Yuk, Coba 10 Aplikasi Pengatur Waktu Belajar di Android

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Waktu belajar bagi masing-masing dari kita tentu berbeda. Tak jarang, waktu belajar tersebut terlewatkan di dalam keseharian, akibat menumpuknya berbagai aktivitas lain.

Setiap ponsel pintar memiliki pengingat yang dapat diset untuk waktu-waktu tertentu. Akan tetapi, fitur bawaan seperti ini tak jarang terasa membosankan bagi sebagian orang. 

Oleh karena itu, pada kesempatan ini Carisinyal ingin membagikan informasi tentang aplikasi pengatur waktu belajar yang bisa Anda coba di ponsel Android. Simak daftar dan pembahasan tentang aplikasinya di bawah ini.

1. My Study Life - Digital School Planner You Need

my study planner_

Salah satu aplikasi pengatur waktu belajar yang bisa Anda coba adalah My Study Life - Digital School Planner You Need.

Dengan aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa mengatur waktu belajar harian, melainkan juga menyimpan data dari PR, tugas dan bahkan revisi dari tugas-tugas Anda. Anda bisa menyimpan semua data tersebut di cloud dalam aplikasi.

Anda juga bisa membuat jadwal belajar berdasarkan kalender akademik sendiri. Bukan cuma itu saja, aplikasi ini dapat mengingatkan Anda tentang tugas-tugas atau PR yang belum diselesaikan. Tertarik untuk mencoba? Download My Study Life - Digital School Planner You Need di sini.

2. Study Bunny: Focus Timer

study bunny_

Selanjutnya, ada Study Bunny: Focus Timer. Sesuai dengan namanya, aplikasi pengatur waktu belajar ini akan membantu Anda untuk tetap fokus saat mempelajari materi dari berbagai pelajaran, atau mengerjakan tugas di rumah.

Anda akan ‘ditemani’ oleh karakter kartun berupa kelinci lucu setiap belajar. Atur waktu belajar Anda setiap hari atau setiap minggu di jam-jam tertentu dan lacak progres Anda di dalam aplikasi ini.

Saat waktu belajar tiba dan Anda mulai tidak fokus, Anda dapat memberi jeda pada waktu belajar untuk memulainya lagi nanti. Oh iya, selama belajar dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan koin. Koin-koin itu bisa Anda pakai untuk membeli item di dalam aplikasi. 

3. Todait - Smart study planner

TODAIT_

Jika Anda sedang melakukan persiapan untuk ujian, aplikasi Todait - Smart study planner ini cocok untuk Anda coba. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan yang akan membantu Anda untuk tetap rajin belajar. 

Aplikasi ini bisa mengatur study goal Anda setiap harinya, agar target nilai ujian tercapai. Tersedia pula fitur stopwatch yang bisa digunakan untuk mengatur jam belajar Anda di waktu tertentu.

Tak lupa, aplikasi Todait akan memberikan feedback terhadap waktu belajar Anda. Unduh aplikasi Todait - Smart study planner di sini.

4. FLIP

FLIP_

Aplikasi pengatur waktu belajar lainnya yang bisa Anda coba gunakan adalah FLIP. Di dalamnya terdapat beberapa fitur yang akan membantu Anda untuk jadi tetap rajin belajar. Bisa dibilang, aplikasi ini serupa dengan Study Bunny.

Anda dapat membuat timeline, mengatur waktu, membuat jadwal, dan melihat statistik belajar dalam satu aplikasi saja. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur fokus saat belajar.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur FLIP TALK, di mana Anda bisa mengobrol dengan pengguna lain dan berbagi strategi belajar dengan mereka. Unduh aplikasi FLIP di sini.

5. Focus To-Do: Pomodoro & Tugas

focus to do - pomodoro dan tugas_

Anda yang menggunakan metode pomodoro bisa mengandalkan aplikasi ini. Ya, Focus To-Do adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda bisa mengatur waktu belajar ataupun bekerja dengan metode pomodoro yang biasa dilaksanakan setiap 25 menit.

Selain bisa mengatur waktu belajar, aplikasi ini dapat digunakan pula untuk memantau statistik performa Anda setiap hari, setiap minggu, ataupun setiap bulan. 

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Anda tinggal memilih tugas atau pelajaran yang ingin diselesaikan, kemudian aturlah waktu selama 25 menit. Setelahnya, mulailah untuk menyelesaikan aktivitas Anda dan usahakan untuk tetap fokus, ya. 

6. School Planner

school planner_

Sesuai dengan nama aplikasinya, School Planner bisa Anda gunakan untuk merancang jadwal belajar. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengingat. Jadi, Anda tidak akan melewatkan waktu belajar yang sangat penting.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa merekam aktivitas belajar Anda. Jadi, Anda dapat melihat progres belajar langsung di dalam aplikasinya. School Planner bisa Anda unduh dan gunakan secara gratis. Dapatkan aplikasinya melalui link ini.

7. Forest

Forest_

Selanjutnya, ada Forest. Aplikasi pengatur waktu belajar satu ini juga tak kalah menarik dari aplikasi serupa yang sudah kami bahas. Di Forest, Anda dapat menjaga fokus belajar dengan baik tanpa terganggu untuk melakukan aktivitas lain, termasuk membuka media sosial.

Di dalam aplikasinya, tersedia pengatur waktu belajar yang bisa Anda gunakan. Selama belajar, Anda akan menumbuhkan sebuah pohon. Jika Anda tetap fokus, pohon tersebut akan tumbuh. Namun, bila Anda melakukan hal sebaliknya, pohonnya akan mati begitu saja.

Tak hanya mendorong untuk tetap fokus, aplikasi ini juga bisa membantu Anda mengevaluasi jadwal belajar. 

Forest telah memenangkan beberapa penghargaan, lho. Salah satunya adalah Aplikasi Produktivitas Teratas tahun 2018 dari Google Play. Unduh aplikasi Forest di sini untuk mulai menggunakannya.

8. StudySmarter - School & uni

studysmarter_

StudySmarter bisa dibilang jadi salah satu aplikasi pengatur waktu belajar terbaik dengan fitur yang lengkap. Di dalam aplikasi ini, Anda bisa membuat study plan dan mengatur waktu belajar harian dan memantau progres pembelajaran.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram