Carisinyal / Aplikasi Produktivitas / 10 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Memindai Dokumen di IOS dan Android

10 Aplikasi Scanner Terbaik untuk Memindai Dokumen di IOS dan Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Scanner merupakan suatu teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia dan scanner memiliki fungsi yang hampir mirip dengan mesin alat photo copy. Hanya saja, scanner lebih canggih. Mesin photo copy pada umumnya hanya mampu mengeluarkan dua warna yaitu hitam dan putih.

Namun, mesin scanner mampu mengeluarkan berbagai macam warna sesuai dengan yang ada pada kertas. Scanner biasanya ditemukan pada alat printer. Meskipun pada umumnya dapat ditemukan pada printer, tidak semua alat pencetak gambar tersebut memiliki scanner.

Sangat merepotkan juga ketika Anda ingin melakukan scan, Anda harus mencari mesin printer yang dapat melakukan scan. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, Anda bisa melakukan scan atau memiliki alat scanner pada smartphone Anda lho. Anda hanya perlu mendownload aplikasi scanner yang ada di Android Anda dan Anda dapat melakukan scan hanya dengan memfoto kertas yang akan Anda scan.

Sangat mudah bukan? Maka dari itu kali ini Carisinyal akan memberikan pilihan 10 aplikasi scanner di IOS dan Android. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

10 Aplikasi Scanner Terbaik di IOS dan Android

1. Scanner Unlimited: Scan & Sign

Scanner Unlimited

Download Scanner Unlimited

Aplikasi scanner terbaik pertama datang dari aplikasi IOS buatan Maddcuk, yaitu Scanner Unlimited:Scan & Sign. Sesuai namanya, aplikasi yang diperuntukkan bagi pengguna Iphone dan Ipad ini memiliki banyak fitur canggih yang memudahkan proses scanning. Bukan hanya untuk dokumen, Scanner Unlimited juga digunakan untuk memindai barcode, QR barcode, hingga kartu nama atau business cards yang selanjutnya bisa Anda simpan melalui fitur add to contact.

Beruntung dengan adanya Cloud Sync, aplikasi ini juga dapat langsung tersinkronisasi dengan Iphone dan Ipad Anda. Hebatnya lagi, didukung dengan advanced OCR technology, aplikasi scanner ini memiliki fitur “convert image to text” sehingga hasil capture masih bisa Anda edit. Tanpa watermark dan iklan yang mengganggu, Anda dapat dengan mudah menyunting dan membubuhkan tanda tangan pada dokumen yang Anda pindai.

Cara menggunakan Scanner Unlimited ini juga tergolong mudah. Begitu aplikasi dibuka, kamera akan langsung menyala dan Anda hanya perlu mengcapture objek gambar. Setelah itu, secara otomatis aplikasi akan memisahkan gambar utama dari backgroundnya. Dengan hasil scan yang berkualitas, Anda hanya tinggal mentransfernya dengan sangat sederhana, baik melalui email, google drive, maupun dropbox. Bahkan, Anda juga bisa mengirimkan hasil scan dalam bentuk fax, lho.

Anda pun tidak perlu khawatir mengenai isu sekuritas dan privacy dokumen Anda, karena aplikasi ini telah memproteksinya dengan menggunakan FaceID dan TouchID. Wow, lengkap sekali bukan? Scan, Sign and Send hanya dalam satu aplikasi. Penasaran ingin mencoba? Download aplikasinya di sini.

2. CamScanner – Phone PDF Creator

1 aplikasi scanner di android

 

Aplikasi scanner di Android yang pertama datang dari CamScanner – Phone PDF Creator. Aplikasi ini memudahkan para pengunanya untuk memindai kertas atau dokumen hanya dengan mengambil gambar pada kertas yang akan dipindai / scanning.

Dalam fiturnya, Aplikasi CamScanner menampilkan hasil scanning dengan kualitas yang sangat baik. Selain itu juga Anda dapat mengubah file yang baru Anda scan dengan JPG, JPEG, atau bahkan PDF. Jangan heran juga jika aplikasi scanner ini merupakan salah satu aplikasi para pebisnis untuk menunjang pekerjaan mereka.

Untuk Anda yang ingin mendownload aplikasi CamScanner, Anda bisa mendownloadnya di aplikasi PlayStore yang ada di Android. Atau Anda bisa klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

3. Tiny Scanner – PDF Scanner App

2

Tidak jauh beda dengan aplikasi scanner di Android sebelumnya, Tiny Scanner juga mampu melakukan scanning atau memindai dokumen dan mengubahnya langsung dalam bentuk PDF. Atau jika Anda tidak ingin berbentuk file PDF, Anda bisa menjadikan hasil pindaian dokumen Anda menjadi sebuah gambar.

Dalam fiturnya, Tiny Scanner memanjakan penggunanya dengan berbagai macam keunggulan seperti dapat mengubah hasil pindaian dnegan berbagai waran atau hanya mode black and white saja. Selain itu juga Anda dapat mengamankan dokumen Anda dengan adanya fitur passcode. Jika Anda menginginkan aplikasi ini, Anda bisa klik di sini untuk mendownloadnya.

4. Fast Scanner: Free PDF Scan

3

 

Aplikasi Scanner di Android yang satu ini juga sangat membantu untuk Anda yang membutuhkan alat scanner tanpa mesin scanner ataupun printer. Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur yang cukup membantu Anda dalam melakukan scanning.

Dalam aplikasi Fast Scanner ini, mampu memindai beberapa dokumen dengan kecepatan yang cukup tinggi. Tidak perlu merasa khawatir loading yang terlalu lama, aplikasi ini menjanjikan kecepatan dalam proses scanning.

Anda juga dapat langsung membagikan hasil scanning Anda ke beberapa dokumen bahkan bisa langsung Anda simpan dalam dropbox ataupun google drive. Untuk mendownload aplikasi Fast Scanner, Anda dapat mendownloadnya di aplikasi PlayStore Android Anda atau klik di sini.

5. Mobile Doc Scanner

4

Tidak kalah dengan aplikasi scanner di Android yang sebelum-sebelumnya, Mobile Doc Scanner ini adalah salah satu aplikasi scanner yang cukup banyak diunduh oleh pengguna Android. Lebih dari 44.000 pengunduh yang telah melakukan instalasi terhadap aplikasi scanner yang satu ini.


Selain itu juga, aplikasi Mobile Doc Scanner ini memiliki rating dari para penggunanya yakin 4.2. Para pengguna aplikasi Mobile Doc Scanner ini sangat dimudahkan dalam hal melakukan scanning dan juga menyimpan hasil scanning.

Sama seperti aplikasi scanner sebelumnya, aplikasi ini juga mampu menjadikan hasil pindaian dokumen dalam bentuk PDF ataupun gambar. Dan juga Anda dapat langsung mengirimkan atau membagikan hasilnya ke dropbox, google drive, e-mail, dan lain-lain. Anda bisa klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

6. Camera Scanner Image Scanner

5

Aplikasi scanner di Android lainnya datang dari Camera Scanner Image Scanner. Dalam aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memindai secara cepat dan juga Anda bisa mengedit hasil pindaian dokumen secara langsung tanpa harus membuka aplikasi edit gambar lainnya.

Dalam aplikasi ini juga tersedia fitur yang memungkinkan para penggunanya dapat memotong hasil pindaian. Jika Anda hanya ingin mengambil sebagian hasil scanning, Anda dapat langsung memotong atau melakukan crop tool yang disediakan oleh aplikasi Camera Scanner Image Scanner ini. Untuk menginstall aplikasi scanner yang satu ini, Anda bisa klik di sini.

7. My Scans – Best PDF Scanner

My Scans - Best PDF Scanner

My Scans adalah salah satu aplikasi scanner yang dapat membantu para penggunanya dalam melakukan pemindaian sebuah dokumen. Aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup menarik yakni para penggunanya mampu membuat satu dokumen ke dalam beberapa halaman.

Selain itu juga dalam aplikasi ini disediakan fitur dimana para penggunanya dapat langsung menandatangani dokumen di layar smartphone Anda. Aplikasi Scanner yang satu ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki banyak dokumen karena aplikasi My Scans menyediakan fitur dimana Anda dapat mengatur folder hasil pindaian secara mudah.

Untuk mendownload aplikasi My Scans bisa dicari melalui aplikasi PlayStore yang ada pada Android atau Anda bisa klik di sini.

8. Clear Scanner: Free PDF Scan

7

Clear Scanner juga merupakan salah satu aplikasi scanner dalam menunjang dan memudahkan pekerjaan para penggunanya. Dalam aplikasinya, Clear Scanner memanjakan para penggunanya dengan beragam fitur yang sangat dibutuhkan oleh pengguna Clear Scanner.

Keunggulan dari aplikasi Clear Scanner ini adalah para pengguna tidak perlu khawatir dengan adanya watermark yang akan muncul pada hasil pindaian atau hasil scanning. Selain itu juga para pengguna tidak perlu dikhawatirkan dengan ukuran hasil scanning yang sangat besar.

Pasalnya Clear Scanner dapat menghasilkan hasil scanning yang berkualitas dengan ukuran yang kecil tentunya tidak akan membuat memory smartphone Anda penuh. Jika Anda tertarik untuk memiliki aplikasi Clear Scanner, Anda bisa klik di sini untuk mendownloadnya.

9. Turboscan

8

Aplikasi scanner lainnya untuk Android Anda kali ini bernamakan Turboscan. Sesuai dengan namanya, aplikasi Turboscan menjajikan kepada para pengunduhnya atau para penggunanya melakukan scanning tanpa khawatir karena loading yang terlalu lama.

Selain fitur proses scanning yang terbilang cepat, fitur lainnya ditawarkan oleh Turboscan yakni para penggunanya dapat langsung mengedit hasil scanning di dalam aplikasi Turboscan. Anda juga dapat menggunakan fitur yang disebut dengan fitur “Email To Myself.”

Fitur tersebut akan memudahkan Anda dalam penyimpanan hasil scanning ke email pengguna atau dapat disimpan dalam google drive, dropbox, dan lainnya. Anda bisa klik di sini untuk mendownload aplikasi Turboscan.

10. iScanner: PDF Scanner App Free

9

Aplikasi scanner gratis lainnya yang cocok untuk Anda adalah iScanner. Dalam aplikasi iScanner ini, para penggunanya dapat mengedit hasil scanning dengan mengatur kontras warna ataupun noise yang ada pada hasil scanning.

Aplikasi iScanner juga menyediakan fitur dimana para penggunanya dapat langsung menandatangani dokumen yang sudah discan melalui layar smartphone Anda. Untuk mendownload aplikasi iScanner, Anda bisa mendownloadnya di PlayStore atau klik di sini.

Rekomendasi Aplikasi Lainnya

Selain 10 aplikasi scanner di atas, kami juga masih punya sejumlah rekomendasi aplikasi yang bagus untuk melakukan scanning di Android. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya:

11. Simple Scan – PDF Scanner App

Simple Scan - PDF Scanner App

Simple Scan – PDF Scanner App merupakan salah satu aplikasi scanner yang memungkinkan para penggunanya melakukan scanning dengan cepat. Selain itu para penggunanya juga dapat menyimpan hasil scanning ke dalam bentuk dokumen (PDF) ataupun ke dalam bentuk gambar.

Anda juga dapat mengatur ukuran hasil scanning dokumen Anda dengan ukuran A4, Legal, Letter, dan yang lainnya. Disediakan juga fitur untuk mengunci dokumen-dokumen Anda dengan memasukan password. Jika Anda ingin memiliki aplikasi scanner yang satu ini, Anda dapat mengunduhnya di sini.

12. Office Lens

Office Lens

Tidak mau kalah dengan developer lainnya, Microsoft juga punya aplikasi untuk melakukan scanning dengan mudah tanpa ribet. Nama aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 270.000 kali pengunduh ini adalah Office Lens. Dengan aplikasi ini, Anda bisa langsung memotret berkas yang ingin Anda scan.

Jika sudah dipotret, Anda bisa langsung mendapatkan hasil jepretan layaknya baru keluar dari mesin scanner. Anda bisa melakukan scanning bukan hanya sebatas dokumen saja, bahkan Office Lens juga bisa untuk melakukan scanning kartu nama dan lain sebagainya.

13. Adobe Scan

Adobe Scan

Selain Microsoft, ada juga aplikasi besutan Adobe yang bisa melakukan scanning untuk dokumen-dokumen Anda. Adalah Adobe Scan, aplikasi ini punya beberapa fitur yang bisa diandalkan untuk melakukan scanning. Anda bisa menemukan fitur ENHANCE, CAPTURE, dan juga REUSE. Ingin mencoba semua fiturnya? Anda bisa langsung download dan install aplikasinya di sini.

14. Scanbot

Scanbot

Scanbot juga bisa menjadi salah satu pilihan cerdas yang butuh aplikasi bagus untuk scanning. Dengan aplikasi ini juga Anda bisa mendapatkan hasil scanning berupa file PDF atau JPG. Cara menggunakan Scanbot juga sangat mudah, cukup foto dokumen yang ingin di scan, kemudian Scanbot akan memberikan hasil layaknya mesin scanner.

Oh iya, selain untuk scan dokumen, Scanbot juga bisa untuk melakukan scanning QR Code dan juga Bar Code lho. Jadi, bisa dibilang aplikasi ini cukup lengkap, ya? Dan yang terpenting adalah, Scanbot support dengan berbagai macam aplikasi cloud storage!

15. Tiny Scanner Pro

Tiny Scanner Pro

Nah, kalau aplikasi yang satu ini memang sudah dibahas versi gratisnya pada paragraf sebelumnya, maka kali ini Tiny Scanner Pro merupakan versi premium alias berbayar. Tentu berbeda dengan aplikasi gratisnya, karena Tiny Scanner Pro ini tidak ada iklan yang mengganggu. Bagusnya lagi, Anda tidak akan dibatasi untuk penggunaannya. Jika tertarik, Tiny Scanner Pro bisa didownload seharga Rp 67.000.

16. CamScanner (License)

CamScanner (License)

Sama halnya seperti Tiny Scanner Pro, ini merupakan aplikasi CamScanner berbayar dan tentunya menyuguhkan semua fitur yang tidak dikunci. Jadi, Anda bisa bebas menggunakan CamScanner (License) ini tanpa adanya batasan. Dijamin, Anda juga tidak akan terganggu dengan yang namanya iklan. Tidak ada expire untuk upload ke Evernote/SkyDrive, semuanya bisa dilakukan dengan membayar RP 27.000, tertarik?

Nah, itulah pilihan aplikasi scanner di Android yang cocok untuk memudahkan pekerjaan Anda. Semua aplikasi tersebut akan memudahkan Anda untuk melakukan scanning dan Anda tinggal pilih aplikasi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *