carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Kompres PDF Terbaik untuk PC dan Laptop

10 Aplikasi Kompres PDF Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 April 2021

Sekarang ini PDF merupakan salah satu format file terpopuler di dunia. Format ini sangat nyaman digunakan di bermacam platform dan sangat andal. Namun terkadang ketika membagikan format ini kita terkendala oleh ukurannya yang besar. Untungnya sekarang banyak aplikasi kompres PDF gratis yang tersedia secara online.

Aplikasi ini bisa mengecilkan ukuran file PDF yang akan kamu kirim. Selain itu, mereka bisa juga menggabungkan atau memisahkan file PDF. Banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi kompres PDF ini. Kalau kamu membutuhkan aplikasi ini untuk urusan kuliah dan kerjaan, beberapa aplikasi berikut bisa jadi pertimbangan.

1. Smallpdf

Smallpdf merupakan salah satu kompresor PDF paling populer pada tahun 2020. Tak hanya sekadar alat kompresi, Smallpdf juga menyediakan seperangkat alat PDF yang akan memenuhi kebutuhan sebagian besar bisnis. Aplikasi ini menawarkan uji coba gratis selama 14 hari. Setelah itu pengguna harus berlangganan jika ingin terus menggunakannya.

Pengguna bisa membayar $12 per bulan, atau $108 selama setahun. Dengan berlangganan versi pro, pengguna tidak hanya akan bisa mengakses kompresi PDF online, konversi, dan penggabungan, tapi juga fitur-fitur seperti tanda tangan elektronik, rotasi halaman, dan enkripsi.

Pelanggan premium juga bisa mengunduh dan menggunakan perangkat lunak kompresi PDF offline Smallpdf. Perangkat lunak offline membuat pengguna semakin mudah untuk mengompres PDF tanpa perlu terhubung ke internet. Smallpdf juga menyediakan banyak aplikasi untuk bisnis. Download Smallpdf.

2. Free PDF Convert

Aplikasi ini sudah menjadi kompresor PDF gratis yang ternama untuk waktu yang sangat lama. Perangkat lunak online ini mudah digunakan, super cepat dalam memberikan hasil yang diinginkan pengguna, dan juga gratis. File PDF yang dikompresi menggunakan alat ini hampir tidak pernah kehilangan kualitas aslinya saat dalam proses kompresi.

Mungkin bagian terbaik dari alat ini yaitu penekanannya pada keselamatan dan keamanan data pengguna. Free PDF Convert tidak menduplikasi file pengguna selama pengguna menghapus sisa dokumen yang diunggah. Aplikasi ini mengenkripsi semua dokumen PDF yang diunggah dengan enkripsi 256-bit, jadi tak mungkin informasi yang disimpan dalam dokumen yang diunggah bisa dibobol dan dicuri.

Pengguna bisa mengakses perangkat lunak ini dari perangkat apa pun, yang dibutuhkan hanya koneksi internet yang bagus. Selain kompresi PDF gratis, alat ini juga menawarkan fitur-fitur seperti konversi file PDF, penggabungan dan pemisahan file PDF, dan masih banyak lagi. Website Free PDF Convert.

3. TalkHelper PDF Converter

TalkHelper PDF Converter merupakan salah satu alat PDF paling canggih yang dapat diperoleh oleh para pengguna yang tersedia saat ini berkat fiturnya yang beragam. Kompresor PDF ini tidak akan mengecewakan penggunanya. Mulai dari antarmuka yang tidak hanya mudah digunakan tapi juga lebih dari sekadar intuitif, pengguna dijamin akan mendapatkan proses pengecilan PDF yang lancar yang tidak dapat disamakan dengan yang lain.

Proses pengurangan ukuran file PDF dapat dilakukan dari beberapa file sekaligus sehingga tidak membosankan karena kompresi PDF batch-nya hanya dengan sekali klik. Untuk memfasilitasi ini, fitur drag-and-drop yang sangat berguna tersedia untuk pengguna.

Pada saat yang sama, kecepatan dan akurasi juga dipertimbangkan. Bahkan ketika pengguna memampatkan file PDF ke file yang sangat kecil, kualitasnya tidak terganggu sama sekali seperti yang mungkin terjadi pada alat lain yang berfungsi serupa. Download TalkHelper PDF Converter.

4. Nice PDF Compressor

Hasil dengan kualitas terbaik merupakan slogan untuk perangkat lunak kompresor PDF yang bagus ini. Pengguna bisa mendapatkannya sebagai unduhan gratis atau versi berbayar bergantung pada kebutuhan mereka. Terdapat versi yang didukung oleh command-line atau baris perintah yang mampu diintegrasikan ke dalam sistem untuk penyelesaian tugas yang lebih cepat.

Jika pengguna mempunyai banyak file PDF untuk dikompres, seperti dalam folder, Nice PDF Compressor akan sangat membantu. Hal ini karena aplikasi ini mendukung pengurangan batch PDF sehingga menghemat waktu dan tenaga pengguna. Dengan menerapkan algoritma Flate atau RunLength untuk kompresi, pengguna bisa yakin untuk mengurangi ukuran file PDF ke ukuran sekecil mungkin.

Aplikasi ini terus mengikuti kemajuan terbaru di dunia PDF untuk memberikan pengalaman terbaik yang layak bagi pengguna. Nice PDF Compressor bukan hanya aplikasi berkualitas tinggi tapi juga aplikasi pengurangan ukuran PDF yang terbaik. Download Nice PDF Compressor.

5. PDF Compressor

PDF Compressor merupakan aplikasi kompres PDF online gratis dan mudah digunakan. Tidak ada perangkat lunak untuk diunduh, jadi pengguna bisa menggunakan platform ini langsung dari browser web mereka. Meskipun mungkin situs web bukan yang paling menarik, tapi setelah menggunakan aplikasi ini pengguna dapat mengatakan bahwa aplikasi itu melakukan apa yang dikatakannya yaitu kompres PDF.

Walau tidak terdapat opsi untuk mengoptimalkan PDF terkompresi, file PDF tetap terkompresi dengan kualitas yang tinggi. Perlu disebutkan bahwa PDF Compressor mengkonversi dokumen ke dan dari format PDF, yang dapat menjadi fitur tambahan yang berguna untuk bisnis.

Tak banyak yang dapat dikatakan tentang PDF Compressor. Gratis, berfungsi dengan baik, dan perusahaan telah memonetisasi situsnya dengan iklan, memastikan alat tersebut tetap gratis untuk digunakan. Website PDF Compressor.

6. Soda PDF

Satu lagi aplikasi kompres PDF yang andal yaitu Soda PDF. Aplikasi ini berkualitas tinggi yang dapat digunakan secara gratis. Soda PDF juga menawarkan aplikasi desktop berbayar untuk bisnis yang ingin mendapatkan solusi kompresi PDF premium.


Aplikasi online ini gratis, mudah digunakan dan terintegrasi dengan Google Drive dan Dropbox untuk kemudahan mengunggah. File yang dikompresi mempertahankan sebagian besar kualitas aslinya dan mudah dikirim melalui email atau diunggah.

Jika pengguna mencari kompresor PDF gratis, jangan melewatkan Soda PDF. Walaupun aplikasi online berguna dan bisa melayani banyak kebutuhan bisnis tanpa perlu berlangganan, tapi paket Soda PDF Business juga direkomendasikan untuk digunakan.

Produk premium Soda PDF mencakup rangkaian lengkap alat manajemen PDF, seperti kompresi PDF cerdas, enkripsi file, dan konversi format file. Paket premium Soda PDF berharga $85 per tahun per lisensi atau $170 untuk langganan seumur hidup. Website dan download Soda PDF.

7. Sejda PDF Compressor

Sejda PDF Compressor merupakan alat lintas platform yang mendukung untuk digunakan pada platform Linux, Windows dan Mac sehingga aplikasi ini menjadi salah satu perangkat lunak kompresor PDF terbaik karena keandalannya.

Selain itu, pengguna bisa mendapatkan pilihan antara versi online dan offline bergantung mana yang memberi kenyamanan tertinggi menurut pengguna. Mereka dapat mengompres file PDF satu demi satu atau mengerjakan banyak file sekaligus menggunakan opsi pengurangan PDF batch.

Saat bekerja dengan aplikasi online, keamanan selalu menjadi perhatian besar tetapi aplikasi ini menjamin keamanan dengan koneksi terenkripsi untuk unggahan atau unduhan dan file dihapus secara permanen dari server setelah pengguna selesai memampatkan dokumen.

Berbagai pilihan gambar tersedia yang dapat diatur oleh pengguna termasuk kualitas, resolusi antara lain untuk memberikan hasil yang mereka inginkan. Gambar akan dioptimalkan dan disaat yang sama menghapus font dan gambar yang tidak digunakan dengan cepat. Download Sejda PDF Compressor.

8. Cisdem PDF Compressor

Aplikasi ini merupakan aplikasi platform Mac eksklusif yang berguna saat pengguna ingin mengompres file PDF. Tidak seperti alat lain yang dapat mengganggu kualitas, Cisdem PDF Compressor memastikan kualitas tetap terjaga walaupun ada tingkat kompresi PDF.

Sebagai tambahan, antarmuka aplikasi ini juga cukup sederhana bahkan untuk pengguna pemula sehingga tak perlu repot ketika menggunakan perangkat lunak ini dan menyelesaikan pekerjaannya. Faktanya, proses pengurangan PDF hanya perlu 3 langkah sederhana saja.

Selain itu, ukuran file real-time ditampilkan untuk pengguna termasuk yang diprediksi untuk hasil PDF terkompresi. Aplikasi ini juga memiliki fitur drag and drop dan batch dalam paket dan mendukung penuh untuk semua versi file PDF tanpa terkecuali.

Pengguna akan mendapatkan mode filter preset untuk kebutuhan umum sambil menyesuaikan resolusi dan kualitas gambar sesuai keinginan mereka. Download Cisdem PDF Compressor.

9. PDFescape

Pada dasarnya PDFescape merupakan aplikasi perangkat lunak akses web. Pengguna bisa mengaksesnya melalui beragam browser apa pun, di antaranya Chrome, Firefox, Safari, Internet Explorer, juga Opera. Jika mau, pengguna juga bisa mendapatkan versi offline untuk desktop.

Setelah pengguna membuka dokumen, mereka dapat mengedit teks, gambar, menandatangani dokumen secara digital, dan banyak fitur lainnya. Kelemahan dari PDFescape yaitu antarmuka yang terlalu ramai. Banyak tombol di mana-mana.

Pengguna juga bisa mendapatkan versi desktop dengan cara berlangganan mulai dari $3 per bulan, tapi itu adalah versi dasar. Untuk edisi Ultimate, pengguna mungkin akan membayar banyak, seperti kompresor ukuran PDF premium.

Perpaduan antara versi online dan offline ini dapat menyenangkan bagi sebagian orang, dan mengganggu bagi yang lain. Ini bergantung pada kesediaan pengguna untuk mengedit dokumen di browser web mereka. Website dan download PDFescape.

10. PDFelement

Tidak diragukan lagi PDFElement merupakan salah satu aplikasi kompres PDF terbaik yang bisa digunakan oleh pengguna dengan mengunduh secara gratis. Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan berkat antarmuka penggunanya yang sederhana dan intuitif.

Beberapa preset diberikan untuk pengguna pilih khususnya ketika berurusan dengan file PDF dengan gambar meskipun ada opsi bagi pengguna untuk menentukan sendiri pengaturan yang sesuai dengan keinginannya.

PDFElement menggabungkan semua ciri terbaik dari kompresor PDF yang baik untuk jadi perangkat lunak yang dapat digunakan saat diperlukan. Aplikasi ini membanggakan dirinya sebagai aplikasi yang memiliki preset berbeda dengan menghasilkan file dengan ukuran berbeda dari yang lain.

Pengguna hanya tinggal memilih salah satu yang paling sesuai kebutuhannya untuk hasil akhir yang diinginkan. Sepertinya aplikasi ini layak untuk dicoba dan tidak akan mengecewakan. Download PDFelement.

Tidak semua file PDF tersedia dalam ukuran yang kecil. Karena itu aplikasi kompres PDF sangat dibutuhkan karena akan membantu dalam urusan mengirim file. Banyak aplikasi yang tersedia baik yang gratis maupun berbayar. Ada yang bisa diunduh juga yang hanya perlu membuka situs webnya saja.

Jika pekerjaanmu melibatkan aktivitas mengirim file, aplikasi yang sudah dibahas di atas akan sangat membantumu. Kamu bisa memilih aplikasi yang gratis atau berbayar bergantung kebutuhanmu. Jadi sekarang tak sulit lagi jika kamu perlu mengecilkan ukuran file PDF yang akan kamu kirimkan. Semuanya bisa dilakukan oleh aplikasi yang sudah dijelaskan di atas.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram