftar to-do list yang berfokus pada kesederhanaan. Anda dapat mengatur pengingat untuk semua jenis kegiatan yang Anda buat melalui aplikasi ini. Tak hanya itu saja, BZ Reminder akan mengingatkan Anda dengan menyertai catatan jika memang diperlukan.

Sama seperti beberapa aplikasi sejenis lainnya, aplikasi ini juga dapat melakukan sinkronisasi cloud, dukungan Android Wear, tugas yang berulang, dan built-in kalender yang sederhana. Fitur yang ditawarkan oleh BZ Reminder memang tidak terlalu banyak, tapi aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan sesuatu yang cepat dan sederhana.

4. Evernote

Evernote

Nama Evernote pasti sangat familiar bagi Anda, terutama jika Anda adalah pebisnis yang selalu mengandalkan aplikasi untuk mencatat berbagai hal ini. Aplikasi ini sangat fungsional dan populer di Play Store. Selain menawarkan fungsi sebagai catatan, Evernote juga memungkinkan Anda untuk membuat catatan berdasarkan waktu dan lokasi.

Dengan bantuan Evernote, Anda bisa membuat daftar belanjaan agar tidak ada barang yang lupa dibeli karena aplikasi ini akan menghidupkan pengingat ketika Anda sedang berada di supermarket. Pengingat tersebut mencoba memberi informasi pada Anda bahwa ada daftar belanjaan yang sudah dibuat sebelumnya. Evernote adalah aplikasi pengingat jadwal kegiatan yang sangat layak dicoba.

5. Google Allo

Google Allo

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi layanan chatting yang dikembangkan oleh Google. Akan tetapi, Google Allo sudah dibekali dengan Google Assistant yang dapat diakses dalam format ChatBot dari aplikasi untuk diminta melakukan berbagai macam hal.

Jika ingin membuat Google Allo sebagai pengingat, maka Anda harus meminta Google Assistant untuk mengingatkan Anda melakukan sesuatu dan tentukan waktu untuk mengingatkan Anda.

Uniknya, Anda akan menerima pesan pengingat dari aplikasi ini yang tampak seperti seorang teman yang mengingatkan temannya untuk melakukan suatu hal. Meskipun bukan aplikasi reminder yang paling baik, tetapi penggunaan Google Allo sebagai aplikasi pengingat ini memang sangat menyenangkan.

6. Google App (Google Now)

google now

Siapa yang tak kenal dengan Google Now? Aplikasi yang dapat menjalankan perintah suara ini semakin berkembang seiring kemajuan perangkat Android. Google Now bisa menjalankan perintah apa saja, seperti membuka aplikasi atau mencari informasi yang Anda butuhkan. Namun, tahukah Anda bahwa Google Now juga bisa menjadi pengingat ketika Anda mengatakan perintah suara?

Cukup katakan melalui perintah suara bahwa Google Now harus mengingatkan Anda untuk melakukan kegiatan tertentu. Layanan reminder dari Google Now ini adalah yang paling mudah dan praktis. Anda juga bisa melihat daftar pengingat yang sudah dibuat melalui Inbox dari Gmail App.

7. Google Keep

Google Keep

Lagi-lagi Google menggagas sebuah aplikasi catatan dan to-do list yang belum terlalu dikenal oleh pengguna Android. Adalah Google Keep yang merupakan sebuah aplikasi catatan sederhana dan sudah diperkuat oleh beberapa fitur. Anda dapat berbagi catatan kepada orang lain dan mengambil catatan yang terdapat pada akun Google Drive Anda.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Google Keep adalah kemampuan untuk menambahkan pengingat pada catatan sehingga Anda bisa mendapatkan pemberitahuan pada waktu yang sudah ditentukan. Jika Anda adalah pengguna setia berbagai aplikasi Google, maka Google Keep bisa menjadi aplikasi pengingat jadwal kegiatan yang terbaik bagi Anda.

8. Just Reminder

Just Reminder

Jika sepanjang daftar ini Carisinyal membahas aplikasi pengingat yang hadir dengan berbagai macam fitur dan dukungan tertentu, Just Reminder benar-benar merupakan aplikasi pengingat. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang hanya membutuhkan sebuah pengingat, bukan berbagai hal-hal lain yang tidak Anda perlukan.


Melalui Just Reminder, Anda bisa mengatur agar pengingat Anda bekerja berulang kali sebanyak yang Anda inginkan. Interface yang sangat sederhana menjadi keunggulan dari aplikasi ini. Jangan lewatkan semua jadwal kegiatan Anda dengan mengatur pengingat melalui Just Reminder.

9. Life Reminders

Life Reminders

Setali tiga uang dengan Just Reminder, Life Reminders hadir hanya untuk berfokus pada tindakan sederhana yaitu mengingatkan Anda pada hal-hal yang Anda kirimkan pada aplikasi ini. Aplikasi ini akan benar-benar menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Misalnya, ketika Anda harus menelpon seseorang pada pukul 11:00, aplikasi ini akan mengingatkan Anda dan menempatkan Anda pada menu panggilan. Life Reminders bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Play Store.

10. Today Calendar

Today Calendar

Aplikasi kalender yang satu ini juga pernah masuk dalam daftar aplikasi kalender terbaik versi Carisinyal. Ya, Today Calendar ternyata juga dapat berfungsi sebagai pengingat. Antarmuka sederhana dan cepat memungkinkan Anda untuk membuat acara dan menambahkan pengingat untuk segera menjalankan tugasnya secara cepat.

Today Calendar akan melakukan hal-hal yang sederhana seputar mengingatkan jadwal kegiatan Anda, tetapi masih dapat berfungsi dengan baik sebagai aplikasi kalender yang cukup akurat.

Rekomendasi Aplikasi Lainnya

Selain 10 aplikasi yang sudah disebutkan di atas, masih ada aplikasi lainnya yang bisa digunakan sebagai pengingat jadwal. Apa sajakah aplikasi tersebut? Berikut daftar lengkapnya:

11. ColorNote Notepad Notes

ColorNote Notepad Notes

Pada aplikasi ColorNote Notepad Notes, Anda bisa membuat note sekaligus menandakan kalender untuk jadwal-jadwal tertentu. Ya, aplikasi ini memang sangat cocok bagi Anda yang butuh reminder untuk setiap jadwal Anda yang padat.

ColorNote Notepad Notes menyuguhkan sticky note berwarna-warni yang menarik. Sticky note ini juga bisa Anda tempelkan di layar Android. Untuk pengingat jadwal, Anda bisa membuka fasilitas kalender yang ada, kemudian tandai setiap tanggal yang sesuai dengan jadwal Anda. Jangan lupa atur alarmnya juga, ya.

12. Reminder

Reminder

Tidak perlu khawatir lupa akan jadwal-jadwal penting, catat di Reminder saja. Selain Anda bisa mengecek jadwal-jadwal padat setiap hari, Anda juga akan diingatkan untuk jadwal yang akan dan harus dilakukan setiap harinya. Di Reminder, Anda bisa membuat pengingat untuk deadline, meetings, assignment, birthday, bahkan pengingat untuk annivesary.

Juga, Reminder ini bisa untuk mengatur jadwal harian, bulanan, bahkan tahunan. Jadi, Anda bisa membuat jadwal pengingat untuk jangka pendek, jangka menengah, juga jangka panjang. Oh iya, tema yang disuguhkan pada Reminder ini sangat menarik dan inovatif lho. Penasaran? Download di sini.

13. To Do Reminder with Alarm

To Do Reminder with Alarm

Sudah jelas fungsi dan tujuan dari aplikasi To Do Reminder with Alarm ini. Ya, aplikasi ini siap mengingatkan Anda untuk jadwal yang sudah diatur dengan menggunakan alarm. Dalam aplikasinya, pengguna bebas untuk mengatur jadwal berdasarkan hari, bulan, tahun, bahkan Anda juga bisa mengatur kapan alarm harus berbunyi.

Jika Anda merasa terlalu nyaring dengan suara alarm, maka Anda juga bisa memilih untuk diingatkan berupa notifikasi. Untuk bunyi notifikasi dan alarm, bisa Anda pilih dari lagu-lagu favorit yang ada di ponsel. Oh iya, semua jadwal yang Anda tulis di To Do Reminder with Alarm juga bisa di backup & restore ke kartu memori Anda, kok. 

14. Rembo

Rembo

Jika aplikasi sebelumnya akan mengingatkan Anda dengan alarm dan notifikasi, lainnya halnya dengan Rembo. Aplikasi ini justru akan memberikan sensasi “diingatkan oleh orang lain” bernama Rembo. Jadi, jika Anda sudah menentukan pengingat jadwal, maka Rembo siap untuk mengingatkannya dengan cara menelpon Anda.

Tenang saja, Rembo ini merupakan AI (karakter dari aplikasi) yang memang dibuat untuk mengingatkan setiap jadwal para pengguna Rembo. Yang uniknya lagi, Anda bisa melakukan virtual chatting dengan si karakter Rembo ini lho. Unik, ya?

15. Reminder with Alarm

Reminder with Alarm

Satu lagi aplikasi bagus untuk Anda yang suka lupa akan jadwal penting, Reminder with Alarm. Ini adalah aplikasi di mana punya antarmuka yang simpel namun tetap menarik. Anda bisa mengatur jadwal penting Anda sesuai dengan waktu yang diinginkan. Juga, Anda bisa langsung set alarm agar Reminder with Alarm bisa mengingatkan Anda tepat waktu.

Inilah 10 pilihan aplikasi pengingat jadwal kegiatan terbaik untuk diinstall di smartphone atau tablet Android Anda. Jangan sampai Anda melewatkan kegiatan atau janji penting Anda dengan orang lain. Segera install aplikasi ini untuk menjadi pengingat yang handal dan akurat bagi Anda.

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. SatuBon adalah satu-satunya dompet elektronik plus pengingat yang terintegrasi dengan pembayaran digital (Mobile Payment) yang dapat menampilkan nilai tagihan dan catatan anda secara otomatis tanpa perlu repot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *