15 Aplikasi PDF Reader Terbaik untuk Membaca PDF di Android

Ditulis oleh Listiorini

Tidak cukup jika hanya mengandalkan aplikasi office di smartphone Android. Pasalnya, kebutuhan akan pekerjaan bukanlah sekedar dokumen yang berformat Microsoft Office. Tak jarang sebagian orang menggunakan filer dengan format PDF. Maka dari itulah, kemungkinan Anda membutuhkan aplikasi PDF Reader pada HP.

PDF Reader berfungsi untuk membaca dokumen-dokumen berformatkan PDF. Hanya dengan menggenggam smartphone, Anda sudah bisa membaca dokumen PDF tersebut. Simple dan tidak perlu ribet lagi. Berikut Carisinyal berikan 10 rekomendasi aplikasi PDF Reader untuk Anda.

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Tentu aplikasi bernamakan Adobe Acrobat Reader ini mampu untuk membuka file berupa PDF. Apkikasi PDF Reader besutan developer Adobe ini menyiapkan beberapa fitur yang akan memudahkan para pengguna dalam membaca dokumen PDF.

Tidak hanya dapat membuka dan membaca PDF saja, bahkan pengguna Adobe Acrobat Reader dapat langsung membuka file PDF melalui Email dan Web. Anda juga bisa langsung membagikan file PDF tersebut secara mudah dengan menggunakan fitur share.

Ada tiga mode untuk cara membaca PDF dengan menggunakan Adobe Acrobat Reader yakni Single Page, Continuous scroll, atau Reading mode. Fitur comment pun tersemat pada aplikasi. Jadi, Anda dapat mencoret-coret dan menandakan hal-hal penting langsung di file PDF tersebut. Sangat lengkap dan mudah bukan? Download aplikasinya di sini.

2. WPS Office - Free Office Suite for Word,PDF,Excel

wps office

Jangan hanya settle dengan file PDF saja. Dengan menggunakan WPS Office, Anda bisa membuka file dokumen Word, spreadsheetslide, dan juga berbagai macam alat management lainnya yang penuh dengan fungsionalitas tinggi.

Di sini Anda tidak hanya bisa mengedit, tapi juga menambahkan anotasi, tanda tangan, dan juga mengonversi file PDF ke DOC. Jika Anda ingin mengirimkan beragam file dokumen banyak ke satu orang, WPS Office juga menghadirkan fitur menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file. Miliki aplikasi ini di sini.

3. Xodo

aplikasi pdf reader Xodo

Last but not least, Xodo hadir sebagai aplikasi untuk membaca PDF yang dapat Anda gunakan secara mudah dan praktis. Xodo mengklaim bahwa aplikasinya akan mampu bekerja secara cepat dalam membuka dan juga membaca PDF di smartphone android Anda.

Anda juga bisa secara langsung mengedit dan mencoret-coret layaknya buku di dalam PDF Anda. Xodo juga akan melakukan sinkronisasi secara otomatis ke dalam Dropbox, Google Drive dan OneDrive. Siap untuk menggunakan aplikasi Xodo? Download Xodo di sini.

4. Foxit

Foxit

Ingin aplikasi PDF Reader yang gratis tanpa dipungut bayaran apapun? Cobalah aplikasi Foxit. Tak hanya menyediakan layanan yang gratis, Foxit juga disokong dengan kehadiran fitur-fitur yang tentunya akan memudahkan Anda para pengguna aplikasi Foxit.

Selain untuk membaca dan membuka file dan dokumen berformatkan PDF, Foxit juga menyajikan fitur untuk mengedit PDF secara langsung di layar HP Anda. Anda juga bisa melakukan rename, move, copy atau delete PDF file. Tak cukup sampai di situ, bahkan Foxit mampu memutar file berupa Audio ataupun Video juga.

Dan jangan khawatir ketika ada seseorang yang iseng mengedit file PDF, Foxit akan melakukan tracking untuk melihat siapa yang telah mengedit PDF. Lengkap dan juga aman tentunya. Anda berminat menggunakannya? Klik di sini dan download aplikasinya.

5. PDF Reader - PDF Viewer

Selanjutnya ada aplikasi PDF Reader - PDF Viewer yang dapat membantu Anda membaca file PDF yang diunduh dari internet. Aplikasi ini menawarkan fungsi membaca file PDF langsung dari ponsel serta fitur untuk membaca PDF dalam mode gelap.

Anda juga dapat membuka dan melihat dokumen lain dengan aplikasi ini. PDF Reader - PDF Viewer juga membantu Anda membaca file Excel, membaca dokumen Word, dan PowerPoint dari pengelola file, email, cloud, atau web dengan mudah.

6. All Document Reader and Viewer

Seperti namanya, aplikasi All Document Reader and Viewer dapat membantu Anda membaca semua dokumen yang diunduh dari internet seperti file PDF,  doc, docx xls, ppt, txt, excel, dan lain-lain. Sejauh ini aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store.

Dalam aplikasi All Document Reader and Viewer, semua file dokumen termasuk file PDF, Word, Excel, PowerPoint, txt dikelola dan diatur dalam tampilan struktur folder. Selain itu, semua file dokumen juga tersedia di satu tempat, sehingga memudahkan pencarian dan penampil dokumen.

7. CamScanner -Phone PDF Creator

CamScanner -Phone PDF Creator

Mungkin beberapa dari Anda akan bertanya-tanya, bagaimana bisa sebuah aplikasi scan dapat dikategorikan sebagai aplikasi PDF Reader? Tentu saja bisa. Aplikasi CamScanner -Phone PDF Creator, sebagaimana yang diketahui merupakan aplikasi scan, ternyata juga mampu untuk membuka bahkan membaca PDF juga lho.

Dalam aplikasinya, fitur untuk mengimpor dokumen berupa PDF dapat dilakukan oleh CamScanner -Phone PDF Creator. Artinya Anda bisa menjadikan buku Anda sebagai buku digital berformat PDF dengan CamScanner. Mau mencoba aplikasi ini? Tinggal klik di sini dan dapatkan aplikasinya.

8. OfficeSuite: Word, Sheets, PDF

OfficeSuite + PDF Editor

Aplikasi OfficeSuite + PDF Editor telah dibahas sebagai aplikasi Office di HP Android. Namun, selain berperan sebagai aplikasi office, nyatanya OfficeSuite + PDF Editor mampu dikatakan sebagai PDF Reader karena kemampuannya yang dapat membaca dan juga membuka file juga dokumen dengan format PDF.

Selain untuk membaca dan membuka PDF saja, bahkan OfficeSuite + PDF Editor dapat Anda gunakan untuk langsung mengedit file PDF di smartphone. Anda bisa memberikan komentar dan catatan-catatan pada PDF yang Anda buka dengan aplikasi OfficeSuite + PDF Editor. Cukup lengkap dan praktis. Anda berminat? Klik di sini untuk mendownloadnya.

9. Polaris Office

Polaris Office

Bukan hanya Google yang punya aplikasi terbaik untuk membaca PDF karena Infraware Inc juga memberikan aplikasi PDF Reader yang tak kalah lengkapnya dengan Google. Adalah Polaris Office, sebuah aplikasi di mana penggunanya bisa membaca semua dokumen dari Microsoft Office, termasuk PDF.

Pada fitur PDF-nya, Polaris Office menyuguhkan berbagai kemudahan di mana Anda bisa langsung mengedit PDF dengan tools yang sudah disediakan. Jadi, Anda bukan hanya sekedar membaca PDF saja karena Anda juga bisa mencoret-coret PDF tersebut. Cukup lengkap, kan?

10. PDF Reader

PDF Reader

Hanya mengisi ruang di storage HP sebanyak 2.3MB, PDF Reader bisa menjadi solusi tepat untuk Anda yang butuh aplikasi membaca PDF. Dengan aplikasi gratis satu ini tentunya Anda bisa dengan mudah me-manage setiap PDF yang dimiliki. Bahkan, PDF Reader mengklaim aplikasinya akan memberikan kemudahan dan kecepatan dalam membuka serta membagikan PDF baik melalui E-Mail ataupun via pengiriman lainnya.

11. PDF Reader - Scan, Edit & Share

PDF Reader - Scan、Edit & Share

Sesuai dengan nama aplikasinya, PDF Reader - Scan、Edit & Share sebuah aplikasi yang bisa membaca file berupa PDF. Namun, keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini masih ada lagi, salah satunya adalah melakukan scan. Ya, dengan aplikasi ini penggunanya bisa melakukan scanning untuk file PDF.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa langsung mengedit file PDF jika memang diperlukan. Bahkan, PDF Reader - Scan、Edit & Share juga menjamin kemudahan serta kecepatan dalam membagikan file PDF. Mau coba? Bisa download aplikasinya di sini, gratis!

12. PDF Reader Free

Aplikasi pembaca PDF yang satu ini memiliki beberapa fitur. Di antaranya adalah Anda dapat mencari dan menampilkan file PDF secara otomatis dan Recent yang berisi semua dokumen PDF yang telah Anda buka, diurutkan berdasarkan terakhir kali Anda membukanya, dan Anda dapat dengan mudah melihat file PDF yang baru saja Anda lihat tanpa harus menghabiskan waktu mencarinya.

13. PDF Reader - Free PDF Viewer, Book Reader

PDF Reader - Free PDF Viewer, Book Reader dapat secara otomatis menampilkan file PDF di tampilan utama aplikasi PDF. Di dalam aplikasi ini terdapat fungsi "Pencarian" yang memudahkan untuk menemukan banyak file PDF dengan cepat.

Anda dapat membuka file PDF yang terakhir dibuka tanpa membuang waktu untuk mencarinya. Ada pula fitur mode layar penuh menawarkan pengalaman membaca terbaik kapan saja. PDF Reader - Free PDF Viewer, Book Reader juga merupakan aplikasi yang paling ringan di jenisnya.

14. PDF Reader App

PDF Reader App adalah aplikasi yang menyediakan pembaca PDF, Word, dan penampil Excel serta PowerPoint tanpa internet dan gratis. Fitur-fiturnya termasuk bookmark halaman PDF untuk referensi di masa mendatang, pengguliran halaman cepat horisontal dan vertikal, daftar isi dan pencarian teks, dapat memukan PDF dan dokumen dengan mudah berdasarkan nama, mode gelap, dan lain-lain.

15. All PDF - PDF Reader, PDF Viewer & PDF Converter

Aplikasi All PDF - PDF Reader, PDF Viewer & PDF Converter dapat Anda gunakan untuk membaca semua dokumen, membaca file PDF yang disimpan secara lokal di perangkat, dan aplikasi ini mendukung semua file pdf bahkan yang memiliki proteksi kata sandi.

Beberapa fiturnya termasuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file, memisahkan satu dokumen menjadi beberapa dokumen PDF, mengekstrak semua gambar dari file PDF, menyimpan halaman dokumen sebagai gambar, mengatur halaman dokumen PDF, menambahkan nomor halaman ke halaman PDF, dll.

Itulah kesepuluh aplikasi PDF Reader yang bisa Anda gunakan secara mudah, cepat, praktis, dan juga gratis. Siap mempermudah pekerjaan Anda dengan aplikasi ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram