carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi Terbaik utnuk Convert Dokumen Word ke PDF

10 Aplikasi Terbaik utnuk Convert Dokumen Word ke PDF

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 21 April 2021

Terkadang ketika akan mengirimkan file untuk melamar pekerjaan, perusahaan mengharuskan pelamar kerja mengirimkan file tersebut dalam bentuk PDF. Begitu juga ketika di kantor, untuk keamanan file, biasanya dokumen Word diubah menjadi dokumen PDF. Untuk melakukan konversi ini diperlukan aplikasi convert Word ke PDF yang andal.

Tersedia banyak pilihan aplikasi yang bisa melakukan konversi dari Word ke PDF, juga dalam format JPEG, PNG, BMP, TIFF, dan lain-lain dengan mudah dan dapat diandalkan. Ada aplikasi yang gratis serta yang berbayar. Beberapa aplikasi memungkinkan pengguna mengatur pengaturan resolusi seperti DPI dari hasil PDF, ukuran halaman, dan masih banyak lagi. Berikut ini pilihan aplikasinya.

1. TalkHelper

TalkHelper PDF Converter adalah converter Word ke PDF offline yang komprehensif dan mudah untuk digunakan serta memiliki banyak fitur yang luar biasa. Selain mengubah DOCX ke PDF, pengguna juga memiliki akses ke fitur OCR bawaan untuk membantu mengekstrak data teks dari gambar di file Word.

Sebagai salah satu aplikasi convert Word ke PDF all-in-one, perangkat lunak ini menghadirkan kenyamanan terbaik dengan menawarkan fitur konversi Word ke PDF parsial yang memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengubah halaman atau rentang halaman tertentu.

Selain itu, fitur konversi batch membantu pengguna mengubah beberapa file Word ke PDF secara bersamaan. Aplikasi ini memberikan hasil dengan kualitas terbaik, tidak ada batasan ukuran file apa pun, mempertahankan format asli. Aplikasi ini juga memiliki beberapa alat tambahan untuk memisahkan, menggabungkan, dan mengekstrak hanya data yang diinginkan. Unduh TalkHelper.

2. Foxit Reader

Foxit Reader merupakan program berguna yang memungkinkan pengguna membaca serta membuat file PDF. Cukup unduh dan instal program PDF Reader yang serbaguna ini dan mulailah membuat file PDF sendiri.

Aplikasi ini menginstal printer PDF serta plugin PDF di MS Word untuk membuat PDF dari Word. Format dokumen lainnya juga didukung oleh aplikasi ini. Contohnya, untuk membuat PDF dari file DOC atau DOCX, buka di MS Word dan klik Create PDF dari menu Foxit Reader PDF.

Perangkat lunak ini akan mengubah dokumen Word yang dibuka menjadi PDF. Metode lain dapat dilakukan melalui perintah Print. Buka dokumen dan berikan perintah cetak; sekarang pilih Foxit Reader PDF Printer dari daftar printer dan klik tombol cetak untuk menyimpan file menjadi PDF.

Foxit Reader juga mendukung fitur drag & drop, cukup jalankan aplikasinya dan drag & drop file Word secara masal di jendelanya, file akan secara otomatis dikonversi ke PDF. Pengguna bisa menyimpan file PDF yang telah dikonversi satu per satu ke lokasi yang diinginkan. Unduh Foxit Reader.

3. PDF24 Creator

Aplikasi convert word ke PDF ini merupakan aplikasi yang gratis. PDF24 Creator bisa mengubah dokumen Word ke PDF. Untuk melakukannya, pengguna harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu dan menginstalnya di PC. Aplikasi ini juga menginstal printer virtual di PC pengguna.

Ketika memberikan perintah cetak dari dokumen Word, pengguna dapat memilih PDF24 PDF sebagai printer saat ini dari daftar printer. Saat mengklik tombol Print, kotak dialog baru akan terbuka dan di sini pengguna bisa mengatur parameter seperti kualitas, dan lain-lain.

Klik tombol Save as PDF untuk menyimpan file dalam format PDF di lokasi yang diinginkan. Pengguna juga bisa menggunakan fitur pratinjau sebelum menyimpan file final PDF. Unduh PDF24 Creator.

4. 7-PDF Maker

Perangkat lunak ini adalah alat khusus Windows untuk mengubah DOCX ke PDF dan mendukung lebih dari 80 format file tanpa memerlukan driver printer. 7-PDF Maker dapat menghasilkan file PDF yang diindeks dari file Word dan pada saat yang sama mempertahankan hyperlink dari referensi di file asli.

Yang hebat dari aplikasi convert word ke PDF ini adalah pengguna bisa dengan mudah membuat daftar konten dari paragraf Word tanpa lupa bahwa aplikasi ini mengubah DOC ke PDF offline tanpa bergantung pada ghost skrip.

Untuk membantu pengguna mengubah dokumen Word lebih cepat, aplikasi ini dilengkapi fitur integrasi Shell Windows Explorer untuk proses konversi satu klik. Tersedia juga versi baris perintah dan sangat berguna untuk memfasilitasi konversi batch.

Selain converter Word ke PDF offline, aplikasi ini juga memiliki penampil PDF untuk membantu melihat pratinjau file PDF yang dikonversi. 7-PDF Maker juga mempunyai versi portabel yang bisa dibawa dalam drive USB. Versi portabel tersebut bisa menyimpan file Word ke PDF di komputer tanpa perlu menginstal program. Unduh 7-PDF Maker.

5. iSkysoft PDF Editor 6 Professional

iSkysoft PDF Editor 6 Professional merupakan aplikasi convert Word ke PDF offline yang mendukung platform Mac dan Windows. Proses menyimpan file Word ke dalam file PDF dengan kualitas terbaik dapat dilakukan dengan mudah.


Selain dari proses konversi DOC ke PDF, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan anotasi atau catatan saat diperlukan. Tak hanya itu, bila dokumen memiliki gambar dengan konten data teks, aplikasi ini mampu mengekstraknya berkat fitur OCR bawaannya.

Untuk tujuan keamanan, hasil file PDF dapat dienkripsi dengan kata sandi sehingga hanya pihak yang berwenang yang bisa memperoleh akses. Untuk kenyamanan, iSkysoft PDF Editor 6 Professional membuat pekerjaan dengan file Word yang banyak jadi lebih mudah dan tidak memakan waktu.

Caranya dengan membiarkan pengguna masuk pada fitur konversi batch. Untuk membuat segalanya lebih baik, keseluruhan proses format akan dipertahankan untuk memastikan konsistensi antara sumber DOC/DOCX dan hasil akhir file PDF. Unduh iSkysoft PDF Editor 6 Professional.

6. Z-ViPrinter

Program ini memungkinkan untuk melakukan konversi bahkan dari dokumen Word dan juga file dokumen Office lainnya. Untuk menggunakannya pengguna perlu menginstal program, lalu kirimkan perintah Print.

Pilihlah Z-ViPrinter dari daftar printer dan mulai proses konversi. Kemudian, atur lokasi setelah konversi selesai dan simpan di sana. Pengguna juga bisa mengatur DPI, ukuran kertas, memisahkan PDF untuk halaman yang dikonversi. Unduh Z-ViPrinter.

7. Nitro Pro

Nitro Pro merupakan salah satu aplikasi convert Word ke PDF paling luar biasa untuk Windows. Perangkat lunak ini mengubah PDF yang kompatibel. Sebelumnya, dokumen PDF dapat dibuka di PC tapi saat file yang sama dibuka di ponsel pintar, file itu tidak kompatibel.

Nitro Pro hadir dengan solusi untuk menyelesaikan masalah ini. Sesudah mengubah dokumen PDF menjadi dokumen Word, dokumen tersebut secara otomatis kompatibel dengan perangkat apa pun. Dengan jaminan ini, aplikasi ini mendapatkan ulasan yang positif dari pengguna.

Aplikasi ini hadir untuk membuat transfer file dari satu perangkat ke perangkat lain lebih mudah dan lebih cepat. Saat mengubah dokumen ke PDF, Nitro Pro menawarkan fitur unik dalam mengedit hasilnya. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah font, gaya dan menyesuaikan dokumen sebelum memperlihatkan hasilnya. Unduh Nitro Pro.

8. doPDF

doPDF merupakan Printer PDF gratis atau perangkat lunak pembuat PDF. Pengguna bisa mengubah file Word ke PDF dengan mudah. Aplikasi ini menginstal printer PDF serta menu yang berisi perintah. Pengguna bisa membuat PDF dari dokumen Word dengan memberikan perintah Print.

Cara lain yaitu dengan meng-klik menunya dan meng-klik tombol Save as PDF. Pengguna bisa mengatur kualitas hasil PDF. Aplikasi doPDF juga memiliki fitur embed font.

Berbagai ukuran kertas standar tersedia dan pengguna juga dapat mengatur ukuran kustom. Berbagai penyesuaian lainnya dapat diterapkan sebelum membuat hasil akhir PDF. Unduh doPDF.

9. novaPDF

novaPDF merupakan aplikasi convert Word ke PDF offline yang bertujuan untuk membuat proses pertukaran dokumen menjadi mudah dan efisien. Aplikasi ini akan dengan tepat mengubah file menjadi PDF dan membuatnya dapat dilihat di perangkat apa pun.

File bisa berupa alur kerja, laporan, daftar harga, email, formulir, atau paket dalam format DOCX atau DOC. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai printer universal dan di atas itu fitur add-in Microsoft Office yang berguna untuk konversi DOC ke PDF langsung.

novaPDF juga memungkinkan pengguna untuk mengamankan file PDF yang dikonversi dengan kata sandi untuk membatasi akses dan mereka juga bisa menandai PDF untuk tujuan personalisasi. Tautan dalam file Word asli akan diubah menjadi tautan yang bisa diklik dalam file PDF.

Pada saat yang sama, tata letak dan bentuk format keseluruhan dari file DOC ke PDF tetap dipertahankan. Saat diperlukan, pengguna bisa juga menyimpan file Word ke PDF dalam mode batch untuk menghemat waktu.

Fitur lainnya yang bisa dinikmati oleh pengguna adalah berbagi langsung, bekerja dengan preset, menentukan tag di antara fitur lainnya. Unduh novaPDF.

10. UniPDF

UniPDF adalah alat serba guna yang cocok untuk proses konversi Word ke PDF dengan hasil yang bagus yang mempertahankan semua gambar, teks, tata letak, dan bentuk format file aslinya. Dengan program ini, pengguna bisa mengubah satu dokumen Word atau beberapa file secara bersamaan.

Cukup gunakan mode batch sebagai solusinya. Aplikasi convert Word ke PDF UniPDF menawarkan transformasi DOC ke PDF secepat kilat dan menghemat banyak waktu dan tenaga. Alih-alih mengonversi seluruh file Word, pengguna bisa memilih mode konversi parsial.

Jadi hanya menghasilkan halaman individual atau rentang halaman yang dibutuhkan saja. Lebih baik lagi, antarmuka penggunanya sangat ramah dan multibahasa untuk memudahkan pengguna pemula. Unduh UniPDF.

Aplikasi convert Word ke PDF menjadi sebuah kebutuhan tak hanya bagi para pegawai, tapi juga para siswa dan mahasiswa. Dengan adanya aplikasi ini konversi dokumen Word ke PDF atau ke bentuk lain jadi dimungkinkan. Bagi yang ingin aplikasi yang tidak harus membayar, tersedia aplikasi yang gratis.

Cara melakukan konversi dokumen Word ke PDF-nya pun sangat mudah, cukup dengan satu klik saja. Tak hanya satu file, beberapa aplikasi bisa mengubah beberapa file sekaligus sehingga menghemat waktu. Bila ada dokumen yang perlu diubah ke PDF, cukup pilih salah satu dari program di atas. Mudah, bukan?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram