10 Rekomendasi Aplikasi Convert PDF to Word yang Andal

Ditulis oleh Amalia Kaskita

Di zaman yang semakin canggih ini, format dokumen telah berkembang ke berbagai macam jenis yang umumnya dikenal dua format, yaitu Doc/Docx dan PDF. Keduanya digunakan dalam berbagai keperluan dokumen, yang mengakibatkan intensitas penggunaan aplikasi converter banyak dicari. Sebelum membahas aplikasi converter, ada baiknya memahami jenis format PDF secara ringkas terlebih dahulu.

Portable Document Format atau lebih dikenal dengan PDF adalah ekstensi yang berasal dari Adobe Systems. Format PDF mencakup jenis tulisan dan gambar, namun format ini bisa memasukkan tombol interaktif seperti video, tautan dan lainnya. PDF sering digunakan dalam buku elektronik, bermacam brosur, dan dokumen yang dipindai.

PDF sendiri adalah ekstensi yang hanya bisa dibaca saja. Maka dari itu, banyak bermunculan aplikasi pendukung PDF untuk bisa mengedit hingga mengkonversinya. Berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi converter PDF to Word yang bisa diandalkan.

1. Adobe Acrobat Standard DC

Adobe Acrobat Standard DC adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Adobe System. Aplikasi yang diberikan secara gratis ini dapat mencetak, melihat, menandatangani PDF. Selain itu, aplikasi penampil PDF ini dapat digunakan untuk berinteraksi dengan semua konten PDF lainnya seperti berinteraksi dengan multimedia.

Dengan aplikasi ini, kalian dapat mengkonversi dokumen dan gambar menjadi PDF yang dapat diambil di telepon seluler dan tempat penyimpanan lainnya. Bukan hanya itu, format PDF juga bisa dikonversi lagi menjadi format XLSX, PPTX, dan RTF yang bisa diedit.

Selain itu, aplikasi ini lebih diunggulkan dibandingkan Adobe Acrobat Reader pada umumnya karena Adobe Standard lebih baik dalam sistem operasi dan sinkronisasi data di perangkat. Namun, aplikasi ini hanya tersedia di PC saja, sedangkan aplikasi converter dari Adobe yang tersedia di ponsel adalah Adobe Reader.

2. WPS PDF to Word Converter

Siapa yang tidak mengenal WPS Office? Aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh Kingsoft ini adalah aplikasi unggulan dan selalu disamakan dengan Ms. Office. Mereka juga memiliki aplikasi converter PDF. Seperti namanya, WPS PDF menyuguhkan konversi PDF yang sangat mudah digunakan dengan bermacam konversi format yang tersedia.

Aplikasi untuk komputer ini mendukung perangkat Windows, Linux dan Mac. Selain konversinya yang super cepat, WPS PDF to Word Converter juga mempertahankan kualitas konversi yang sangat baik. Seperti halnya dengan mempertahankan format huruf, gambar dan tata letak.

3. Nitro Office PDF Suite

Pengguna Microsoft juga disuguhi aplikasi gratis PDF converter yang bisa ditemukan di Microsoft Store. Nama aplikasinya adalah Nitro Office PDF Suite: PDF Editor & Reader, Annotate PDF, Merge PDF, Split PDF, Create PDF, Convert PDF. Seperti namanya, aplikasi ini sangat lengkap untuk memodifikasi format PDF.

Dikembangkan oleh Nitro Office & DVD App, aplikasi PDF konverter ini tidak hanya digunakan dalam PC saja, melainkan juga bisa digunakan melalui ponsel. Nitro Office adalah salah satu aplikasi alternatif terbaik yang bisa didapatkan secara gratis. Pasalnya, aplikasi ini sama seperti perangkat lunak Microsoft Office.

Di dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengkonversi file PDF ke berbagai format bahkan bisa ke dalam format gambar seperti JPEG, PNG, GIF, hingga TIFF sekalipun. Walaupun gratis, ada beberapa fitur yang mengharuskan pengguna untuk bayar agar bisa dipakai secara penuh.

4. UniPDF

Tidak kalah menarik, UniPDF menyuguhkan aplikasi PDF converter yang bebas dari kompleksitas dan kebingungan pemakaian. Aplikasi converter PDF satu ini terbilang sangat mudah untuk digunakan. Petunjuk pengunduhan dan opsi membingungkan seperti aplikasi konverter lainnya tidak ditemukan di aplikasi ini.

UniPDF mendukung banyak format untuk bisa dikonversi seperti file bergambar PNG, JPG, BMP, PCX, TGA dan lain-lain. Kualitas konversinya pun sangat berkualitas dan bagus. Hasil output seperti font, dan layout sama persis dengan hasil sebelumnya dan terlihat sangat identik. Aplikasi ini hanya didukung oleh pengguna Windows.

5. Nuance Power PDF Standard

Aplikasi penunjang converter terbaik untuk Windows lainnya adalah Nuance Power PDF Standard. Ini adalah aplikasi penampil, pembaca dan pengedit PDF. Tampilan ikonnya yang berwarna ungu dengan dua garis panah berseberangan terlihat jelas memberikan arti yang cukup dimengerti. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, dan memiliki fitur yang lengkap.

Ini termasuk aplikasi yang seringkali dibandingkan oleh Adobe Reader DC dan disukai oleh kalangan pebisnis karena ini adalah aplikasi untuk program yang mahal dan kompleks. Meskipun fitur utamanya hanya sekadar konversi, aplikasi ini merupakan pembantu manajemen dokumen PDF yang sangat baik.

6. Wide Angle PDF Converter

Jika kamu ingin memiliki produk yang berkualitas untuk kebutuhan file PDF bisnis kamu, Wide Angle patut kamu punya. Pasalnya, aplikasi Windows ini memiliki penampilan yang bagus dan mudah untuk digunakan. Wide Angle menawarkan fitur-fitur yang esensial untuk kemudahan kamu mengedit file PDF.

Bukan hanya Doc/Docx saja, aplikasi ini menawarkan banyak jenis format konverter seperti EPUB, XPS, SVG, TXT dan lain-lain. Memodifikasi PDF seperti file yang dikombinasikan, dipisahkan, ditandai, dan navigasi yang mudah untuk mengedit PDF. Namun, untuk membuka semua fiturnya kamu harus membelinya terlebih dahulu.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram