carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi & Situs untuk Belajar Mengetik 10 Jari Terbaik

10 Aplikasi & Situs untuk Belajar Mengetik 10 Jari Terbaik

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 April 2021

Salah satu keterampilan yang dibutuhkan dan harus dipelajari adalah mengetik dengan cepat dan akurat. Jika dahulu orang harus mengikuti kursus khusus untuk belajar mengetik, sekarang ini semua orang dapat dengan mudah belajar mengetik menggunakan aplikasi untuk belajar mengetik 10 jari yang gratis maupun yang berbayar.

Aplikasi mengetik terbaik tentunya memberikan pelatihan akurasi, pelajaran ergonomi, dan latihan berjangka waktu untuk membantu pengguna terus berkembang. Belajar mengetik bisa terasa seperti monoton, jadi aplikasi mengetik dengan latihan dan permainan bisa membantu pengguna tetap termotivasi. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai aplikasi mengetik terbaik yang bisa dipilih.

1. Stamina Typing Tutor

Sumber: www.softpedia.com

Stamina Typing Tutor merupakan aplikasi untuk belajar mengetik 10 jari yang bisa digunakan untuk pemula serta yang sudah mahir. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk belajar cara mengetik lebih cepat dengan skema penempatan jari alternatif yang mengurangi tekanan dan kelelahan tangan.

Di aplikasi ini pengguna bisa mempelajari cara mengetik cepat dengan meletakkan jari mereka pada SDFV dan NJKL, yang merupakan posisi yang jauh lebih alami untuk tangan dan akan meningkatkan toleransi terhadap kelelahan daripada menggunakan skema penempatan jari ASDF yang biasa.

Pengguna juga bisa memasukkan berbagai gambar, animasi dan suara dalam instalasi aplikasi ini, yang membuat belajar lebih menyenangkan dan santai. Unduh Stamina Typing Tutor.

2. Typesy

Sumber: www.typesy.com

Typesy merupakan salah satu tutor mengetik paling dikenal yang bisa didapatkan saat ini dengan versi perangkat lunak untuk individu, bisnis, homeschooling, dan sekolah. Aplikasi ini tidak menawarkan versi uji coba, tapi semua versi mempunyai jaminan uang kembali 12 bulan.

Aplikasi untuk belajar mengetik 10 jari ini berbasis awan sehingga pengguna bisa mengaksesnya dari komputer mana pun, dan aplikasi ini akan menyinkronkan hasil di semua perangkat. Tidak seperti yang lain, Typesy tidak dilengkapi dengan preset goal atau target.

Oleh karena itu, pengguna harus membuat targetnya sendiri. Setelah mengetik beberapa lama di Typesy, Smart Goals akan menunjukkan kepada pengguna hal-hal yang perlu ditingkatkan. Pelacakan kemajuan sangat baik, dilengkapi dengan banyak statistik dalam format visual yang mudah dipahami.

Aplikasi ini menggunakan lebih dari 500 latihan, pelajaran, dan game yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan kemampuan mengetik pengguna. Instruktur video menawarkan informasi pendamping sebelum setiap pelajaran.

Pengguna bisa mengimpor kontennya sendiri dari file, eBook, Wikipedia, atau konten web lainnya. Pelajaran bisa diunduh dari sumber lain. Game Typesy, seperti Typing Monster, sangat bagus untuk membuat siswa yang lebih muda tetap aktif. Unduh Typesy.

3. Speed Typing Online

Sumber: www.free-training-tutorial.com

Aplikasi untuk belajar mengetik 10 jari gratis ini memiliki 17 pelajaran klasik. Pelajaran ini memungkinkan pengguna untuk mempelajari semua huruf di keyboard sebelum keterampilan mereka diuji melalui ulasan.

Kelebihannya aplikasi ini yaitu menawarkan dua format pelajaran, yaitu pelajaran klasik dan pelajaran lanjutan, sehingga pengguna bisa memilih cara yang mereka inginkan untuk belajar. Selain itu, dengan aplikasi Speed Typing Online, pengguna bisa menyesuaikan durasi semua pelajaran.

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, pengguna juga bisa mengatur target belajar mereka. Yang perlu dilakukan hanyalah menetapkan dan mencapai kecepatan dan akurasi target mereka.

Terlebih lagi, aplikasi belajar mengetik online ini akan secara otomatis menyarankan pelajaran yang harus dikerjakan selanjutnya. Kekurangannya yaitu aplikasi ini hanya cocok untuk pemula tapi tidak untuk pengguna yang sudah mahir. Situs web Speed Typing Online.

4. RataType

Sumber: Twitter RataType

RataType merupakan aplikasi untuk belajar mengetik 10 jari online gratis dengan 15 pelajaran mengetik, masing-masing dengan banyak latihan. Pelajaran dimulai dengan mengajarkan postur yang benar, posisi jari, dan gerakan jari.

Yang menarik adalah jika pengguna melakukan terlalu banyak kesalahan ketika mengetik, maka pengguna terpaksa akan mengulang satu latihan. Selain belajar dalam pengaturan keyboard QWERTY, RataType mendukung tata letak Dvorak, AZERTY, Prancis, Spanyol, Rusia, serta Ukraina.

Aplikasi ini memiliki tes pengetikan yang dapat dilakukan kapan saja yang menunjukkan kecepatan dan akurasi pengguna. Sertifikat perunggu, perak, atau emas yang dapat dicetak dihasilkan, dan perusahaan yang akan mempekerjakan pengguna bisa memverifikasi skor mereka di URL yang unik.


Perangkat lunak tutor mengetik ini ditujukan untuk digunakan oleh grup atau murid di ruang kelas, karena pengguna bisa melihat laporan tentang skor tinggi dan bersaing satu sama lain. Ini adalah aplikasi mengetik gratis yang sangat baik.

Sayangnya aplikasi ini tidak mempunyai latihan khusus dan penyorotan area masalah seperti halnya perangkat lunak untuk mengetik yang komersial. Situs web RataType.

5. Typing Bolt

Sumber: www.typingbolt.com

Kalau masih melihat keyboard saat mengetik, cobalah pilih aplikasi untuk belajar mengetik 10 jari online berbasis AI ini dan pelajari mengetik hanya menggunakan jari telunjuk. Gunakan aplikasi mengetik online ini untuk belajar mengetik sentuh dengan bantuan Bolt AI.

Apa itu Bolt? Ini adalah mesin artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang mempelajari pola pengetikan. Alat ini menggunakan beberapa algoritma unik untuk melacak level pengguna. Ini adalah salah satu perangkat lunak pengetikan terbaik, yang memiliki antarmuka pengguna yang dapat disesuaikan.

Oleh karena itu pengguna dapat mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard. Antarmuka pintar ini juga merefleksikan jari mana yang harus digunakan pengguna untuk mengetik setiap huruf. Typing Bolt merupakan aplikasi untuk belajar mengetik gratis. Situs web Typing Bolt.

6. TypingClub

Sumber: www.TypingClub.com

TypingClub adalah tutor pengetikan berbasis permainan dengan antarmuka pengguna yang ramah. Pengguna akan terus-menerus berusaha keras untuk mendapatkan badge dan skor game yang lebih tinggi sambil mempelajari keterampilan baru secara bertahap.

Edisi Premium yang bebas iklan memiliki uji coba gratis selama tiga hari dan menambahkan lebih banyak mode permainan, tema, dan laporan. Pelajaran utama memiliki lebih dari 670 jenis.

Pengguna bisa mengikuti tes penempatan yang memungkinkan mereka melewati beberapa level sebelumnya jika pengguna sudah berhasil meraih tingkat intermediate. Pelajaran tersedia dalam sembilan bahasa, pelajaran untuk mengetik dengan tangan kiri dan kanan, dan lain-lain.

Halaman statistik menunjukkan bagaimana kecepatan dan keakuratan pengguna meningkat dari waktu ke waktu dalam berbagai bagan, grafik, dan kalender. Diagram kode warna menunjukkan kinerja pengguna dengan setiap tombol keyboard dan jari. Situs web TypingClub.

7. Keybr

Sumber: Twitter Keybr

Yang membedakan Keybr dari aplikasi untuk belajar mengetik 10 jari lainnya adalah statistik dan algoritma cerdas yang melacak latihan pengguna. Berdasarkan hasil yang dicapai pengguna ketika menggunakan aplikasi, mereka akan diarahkan ke tantangan yang lebih sulit.

Dengan cara ini, pengguna tidak harus melakukan pengulangan yang tidak perlu dan mereka bisa langsung ke latihan yang lebih sulit. Aplikasi ini juga mengukur seberapa cepat pengguna mengetik kata dan kombinasi huruf tertentu. Jika kombinasi huruf terbukti bermasalah saat latihan, kombinasi tersebut akan lebih sering muncul, sampai pengguna benar-benar menguasai hal itu.

Berbeda dari aplikasi lain yang memiliki latihan yang ditentukan sebelumnya, Keybr menyesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat keahlian pengguna. Situs web Keybr.

8. KeyBlaze

Sumber: www.softonic.com

KeyBlaze merupakan aplikasi latihan mengetik yang ramah di dompet untuk Windows atau Mac. Ada versi gratis dengan fitur terbatas, versi pribadi, dan versi komersial. Versi komersial juga tersedia dengan paket berlangganan.

Terdapat lebih dari 150 aktivitas untuk mengasah keterampilan mengetik, termasuk pelajaran khusus untuk berlatih menulis dan mengetik menggunakan keyboard numerik 10 tombol. Game seperti Word Blizzard menantang pengguna untuk mengetik kata dengan cepat dan akurat.

Penilaian memberi tahu pengguna posisi mereka, dan perangkat lunak melacak kecepatan, keakuratan, dan area lemah mereka. Pengguna bahkan dapat membuat pelajaran yang dirancang sendiri dan menetapkan target kata per menit mereka sendiri.

Sebagian besar fitur tidak tersedia dalam versi gratis, aplikasi ini lebih merupakan demo, tetapi versi berbayar tidak terlalu mahal. Unduh KeyBlaze.

9. Sense-Lang.org

Sumber: Sense-Lang.org

Terdapat 16 pelajaran mengetik gratis yang dimiliki oleh Sense-Lang.org. Ada juga fitur yang memungkinkan pengguna memakai teks yang dimiliki untuk berlatih. Tiap pelajaran menampilkan keyboard animasi yang memudahkan untuk mendapatkan gambaran kemampuan mengetik mereka.

Selain itu, pengguna juga bisa tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mengurangi kesalahan. Mereka juga dapat melihat statistik pengetikan waktu nyata untuk kata per menit, waktu, dan akurasi selama pelajaran.

Guru juga dapat mengakses pelajaran ini yang memungkinkan mereka untuk membuat kelas online, memberikan pelajaran, dan mendapatkan informasi terbaru tentang kemajuan siswa mereka. Aplikasi ini tersedia dalam beberapa bahasa dan ada juga keyboard internasional. Situs web Sense-Lang.org.

10. Rapid Typing Tutor

Sumber: www.softonic.com

Rapid Typing Tutor juga merupakan salah satu aplikasi untuk belajar mengetik 10 jari yang akan membantu membuat proses training penggunaan keyboard sangat bermanfaat. Bahkan anak-anak bisa belajar mengetik lebih cepat dengan memainkan permainan mengetik via Rapid Typing Tutor.

Perangkat lunak mengetik untuk anak-anak dan orang dewasa ini sama-sama memberi pelajaran yang mudah kepada pengguna sehingga mereka dapat mempelajari keterampilan menggunakan keyboard secara efisien.

Rapid Typing Tutor mempunyai keyboard virtual dengan sorotan zona sehingga pengguna dapat mempelajari cara meletakkan jari di keyboard. Perangkat lunak ini mendukung semua tata letak keyboard terkenal seperti QWERTY, QWERTZ, AZERTY, dan lain-lain.

Perangkat lunak ini menampilkan gerakan tangan di atas keyboard untuk menyederhanakan pelajaran mengetik pengguna. Tangan ini memandu mereka tentang jari mana yang akan digunakan jika pengguna ingin menekan tombol saat ini.

Bahkan siswa dapat menggunakan aplikasi belajar mengetik gratis ini untuk menjadi mahir mengetik. Terlebih lagi, perangkat lunak ini menggunakan sumber daya sistem yang minimal sehingga pengguna tidak menghadapi kendala saat menjalankan aplikasi ini. Unduh Rapid Typing Tutor.

Sekarang ini keterampilan mengetik 10 jari menjadi sebuah kemampuan yang harus dimiliki terutama mereka yang bekerja di kantoran. Terkadang orang malas untuk belajar mengetik 10 jari karena tak ada aplikasi yang mudah untuk digunakan. Saat ini banyak beragam perangkat lunak untuk belajar mengetik 10 jari baik yang online maupun offline.

Aplikasi belajar mengetik 10 jari saat ini dirancang agar memudahkan pembelajarnya sehingga mereka terus bersemangat untuk belajar sampai mahir. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk belajar mengetik 10 jari dengan salah satu aplikasi di atas?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram