10 Aplikasi Pembuat Brosur Terbaik di Android, iOS, dan PC

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Saat ini Anda bisa membuat dan mendesain brosur dan hal sejenisnya kapan dan di mana saja dengan ponsel pintar Anda. Selain mudah dan cepat, Anda juga bisa langsung menyebarkan brosur menarik yang Anda buat di akun sosial media. Dengan demikian, pekerjaan menyebarkan informasi atau beriklan menjadi lebih simpel.

Jika ingin lebih nyaman dan profesional, Anda bisa membuat brosur di komputer yang menawarkan tampilan yang lebih luas. Dengan menggunakan sejumlah software unggulan, Anda sudah bisa membuat brosur yang profesional, bahkan untuk level industri. Berikut adalah beberapa aplikasi dan software populer untuk membuat brosur yang bisa Anda manfaatkan di HP dan PC.

1. Canva

canva_

Canva adalah salah satu tempat untuk membuat brosur terbaik yang dapat Anda unduh dan pasang di perangkat Android atau iOS Anda. Aplikasi desain ini bisa Anda gunakan secara gratis, namun Anda dapat beralih ke versi Pro atau membeli sejumlah item berbayar di dalamnya jika diperlukan.

Selain bisa mendesain brosur dari awal sesuai dengan keinginan, Anda juga dapat memanfaatkan template gratis yang tersedia. Dengan demikian, pekerjaan Anda bisa lebih mudah diselesaikan. Sekali lagi, Canva juga menyediakan banyak template berbayar yang desainnya keren-keren.

Aplikasi Canva juga tersedia dalam versi web yang dapat Anda akses melalui layar komputer. Dengan demikian, pekerjaan membuat dan mendesain brosur menjadi lebih mudah. Namun, jika brosur tersebut hanya untuk dipasang di sosial media, Canva versi mobile bisa sangat membantu. Unduh aplikasi Canva di sini (Android) dan di sini (iOS) atau kunjungi link ini (web).

2. Flyers, Poster Maker, Graphic Design, Banner Maker

Flyer Maker_

Aplikasi membuat brosur yang satu ini cocok bagi pemula yang belum memiliki keahlian dalam mendesain. Hal itu karena aplikasi Flyers, Poster Maker, Graphic Design, Banner Maker menawarkan sejumlah kemudahan bagi penggunanya. Di dalamnya sudah tersedia banyak template, stiker kreatif, seni teks, dan berbagai bentuk yang mudah digunakan.

Fitur-fitur yang ditawarkannya juga cukup banyak. Bahkan template yang ditawarkannya juga dapat Anda pilih sesuai dengan bidang yang Anda kerjakan. Dengan demikian, Anda tidak perlu susah payah mencari inspirasi desain yang cocok untuk brosur Anda. Tersedia juga versi berbayar untuk fitur-fitur yang lebih profesional. Klik di sini (Android) untuk mengunduh aplikasi ini.

3. Adobe Express

Adobe Express_

Layanan dari Adobe ini juga sangat layak dimanfaatkan untuk membuat brosur dan sejenisnya secara profesional. Hanya dengan beberapa ketukan saja, Anda sudah bisa mengubah sebuah foto menjadi brosur atau poster yang keren. Menambahkan teks dan menerapkan filter untuk grafik yang menarik sangat mudah dilakukan dengan Adobe Express.

Sebagai produk dari perusahaan yang sudah profesional di bidangnya, Adobe Express pastinya dibekali dengan berbagai fitur menarik yang dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda. Bahkan, Anda yang tak ingin ribet saat membuat brosur, bisa langsung memanfaatkan berbagai template yang ada. Uniknya, template di Adobe Express dibedakan berdasarkan kategori tertentu. Di antaranya, ada sales, school, event, dan masih banyak lagi. 

Aplikasi ini tidak gratis. Anda bisa berlangganan dengan tarif sekitar Rp150.000 per bulan. Beruntungnya, Anda bisa menikmati trial gratis sebelum membeli. Jika tertarik, segera bergabung dengan jutaan orang lainnya yang telah menggunakan aplikasi ini di sini (Android) dan di sini (iOS).

4. Desygner

Desygner_

Ini adalah salah satu aplikasi pembuat brosur terbaik yang bisa Anda coba di Android maupun iOS. Dengan jutaan layout dan ratusan ribu pengguna baru setiap bulannya, aplikasi Desygner menawarkan banyak keunggulan yang sangat berguna, salah satunya adalah menyediakan gambar profesional yang gratis digunakan selamanya!

Selain menawarkan layanan gratis dengan berbagai fitur menarik, Desygner juga menawarkan paket berbayar untuk pekerjaan yang lebih profesional. Anda dapat berlangganan bulanan sekitar $14 atau tahunan sekitar $95 untuk bisa menggunakan semua fitur-fitur terbaik yang dimilikinya. Segera unduh aplikasinya di sini (Android) dan di sini (iOS).

5. Brochure Maker - Pamphlets, Infographics, Catalog

catalog maker_

Aplikasi Brochure Maker, Poster Maker, Graphic Design menawarkan antarmuka yang simpel yang memudahkan pengguna baru yang ingin membuat brosur yang terlihat profesional. Di dalamnya aplikasi ini sudah tersedia banyak pilihan template brosur, stiker yang keren-keren, berbagai jenis font, hingga efek teks.

Anda bisa membuat brosur berbagai bisnis dengan aplikasi ini, termasuk makanan dan restoran, perjalanan, pakaian, kecantikan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini pastinya membantu mempermudah dalam mencari desain brosur yang cocok dengan usaha Anda. Anda dapat beralih ke versi Pro untuk layanan yang lebih banyak dan lengkap. Unduh aplikasi ini di sini (Android) dan di sini (iOS).

6. Poster Maker - Splendid Apps

poster maker - splendid apps_

Selanjutnya, ada Poster Maker dari Splendid Apps. Aplikasi pembuat brosur ini memungkinkan setiap penggunanya untuk membuat poster atau brosur dengan mudah, dalam hitungan menit saja. Anda dapat membuat poster dari nol dengan menambahkan warna background, foto, teks atau bahkan stiker. 

Jika ingin lebih cepat lagi, Anda bisa memanfaatkan template yang sudah tersedia dalam aplikasi. Tenang, template-nya banyak, kok. Kategorinya juga berbeda-beda, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kami sendiri mencoba membuat brosur sederhana dengan aplikasi ini. Tools-nya sangat mudah digunakan, pilihan stiker dan font untuk teksnya juga beragam. Kami juga bisa menambahkan foto untuk background sesuai selera. Hanya saja, karena aplikasi ini gratis, terdapat iklan yang cukup mengganggu ketika kami sedang melakukan editing. Selain itu, stiker dan item lain di sini tak semuanya gratis. 

Nah, jika Anda tak ingin mengalami hal tersebut, tersedia opsi berlangganan premium yang dapat dipilih. Tarifnya beragam, mulai dari Rp40.000 per bulan. Namun, agar lebih hemat, kami sarankan Anda untuk mengambil paket lifetime atau seumur hidup dengan tarif Rp189.000 untuk sekali bayar.

7. Adobe InDesign

adobe indesign_

Kalangan desainer profesional pasti sudah akrab dengan perangkat lunak Adobe Creative Cloud. Nah, Adobe InDesign yang merupakan bagian dari software tersebut juga merupakan sebuah alat untuk membuat brosur terbaik yang bisa Anda gunakan. Dengan tool yang profesional, pasti hasilnya juga akan terlihat profesional.

Beberapa keunggulan dari Adobe InDesign yang merupakan alat desain standar industri ini termasuk integrasi yang baik dengan Creative Cloud (seperti Illustrator, PhotoShop, Acrobat, dll.), paragraf & karakter karakter yang dapat dikonfigurasi, manajemen font dan warna yang canggih, dan lain sebagainya.

Salah satu kekurangan dari Adobe InDesign adalah biaya berlangganan yang cukup mahal, sehingga kurang cocok digunakan oleh mereka yang ingin membuat brosur sesekali saja.

Kalau dari segi system requirement-nya, sebenarnya tidak perlu PC sultan untuk menjalankan Adobe InDesign. Cukup dengan CPU minimal Intel Pentium 5 atau AMD Athlon 64, InDesign bisa dijalankan dengan cukup lancar.

Tapi hal ini tentu kembali lagi ke kebutuhan, karena kalau edit brosur dengan halaman atau layer yang banyak tentu butuh RAM yang besar. Minimal perlu RAM 4 GB, tapi untuk jaga-jaga PC atau laptop lebih baik gunakan RAM 16 GB. Sementara untuk sisa storage, aplikasi hanya membutuhkan 3,6 GB dan direkomendasikan pakai SSD. Dapatkan software ini di sini.

8. Pixlr X

Pixlr x 1_

Pixlr X ini adalah pembuat brosur profesional. Mengapa? Alasannya karena Anda dapat membuat brosur dari nol dengan menambahkan layer demi layer dari masing-masing komposisi brosur. Teks, gambar, animasi, efek, hingga berbagai jenis elemen seperti speech bubble atau stiker bisa Anda tambahkan pada brosur yang dibuat.

Nilai plus dari Pixlr X ini adalah fitur dan editing tools-nya lengkap, juga user interface-nya yang mempermudah proses editing dan bikin nyaman. Sayangnya, tidak semua item di dalam Pixlr X bisa Anda gunakan dengan bebas. Namun, tersedia opsi langganan premium untuk Anda. Selain bisa digunakan untuk membuat brosur, Pixlr X juga berfungsi sebagai editor foto.

9. VistaCreate

VistaCreate_

Membuat brosur dengan mudah juga bisa Anda lakukan dengan VistaCreate. Tersedia banyak sekali template brosur yang bisa Anda gunakan dan modifikasi sesuai selera. VistaCreate ini cocok untuk membuat brosur bisnis, karena ada fitur BrandKit di mana Anda dapat logo, warna, font dan item khusus untuk keperluan brand Anda.

Seperti aplikasi dan situs pembuat brosur lain, VistaCreate pun menyajikan tools yang lengkap untuk editing, termasuk penambahan animasi. Bedanya, VistaCreate ini lebih praktis ketimbang kompetitornya seperti Pixlr X, sehingga cocok untuk digunakan bagi Anda yang memang pemula di dunia desain grafis sekalipun.

Sekadar info, jika Anda menggunakan fitur dan tool yang tidak termasuk pada paket premium, Anda dapat membuat brosur dan mengunduhnya dengan gratis. Sayangnya, Anda tak bisa mengubah ukuran brosur, karena fitur resize termasuk dalam fitur premium. Anda dapat mengekspor brosur yang dibuat dengan VistaCreate ke berbagai format, termasuk PDF. Oh iya, jika ingin menggunakan VistaCreate, jangan lupa mendaftarkan akun Anda terlebih dulu.

10. Visme

Visme_

Visme bisa dibilang hampir mirip dengan VistaCreate dan Pixlr X. Bedanya, dalam Visme Anda tak bisa membuat layer seperti di Pixlr X. Namun, membuat brosur di sini terbilang praktis, karena sudah ada template mockup untuk brosur dengan berbagai kategori yang berbeda.

Ada pula basic editing tools yang bisa Anda gunakan, seperti untuk menambahkan teks, memilih font atau menambahkan call to action pada brosur. Setelah selesai dibuat, brosur dapat diunduh dengan berbagai format, seperti JPG dan PDF. Tak hanya brosur, Visme juga dapat diandalkan untuk membuat slide presentasi. 

Tidak semua fitur dalam Visme bisa Anda nikmati secara gratis, namun tersedia opsi berlangganan yang bisa Anda pilih. Tarifnya cukup mahal, dimulai dari Rp400.000-an per bulan.

Oh iya, selain aplikasi tadi, kami juga pernah membahas seputar aplikasi desain grafis yang paling bagus untuk Android. Untuk mengetahuinya, Anda bisa kunjungi artikel 10 Aplikasi Desain Grafis Android ini.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram