10 Aplikasi Terbaik untuk Convert Dokumen Word ke PDF

Ditulis oleh Siti Hasanah

Terkadang ketika akan mengirimkan file untuk melamar pekerjaan, perusahaan mengharuskan pelamar kerja mengirimkan file tersebut dalam bentuk PDF. Begitu juga ketika di kantor, untuk keamanan file, biasanya dokumen Word diubah menjadi dokumen PDF. Untuk melakukan konversi ini diperlukan aplikasi convert Word ke PDF yang andal.

Tersedia banyak pilihan aplikasi yang bisa melakukan konversi dari Word ke PDF, juga dalam format JPEG, PNG, BMP, TIFF, dan lain-lain dengan mudah dan dapat diandalkan. Ada aplikasi yang gratis serta yang berbayar. Beberapa aplikasi memungkinkan pengguna mengatur pengaturan resolusi seperti DPI dari hasil PDF, ukuran halaman, dan masih banyak lagi. Berikut ini pilihan aplikasinya.

1. TalkHelper

TalkHelper PDF Converter adalah converter Word ke PDF offline yang komprehensif dan mudah untuk digunakan serta memiliki banyak fitur yang luar biasa. Selain mengubah DOCX ke PDF, pengguna juga memiliki akses ke fitur OCR bawaan untuk membantu mengekstrak data teks dari gambar di file Word.

Sebagai salah satu aplikasi convert Word ke PDF all-in-one, perangkat lunak ini menghadirkan kenyamanan terbaik dengan menawarkan fitur konversi Word ke PDF parsial yang memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengubah halaman atau rentang halaman tertentu.

Selain itu, fitur konversi batch membantu pengguna mengubah beberapa file Word ke PDF secara bersamaan. Aplikasi ini memberikan hasil dengan kualitas terbaik, tidak ada batasan ukuran file apa pun, mempertahankan format asli. Aplikasi ini juga memiliki beberapa alat tambahan untuk memisahkan, menggabungkan, dan mengekstrak hanya data yang diinginkan. Unduh TalkHelper.

2. Foxit Reader

Foxit Reader merupakan program berguna yang memungkinkan pengguna membaca serta membuat file PDF. Cukup unduh dan instal program PDF Reader yang serbaguna ini dan mulailah membuat file PDF sendiri.

Aplikasi ini menginstal printer PDF serta plugin PDF di MS Word untuk membuat PDF dari Word. Format dokumen lainnya juga didukung oleh aplikasi ini. Contohnya, untuk membuat PDF dari file DOC atau DOCX, buka di MS Word dan klik Create PDF dari menu Foxit Reader PDF.

Perangkat lunak ini akan mengubah dokumen Word yang dibuka menjadi PDF. Metode lain dapat dilakukan melalui perintah Print. Buka dokumen dan berikan perintah cetak; sekarang pilih Foxit Reader PDF Printer dari daftar printer dan klik tombol cetak untuk menyimpan file menjadi PDF.

Foxit Reader juga mendukung fitur drag & drop, cukup jalankan aplikasinya dan drag & drop file Word secara masal di jendelanya, file akan secara otomatis dikonversi ke PDF. Pengguna bisa menyimpan file PDF yang telah dikonversi satu per satu ke lokasi yang diinginkan. Unduh Foxit Reader.

3. PDF24 Creator

Aplikasi convert word ke PDF ini merupakan aplikasi yang gratis. PDF24 Creator bisa mengubah dokumen Word ke PDF. Untuk melakukannya, pengguna harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu dan menginstalnya di PC. Aplikasi ini juga menginstal printer virtual di PC pengguna.

Ketika memberikan perintah cetak dari dokumen Word, pengguna dapat memilih PDF24 PDF sebagai printer saat ini dari daftar printer. Saat mengklik tombol Print, kotak dialog baru akan terbuka dan di sini pengguna bisa mengatur parameter seperti kualitas, dan lain-lain.

Klik tombol Save as PDF untuk menyimpan file dalam format PDF di lokasi yang diinginkan. Pengguna juga bisa menggunakan fitur pratinjau sebelum menyimpan file final PDF. Unduh PDF24 Creator.

4. 7-PDF Maker

Perangkat lunak ini adalah alat khusus Windows untuk mengubah DOCX ke PDF dan mendukung lebih dari 80 format file tanpa memerlukan driver printer. 7-PDF Maker dapat menghasilkan file PDF yang diindeks dari file Word dan pada saat yang sama mempertahankan hyperlink dari referensi di file asli.

Yang hebat dari aplikasi convert word ke PDF ini adalah pengguna bisa dengan mudah membuat daftar konten dari paragraf Word tanpa lupa bahwa aplikasi ini mengubah DOC ke PDF offline tanpa bergantung pada ghost skrip.

Untuk membantu pengguna mengubah dokumen Word lebih cepat, aplikasi ini dilengkapi fitur integrasi Shell Windows Explorer untuk proses konversi satu klik. Tersedia juga versi baris perintah dan sangat berguna untuk memfasilitasi konversi batch.

Selain converter Word ke PDF offline, aplikasi ini juga memiliki penampil PDF untuk membantu melihat pratinjau file PDF yang dikonversi. 7-PDF Maker juga mempunyai versi portabel yang bisa dibawa dalam drive USB. Versi portabel tersebut bisa menyimpan file Word ke PDF di komputer tanpa perlu menginstal program. Unduh 7-PDF Maker.

5. iSkysoft PDF Editor 6 Professional

iSkysoft PDF Editor 6 Professional merupakan aplikasi convert Word ke PDF offline yang mendukung platform Mac dan Windows. Proses menyimpan file Word ke dalam file PDF dengan kualitas terbaik dapat dilakukan dengan mudah.

Selain dari proses konversi DOC ke PDF, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan anotasi atau catatan saat diperlukan. Tak hanya itu, bila dokumen memiliki gambar dengan konten data teks, aplikasi ini mampu mengekstraknya berkat fitur OCR bawaannya.

Untuk tujuan keamanan, hasil file PDF dapat dienkripsi dengan kata sandi sehingga hanya pihak yang berwenang yang bisa memperoleh akses. Untuk kenyamanan, iSkysoft PDF Editor 6 Professional membuat pekerjaan dengan file Word yang banyak jadi lebih mudah dan tidak memakan waktu.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram